Melatih Anak Belajar Puasa Di Bulan Ramadhan

Melatih Anak Belajar Puasa Di Bulan Ramadhan~ Ahamdulillah, sujud syukur bisa bertemu lagi dengan bulan penuh ampunan. Ramadhan, masya Allah. . Meski dengan kondisi hamil tua, di usia yang gitu deh haha. Dan juga masih berjuang menaikkan HB. Hari pertama done. Puasa saat hamil kali ini memang awalnya masih maju mundur mau puasa atau nggak?! Tapi mau nyobain niat dulu sekalian nemenin Kaina yang lagi belajar shaum ramadhan tahun ini.


Cerita ramadhan kali ini lumayan beda banget karena ngerasain tanpa ART dengan kondisi hamil gede. Tubuh terasa banget lemah dan gampang lelah. Tapi anak bikin semangat puasa, jadi insya Allah ikut semangat.

Melatih Anak Belajar Puasa Ramadhan, jujur. . Ini topik yang berat huhu. Karena kami mau stimulus Kaina untuk puasa dengan rasa happy dan ikhlas. Hmm, tahun lalu sempat sih belajar puasa tapi ya gitu. Nggak seketat sekarang. Kenapa sih harus membiasakan puasa sedari kecil? Karena kan puasa salah satu ibadah wajib umat muslim. Kalau dari kecil sudah biasa dan terlatih, harapannya anak-anak bisa mudah menjalani puasa saat besar. Seingat paping, beliau sih puasa full mulai saat SD, hmm saya juga sepertinya juga saat SD. Alhamdulillah Kaina lebih baik dari orang tuanya, mulai TK belajar puasa full sampai maghrib.


Melatih Anak Belajar Puasa Di Bulan Ramadhan

Memberi Pengertian Kenapa Sih Harus Puasa?
Dengan puasa, kita memenuhi kewajiban dan mendapatkan pahala. Kalau punya banyak pahala, insya Allah meraih surgaNya. Pastikan anak sudah mengerti konsep surga yaa.

Latihan Puasa Secara Bertahap
Bisa dicoba puasa dengan berbuka saat adzan Dzuhur, lalu lanjut puasa sampai bedug maghrib.

Menyemangati dan Menemani Bermain Saat Jam Rawan
Jam rawan cukup banyak nih kalau usia TK. Bangun tidur dia ngeluh lapar, jam 11 itu paling-paling deh. Dan kalau lagi sakau gitu, kasih mainan atau reminder menu buka puasa nanti.



Menyiapkan Menu Yang Diinginkan Anak
Saya selalu nanya nanti buka puasa mau menu apa, sejauh ini sih nggak yang aneh-aneh anaknya ketemu es teh manis syuda cukup. Memang pada dasarnya terbiasa yang standar ๐Ÿ˜‚ paling dijajanan yang agak jebol ๐Ÿ˜.



Memberikan Hadiah
Langsung semangat deh kalau dikasih hadiah. Ini ngefek banget, hihi. Mudah-mudahan bisa jadi kenangan sih pas dia besar.

Kontrol Kegiatan Anak
Ini rada susah, kalau energi masih banyak biasanya dia nggak bisa diam. Pas hari pertama, Kaina belum ngerti gimana menghemat tenaganya. Ya sampai sekarang juga masih agak pecicilan sih kalau energinya masih full. Jangan lupa selalu ingatkan ya untuk menghemat energinya.

Harapannya anak-anak terbiasa puasa dari kecil. Beberapa hari ini sudah merasa, mau makan minum saat puasa tapi sebenarnya nggak mau buka puasa saat belum maghrib๐Ÿ˜„

Saya baru posting setelah sekian lama. .
Duh semoga tulisannya bermanfaat ya. .

Read More

5 Hal Dalam Menanamkan Minat Belajar Anak

5 Hal Dalam Menanamkan Minat Belajar Anak~ Nanti ngaji nggak na?". .  pertanyaan yang lumayan sering saya lontarkan pada Kaina. 

"Iyaaa mi." Dan saat ditagih janjinya, Kaina membatalkan belajar ngaji begitu saja. Huhu. Yaa saya nggak bisa memaksa tapi tetap cuap-cuap gitu deh. Ngerti kan? Hihi. Kaina memang mengaji sama saya dari usia 4 tahun sampai sekarang. Dan sebagai seorang ibu sekaligus guru untuk mereka, gaya belajarnya itu lho yang membuat saya garuk-garuk tanah. Sabar.. sabar. Kadang moody banget, namanya juga masih anak-anak ya saya coba mengerti sambil memberi pengertian. Saya juga mau tahu minat bakat anak ini di usia golden age.





