Kembali Sehat dengan Theragran-Multivitamin

Kesehatan bagi seorang ibu adalah suatu yang penting dan saya tidak pernah lepas dari doa agar diberi kesehatan selalu. Bagaimana tidak, ibu harus mengatur seisi rumah setiap harinya dengan kondisi badan yang sehat jiwa dan raganya. Apalagi seperti saya yang anak-anaknya masih kecil, tentunya kasihan juga si anak kalau tertular. Oh ya, saya juga seorang ibu menyusui. Sempat minggu lalu saya terserang flu, alhasil Kaina juga jadi flu. Alhamdulillah adik bayi ngga tertular. Selain mengurus rumah, saya juga menjalankan hobi menulis dan foto. Biasanya saya lakukan saat anak-anak tidur siang, kadang juga tengah malam untuk menulis. Saya melakukannya dengan enjoy meski memakai jatah untuk tidur siang, ya tapi kalau lagi capek banget saya juga ikut tertidur pulas bersama anak-anak. Menjadi seorang ibu, saya sangat sangat senang. Rasanya bahagia banget kalau bisa selalu sehat dan ada untuk mereka, yaitu keluarga. 

                                 

Mah, biasanya tubuh kita kan memberi alarm ya kalau mau sakit. Gitu juga ngga mah? Saya sering dapat sinyal kalau sudah merasa sedikit ngga enak badan, bisa dimulai dari mata capek, berat, mata agak panas dan badan pegal. Biasanya saya coba saran eyang uti. Jadi kita lakukan hal ini ya supaya kembali sehat dan ngga sakit:

1. Makan yang bergizi
Biasanya saya makan lebih banyak makanan yang bergizi, saya banyakin karbohidrat biar ada tenaganya dan ngga lemas. Karbohidrat kita bisa ambil dari nasi, roti atau kentang, tinggal pilih yaa ^^ jangan lupa juga konsumsi buah.

2. Istirahat
Tidur yang cukup menjadi langka nih mah kalau lagi repot di rumah. Coba deh jangan terlalu banyak kegiatan dulu. Cukupin tidur mah, kalau mau begadang, keesokan harinya kita bayar dengan tidur siang.

3. Air Putih
Sebisa mungkin banyakin minum air putih ya, supaya racun-racun dalam tubuh keluar dari urin kita dan fresh lagi tubuhnya. Bisa juga keluar dari keringat lho mah, so drinking more. Sederhana mah, sesempat mungkin kita minum air putih, misalnya habis mandiin anak satu gelas, mau masak nasi, minum satu gelas. Nah lama-lama bergelas-gelas deh, jadi badan juga ngga kekurangan cairan.

4. Minum Vitamin
Ini nih kadang suka kelupaan. Minum suplemen atau vitamin untuk tubuh termasuk penting. Macam-macam manfaat vitamin ini, salah satunya untuk fungsi metabolisme berjalan lancar. Kenapa sih kalau metabolisme ngga lancar? Ya, bisa menyebabkan berbagai penyakit mah. Di samping itu juga fungsi vitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit.

5. Rileks
Ketika tubuh mengalami kurang enak badan, pikiran pun ngga karuan ya rasanya. Kita coba rileks, santai saja, lakukan sesuatu yang kita suka misalnya membaca. Ngga perlu banyak pikiran, mikirin kerjaan kantor atau kerjaan di rumah. Santai dulu deh, ngga apa. Positif thinking dan bercanda dengan anak-anak bisa jadi obatnya. Tentunya jangan lupa berdoa.

Beberapa hari ini saya coba minum vitamin yang namanya Theragran-M. Vitamin apa sih Theragran-M itu ?  Theragran-M ini adalah multivitamin dan mineral. Bentuknya tablet berwarna cokelat dan ngga bau kimia sih, menurut saya ngga bau obat, ya memang bukan obat kan. Eh tapi kadang ada vitamin yang berbau obat. Satu strip berisi 4 buah tabletHarganya Rp. 20.735,-

Rasa dan Bentuk
Enak ngga sih? Rasanya manis, saya sengaja coba tapi ngga langsung meminum air. Saya coba emut kaya permen hihi, iseng banget yaa. Buat yang ngga suka minum obat-obatan dan vitamin, tenang, ini ngga bau menyengat dan ngga pahit kok. Pemakaiannya cukup satu hari satu tablet atau sesuai anjuran dokter.

                   
  
Kandungannya bisa lihat di gambar bawah ini yaa ^^
Perpaduan vitamin dan mineral.

