Showing posts with label food. Show all posts
Showing posts with label food. Show all posts

Resep Telur Crispy, Gampang dan Enak

Resep Telur Crispy, Gampang dan Enak~ November rain nggak nih di tempatmu? Masih pergantian musim yang kadang hujan tapi panas tetap menerjang beberapa hari ini. Adik Ashika adalah salah satu prajurit di rumah yang tumbang sakit. Tidak ada batuk dan pilek tapi tiba-tiba sore itu dia terbangun dengan tubuh panas. Saya nggak begitu panik, langsung saja minum obat penurun panas yang biasa.

Ashika demam sampai 3 hari lebih lalu kami bawa ke Hermina Tangerang. Again. Bulan lalu Ashika juga berobat karena radang. Duh Ashika sowan melulu nih sama dokter Aryz.

Dokter Aryz yang merupakan dokter spesialis anak favorit, pasiennya banyak. Tapi kami cukup nyaman saat berobat kemarin. Seluruh pasien dokter Aryz ditempatkan di lantai atas, bukan di poli biasa. Jadi bisa dapat duduk, transaksi dan farmasi khusus. Hmmm untuk yang tahu suasana RS tuh kayak apa kalau lagi penuh. Rasanya pengin pulang ajaaaa.

Bukan mau bahas tentang rumah sakit sih haha. Cuma meluapkan cerita weekend lalu yang, ah sudahlah. Alhamdulillah. Kami dijenguk mbah uti dan mbah haji. Bawa lontong dan rendang. Hmmm sedap. Sudah semingguan juga saya nggak masak. Rekor pokoknya mah kali ini tak masak melulu hihi.

Mumpung hari ini libur, share resep yang gampang deh. Telur Crispy resepnya mbak Anitajoyo. Enak banget dicocol pakai sambel. Pokoknya sederhana namun puas haha apalagi ya kalau ditambah kerupuk.

Resep Telur Goreng Crispy
Bahan:
2 butir telur kocok lepas
Garam
Tepung Terigu (wadah kering & basah)
Minyak Goreng

Cara Memasak
1. Dadar telur yang sudah dikocok tadi
2. Potong telur sesuai selera
3. Gulingkan telur di wadah kering berisi terigu saja
4. Lalu balur di wadah basah berisi terigu dan air
5. Masukan kembali ke wadah kering
6. Panaskan minyak lalu goreng hingga kecoklatan

Resep mudah dan enak

Nah, gampang banget kan. Kalau waktu itu saya pakai 1 buah telur doang 😃 potong menjadi 2 dan beginilah hasilnya makan siang kala itu. . Kemangi dan tempe yang menemaniku juga. Silakan dicoba ya 😋



Read More

Coba Bikin Chicken Drumstick, Ini Dia Resepnya

Coba Bikin Chicken Drumstick, Ini Dia Resepnya~Menu masakan sehari-hari itu bisa membuat saya galau. Ah terdengar berlebihan ya. Tapi kalau akhir-akhir ini memang sering malas masakan sendiri. Menyiapkan menu makanan untuk keluarga banyak lika-likunya. Kadang beda selera. Mungkin kita pikir masakan yang sudah kita buat adalah masakan ternikmat di dunia haha, nyatanya belum tentu untuk orang lain? Iyes, kembali lagi ke selera yang berbeda.

Kalau pak suami lebih suka yang goreng-goreng. Kaina sekarang suka request, harus ada sayur. Adik Ashika ya sesuka hati dia. Tiba-tiba cranky kayak tadi pagi, nggak mau makan. Sudah ditawari telur, dia menolak. Nangis nggak jelas, drama. Gongnya, "miii mau telur"

Kenapa nggak dari tadiiii. .huft
Masak itu lebih ke untuk bonding anak. Selain pemenuhan gizi mereka sih. Ketika kurang ide masak, ya lari ke instagram. Biasanya saya suka resep mbak @anitajoyo.

Kali ini saya juga mau share hasil recook resep beliau. Chicken Drumstick.. Semua suka banget.