Seperti yang kita tahu, anak bukan kertas kosong. Tidak perlu memaksa, cukup mengarahkan. Saya sadar masih suka seperti memaksa Kaina dalam mempelajari hal baru. Saya pribadi bukan ingin mengejar prestasi, cepat-cepat masuk sekolah. Bukan. Well, saat melihat perkembangannya ketika tidak saya paksa justru malah jauh lebih baik. Ada hal yang menonjol dari diri si anak. Tapi saya tetap mau tahu tentang bagaimana gaya belajar Kaina. Sejauh ini saya mencoba menanamkan minat belajar pada Kaina dengan cara berikut ya.

Memberikan Pengertian Tentang Belajar
Dari pengalaman mengajarkan Kaina, pertama kali saya kasih pengertian kenapa sih harus belajar. Makna belajar sangat luas kan ya. Dengan belajar bisa banyak tahu. Seperti belajar membaca, kenapa sih belajar baca? Kalau bisa baca nanti Kaina nggak tersesat, bisa baca petunjuk jalan. Beri penjelasan sesederhana mungkin.

Belajar Sambil Bermain
Kalau yang satu ini perlu ekstra ya hihi. Dunia mereka kan dunia main. Tapi kan sudah canggih nih, kita bisa gugling atau youtube untuk cari tahu gimana sih belajar yang menyenangkan. Dan pastinya sebagai orang tua tahu apa yang paling disukai anak.

Ciptakan Suasana Yang Asyik
Karena anak-anak moody ya, harus dengan suasana asyik. Misalnya ada mainan favorit di tempat belajar, buku yang disukai. Kalau Kaina paling sering di kamar atau ruang tamu untuk belajar. Mau pakai tenda-tendaan juga seru. Hehe.

Jangan Pernah Memaksa
Sangat tidak dianjurkan deh kalau anak nggak mau belajar lalu dipaksa. Nantinya definisi belajar jadi menjenuhkan buat anak. Ini ke depannya bakalan nggak baik untuk si anak. So don't do that.
suasana bermain sebelum belajar


Beri Reward atau Kejutan
Anak-anak suka sekali hadiah, walaupun cuma kotak dibungkus kertas kado. Ini Kaina suka banget. Selepas belajar, coba berikan pujian. Kalau saya suka kasih jempol tiba-tiba saat dia lancar mengaji. Mereka senang, apalagi kalau dibolehin nonton youtube lagi habis ngaji. Hadeh, girangnya bukan main.



pointernya pakai suntikan mainan dokter

Dari beberapa usaha yang saya lakukan untuk menumbuhkan minat belajarnya, saya ingin juga mengenali dan mengembangkan potensi anak sejak dini. Nah saat tahu ada AJT CogTest, untuk memahami bagaimana mereka dapat belajar lebih baik dan efektif bisa jadi solusi.

Apa sih AJT CogTest?
AJT CogTest itu hasil dari penelitian yang dilakukan selama lebih dari 4 tahun terhadap hampir 5.000 siswa dari 6 propinsi di Pulau Jawa, bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Kevin McGrew sebagai konsultan proyek, ahli dari teori CHC dan Co-Author dari Woodcock-Johnson III & IV. AJT CogTest telah diuji coba di 10 Sekolah terkemuka se-Jabodetabek.

Jadi sudah diteliti dan diuji coba yaaa.

#AJTCogTest dikembangkan berdasarkan teori kecerdasan termutakhir, yaitu teori Cattell – Horn – Carroll (CHC Theory).


AJT CogTest juga Tes Kognitif pertama yang dikembangkan berdasarkan norma Indonesia dengan proses pengembangan yang sistematis melibatkan lebih dari 250 psikolog Indonesia dan hampir 5.000 anak Indonesia sehingga menghasilkan produk tes yang berkelas dunia. 

Landasan teori psikologi yang dipakai merupakan teori paling mutakhir dan komprehensif di dunia saat ini. 

Untuk Anak Usia 5-18 tahun. .
AJT CogTest mengukur delapan bidang kemampuan kognitif anak usia 5 sampai dengan 18 tahun sehingga kekuatan serta kelemahan kemampuan berpikir anak dalam belajar dapat teridentifikasi secara lengkap dan jelas.

Faktanya. . 
Kebanyakan alat tes IQ yang banyak dipakai di Indonesia disadur dari luar negeri sehingga belum sesuai norma yang ada di Indonesia. 
AJT CogTest hadir sebagai alat tes kognitif yang dirancang oleh psikolog dan ahli psikometri Indonesia maupun internasional untuk anak Indonesia.



Ada 2 Jenis paket Tes Kognitif AJT:
1. AJT CogTest Full Scale
Mengidentifikasi 8 kemampuan kognitif lengkap yang menampilkan profil lengkap kekuatan dan kebutuhan belajar anak. Biayanya Rp. 760.000.-

2. AJT CogTest Comprehensive
Diperuntukkan ketika seorang anak memerlukan data lebih terperinci untuk dianalisis, psikolog akan merekomendasikan tambahan tes. Biayanya Rp. 1.200.000,-

Psikolognya bagaimana?
AJT CogTest dilakukan oleh psikolog yang  sudah mengikuti pelatihan dan disertifikasi oleh PT MCI.