    

Manfaatnya
Kalau ngomongin manfaatnya, banyak, karena berisi macam-macam vitamin. Pastinya untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada masa penyembuhan setelah sakit.

Saya rasakan setelah minum Theragran-M, jadi enak tidur. Sejujurnya, saya suka susah tidur kalau ngga capek banget. Paginya, saya minum Theragran-M terus tidur siang dan malam nyenyak banget. Jadi setelah bangun tidur terasa segar deh badannya. Kesimpulan saya, Theragran-M adalah vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Recommended. Kembali sehat dengan vitamin Theragran-M. Cobain yuk ^^



Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho.

Read More

Perhatikan 5 hal ini ketika memilih pakaian anak

Memiliki keponakan laki-laki itu sesuatu banget ya. Kenapa? Saya selalu dibuat deg-degan kalau lagi melihat tingkah anak-anak lanang. Meringis, elus-elus dada. Ya mungkin juga saya dikasih anak perempuan lagi karena biar ngga sport jantung tiap hari. Gimana jadi mbah uti ya? Memiliki 4 anak yang laki-laki semua, hihi. Bedanya lumayan sih kalau mau membandingkan anak lelaki dan perempuan. Saya memiliki 4 orang keponakan, 3 lelaki dan 1 perempuan. Kalau disatuin sih ya bakalan kaya pasar banget di rumah, haha. Eh tapi sih seru, nanti juga kalau mereka besar ngga akan ada lagi itu yang namanya berantakan di rumah. Tuhkan, saya jadi kangen sepupu-sepupu kecil. Sekarang mereka juga sudah menikah dan kita cuma ketemu biasanya di Idul Fitri. Time flies...

Balik lagi ke perbedaan anak laki dan perempuan, susah banget nyari kado yang pas buat anak laki. Entah kenapa ya, saya ngerasa begitu. Anak perempuan banyak pilihan, perintilan. Terlatih rempong ya sedari kecil hihii. Tapi ini harus, namanya juga laki-laki dan perempuan itu kan berpasangan, masa iya sih laki-laki menyukai hal yang ribet. Kebanyakan anak lelaki itu bergerak melulu tapi sedikit komunikasi. Mereka lebih petakilan dibanding perempuan. Namun katanya ya motorik halus anak perempuan lebih cepat dibanding anak lelaki. Okeh, terlepas dari perbedaan laki dan perempuan, mereka adalah anak-anak yang harus kita jaga supaya tumbuh kuat, bahagia di dunia dan akhiratnya. Amin. Di rumah saya, baru ada anak cewek nih, kita masih geng cinta. Hihi.. Anak lelakinya belum ada. Ng, belum tau sih akan planning mau nambah personil atau gimana

Saya suka deh kalau lihat anak-anak kecil bajunya rapih dan fashionable gitu, hihi. Suka ngedandanin anak-anak. I love kids. Meskipun dia anak orang lain. Saya suka main, gendongin anak-anak, cuma sekarang saya bingung bawanya, masih ada si bayik haha. 

Memilih Pakaian untuk anak-anak baiknya disesuaikan, ngga mungkin kan mau muter jalan keliling komplek pakai kaos daleman doang. Sekarang Kaina milih-milih baju banget tiap habis mandi. Ini juga jadi poin penting, sesekali boleh minta pendapat anak ketika beli baju. Mereka pasti sangat senang.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih pakaian untuk anak diantaranya:

Bahan pakaian
Anak-anak ngga mungkin bisa diam lama banget, mereka itu aktif. Kalau ngga bajunya keringetan, ya banyak noda bekas mainan. Bahan pakaian biasanya pilih yang menyerap keringat, kain katun atau kaos yang adem tapi ngga cepat belel.

Model, Corak dan Warna Pakaian
Model untuk anak-anak sekarang makin banyak pilihan, kata siapa model pakaian anak laki ngga bisa kece. Kita bisa lihat di sini mah promo baju anak branded MatahariMall. Gemesin deh. Motif padu polos, tabrak corak, serba kuning atau serba biru bisa kita coba. Biasanya warna-warna cerah untuk anak dan motif kecil seperti ini juga lucu kan. Intip yaa di promo baju anak branded MatahariMall ^^ bisa jadi referensi untuk kado.

                                  
                            Sumber : Matahari Mall

   
Kenyamanan
Selain model dan corak yang lucu, kenyamanan perlu diperhatikan ya ma. Percuma kalau anak ngga sreg dengan bajunya, bisa jadi mereka ngga suka karena memang ngga nyaman di tubuh dia. 