Resep Chicken Drumstick
Bahan:
8 buah sayap ayam
1 bungkus tepung bumbu, tidak perlu pakai semua
100 gr tepung roti
Tepung terigu

Cara membuat:
1. Potong sayap ayam menjadi 2 bagian, ambil yg bagian seperti paha. Sisanya langsung balur tepung saja.
2. Sayat daging ke arah bawah hingga terkumpul, bulatkan sambil di tekan. (Memang lebih enak lihat videonya sih) cek video mba Anitajoyo ya https://www.instagram.com/p/BpA5oCLHTAB/



3. Tepung bumbu beri air dan beberapa sendok tepung terigu. Supaya kental.
4. Masukkan sayap ayam. Lumuri dagingnya merata. Diamkan kurang lebih 30 menit.
5. Gulingkan ayam diatas tepung roti 
6. Panaskan minyak goreng, goreng dengan api kecil supaya matang merata ya. Jika sudah kecoklatan, angkat.



Nah, chicken drumstick ini gampang banget deh menurut saya proses bikinnya. Cuma pakai tepung bumbu ayam goreng plus tepung roti, saya juga pakai tepung terigu supaya bumbu mengental.

Layak banget untuk dicoba. Pokoknya recommended anak-anak suka. Alhamdulillah selesai juga tulisan recook kali ini. Hihi, jujur deh lagi males masak, mandi dan socmed. Entah. . 

Happy weekend (saya mau melipir ke warung nasi padang)


Read More

Resep Macaroni Schotel Kukus, Camilan Favorit Anak-Anak

Resep Macaroni Schotel Kukus, Camilan Favorit Anak-Anak ~ Sudah masuk musim hujan ya sepertinya. Di tempat saya semalam hujan dan pagi ini juga gerimis. Kalau hujan itu otomatis kan cuaca dingin, bawaannya lapar hihi. Ada yang gitu juga nggak sih? Jujur, saya semakin jarang masak camilan untuk anak-anak. Tapi beberapa waktu lalu Kaina ada market day di sekolahnya, dengan tema olahan keju.


Resep Macaroni Schotel Kukus

Nggak kepikiran ke macaroni schotel kukus. Memang sih sebelumnya sudah pernah buat. Ketika nanya ke paping, beliau yang menyarankan saya untuk bikin macaroni schotel kukus saja. Hmm, oke deh kita bikin lagi macaroni schotel kukusnya. Kali ini bikin dengan cetakan yang alumunium foil kotak paling kecil. Berhasil rasanya lebih enak dari sebelumnya. Ya karena belum punya oven, cobain versi kukus deh. Macaroni ini never failed me. Anak-anak suka.

Sebenarnya kalau lihat resep di google kan banyak ya, saya pakai yang di blog mbak Hesti Kitchen dan modifikasi di takaran macaroni plus keju yang berbeda. Saya pakai keju cheddar dan mozarela. Skip pakai sosis. Jadi cuma pakai kornet kalengan tok.

Langsung yuk masak. Bahan dan cara memasak macaroni schotel kukus bisa simak di bawah ini ya :)

Bahan :
250 gram macaroni elbow direbus dengan beri sedikit minyak supaya tidak lengket.

175 gr keju mozarela potong dadu (1 kotak keju mozarela yang craft)
tambah keju cheddar craft, saya potong setengah yang ukuran 175 gr.

1 kaleng kornet ukuran 198 gram (saya tambah setengah kaleng lagi, karena ada sisa)
5 buah telur
1 buah bawang bombay potong kecil-kecil
400 ml susu cair 
1 buah bawang bombay potong kecil-kecil
Margarin untuk menumis
garam, merica, pala (untuk takaran disesuaikan dengan selera ya, kadang anak nggak suka terlalu pedas)

Bahan Untuk Topping Saus putih:
1 sdm margarine
2 sdm tepung terigu
300 cc susu cair full cream
garam, merica, pala secukupnya
sisaan keju cheddar yang setengah bungkus tadi (parut)