Hasil Test. .
Btw, hasil AJT CogTest akan dikirimkan berupa softcopy melalui surat elektronik (email) dalam waktu 7 sampai dengan 14 hari kerja setelah tes dilakukan ya. Wah asyik lewat email. 

Sekilas tentang PT. MCI
PT Melintas Cakrawala Indonesia (MCI) adalah penyedia AJT CogTest, tes kognitif pertama di Indonesia yang sudah dinormakan untuk anak Indonesia usia 5 sampai dengan 18 tahun, berbasis bukti untuk memberi wawasan jelas tentang bagaimana siswa memproses dan memperoleh pengetahuan. MCI bercita-cita untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di Indonesia.


Setelah tahu ada #TesKognitifAJT# gimana nih? Tertarik untuk ikut tesnya? Bisa hubungi kontak di bawah ini ya. #YukKenaliAnakKita sedini mungkin supaya kita bisa mengembangkan potensi anak dan meminimalisir kekurangannya ^^.

Instagram: @melintascakrawalaid
Website:  www.melintascakrawala.id
WhatsApp CS: 087883258354
Read More

Pengalaman Menaikkan HB Selama Hamil Dengan Jus Bit

Pengalaman Menaikkan HB Selama Hamil~ Enaknya nggak ada masalah sih ya selama hamil. Tapi mau gimana? Ada saja cerita setiap kehamilan. Dari anak pertama sampai anak ke-3, selalu ada warna warninya sendiri. Penginnya ya, nggak ada PR apa pun setelah kontrol kandungan ke dokter. Alhamdulillah, hamil kali ini nggak ada flek. Kalau dibilang lancar, ya sejauh ini masalah yang ada, nggak menjadi hambatan gimana banget. Cuma saat HB rendah yang agak was-was.  Jadi gimana cara naikkin HB selama hamil?



Biasanya cek darah selama hamil dilakukan di awal kehamilan dan sebelum persalinan. Itu seingat saya. Jika dalam kondisi normal ya cuma di masa itu deh pengambilan darahnya. Entah kenapa saat usia kandungan 7 bulan malah dokter Hasta meminta saya untuk cek darah, cek nilai HB saja.

Saya juga nggak ada keluhan apa-apa. Hanya bilang kok kayaknya capek ya hamil ke-3 di bagian tulang belakang saat mau bangun. Ternyata faktor usia yang nggak muda lagi, makin lama perempuan itu ya makin berasa deh perubahan fisiknya, maka perlu asupan kalsium yang banyak. Iyasih nggak kayak hamil pertama. Masih usia 20an. Belum ada anak juga.



Nah sebulan lalu saya diminta cek darah untuk melihat nilai HB, ternyata nilainya 8.5. Ini lumayan jauh dari normal. Dokter Hasta meminta saya rajin minum jus bit atau terong belanda. Plus dikasih vitamin, Prenamina. Dokter Hasta bilang, untuk menaikkan HB nggak bisa langsung cepat. Proses pengejaran bisa sebulanan. Jadi saya harus periksa kembali nilai HB dalam darah sebulan lagi.

Tepat hari sabtu lalu, saya cek ulang nilai HB dalam darah. Alhamdulillah sudah agak naik dari 8.5 menjadi 10.4. Melihat hasil HB naik, saya semangat deh.
 

Jus Bit
Ampuh banget deh konsumsi jus bit setiap hari. Saya keseringan beli di pasar sekilo bit harganya kisaran 25-27 ribuan. Cuma kalau di supermarket gitu, harganya sadis haha. Harga sama tapi cuma dapat setengahnya tok. Selama seminggu sanggup jus 1 kg buah bit. Beet Root kalau di supermarket mah namanya hehe.

Saya jus bit hanya pakai perasan lemon gula dan air. Awal-awal saya sempat campur dengan sirup tapi takut pengaruh ke berat badan.

Jus bit beneran ampuh banget buat menaikkan HB. Setelah di jus, masukkan terlebih dulu ke dalam kulkas. Saat dingin baru deh diminum. Saya juga mengkonsumsi kacang-kacangan, makan yang cukup.

Pengalaman menaikkan HB selama hamil dengan jus bit memang ampuh, asal rajin meminumnya ya :)

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Read More

Rekomendasi Makanan Yang Asyik Dibawa Saat Potluck

Rekomendasi Makanan Yang Asyik Dibawa Saat Potluck ~ Siapa yang suka botram? Atau dikenal dengan istilah potluck. Fenomena kegiatan kumpul komunitas maupun handaitaulan dengan membawa makanan masing-masing lalu dimakan bersama. Dengan harapan tidak terlalu merepotkan tuan rumah. Nah biasanya juga makanan yang terkumpul cukup banyak bahkan lebih. Berlanjut acara bungkus membungkus makanan hihi. Seru. . Saya sudah lama sekali tidak menghadiri makan barengan gitu atau makan camilan bersama. Kadang bingung ya mau bawa makanan apa saat kumpul?