Ukuran
Sebaiknya ngga terlalu kebesaran sih mah, soal ukuran pakaian anak kita sesuaikan. Biar mereka juga kelihatan rapih dan nyaman di pakainya.

Lihat situasi dan tempat
Situasi kondisi, tempat juga jadi salah satu pertimbangan dalam memilih pakaian. Kalau tempatnya dingin ya mau ngga mau kita perlu jaket kan mah. Ini pintar-pintar kita ya untuk menyesuaikannya, jangan sampai si kecil salah kostum.

Dengan memperhatikan poin-poin tadi, kita ngga perlu khawatir anak merasa ngga nyaman dengan outfitnya dan bisa tetap enak dilihat. Atau ada tambahan lagi ngga mah? Sharing yuk. .

Read More

Kenapa harus cari second opinion dalam periksa kesehatan

Rumah sakit, tempat yang lagi-lagi membuat capek kalau dari sana. Gitu juga ngga mah? Kali ini saya memeriksa si adik ke RS. Siloam Lippo Karawaci. Sebelumnya saya ingin bercerita mengapa Ashika saya bawa ke RS. Waktu itu sehabis mandi pagi, saya dapati benjolan pada ketiak kanan adik. Rasanya badan ini lemas tak bertenaga. Mencoba berpikiran positif sambil istighfar berkali-kali, bingung ini benjolan apa. Keesokannya saya bawa ke Hermina Tangerang, dengan DSA yang biasa yaitu dokter Armila. Ashika diberi antibiotik dan selama 1 minggu itu kalau belum kempes atau hilang benjolannya, dokter Armila menyarankan biopsi. Saya kurang puas atas jawaban beliau. Sebelum ke RS, saya sudah gugling dan terdampar di blognya mba Echa. Lalu message di twitter. Saya pikir juga Ashika bakalan di USG seperti Raffi, ternyata dokter Armila bilang, ngga bisa. Hmm, Raffi baru hilang bengkaknya dalam waktu 4 bulan. Kenapa dokter cuma kasih waktu seminggu, lalu suruh biopsi. Saya kok jadi ngga sreg yaa. Ashika juga ngga ada demam, ngga turun berat badannya, ngga rewel, semua alhamdulillah baik-baik saja.

                    
   

Lanjut second opinion, cara ini perlu diambil supaya ada pencerahan lain :) Sahabat saya menyarankan ke dokter Erick F. Kan di RS. Siloam Karawaci. Katanya beliau itu dokter anak favorit, antri. Sahabat saya yang juga seorang dokter menganggap dokter Erick sangat komunikatif, baik banget. Oke. Saya mau coba. Nyoba daftar via website Siloam, info jadwal dokternya pun update. Pada hari H saya harus daftar ulang untuk dapat nomor antrian. Jam 10.30 tiba di RS, 'mba, saya mau ke dokter Erick' terus mba nya bilang 'bu, nanti kira-kira jam 16.30 perkiraan masuknya, soalnya sudah banyak antrian' saya melongo kaget. Haha. Ini antrian macam apaaaah, bener favorit ini dokter Erick.

Mba nya menawarkan ganti dokter lain. Saya oke, saya pilih dokter laki-laki. Pilihan ke dokter Andreas Liando. Ngga sempat cap cip cup sih, hihi cuma feeling. Bismillah. Dan saya ngga mau banget datang di hari sabtu ke Siloam Karawaci untuk periksa. Big no no, karena lama banget. Dokter spesialis anak di Siloam Karawaci biayanya Rp. 280.000.- mungkin ada teman yang butuh info biaya dokter spesialis anak di Siloam Karawaci Tangerang. Untuk review dokter anak Andreas Liando, saya mau bikinkan next post :)

Oh ya, saya rasa second opinion ketika memeriksa kesehatan sangat perlu. Kalau saya sih ketika hasil pemeriksaan tidak memuaskan, seperti yang saya alami. Informasi yang didapat dari dokter dan tenaga medisnya terlalu sedikit. Info yang sedikit ini kurang mendukung untuk melangkah ke proses tindakan lanjutan. Hmm jadi ini beberapa alasan kenapa kita harus mencari second opini dalam periksa kesehatan:

1Masih kurangnya informasi yang didapat setelah pemeriksaan. 
Saya rasa ini faktor paling-paling bagi saya, bagaimana yakin untuk melakukan tahap selanjutnya bila informasi yang diberikan hanya sedikit. Bukan begitu bukan ? ^^ Sekali lagi second opinion bukan karena meragukan dokter.

2. Hanya Make Sure
Beberapa teman beranggapan hanya ingin melakukan second opinion untuk meyakinkan diri. Misalnya dokter diagnosa ada penyakit kista, kita mau meyakinkan diri bahwa hasil tersebut benar adalah kista, ini bisa dilakukan.