Cara Membuat Macaroni Schotel Kukus:
1. Tumis bawang bombay hingga layu, masukkan pala, merica, kornet tumis sampai matang.
2. Masukkan keju potong dadu, telur, macaroni, beri garam. Lalu tuang susu, aduk, cicipi rasanya setelah itu diamkan sebentar ya supaya susu terserap oleh macaroni).
3. Tuang ke alumunium foil yang kecil, kukus selama 30 menit. (lapisi panci penutup dengan lap supaya air tidak menetes). Sisihkan.
4. Buat saus topping, panaskan margarin, masukkan terigu, aduk rata. Tuang susu sedikit-sedikit. Aduk cepat supaya tidak bergumpal. Masukkan keju parut, merica, garam. 
5. Tuang saus putih ke atas adonan macaroni, ratakan. Taburi dengan keju parut dan daun peterseli.
6. Kukus selama 15 menit lalu angkat.


Resep Macaroni Schotel Kukus

Nah, memang sih agak bolak-balik ya saat proses kukus. Haha. Cuma rasanya kalau anak-anak suka hasil masakan kita, nggak terasa tuh masak ribet. Terbayarkan deh! Dan ternyata ini bisa jadi hampir 20 alumunium foil yang kecil. Rasanya ya, ngeju banget tapi nggak enek.

Semoga bermanfaat ya :) Nantikan resep selanjutnya. .

Read More

Lagi Radang Tenggorokan, Coba Resep Ikan Tuna Bumbu Kuning Deh!

Kalau di rumah lagi pada radang tenggorokan, saya mati gaya. Bingung masak apa ya? Biar tetap semangat makan tapi menunya nggak bikin tenggorokan tambah lecet. Apalagi si Ashika yang maunya ayam horeng atau telur digoreng juga. Dan anak-anak kan agak bosan kalau masak ayam bacem bakar lagi. Nah kali ini saya mau bagi resep mudah, bumbu dapur gampang tinggal ulek :) yuk merapat.

Misalnya kena radang tenggorokan memang sebaiknya menghindari makanan berminyak ya. Duh rasanya hampa tanpa goreng menggoreng. Saya sendiri kalau lagi radang  tenggorokan alias panas dalam berusaha minum air putih lebih banyak lagi. Istirahat yang cukup dan nggak lupa jaga asupan makanan. Yang terakhir ini sulit deh. Kadang bandel makan kerupuk haha. Kalau sudah pusing banget, ya nenggak obat juga sih. Nggak kuat karena perlu ngasuh anak-anak 😁

Btw, saya punya menu andalan lagi saat keluarga radang tenggorokan. Pokoknya yang mau mengurangi minyak, cus pilih menu ini. Resep pertama yang mau saya share adalah resep ikan tuna bumbu kuning. Saya kehabisan sereh deh ini. Nanti temans bisa pakaikan ya ke resep si sereh hihi.

Resep Ikan Tuna Bumbu Kuning
Bahan:
300 gr Ikan Tuna 
1 buah jeruk Nipis
Garam
1/2 buah Tomat
1 ruas jahe memarkan
1 ruas lengkuas memarkan
4 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam 

Bumbu Halus:
7 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1/4 sdm lada
1 buah kemiri
2 ruas kunyit

Cara Memasaknya:
1. Cuci ikan dan lumuri dengan jeruk nipis
2. Haluskan bumbu lalu tumis hingga harum
3. Masukkan daun jeruk, daun salam, jahe, lengkuas,  jika ada sereh jangan lupa dicemplungin juga ya.
4. Beri air sesuai selera dan masukkan ikan plus tomat
5. Beri garam, masak hingga matang
6. Beri bawang goreng dan irisan rawit :p

Duh. . Rawit mana rawit, tenggorokan apa kabar nih?. Oh ya, saya memang sengaja nggak cuci setelah dilumuri jeruk nipis. Kalau si mbak suka minta belimbing wuluh. Tapi kalau nggak ada bisa coba cara yang saya pakai ini. Hasilnya bikin kuah kuning segar. Kecut tapi enak. Ikan tunanya saya beli 1/2 kg harga 25ribu di pasar. Nggak saya masak semua karena mau di buat tuna asam manis.

Foto kesorean, langsung jepret 😅

Kaina suka sekali ikan tuna kuah kuning ini. Makannya lahap dan cepat lho. Cuma dia nggak suka pakai bawang goreng, padahal kan enak ya?! 