Saya pernah bawa lauk maupun makanan ringan seperti gorengan hihi. Seingat saya, pernah bawa sambal goreng, jengkol huhu. Pernah juga bawa bakwan dan sambal kacang, kue pisang, kripik hmmm apalagi ya. Wah jadi kangen potluck deh kalau begini.

Di postingan kali ini mau ngelist nih rekomendasi makanan yang asyik dibawa saat potluck. Apa saja ya kira-kira?

Jajanan Pasar
Saya suka dengan jajanan pasar, mula dari yang kukus maupun goreng. Sesuai namanya jajanan pasar bisa ditemui di pasar namun nggak sedikit juga pedagang yang menjual di pinggiran jalan atau rumah masing-masing. Jajanan pasar bisa berupa lemper, onde-onde, ketan, risol, pastel, getuk, kue lapis, dadar gulung, ongol-ongol, kue cucur, wah banyak lagi deh. Kamu paling suka jajanan pasar yang mana?





Gorengan
Nggak bisa dipungkiri lagi, gorengan adalah favorit banyak orang. Mulai dari bakwan aka bala-bala, tahu, tempe, cireng, pokoknya berjudul gorengan gurih ya menjadi kesukaan. Kalau bawa gorengan tidak lupa rawitnya atau sambal kacang ya. Pasti menambah keseruan potlucknya deh.

Rujak atau Buah
Buah bikin segeeeer, apalagi kalau rujak ya. Wah kedoyanan siapa nih rujak? Antara buah atau rujak bisa kamu bawa karena menambah warna-warni acara kumpul-kumpul serunya. 

Kerupuk
Ini asyik banget, bawanya ringan. Yaiyalah kerupuk gitu lho. Tinggal angkut saja. Mau pilih yang beli atau goreng sendiri? Kerupuk jadi teman saat makan bersama lauk, pasti acara potlucknya nambah enak hihi.

Sambal
Sambal bisa jadi pilihan nih untuk dibawa potluck. Kalau mau sambal goreng ati boleh juga, sedapnya. Sambal goreng dengan pete saja juga mudah banget membuatnya.

Dari semua jenis makanan yang dibawa saat potluck, pasti butuh wadah untuk mengemasnya. Apalagi ketika acara bungkus membungkus makanan yang tersisa. Serunya dan itu seninya hihi. Bungkus membungkus dan memerlukan plastik.

Bicara tentang plastik, saya suka dengan tampilan baru kantong plastik merek Wayang. 




Ini tampilan lamanya, terletak perbedaan pada kemasan yang bergambar Wayang.
Kemasan baru lebih bagus dan ada informasi jelas, tidak terlalu kecil. Saya lebih suka tampilan yang baru, fresh dan mereknya terpampang nyata.

Plastik PP Wayang dapat kita lihat pada kemasannya telah memiliki Sertifikasi ISO 9001 (mutu produk), Sertifikasi Halal MUI, Indonesia Best Brand Award produk pilihan masyarakat (2011 – 2018).

Sekilas tentang kantong plastik Wayang
Jadi plastik Wayang merupakan produk kantong plastik jenis PP (Polypropylene).
jenis plastik PP, plastik yang memiliki karakter warna yang transparan, bening dan jernih dengan permukaan yang mengkilap. Terlihat memang Bening dan Berkualitas. Kalau untuk menampilkan produk jadi jelas banget warna dan bentuk produk tersebut. Selain itu menampung beban barang di dalamnya dan tidak mudah jebol karena menggunakan seal dibuat 2 lapis, sehingga plastik Wayang kuat.


Kantong plastik Wayang memiliki berbagai ukuran lengkap dan ketebalan untuk memenuhi setiap kebutuhan kita. Jangan khawatir ya kalau mau mengemas produk dengan ukuran yang berbeda-beda.



Contoh pemakaian plastik PP Wayang, dapat digunakan untuk plastik pembungkus buah, pembungkus hasil laundry, plastik pembungkus kue jajanan pasar, plastik pembungkus kerupuk tradisional, plastik pembungkus bumbu kering (bumbu masak), plastik pembungkus perhiasan dan aksesoris perempuan.

Hal Penting Dalam Memilih Plastik 
Yang penting dan harus jadi perhatian dalam memilih plastik untuk makanan adalah bahan yang digunakan untuk pembuatan plastik. Kemurnian dari biji plastiknya, seperti kantong plastik PP Wayang ini yang menggunakan bahan standard Food Grade, tidak mengandung bahan biji plastik daur ulang ya. Sehingga sangat aman digunakan untuk produk makanan dan minuman. Kualitas bahan yang baik juga mengurangi resiko plastik menjadi lebih cepat menguning. Plastik PP Wayang dapat ditemukan di toko plastik tradisional, di pasar maupun di sekitaran rumah tempat kita tinggal yaa. Asyikkkk..