3. Tidak ada perkembangan
Dulu, saya pernah juga diajari si mamah ketika sakit ngga kunjung sembuh. Lalu, mamah bawa ke dokter lain, ada yang bilang cocok-cocokan. Tapi mungkin memang obat dan penanganannya yang lebih tepat antara dokter yang ini dan yang itu.

4. Reputasi dokter kurang baik
Saya mengalami salah dokter ketika periksa pertama kali saat hamil, yang pernah saya tulis juga di sini. Ternyata setelah periksa, saya cari info tentang beliau, hasilnya dokter tersebut memiliki reputasi yang kurang baik, membingungkan. Pada saat itu bukan hanya cari opini kedua, melainkan saya putuskan untuk ganti dokter :)

5. Dokter juga manusia
Bisa jadi kan dokter salah? Entah salah penanganan atau diagnosa. Terlalu terburu-buru dan hanya mengandalkan data serta ilmunya. Lupa sama Allah. Kita usaha boleh semaksimal mungkin tapi kita ngga boleh lupa, ada Allah. Ngga ada yang ngga mungkin yakan? ^^

Alhamdulillah Ashika benjolannya kempesan, doain yaa :) 
Eh, kalau kamu kenapa sih harus cari second opinion?  Sharing yuk..
Read More

Cara Marah Yang Efektif terhadap Anak

"Aku masih mau nontooon, ngga mau tidur" begitulah rengekan Kaina yang khas. Diucapkan berulang-ulang, apa bisa meledakan emosi saya? . Tentu saja bisa membuat saya betul marah karena ketika malam hari mata sudah mengantuk, badan terasa lelah. Saya bukan orang yang pemarah tapi bukan berarti ngga pernah marah yaa. Merasa makin hari, makin ada saja ulah Kaina yang bikin saya meringis, zbl. Setelah usianya menginjak 3 tahun, terlihat sekali perkembangan ke-akuannya. Egois. Mencoba sedikit membangkang, marah dengan teriakan, ya gitu-gitu deh, ngerti kan maa? Hihi tapi memang otak anak kecil keren banget, menghafal, menyerap, mencontoh seakan kapasitas memorinya unlimited. Subhanallah
Beberapa hari kemarin, saya membaca buku ayo marah. Meski belum baca sepenuhnya, buku ini seperti menjadi jawaban atas kesuntukan saya di akhir Agustus lalu. Bingung bagaimana sih mengatasi kemarahan anak ini. Ketika saya juga keras, dia makin menjadi. Ya tapi ketika saya juga ngalah, dia masih saja marah. Hmmm, maunya apa. Jadi ternyata anak-anak usia 3-5 tahun, mereka dalam masa 'genting'. Mereka sedang mengenal emosi baru dan belum tahu bagaimana cara mengendalikannya.

Marah itu biasanya kita lakukan untuk apa sih mah? Apa tujuan kita marah pada anak. Coba kita tanya pada diri sendiri, karena ingin marah atau memang harus marah. Marah biasanya karena kita ingin si anak tahu kalau perbuatan yang mereka lakukan itu salah. Tapi nih yah, sudah efektif kah kemarahan kita? Yang paling susah selain mengendalikan marah adalah ngedumel. Hayo, betul apa betul. Ngedumel dan mengulang-ulang kesalahan anak akan menjadi marah yang tidak efektif. 

                       
    

Buku ini bagus banget mah, sebetulnya tidak hanya untuk marah terhadap anak, tapi mengulas berbagai macam. Saya coba utak atik seperti ini.
Jadi, cara marah yang efektif terhadap anak seperti yang tertulis di buku ayo marah, mba Irawati Istadi :

1. Mengalah untuk menyiapkan kemenangan
        Redakan emosi kita terlebih dahulu sebagai orang yang lebih dewasa. Kenapa harus kita? Karena orang tualah yang pikirannya telah jauh lebih dewasa, lebih cerdas dan lebih matang, yang harus lebih mampu mengelola emosinya. Jadi ya harus ikhlas dan rela meredakan emosi untuk memutus lingkaran kemarahan ini.

2. Target kemarahan
        Tujuan marah, apakah agar anak merasa tak nyaman dengan kemarahan kita, sehingga menumbuhkan keinginannya untuk mengubah diri dan tidak mengulangi kesalahan serupa lagi. Gitu ya mah? So, berhentilah marah saat target kemarahan telah tercapai.