Sayang banget nggak bisa pakai tempe goreng dan kerupuk. Tadinya mau goreng tahu, eh takdirnya si tahu di tukang sayur telah habis. Nasiiib 😃 tahu aja kalau lagi meradang nih tenggorokan.

Ikan tuna cocok buat kamu yang malas makan ikan berduri. Biasanya ikan tuna juga bisa untuk makanan kaleng ya. Andai dia bebas merkuri. Saya bakal sering masak ikan ini. Hmm harus dibatasi karena merkurinya itu.

Selain ikan tuna, pepes tahu dan teri juga bisa dijadikan menu favorit saat radang tenggorokan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya.

Read More

Resep Sup Iga Mudah dan Enak

Resep Sup Iga Mudah dan Enak ~ Hai, gimana kabar daging sapi di rumah? hihi. Barusan sih saya masak ayam bakar teflon, terong dan tempe dipenyet menjadi satu. Sayang banget saya nggak sanggup menahan hasrat makan. Selain itu mereka berbahaya untuk stok nasi di rumah. Tanpa basa-basi, nggak di foto.  Langsung nyendok nasi. Duh nikmat banget. Rasa manis pedas dan asin beradu. No picture ya but no hoax :p cuma tenang deh, saya bakal ngasih unjuk resep lain. Resep kesukaan keluarga. 

Ada beberapa resep sebenarnya yang belum diposting tapi saya pilih ini deh, bekal di musim hujan yang mungkin sebentar lagi akan datang. Waktu itu bikin sup iga, rasanya ya sedap. Nggak perlu kaldu-kaldu tambahan lagi. Kalau masakan berkuah seperti sup, cemplungin tomat, yes sudah bikin gurih.

Saya pernah nulis resep sup iga ini di akun instagram, ada sedikit modifikasi. Cuma nggak terlalu banyak. Masakan berkuah yang suka dimasak ya si sup iga, suceker. Keduanya adalah masakan favorit di rumah. Kalau nggak berkuah rasanya kasihan sama anak-anak. Tapi padahal mereka suka makan sendiri kalau menunya kering hehe. Jadi diselang-seling deh menu kuah atau kering.
Resep Sup Iga Musim Hujan

Bahan:

500 gram iga sapi
2 batang wortel, potong atau belah sesuai selera aja
2 buah buncis
1 batang daun bawang, iris
1.5 liter air
2 1/2 sdt Garam
3 butir cengkeh 
2 batang kayu manis
1/2 buah tomat


Bumbu Halus:

7 siung Bawang putih
1 Sdt lada kasar
1 butir Kapulaga


Taburan:

3 siung Bawang Merah, Iris lalu goreng
Tomat


Cara Masak:

1. Tumis bumbu halus, masukan cengkeh dan kayu manis.
2. Masukan iga dalam air mendidih, saring busanya lalu masukan bumbu halus, garam,         wortel, buncis, tomat.
3. Masak hingga matang.
4. Beri daun bawang, sajikan dengan irisan tomat dan bawang goreng.



Makan sup memang lebih enak kalau cuaca dingin. Nyesss. jangan lupa dipanaskan kembali ketika mau disajikan. Resep sup iga ini bisa disandingkan dengan tempe atau tahu goreng. Ditambah lagi dengan sambalnya. Huhuuu. Jadi mauuuu. Btw, saya mau share ayam bakar teflon spesial, beda dari resep sebelumnya deh. Tungguin ya ^^

Semoga bermanfaat. .

Read More

Resep Pangsit Kuah Enak

Resep Pangsit Kuah~ Makanan berkuah memang memiliki tempat khusus di hati saya, hehe. Selain kuah yang gurih dan sedikit pedas, makanan berkuah bisa meredakan penat dan bikin up mood. Entahlah, sugesti otak selalu seperti itu.

Sudah lama nggak bikin cemilan. Dan akhir-akhir ini harus buat snack untuk bekal Kaina sarapan di sekolah. Setelah berpikir keras, jadilah saya mau nyoba pangsit kuah. Cuma si Kaina bawa yang keringnya. Resep ini hasil modifikasi saya, nyobain tanpa minyak wijen. Memang banyak resep kalau bikin pangsit pakai minyak wijen. Tapi ini juga enak kok hihi.