Well, meski plastik dibutuhkan namun pemakaiannya harus dilakukan secara bijak ya. Pakai plastik sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan. Dan jangan lupa membuang sampah pada tempatnya ya. Yuk, bijak berplastik! . .

Jadi, sudah tahu bawa makanan apa untuk potluck nanti?
Read More

Perhatikan 5 Tips Ini Dalam Mencari Rumah Kontrakan

Perhatikan 5 Hal Ini Dalam Mencari Rumah Kontrakan~ Rumah. . Satu kata yang bikin kangen. Kalau dulu sih sering banget keluar rumah hihi. Saya nggak terlalu betah di rumah. Semenjak menikah ya rumah itu tempat kerja, tempat santai, tempat main, istirahat, pokoknya lumayan betahlah di rumah. Eh tapi juga dengan syarat dan ketentuan yang berlaku sih :p. Kira-kira apa ya?

5 Tips Ini Dalam Mencari Rumah Kontrakan
Source: Pixabay
Setelah menikah saya dan pak suami sempat satu atap dengan orang tua. Orang tua saya yang memiliki usaha rumah kontrakan. Jadi pada waktu itu kami tinggal di satu kamar kontrakan yang memiliki beberapa petak. Sempat mau mencari rumah kontrakan tapi kalau kata orang tua sayang uangnya, mending ditabung untuk membeli rumah. Alhamdulillah, dari kecil belum pernah ngerasain tinggal di rumah kontrakan. Mungkin yang paling nggak enak kalau mengontrak adalah lelah saat berpindah tempat ya. Capek nyari kontrakan baru lagi. Atau kurang cocok dengan si empunya rumah? Ini sih paling malas ya kalau yang punya kontrakan nggak koperatif.

Mencari rumah untuk dijadikan tempat tinggal memang jodoh-jodohan juga ya. Saya saja juga merasakan hal ini saat hunting rumah. Pernah mau beli rumah second, sudah cocok tapi sayang waktu itu cancel. Yaaa, mungkin saat ini jodohnya lagi di sini, dinikmati saja. Bersyukur sambil usaha, barangkali dapat tempat yang lebih baik, lebih banyak energi positifnya. Amiin. Dibetah-betahin aja kak :)) rumah yang sekarang banyak kenangannya. Kalau pun pindah, hmmm saya masih cinta sama isi dalam rumahnya, luas bangunannya, dan karena baru setahun beres renovasi. Mungkin mau nafas dulu deh :).

5 Tips Ini Dalam Mencari Rumah Kontrakan
Source: Pixabay

Mencari rumah kontrakan memang agak beda tipis dengan mencari kos-kosan. Ngerasain pindah-pindah kosan jaman kuliah. Lelah juga tapi saat itu happy sih karena teman-teman banyak yang bantuin. Waktu itu memang mencari yang lebih bagus fasilitasnya dan tempatnya juga lebih ramai. Kalau di kosan yang pertama kali itu jalan menuju lokasi lumayan sepi, agak ngeri kalau sendirian. Padahal di dalam kosannya nggak kenapa-kenapa sih. Cuma memang kamar saya berada di atas. Lalu tertarik pindah kosan ke daerah yang lebih ramai, yaitu di kutek alias kukusan depan fakultas teknik. Akses jalan kaki ke kosan ramai selalu. Jadi nggak khawatir kalau balik agak malaman. Sepanjang jalannya juga lebih bervariasi, banyak pilihan tempat makan. Ngerti kan problem anak kosan, mencari tempat makan. Hehe.

Kalau rumah kontrakan usaha bapak itu tinggal beberapa ruko dan kamar kontrakan. Rumah kontrakan full satu rumah sudah beberapa yang terjual. Padahal rumah kontrakan yang di pinggir jalan bisa dijadikan tempat usaha ya. Sayang banget belum rejekinya.

Btw, berdasarkan pengalaman ada beberapa tips mencari rumah kontrakan.

Tentukan Kebutuhan
Kenali lalu tentukan kebutuhan kamu nih. Ada tipe rumah kontrakan berupa full satu rumah, ada juga yang hanya berupa petakan saja. Apa itu? Kayak ruang tamu, ruang tidur, kamar mandi plus dapur. Kalau untuk keluarga baru dan masih sedikit perabotan bisa deh pilih yang berupa rumah petakan saja. Budget lebihnya bisa untuk menabung kan. Kecuali kalau personil sudah banyak dan perabotan banyak pula, mau nggak mau harus mencari rumah kontrakan yang full berupa satu rumah ya. Hmm, misalnya masih single ya, cari rumah kontrakan yang nggak terlalu besar. Selain dananya bisa ditabung, perawatannya juga nggak makan waktu. Dan terpenting, cari kontrakan murah juga jangan asal murah ya.
 