3. Respon dengan kelembutan
        Yang terbaik merespon kemarahan anak dengan tetap mencontohkan kelembutan. Memang sulit tapi jika dilakukan secara kontinyu akan memberikan teladan yang terbaik untuk anak. Anak akan mencontoh orang tuanya. Oh jadi ngga bisa langsung berubah, harus ada contoh berulang-ulang ya mah. 

4. Tak perlu mengungkit 
        Anak akan mengalami tekanan mental jika selalu dipojokkan dan diungkit kesalahannya. Bahayanya adalah bisa menimbulkan rasa dendam dan harga diri terusik. Oke, jangan lebay ya mah ^^

5. Berdialog dari hati ke hati
        Beri kesempatan anak untuk berargurmen, dengarkan. Namun patahkan argumennya dengan dialog yang bijak. Saya coba ngobrol santai sambil ngemil, pas emosi anak ngga meluap, efektif betul. Marah mendidik.

Dengan marah efektif kita secara langsung mengajarkan anak untuk cerdas emosi, mengendalikan marah, menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Ujungnya, kita dapati solusi terbaik. Tak efektif bila memarahi anak disaat anak juga sedang marah. Saya setuju sekali sama buku ini, marah ibarat sebuah keterampilan, memerlukan waktu berlatih agar seseorang bisa terampil mengelolanya. Tidak ada kata terlambat kok, yuk kita kendalikan rasa marah. 
Read More

Review Qurban online di Global Qurban

Lebaran kurban atau Idul Adha sebentar lagi, alhamdulillah dan selamat untuk kawan-kawan yang tahun ini dapat berkurban ya. Menurut kalender nasional kita, Idul Adha 1437 H jatuh pada tanggal 12 September nanti. Kita tinggal menghitung hari saja nih untuk momen lebaran kurban. Momen di mana sangat bersejarah bagi kaum muslim. Aha, saya mau berbagi cerita kisah nabi Ibrahim kepada Kaina nanti malam, yang memang belum pernah saya dongengkan sebelumnya. Ada yang lupa dengan kisah nabi Ibrahim ini? Jangan dong yaa. Betapa kisah nabi Ibrahim dengan berbagai ujian hidup yang berat dari Allah SWT, harus dijadikan teladan. Saya resume ya cerita tentang kurban ini. Nabi Ibrahim memang baru dikaruniai anak saat usianya sudah tua. Anak beliau bernama Ismail. Pastilah Nabi Ibrahim sangat lembut dan penyayang terhadap Ismail, suatu ketika beliau bermimpi bahwa Allah memerintahkan untuk menyembelih anak yang beliau cintai. Seperti yang tertuang dalam Al-Qur'an, 
Nabi Ibrahim berkata: "Wahai anakku sesungguhnya aku bermimpi, bahwa aku menyembelihmu, maka pikirkanlah pendapatmu. " (QS. ash-Shaffat: 102)
Nabi Ismail dengan jawabannya:
"Wahai ayahku, lakukanlah apa yang diperintahkan Allah kepadamu. Insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar." (QS. ash-Shaffat: 102)
Masya Allah, letak keikhlasan dan kesabaran yang sulit dijangkau untuk manusia biasa. Bukan berarti tidak bisa meraih kesabaran. Pada saat itulah, Allah ganti dengan hewan kurban. Ketakwaan yang luar biasa kepada Allah SWT.  Sampai hari ini kita bisa memperingati dan meneladani keikhlasan pengorbanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail pada hari raya Idul Adha.
Kawans, hukum dari kurban itu sendiri menurut jumhur ulama adalah sunnah muaqqadah sedang menurut mazhab Abu Hanifah adalah wajib. Bagi seorang muslim atau keluarga muslim yang mampu dan memiliki kemudahan, dia sangat dianjurkan untuk berqurban. Nah, coba kita poskan pengeluaran setiap bulannya untuk berkurban. Menabung untuk niat berkurban, misalnya sebulan 150rb. Insya Allah bisa.
Berqurban (udhiyah) adalah salah satu bentuk pendekatan diri kepada Allah dengan mengorbankan sebagian kecil hartanya, untuk dibelikan binatang ternak. Menyembelih binatang tersebut dengan persyaratan yang sudah ditentukan. Sedangkan berkorban (tadhiyah) mempunyai arti yang lebih luas yaitu berkorban dengan harta, jiwa, pikiran dan apa saja untuk tegaknya Islam. Dalam suasana dimana umat Islam di Indonesia sedang terkena musibah banjir, dan mereka banyak yang menjadi korban. Maka musibah ini harus menjadi pelajaran berarti bagi umat Islam. Apakah musibah ini disebabkan karena mereka menjauhi Allah SWT dan menjauhi ajaran-Nya? Yang pasti, musibah ini harus lebih mendekatkan umat Islam kepada Allah (taqqarub ilallah). Melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Dan yang tidak tertimpa musibah banjir ini dituntut untuk memberikan kepeduliannya dengan cara berkorban dan memberikan bantuan kepada mereka yang terkena musibah. Dan di antara bentuk pendekatan diri kepada Allah dan bentuk pengorbanan kita dengan melakukan qurban penyembelihan sapi dan kambing pada hari Raya ‘Idul Adha dan Hari Tasyrik. Semoga Allah menerima qurban kita dan meringankan musibah ini, dan yang lebih penting lagi menyelamatkan kita dari api neraka. (Sumber: situs Global Qurban)
Global Qurban
Apa itu Global Qurban (GQ) ? Jadi saya baru tahu GQ ini adalah program dari ACT (Aksi Cepat Tanggap) yaitu program pembelian hewan qurban yang bisa dibeli secara online dan hasil qurban berupa serifikat. Setiap tahunnya Global Qurban di audit, di bawah naungan ACT.  Makin canggih ya, semua bisa online. Saya senang sekali ketika tahu ada program ini. Karena mencakup daerah-daerah pelosok negeri kita dan hampir di seluruh provinsi. Berdasar hasil baca webnya ya, ternyata Global Qurban telah mengantar amanah kurban ke lokasi-lokasi bencana, wilayah miskin serta rawan pangan di pelosok nusantara hingga masyarakat yang terancam kelaparan dan korban konflik kemanusiaan di mancanegara (Palestina, Suriah, Somalia, Afrika Tengah, Yordania, Afrika Tengah, Myanmar, Filipina, Laos, Vietnam, Bangladesh, Kamerun, Srilanka, Thailand, Kamboja, Timor Leste, Tiongkok, dll).