Pangsit atau biasa juga disebut wonton. Isiannya bisa daging sapi, ayam, udang yg dicincang halus. Ditambah bumbu dan wortel juga enak. .

Resep Pangsit Kuah
Bahan:
Kulit pangsit (saya beli kulit pangsit siap pakai)
Kesabaran (ngisiin pangsitnya lumayan deh 😄)

Isian pangsit:
150 gr daging ayam haluskan (saya:tambah 10 buah udang kupas) sisaan kulkas masa lalu
2 sdm tepung maizena
2 siung bawang putih
1 sdt saus tiram
1/2 sdt lada
1 sdt garam


Kuah:
2 siung Bawang putih 
1 sdt lada
Daun Bawang
1/4 gr tulangan ayam
1 ruas Jahe geprek
Garam
Air



Cara memasak:
Campur semua bahan isian, bisa juga tambahkan wortel. Untuk kuah, tumis bawang putih, lalu masukan air dan bahan lainnya. Masak hingga matang..
Lalu..
isi pangsit dan kukus. Jangan lupa oleskan minyak pada permukaan kukusan supaya tidak saling menempel.



Tambahkan cesim dan cabe rawit untuk yang suka pedas 😋
Selamat mencoba..^^
Read More

Resep Cilok Kuah Barokah

Resep Cilok Kuah Barokah ~ Kenapa gitu kuah barokah? Hihi. Happy nulisnya. Suka. Kalau makanan berkuah selalu buat saya suka. Nulis sambil mangku Ashika yang lagi bobo dan nggak mau ditaruh. Sudah beberapa hari ini dia batuk pilek. Bawaannya rewel dan maunya nempel terus kayak perangko (hiaaa, iklan jadul).



Mungkin ada yang suka atau mau bikin cilok kuah? Jajanan cilok sudah familiar kan ya. Dia terbuat dari tepung aci. Ada yang diberi isian, juga ada yang kosong doang gitu. Belum pernah jajan cilok kuah, seringnya nyobain cilok pakai bumbu kacang. Cuma rasa malas kalau bikin bumbu kacang itu hihi. Cilok kuah enak diisi kayak gini. Cincangan daging digoreng kering. Enyak deh. Apalagi kalau lagi lafar melanda. 


Meski cuma 50 gr dagingnya, lumayan bikin gurih-gurih sedap. Hihi.


Nah, kayak gimana sih bikin cilok kuah?





Resep Cilok Kuah

Bahan:
200 gr Tepung Sagu
150 gr Tepung Terigu 
Daun Bawang
Garam
Kaldu bubuk
50 gr Daging giling (digoreng kering plus garam)
3 siung Bawang merah
2 siung Bawang putih
3 buah Cabe merah 
Cabe rawit sesuai selera
Minyak goreng
Air


Cara masak cilok kuah dalam 4 langkah sajaah

1. Tuang semua tepung, kaldu, garam dan sebagian daun bawang dalam satu wadah lalu masukan air, sampai adonan kalis.

2. Siapkan air mendidih dan beri minyak goreng sedikit supaya tidak menempel. Bulatkan adonan dan isikan butiran debu.. #eh butiran daging, lalu masukan dalam rebusan air. Bisa test rasa, rebus satu butir dahulu. Jika oke, lanjutgan rebus sampai mengapung. 


3. Untuk kuah, haluskan bawang dan cabe. Lalu tumis.


4. Beri air secukupnya dan taburan daun bawang. Jangan lupa garam dan kaldu sesuai selera. Jika masih ada sisa butiran daging, campurkan saja pada kuah.