Kondisi Dalam Rumah
Sebaiknya kita langsung survey kondisi rumah kontrakan. Apakah bangunan masih dalam kondisi bagus. Sekiranya ada kebocoran, bisa ditanyakan nanti bagaimana masalah perbaikannya. Jangan lupa cek listrik, kebersihan airnya, semua keran diperhatikan. Lalu kalau kamar petakan gitu, cek apakah dindingnya tembok atau bukan. Masalahnya kalau triplek kan kurang nyaman ya? Ya ini balik lagi ke harga yang didapat sih.

5 Tips Ini Dalam Mencari Rumah Kontrakan
Source: Pixabay


Harga Sewa
Ini harus banget deh jadi bahan pertimbangan. Sebaiknya juga kamu bandingkan harga sewanya di tempat lain. Sesuaikan dengan faktor-faktor pendukungnya juga misalnya seperti posisi rumah kontrakan yang strategis. Di daerah tempat bapak saya kalau kontrakan petakan harganya berkisar di 600-700 ribu. Sedangkan satu rumah kontrakan per-tahun biaya sewanya mencapai 15-20 juta.

Lingkungan
Selain kondisi dalam rumah, ini faktor yang nggak kalah penting kan. Gimana bisa betah kalau lingkungan nggak mendukung? Apalagi kalau kurang damai. Malesin yha kalau bertabur konflik. Rasanya pasti nggak enak. Lalu kamu bisa cek apakah rumah kontrakan tersebut banjir atau nggak. Kadang bisa kelihatan dari garis-garis bekas air di temboknya. Cuma untuk make sure, kamu bisa langsung bertanya pada warga sekitar. Dan perhatikan lingkungannya aman terkendali atau nggak?

5 Tips Ini Dalam Mencari Rumah Kontrakan
Source: Pixabay


Fasilitas Terdekat
Kalau rumah kontrakan jauh dari mana-mana, agak susah juga ya. Lebih baik mencari yang dekat dengan fasilitas umum, seperti pasar, tempat ibadah, rumah sakit, sekolah, mall #eh. Kalau rumah dekat dengan tukang jualan juga enak. Tergantung gimana kita ngontrolnya hehe.

Bebas Dari Banjir Kebencian
Eh hahaaa, ini point gini banget deh. Yaa namanya juga mencari tempat tinggal itu harus yang nyaman, aman, dan membuat hati tentram. Ya kan.

Selain point di atas, perhatikan juga akses jalan menuju rumah kontrakan. Jangan sampai terlalu sempit, jalanan terlalu rusak atau gelap. Ventilasi untuk udara di dalam rumah kontrakan juga perlu diperhatikan ya. Apalagi kalau punya bayi, kasihan kalau udaranya pengap kan.


5 Tips Ini Dalam Mencari Rumah Kontrakan
Source: Pixabay


Nah, teman-teman mungkin ada yang mau curhat masalah rumah kontrakan? Hihi, atau mau nambahin tipsnya, sila komen di bawah ya :)
Read More

Pengalaman Merawat Balita Diare Dan Muntah-Muntah

Pengalaman Merawat Balita Diare Dan Muntah-Muntah~ Sungguh lelah banget semingguan lalu. Adik Ashika sakit. Bermula dari pagi itu dia bangun masih ketawa lalu ambil botol minumnya sendiri. Nggak lama. . Muntahan pertama keluar. Hingga akhirnya 12 jam tidak bisa makan dan minum. Setiap kali minum, muntah lagi. Padahal dia haus banget-banget. Ashika muntah tanpa demam. Saya juga kondisinya sedang hamil dan punya PR naikkin HB. Pasrah, lelaaah maksimal. Cuma bisa jalanin, ya sedih kalau diingat lagi. Mau gimana? Mana rencana akan ngadain pengajian tasyakuran 7 bulanan. Tapi alhamdulillah semua sudah terlalui. 


cara merawat balita diare muntah


Kelar Ashika sakit, disusul Kaina juga sakit. Memang ya seringnya gitu. Dalam satu atap, kalau kakak atau adiknya sakit, yang lain ikut sakit. Cerita Ashika muntah tanpa henti, akhirnya di hari itu juga kami bawa ke dokter. Niatnya ke dokter Aryz yang biasa tapi sampai di sana menurut informasi beliau agak datang telat. Nah paping memutuskan pakai dokter lain. Jadilah ke dokter Adhani. Dokter cewek, sudah lumayanan sih usianya. Selepas periksa, anak-anak diberi mainan. Wah, kata paping sih ini baru dokter anak. Hihi..