Mudah, Murah dan Memberdayakan
Coba cek di beberapa web lain, Global Qurban harga hewannya kenapa bisa lebih murah? Bisa karena dengan program yang mereka punya yaitu Lumbung Ternak Masyarakat.

Ini perbandingan harganya ya.

 
  

Jadi apa itu Lumbung Ternak Masyarakat.
Lumbung Ternak Masyarakat 
Sukses kurban didukung salah satunya dengan manajemen stok. Dengan manajemen stok, menjamin pengadaan hewan kurban tak mengikuti fluktuasi harga pasar, yang kerap lebih banyak naiknya di setiap kali momen kurban setiap tahunnya. Maka, di titik ini, terjadi perjumpaan kepentingan mutualistis antara Global Qurban dengan peternak. Bentuk program berupa pembibitan atau penggemukan ternak, dengan seluruh prosesnya melibatkan masyarakat. Disamping itu masyarakat peternak juga diedukasi, diberikan pelatihan serta didampingi tenaga ahli dalam menjalankan aktivitas pengelolaan ternak hingga pengolahan dan pengembangan pakan ternak khusus yang lebih sehat bagi ternak dan lebih menguntungkan bagi peternak.
(Sumber : situs Global Qurban)

Distribusi Qurban (Pembagian Hewan Qurban)
Pembagian hewan kurban juga penting kita perhatikan ya. Saya juga membandingkan pendistribusian hewan kurban dari Global Qurban, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dan PKPU.

Untuk Global Qurban kita bisa lihat gambar di bawah ini ya. Ada 27 Negara dan di Indonesia sendiri meluas ke 34 Provinsi, 139 kabupaten.

 

Lainnya..

Distribusi Qurban Dompet Dhuafa
Mencakup 5 Negara, 22 Propinsi, 90 kabupaten, dan 417 Kecamatan.

Distribusi Qurban Rumah Zakat
Mereka mendistribusikan dengan Metode pengkornetan daging qurban untuk wilayah Indonesia.

Distribusi Qurban PKPU
Mencakup 22 propinsi dan Luar Negeri yang wilayah/masyarakat muslimnya tergolong sangat miskin 
dan memprihatinkan yaitu di Somalia, Suriah, Myanmar dan Palestina.