Jadi mudah banget kan bikinnya. Selain lebih higienis, bisa sesuai selera kamu deh rasa cilok dan kuahnya. Jangan lupa bikin ya, mumpung minggu ini long weekend :p
Read More

Resep Bistik Ayam Yang Sedap dan Mudah

Weekend ini terasa panjang sekali karena pak suami cuti. Jadi jumat kemarin adik saya dilamar seseorang. Dan pak suami diminta cuti oleh istrinya hihi. Ketika tugas fotoin keluarga saat acara, pasti ada iklannya. Ada yang minta pup juga. Yasudah itu camera dioper-oper deh. Kalau mau tugas jepretnya fokus, memang paling uenak saat nggak ada anak-anak. Cuma mau gimana lagi, namanya emak yang dibuntuti anak unyil. Terima saja mumpung mereka masih bisa diuwel-uwel secara gratis. Hmm nikmatnya.

Ngomongin nikmat, rasanya saya mati gaya dalam dunia perdapuran. Apalagi sekarang Kaina sudah mulai sekolah. Mau masak apa ya? Cek isi kulkas ada ayam fillet yang nggak berdaya, kurang kerjaan. Alhasil saya eksekusi menjadi Bistik Ayam. Paping tuh kalau soal masakan maunya yang biasa, ayam goreng, balado telur, teri kacang. Tapi kan yang masak kayak gimana gitu masak menu puteeeer puteeer sajah haha. Lil bit boring/%^&*

Saya coba masak bistik ayam deh, lillahi ta'ala. Kaina Ashika alhamdulillah suka. Kalau paping jangan ditanya, lebih setia dengan menu ayam goreng. lol

Okeh mari intip Resep Bistik Ayam di bawah ini ya.

Bahan:
350 gr Ayam Fillet iris tipis
1 buah Tomat iris kecil 
1/2 buah bawang bombay
Gula
Garam
Kecap Asin
Kecap Manis
Pala dimemarkan
Air
1 buah Wortel
5 buah Buncis

Bumbu yang dihaluskan
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt lada

Cara Memasak Bistik Ayam seperti apa ya? . .
1. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harumss (ada s nya biar dingin)
2. Masukan irisan tomat dan ayam
3. Tambahkan irisan bawang bombay, kecap asin. Aduk
4. Beri air secukupnya saja lalu tambah wortel, buncis, pala, kecap manis
5. Masak hingga matang dan bumbu meresap
6. Beri garam dan gula ya biar tambah syakep hehe
7. Koreksi rasa. 

Dan ini tanpa penyedap terasa sudah gurih. Enak banget rasanya. Tomatnya nyes. Boleh ditambah kentang dan bawang goreng ya. Tadinya mau pakai penyedap tapi kok pas dirasa, sudah nyaman di lidah saya. Kalau yang suka sayuran dengan cara dikukus terpisah juga boleh.

Selesai juga masak memasaknya. Waktu memasak nggak lama dan prosesnya mudah. Cocok buat bekal juga. Silahkan dicobain yaaa. Semoga bermanfaat. .

Read More

Resep Martabak Teflon Skippy Untuk Camilan Keluarga, Nekat Tapi Enak

Resep Martabak Skippy Untuk Camilan Keluarga, Nekat Tapi Enak ~ Masalah camilan untuk keluarga memang agak susah-susah gampang. Anak-anak di rumah memang ada waktu khusus untuk yang namanya ngemil. Kalau saya nggak bikin camilan, ya pasti jajan tuh mereka. Memang semenjak Kaina ada kegiatan di luar, jadi sering jajan. Budaya jajan ini sebetulnya nggak bagus untuk kantong dan kesehatan ya kan? Saya mau mulai membuat camilan lagi nih untuk anak-anak. Kayaknya long time banget, nggak bebikinan. Hasil jajan dengan bikin sendiri terasa bedanya.


resep martabak teflon skippy untuk camilan keluarga, nekat tapi enak

Iya, akhir-akhir ini saya sudah nggak pernah membuat camilan untuk anak. Saya ingat, terakhir kali buat cilor. Hihi, sempat saya share di instastory. Beberapa kali buat memang  disesuaikan dengan kesukaan mereka. Kalau bikin gorengan sih biasanya mereka langsung suka. Sejauh ini saya paling sering nyetok roti. Roti tawar atau roti sobek cokelat. Anak-anak suka dengan roti bakar. Cuma kan bosan kalau makan roti melulu.