Alhamdulillah dicek ujung jempol Ashika masih merah. Dokter Adhani masih memperbolehkan pulang dengan syarat kalau obat tidak bisa masuk, Ashika harus cepat dirawat di rumah sakit. Saya pun harap-harap cemas karena untuk minum air putih saja dia muntah. Dengan berharap di rumah, semoga obatnya bisa tertelan dengan damai masuk perut.

cara merawat balita diare muntah
source: pixabay

Lagi-lagi alhamdulillah. .
Obat bisa masuk ke tubuh dia. Ashika dikasih obat mual 2 macam.
Ada cairan oralit juga bakteri baik (lacto-b). Hari pertama nggak ada demam. Sudah bisa makan pisang lalu istirahat. Nggak muntah lagi.

Hari kedua, Ashika demam plus buang air. Mencret-mencret gitu *maaf. Jadi setelah muntah berhenti, perjuangan belum berakhir. Dilanjut buang-buang air, cair. Mau pipis tapi yang keluar ya campur pup. Pokoknya selama 2 jam itu berkali-kali pup. Sampai pakai diapers supaya bisa langsung buang dan nggak banyak cucian kotor. 6 jam bisa pup 8 kali, saya lupa berapa kali detilnya. Yang jelas, sering sekali. Sampai tidur nyenyak baru di jam 2 menuju subuh. Huaaa, perjuangan banget. Kasian Ashika kalau diingat lagi.

Pengalaman yang tidak terlupakan, saya coba berbagi ya. Mudah-mudahan bermanfaat.

Dari kejadian sakit itu, paling gregetan saat Ashika susah minum oralit. Tapi syukurlah dia kuat minum air putihnya. Saat tidur dia pun bangunin saya untuk minta air putih. Nah, gimana sih merawat anak balita yang muntah dan diare? Berikut ini pengalaman merawat balita sakit diare dan muntah - muntah. Oh ya, saya selalu sediakan kantong plastik untuk muntah dia, karena kan tiap masuk air putih langsung muntah lagi. Sedih banget. .

cara merawat balita diare muntah
Source: Pixabay


Kelar muntah-muntah si anak malah diare?

1. Setelah berhenti muntah-muntah, siapkan makanan seperti buah pisang, bubur, biskuit, roti. 

2. Porsi makan belum bisa banyak, jadi beri makan sedikit tapi sering.

3. Pakaikan diapers untuk memudahkan ketika buang air.

4. Usahakan beri cairan oralit karena air putih berbeda kandungannya dengan oralit (menurut informasi dari dokter)

5. Selalu beri cairan setelah BAB, juga sesering mungkin. Minum air teh hangat jadi pilihan favorit anak.

6. Saya berikan lacto-b pada teh dan buburnya.

Dari yang sering BAB sampai bertahap berkurang intensitasnya, karena pencernaannya belum stabil. Ada sesuatu yang terjadi mengganggu pencernaan si kecil.

Hari ke-3 masih ada pup cair, ya 3-4x . Berkurang jauh dari hari sebelumnya. 
Hari ke-4 dan hari ke-5 sudah jarang pupnya tapi memang belum padat. 
Hari ke-6 sudah agak padat, dan hampir semingguan pupnya kembali normal.

Seingat saya, Ashika minum lacto-b sebanyak 5 sachet selama sakit kemarin sesuai resep dokter diminum 2x dalam sehari. Ini pertama kalinya saya memakai Lacto-B, memang sudah dengar sih dari beberapa teman kalau anak mencret atau diare gitu, beri Lacto-B.

Alhamdulillah, sudah sehat semuanya. Semoga nggak sakit lagi ya. Sehat-sehat juga untuk kita semua. Semoga bermanfaat ya tulisan pengalaman saya dalam merawat balita yang diare dan muntah-muntah.
Read More

Catatan Trimester Ke-3 Pada Kehamilan Ke-3

Catatan Trimester Ke-3 Pada Kehamilan Ke-3 ~ Adaaaa saja PR yang dibawa sepulang kontrol kehamilan dari dokter. Maunya sih nggak ada PR apa-apa hehe. Tapi Allah berkehendak lain. Alhamdulillah letak plasenta agak bergeser meski sedikit. Masih banyak harapan huhu. Dan PR harus senam sujud karena posisinya sungsang. Jadi teringat masa hamil anak pertama. Saya harus nungging-nungging demi bayi nggak sungsang dan alhamdulillah berhasil saat hamil pertama. Now, harus senam sujud, nungging lagi deh. Kalau hamil ke-2, saya nggak mengalami sungsang. Selain posisi bayi yang harus diperhatikan, saya juga harus menaikkan HB. Lagi-lagi HB saat hamil. .? HB alias Hemoglobin, oh noooo. . Jadi mau cerita-cerita tentang Trimester ke-3 Pada Kehamilan ke-3, sedikit catatan pribadi.



Hb berfungsi untuk membawa oksigen dan mendistribusikannya ke seluruh tubuh. Selain itu, Hb juga berfungsi untuk mengatur pertukaran oksigen dan karbondioksida dalam tubuh.