Jadi distribusi paling luas titiknya bisa kita lihat pada pembagian hewan qurban oleh Global Qurban. Saya juga membayangkan, kalau hewan ternak dirawat dari kecil dengan pakan yang baik, pasti kualitasnya oke dong ya. Semua mau berkurban dengan kualitas hewan yang terbaik kan? Untuk lebih jelasnya bisa dibaca di Global Qurban ya, menurut saya pribadi programnya bagus dan jelas. Mendukung ekonomi rakyat dan meningkatkan taraf hidup peternak Indonesia. Kita juga bisa berkurban untuk saudara-saudara kita di Palestina dan Suriah. Oh ya, Global Qurban juga menyediakan program tabungan qurban yang telah bekerja sama dengan bank syariah di Indonesia. Wah tahun depan kalau mau qurban, juga bisa nabung dari sekarang ya kawan ^^. Semoga bermanfaat yah informasi ini. Yuk kawans, kita berkurban! 
Read More

4 Tips Menghadapi Suami Hobi Games Online

Setiap manusia yang terlahir, ia memiliki kepribadian unik. Berbeda satu sama lain. Meski satu atap, namun hobi antara suami dan istri seringkali berbeda. Kalau dipikir-pikir sih enak juga memiliki hobi yang sama, ya tapi hobi dandan mamah, jangan jadi hobi suami juga. Ngeri ah. Masa lelaki berpensil alis, hahaaa. Ada yang hobinya baca buku, nonton, fotografi, travelling dan lainnya. Di sini ada ngga yang suaminya hobi games, entah di handphone, play station atau di PC? Kadang bete ya kalau suami lagi dan lagi lagi berkutat dengan dunia itu. Handphone itu kaya ada lem nya di tangan, nempel melulu kaya perangko dan amplop ^^. Eh, balik dulu ke definisi hobi itu sendiri nih mah, menurut wikipedia adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Kita bisa bold ya mah, hobi itu untuk menenangkan pikiran. Keluar dari rutinitas yang sudah cukup melelahkan. Main games ini termasuk hobi juga ya berarti. Agak stres ngga sih kalau hobi itu ngga disalurkan. Saya pernah dikasih tahu kakak lelaki saya, beliau ngga hobi games kok. Beliau bilang, ya memang suamimu tipe nya begitu, justru kalau di suruh stop banget nanti dia bisa stres. Seperti bisa membaca pikiran saya saat itu, padahal ngga curhat tentang hobi games suami.

Jauh sebelum menikah, saya memang sudah tahu kalau pak suami ini ya hobinya main games di handphone. Mungkin kalau ada PC di rumah, beliau main via PC, nerd. Saya rasa cukup banyak wanita yang senasib. Hmmm, bisa bikin partai ngga nih kita? Jangan sedih ya mah. Saya sempat cek dan ricek, banyak sekali yang frustasi menghadapi tipe suami seperti ini. Macam-macam lah pokoknya yang para istri rasakan ketika suaminya hobi nge-games. Ada yang merasa sangat terabaikan lho. Sampai tidak ada hasrat terhadap suaminya. Masya Allah. Jangan ya, jangan sampai. 

                         
    
Yuk, ini dia cara menghadapi suami hobi games online
1. Komunikasi
        Sebetulnya ini yang paling utama dalam masalah apapun di rumah tangga ya mah. Coba berbicara dari hati ke hati tentang hal ini. Ungkapkan apa yang kita rasakan, dengan begitu suami pun tahu. Beranikan diri untuk berkata jujur. Jangan memendam sekecil apapun.

2. Make A Deal
      Setelah komunikasi, langsung saja beri amunisi mah hehe. Misalnya, hanya boleh main dengan durasi 30 menit, ngga boleh main kalau ada anak-anak atau boleh main di weekend saja. Buat kesepakatan yang bisa menyenangkan kedua belah pihak. Ya itu bisa-bisanya kita mah, karena masing-masing suami kan berbeda ya.

3. Lakukan hobi sendiri saat dia nge-games
        Saat suami tengah asik dengan gamesnya, kita pun bisa melakukan hobi juga mah. Kalau saya biasanya ngga memaksakan untuk mengajak ngobrol ketika pak suami lagi nge games, bisa kesel sendiri, soalnya seperti ngomong sama tembok hahaha. Kita lakukan aktivitas lain saja mah, baca buku atau main dengan anak-anak. 

4. Reminder
        Selalu dampingi, tapi bukan disatronin melulu ya mah. Bisa jadi lupa jadwal kalau lagi seru nge-games. Jangan tersinggung dulu kalau suami lagi konsen main sampai lupa rencana yang telah dibuat. Ingatkan kalau ada kegiatan lain yang lebih penting, nanti bisa lanjut lagi kalau sudah senggang. Caranya tentu dengan bicara yang baik, penuh kasih sayang dan ketegasan. Jangan buang tenaga mamah untuk marah-marah lagi ya ^^.