Camilan yang manis dan dingin, wah itu juga mereka hobi banget makannya. Tapi nggak selalu bisa atau nggak baik juga kalau selalu  ngemil gorengan. Pernah beli makanan buat ngemil kayak pizza dan spagheti #eh ini ngemil berat. Kaina cuma suka roti di pizza dan spaghetinya. Daging di pizza dan spagheti, dia nggak mau makan. Begitu pula kalau di mie ayam. Topingnya mana dia sentuh, kecuali ceker ayam. Entahlah, Kaina agak picky untuk camilan . Dulu juga saya bikinin singkong Thailand, nggak begitu suka. Hmm, sedangkan Ashika picky di lauk pauk sayur. Padahal maming nggak picky lho, apa saja hayuklah selama itu halal.


Kaina Suka

Kali ini saya mau nyobain bikin martabak lagi. Saya pernah buat martabak beberapa tahun lalu sama uti dan tantenya anak-anak. Kayaknya nggak pernah share resep di blog tentang martabak. Sebetulnya agak ragu untuk bikin martabak, karena Kaina pernah dibawain martabak sama pakdenya dan tadaaaaa . . dia nggak mau makan itu martabak. Belum juga dicobain, sudah menolak. Mungkin ini modal nekat tapi ternyata enak menurut Kaina.

Alhamdulillah ya. . Mari kita lihat seperti apa sih Martabak Skippy ini?


resep martabak teflon skippy untuk camilan keluarga, nekat tapi enak


Singkat cerita, di kulkas lagi nggak ada keju. Berbekal bahan seadanya dan selai Skippy ini jadi hero. Skippy kali ini bukan pakai yang varian creamy, tapi saya menggunakan Skippy Chocolate.


Resep Martabak Skippy Porsi satu pan kecil teflon

100gr Tepung Terigu 
3 sdm Gula Pasir  
1/4 sdt Baking Powder
1/4 sdt Ragi Instan
1/2 sdt garam
1/2 sdt Vanili
1 bungkus Susu Bubuk
100ml air / susu cair plain
50 gr Mentega
Selai Skippy
Susu Kental Manis (saya skip)

Cara Membuatnya
1. Kocok tepung terigu, gula pasir, air/susu cair, gula, garam
2. Tambahkan Ragi instan lalu kocok lagi sampai tidak ada gumpalan 
    (diamkan selama 45 menit)
3. Kocok lepas telur, mentega dan baking powder
4. Campur semua bahan tadi dengan kocokan telur. Kocok semua ya.
5. Diamkan selama beberapa menit. Saya 10 menit
6. Panaskan teflon secukupnya
7. Tuang adonan martabak, masak kurang lebih selama 15 menit
8. Ketika setengah matang (tampak berongga bagian atasnya beri gula dan mentega)
9. Tambahkan Toping Skippy sesuai selera


resep martabak teflon skippy untuk camilan keluarga, nekat tapi enak


Saya bahagia ketika melihat kandungan gizi dalam kemasan Skippy, nilai kolesterolnya nol. Nah, aman dan tenang deh untuk dikonsumsi. Saya sempat berkali-kali tanya pada Kaina, "memang enak ya na?" Kaina mengangguk. (Nggak ada ancaman kok :p)

Tersenyum lebar melihat Kaina mau makan camilan berupa martabak Skippy ini. Saya sengaja buatnya dengan porsi ngepas, takutnya nggak habis. Ng, kalau kayak gini, besok bakal bikin lagi ah. Tentu tambah topingnya si keju dan tidak lupa selai Skippy untuk membuat semua orang tersenyum.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.
Read More

Resep Udang Lenjeh ala Mak Dower

Resep Udang Lenjeh ala Mak Dower  ~ Beberapa hari terakhir ini ngerasa nggak sih cuaca itu panas terik banget? Dehidrasi. Saya bingung harus senang atau sedih. Karena cucian ya kering semua gitu. Hihi. Berarti siap-siap setrika deh! Okay, it's okay. Ini baru pertengahan Maret nampaknya tragedi dalam hidup sudah cukup menari-nari. Tapi selalu bersyukur dan mohon kesehatan. Oh ya semenjak ditinggal mbak, saya jarang sekali ikut event blogger, juga sengaja nggak mendaftarkan diri. Agak ragu ninggalin Ashika.

Mau sharing resep yang pernah dipost di instagram @uciggg beberapa waktu lalu. Sering repost juga di blog karena apa ya? ya memang mau terekam di blog sih. Resep kali ini selain datang dari rasa kangen pada Udang Lenjeh Mak Dower. Saya mau kasih tau ke paping nih, Udang Lenjeh Mak Dower kriuk gitu plus peteeee. Meski bukan penyuka pete, tapi saya pakai karena paping lebih suka pete.. eh pete or petai sih? :p
Udang Lenjeh ala Mak Dower ini memang ngangenin, selain rasanya kriuk gurih dan enak pastinya, udang ini bertabur pete dan bawang goreng. Pas acara Food Marathon waktu itu, saya berkali-kali ngambil si Udang Lenjeh. Namanya dibuat unik, sesuatu deh hehe.

Ini Udang Lenjeh punya Mak Dower




Yasudah mau lanjutin resepnya yaaa, ini dia resep Udang Lenjeh ala Mak Dower saya nyontek punya mbak In @dapurngebut, tapi saya tambah kemiri.

Resep Udang Lenjeh ala Mak Dower

Bahan
250 gr Udang (tidak dikupas)
1 sdt Garam

Bumbu yang dihaluskan: 
5 siung Bawang Putih
1 ruas kunyit
1 buah kemiri

Untuk campuran
Pete
8 siung Bawang Merah u/ bawang goreng

Cara memasak
- Campur udang, garam dan bumbu halus. (Biarkan dia galau dalam kulkas selama 1 jam) 
- Goreng udang, pete dan bawang merah (Saya goreng secara terpisah)
- Saya coba goreng 2x si udangnya, memang lebih garing banget jadinya. (optional)



Selamat mencoba yaaa. . ^^

Read More

Resep Ikan Bakar Teflon

Resep Ikan Bakar Teflon ~ Haiiiii, wah sudah lama banget nggak nulis pembuka di blog dengan kata HAI!. haha. Ingin berbagi resep kali ini. Bagi saya, memasak itu adalah hal paling berseni setelah jadi ibu. Yang masakin saja kadang bosen. Seseibu itu sering pas mau tidur lihat daftar menu yang cocok dimasak buat anak-anak, kalau untuk bapaknya bisa lah menyesuaikan term & condition. Menu goreng menggoreng memang praktis. Cuma kan bosan ya. Saya suka lauk bakar-bakaran. Dan sudah 2x mencoba bikin ikan bakar pakai teflon. Iya ikan bakar pake teflon^^.

source: pixabay


Paling enak sih beli ikan segar gitu ya, dan dibersihin sama pedagangnya sampai kinclong cuma apa daya ya harus bersihin lagi supaya bebas dari rasa pahit masa lalu. Pertama kali saya nyobain pakai kemiri. Fixed deh seterusnya nggak pakai kemiri. Ikan bakar itu paling enak kalau sampai dagingnya juga terasa bumbu-bumbu sampai meresap.

Meski rada ribs, alias ribet tapi tetap suka bikin ikan bakar teflon ini. 


Bahan :
4 Ekor Ikan (Bawal)
1 buah Jeruk Nipis
Garam

Bumbu Marinasi
3 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdm Saus Tiram
3 sdm Ketumbar


Bumbu Oles Haluskan:
1 sdm Ketumbar
Kecap Manis
1 sdt Lada 

Cara Memasak:
- Lumuri ikan dengan jeruk nipis lalu cuci bersih
- Beri garam pada ikan lalu goreng setengah matang, tiriskan
- Haluskan bumbu marinasi
- Masukan ikan pada bumbu marinasi
- Diamkan dalam kulkas selama beberapa jam, biasanya 1-2 jam
- Panggang di atas teflon dengan api kecil, jangan lupa beri bumbu oles ya
- Sajikan dengan sambal kecap, duh enaaak klo dibikinin haha



Alhamdulillah ikan bakar pakai teflon terasa bakarannya hehe. . Yang penting makannya selagi lapar :p.  Selamat mencoba ya. . Jangan lupa lapaaaaaaar!
Read More
cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by