Waktu menjelang lahiran anak ke-2, saya bermasalah juga dengan nilai HB yang di bawah normal. Pasca melahirkan, saya langsung tranfusi darah. Kata paping, muka saya sudah pucat sekali. Ya saya hanya merasa capek, lemas, nggak bertenaga. Pusing sih nggak ya.

Entah kenapa sabtu lalu dokter Hasta meminta saya untuk cek darah? Padahal tidak ada keluhan apa-apa yang saya rasakan. Hmm, kemungkinan sih karena saya ada riwayat HB rendah ya sebelum melahirkan. Seperti ingin mempersiapkan kondisi sebelum lahiran. Jadi jaga-jaga dari beberapa bulan sebelum melahirkan.

Setelah di cek HB, jreng-jreng.. angkanya jauh dari normal. HB normal minimal 12, sedangkan HB saya hanya 8.5. Memang sih HB rendah katanya hal biasa pada wanita hamil. Tapi nilai HB saya cukup jauh. 

Nggak terasa pusing, saya pikir kecapekan terus bawa istirahat, membaik lalu ya capek lagi. Ya gitu sih siklus kegiatan harian saya. Mengontrol rumah, anak-anak, dan perintilan lainnya hehe. Maklum nggak ada ART di rumah, jadi semua ngerjain sendiri dan dibantu paping jaga anak-anak kalau weekend.

Memasuki trimester ke-3, cek kandungan sudah mulai 2 minggu sekali. Masalah HB, dokter menyarankan minum jus bit atau terong belanda setiap harinya. Menaikkan HB tidak cukup dengan waktu sebentar. Sebulanan ini dokter bilang, harus berusaha ngejar. Selain minum jus bit, saya harus minum vitamin penambah HB mereknya Prenamia.

Beberapa makanan lain untuk menaikkan HB seperti daging merah, sayuran hijau, tapi dokter Hasta menekankan jus bit atau terong belanda untuk rutin dikonsumsi. Baru beberapa hari ini sih minum jus bit. Baru sempat bikin karena Ashika sakit. Wah pokoknya minggu ini melelahkan deh buat saya. Alhamdulillah hari ini Ashika sudah membaik.

Trimester ke-3 banyak yang harus dipersiapkan sih. Selain mental, fisik juga harus dijaga. Di trimester ke-3 kehamilan, sudah mulai cek detak jantung bayi. Pokoknya banyak-banyak berdoa deh >.< 

Catatan untuk ibu hamil saat Trimester ke-3 saya coba tuliskan ya:

1. Jaga Kondisi Tubuh
    Tubuh kita, ya kita pasti tahu kapan dia memerlukan istirahat. Kalau dirasa perlu jeda dari kegiatan, coba istirahat sejenak. Sebenarnya ini notes juga untuk saya. Kadang maunya ngerjain macem-maceeeem. Terlalu aktif, pecicilan :)) Intinya saat lelah, istirahatkan tubuh.

2. Perhatikan Asupan Makanan
    Memang sih biasanya kita semakin nafsu makan saat trimester 2-3. Tapi jangan sampai kalap. Seimbang sih kalau bisa. Jangan sampai kekurangan makan, apalagi karbohidrat karena saat melahirkan kita butuh ekstra tenaga banget. Konsumsi air kelapa, kurma, buah jeruk, hmmm sepertinya itu paling mudah menurut saya. Selain mudah, manfaatnya sangat saya rasakan. Ketika dokter bilang, air ketuban agak keruh, atasi itu dengan mencoba konsumsi air kelapa, kurangi santan dan makanan manis. Alhamdulillah berhasil. Nah jadi sangat penting asupan makanan untuk tubuh.

3. Kontrol Janin
    Ketika semakin besar, pergerakan bayi juga lumayan hebat. Biasanya nanti kita akan dikasih kartu monitor gerakan janin. Kontrol kandungan juga semakin intens. Mulai dari 2 minggu sekali di 28 week menuju 32 week lalu lanjut 1 minggu sekali.

4. Persiapan Persalinan 
    Sudah tahu mau melahirkan di mana? Oke, nama anak? belum hihi. Saya mencoba buka-buka kembali perlengkapan bayi alias new born. Di 7-8 bulan kayaknya waktu ideal untuk menyiapkan perlengkapan bersalin ya. Tubuh juga terasa belum begitu berat. Selain itu kita bisa memikirkan apalagi yang kira-kira kurang dari jauh hari.

5. Siapkan Suami Siaga
    Kenapa ada list ini? :P ya pengin doang, hihii.. kalau bisa suami harus siaga. Support system utama deh yaaaa. Karena kan anak adalah titipan untuk sang istri dan suami. 

Nah, kayaknya catatan kehamilan trimester ke-3 segini dulu. Mungkin ada yang mau nambahin, sok atuh.





Read More
cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by