Sebelum menulis ini saya nyoba tanya pak suami, apakah saya sudah cukup mengerti dengan hobi gamesnya itu? Jawaban yang selalu jadi langganan pun terlontar, 'Lumayan', hiaaaaa. Bukan, bukan berarti sama sekali kita ngga boleh marah tentang hobi games ini ya mah. Kalau sudah keterlaluan, misalnya lupa ibadah, ngga makan, ngga mandi, kurang waktu untuk keluarga, sebagai seorang pendamping hidup kita berhak untuk speak up. Tentunya dengan cara yang baik dan benar. Tolong ya para suami juga jangan terlalu parah, kasihan dong istrinya ngga kesentuh. Hihi. Moga membantu ^^
Read More

Merawat Demam dan Diare pada anak

Ini pertama kalinya pengalaman merawat anak diare, perawatan di rumah. Moga ngga lagi lagi ya kak. Beberapa waktu lalu si kakak tiba-tiba muntah ketika tidur malam. Saya kaget banget saat itu. Padahal seharian tadi tidak ada yang janggal, kami bermain seperti biasa. Tidak ada tanda kakak mau sakit. Masih mau makan banyak dan minta susu menjelang tidur. Minggu kemarin memang sempat badan kakak rada anget tapi ngga sampai demam kok. Terus.. Ini kenapa, lagi tidur tiba-tiba muntah. Sakit apa sih ka? Biasanya saya ngga terlalu panik kalau anak demam, selama belum lebih dari 3 hari, kita rawat sendiri di rumah. Alhamdulillah selalu pulih sebelum 3 hari dengan pemberian obat penurun panas. Saya pun pernah menulis cerita menangani demam anak.

Ada yang berbeda di cerita kali ini ya mah. Hmm, sepanjang usia Kaina 3 tahun, ini adalah sakit yang terparah karena sakit batuk, diare dan demam bersamaan. Awalnya hanya muntah, saya pikir cuma sekali muntah, kenyataannya setiap masuk makanan minuman, dia langsung muntah. Rasanya saya lemas banget lihat Kaina seperti itu. Solusinya, kita beli obat penghilang mual untuk anak. Alhamdulillah setelah minum obat, perut Kaina bisa masuk makanan. Tapi sorenya saya dapati Kaina demam dan buang air, beberapa kali sampai pup di celana. Akhirnya saya lanjut penurun panas.

Oh ya, ini obat anti mualnya ya ma, Norfoz. Pemakaiannya diminum 1-2 jam sebelum makan. Kalau sudah berhenti muntahnya, di stop saja pemakaiannya ya.

                     
  

Hari kedua demam, saya meminta suami untuk memeriksa Kaina ke rumah sakit. Karena lihat muka Kaina merah, dulu-dulu ngga pernah demam sampai muka merah. Sebenarnya suami ngga begitu pingin ke RS, soalnya biasa kita tunggu reaksi pemberian obat penurun panas selama 3 hari, baru sowan ke dokter. Tapi saya takut kali ini, karena ketika Kaina diberi obat penurun panas, ngga terlalu bereaksi. Sepulang dari RS. badan Kaina masih demam. Memang dari kemarin saya belum mengompresnya, cuma saya sudah kasih bawang, karena konsentrasi terpecah sambil mengurusi adik Ashika. Oh ya, perawat menyarankan untuk mengompres bagian tertentu, muka merahnya itu kemungkinan dari demam. Bisa jadi karena pakaiannya terlalu tebal. Untuk mengatasi demam anak dan diare ketika di rumah, saya melakukan hal ini mah:

1. Lepas semua pakaian, lap seluruh badan. Kompres ketiak, dahi dengan air hangat   kuku saja.
2. Makan bubur
3. Beri penurun panas
4. Beri sesering mungkin cairan, bisa air teh dengan sedikit gula, prefer air hangat. 
5. Cek pakaian anak, bila basah berkeringat, segera ganti. Pakaian tidak boleh terlalu tebal ya mah.
6. Setelah agak segar badannya, beri nasi
7. Jangan lupakan cemilan
8. Untuk stop diarenya, saya coba beri buah salak itupun sedikit. Kalau kata ortu, pakai daun jambu, cuma Kaina susah banget minum atau makan yang ngga familiar.

Alhamdulillah, menjelang subuh suhu nya normal secara perlahan. Akhirnya perjuangan supaya sembuh membuahkan hasil ^^ memang ya kalau anak sakit, orang tua harus semangat dan kuat. Ada cara lain ngga mah? Sharing yukk...Semangat ya untuk semua mamaaaaak. 

                                  

Read More
cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena