Tak Hanya Kewajiban, Inilah Manfaat Berhijab Yang Dapat Kamu Rasakan

Tak Hanya Kewajiban, Inilah Manfaat Berhijab Yang Dapat Kamu Rasakan ~


Melempar ingatan ke masa lalu waktu pertama kali berhijab. Rasanya canggung karena berpenampilan tidak seperti biasa. Saya masih duduk di bangku SMP kelas 3, tahun sekian lah ya, jadul. Hmmm kerudungan. Beberapa orang bilang "nanggung pake jilbab sekarang. . Ntar aja pas SMA."  Tapi saat itu keinginan jiwa tidak bisa ditunda lagi. Alhamdulillah ada beberapa pakaian yang dikasih oleh teman karena mereka berlebih.

Tak Hanya Kewajiban, Inilah Manfaat Berhijab Yang Dapat Kamu Rasakan


Dan sekali lagi karena pertolongan Allah lah prosesnya lebih mudah dan simple banget. Sungguh tidak disangka. 

Dulu disebutnya bukan berhijab sih kalau nggak salah ya jilbab, pakai jilbab gitu nyebutnya. Jilbab juga belum seramai saat ini. 

Sering mendengarkan ceramah saat pesantren kilat di sekolah, mungkin jadi bikin agak nyadar dikit. Ketika SMP kelas 3 saya juga baru baligh. Sebelum pakai hijab, rambut saya pendek dan sering pakai bando tapi tetap gaya pakaiannya tomboy. Haha.

Beberapa hari lalu sempat juga ndengerin ustad Felix Siauw dan istrinya yang membahas gimana menangani bila anak perempuan ingin melepas hijabnya. Ya Allah, jangan sampai terjadi ya.

Entah apa yang ada dipikiran anak tersebut? Lagi ramee eh masih rame nggak sih? Yang jelas, alhamdulillah selama berhijab, nggak pada kepikiran melepas hijab kan manteman. Naudzubillah. Malah kalau tidak pakai jilbab tuh diri ini rasanya janggal.

So, banyak sekali manfaat yang dirasakan dengan berhijab. Justru ya berhijab tuh bukan hanya kewajiban, berhijab memang bentuk kasih sayang Allah terhadap kaum wanita. Wanita akan terlindungi dengan hijabnya. Duh jadi mewek.

Apa iyah katanya panas kalau pakai hijab? Kata siape dulu. Ketaatan dan keimanan dipertanyakan, kalau hanya pakai tenaga mah memang berat bisa nggak kuat. Katanya berhijab nggak wajib? Ya wajib jelas ada dalilnya tentang berhijab.

“Dan katakanlah kepada wanita-wanita mukminat, hendaklah mereka menundukkan pandangan mereka dan janganlah menampakkan perhiasan mereka kecuali yang biasa nampak dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dada mereka“. [An Nuur : 31].

“Wahai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin,’Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang“. [Al Ahzab : 59].

Inilah Manfaat Berhijab Yang Dapat Kamu Rasakan

Melindungi Kehormatan Wanita

Dari hadits Abu Dawud, disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, "Wanita itu aurat. Apabila ia keluar dari rumah, maka setan menyambutnya."  Jelas hal ini kan? Allah sangat memuliakan wanita. Maka dari itu hijab merupakan pelindung diri, menjaga kesopanan dari terbukanya aurat. 

Memberi Contoh Pada Anak Perempuan

Anak-anak merupakan peniru, betul begitu bukan? Mereka cepat sekali belajarnya bila ada contoh nyata. Kami memiliki 2 anak perempuan yang memang masih belum baligh tapi dari sekarang telah kami ajarkan untuk menutup auratnya dengan mengenakan jilbab. Harapannya mereka bisa menyadari kewajiban berhijab dan merasakan sendiri manfaatnya dari berhijab. Semoga istiqomah ya.

Menjadi Wanita Percaya Diri

Temans yang berhijab juga merasakan hal sama nggak sih, saat memakai hijab tuh kayak lebih syantik dibanding terlihat rambutnya. Hijab suatu yang istimewa, dia membuat wanita lebih percaya diri. Rasa percaya diri tumbuh karena memahami  kewajibannya, di samping itu mengerti sepenuhnya bahwa hijab adalah bentuk pertolongan Allah untuk para wanita.


Menjadi Pengingat Dalam Bertingkah Laku

Selain menjunjung tinggi ilmu, sebagai muslimah  ketika memakai hijab itu juga bentuk menghormati identitas diri. Kalau mau melakukan sesuatu yang tidak sopan, tidak beradab gitu insya Allah bakal diingatkan melalui hijab yang dikenakan. Malu ah masa marah-marah, #eh jewer kuping sendiri.

Sebenarnya masih banyaaaak lagi manfaat yang dirasakan ketika berhijab. Kalau menurut teman-teman apalagi ya? Yukk sharing. Semoga bisa istiqomah ya kita, saling mengingatkan. Semangat senin. Mohon Maaf Lahir Batin yaa. .

Komentar