Cara Mencintai Diri Sendiri

Cara Mencintai Diri Sendiri ~

Jujur, nggak bisa nulis surat cinta untuk diri sendiri 😅. Jadi mungkin postingan kali ini lebih ke reminder diri supaya bisa positif thinking dan mengalami peningkatan diri. Mencintai diri sepenuhnya karena setiap orang memang unik. Allah menciptakan sesuatu dengan maksud dan tujuan tertentu yang pasti ada manfaatnya. Sehingga nggak ada alasan untuk tidak menyayangi dirimu sendiri.


Sejauh mana mengenal diri sendiri? Saya makin mengenal diri sendiri dengan belajar ilmu agama. Rasanya hidup tanpa ilmu tuh galau. Nggak datang ke kajian, rasanya hampa. Yah pokoknya menimba ilmu itu menghadirkan ketenangan batin. 

Selama seminggu biasanya saya ikut senin dan kamis habis Ashar, sedangkan sabtu dan minggu habis subuh. Alhamdulillah anak-anak udah lumayan bisa mandiri, bisa ditinggal di rumah sebentar.

Dengan belajar berbagai macam materi dari guru-guru, offline maupun online seperti HSI Abdullah Roy maupun Tadabur Qur'an yaaa teman-teman bisa belajar lewat komunitas mana aja yang sesuai syar'i. 

Seperti ujian sekolah, bakal bisa dilewati kalau udah belajar yang benar. Melewati ujian hidup, pada dasarnya pun sama, bisa kita lewati bila punya kunci jawabannya yaitu kembali ke Al-Qur'an, surat cinta yang paling kita butuhkan.

Tukaaan malah jadi ceramah deh ah 🤣🤣🤣.

Mencintai diri sendiri dengan memahami diri, harus tau kapan PMS, senggol bacok. Kapan sensiiii dan pas datang bulan berulang sih biasanya kalau saya yaaa. Hal ini mempengaruhi kadar iman yang naik turun. Ketika sensitif, menjadi sangat ngeri. 

Memang iman naik turun, tapi ketika dia turun, jangan sampai terjun payung banget. Untuk itu cintai diri sendiri dengan cara seperti ini:


Mensyukuri Karunia Ilahi

Merawat diri sendiri adalah cara kita bersyukur. Merawat orang di sekeliling kita juga bentuk rasa syukur. Tidak marah-marah pun itu adalah bersyukur. Kata guru sih 😄. Tapiii setelah diterapkan memang ampuh. Hehe. Bersyukur dan merasa cukup, semakin menambah keberkahan.


Memaafkan Diri Sendiri & Orang Lain

Memberi maaf ke diri sendiri bakal bikin hidup lebih tenang. Nggak lagi melihat kesalahan, nggak lagi flashback nyalahin diri sendiri. Fokusnya memperbaiki diri aja bukan menyalahkan diri. Sedangkan memaafkan orang lain bagi diri saya adalah keharusan. Memaafkan orang lain sama aja meraih cinta dari Allah seperti dalil yang saya percaya berikut ini:

Artinya: "(yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan." (QS. Ali Imran : 134)

Berbuat Baik Pada Diri

Berbuat baik pada diri sendiri dengan menjaga diri dari perbuatan yang dilarang Allah. Sebenarnya dengan konsisten menjaga diri dari hal-hal terlarang, dia juga telah menjaga hak orang lain. Contohnya menjaga diri dari korupsi, dengan begitu selain berbuat baik pada diri, dia juga menjaga hak orang lain. Berbuat baik pada diri sejatinya menjaga diri dia dari api neraka.


Menuntut Ilmu

Di usia berapa pun kamu berada, menuntut ilmu itu wajib hukumnya. Di dalam islam, pantang  menjadi orang bodoh. Mencintai diri sendiri dengan menuntut ilmu. Ilmu yang diamalkan akan memperindah akhlak dan pikiran kita. Kalau kamu mudah galau, coba baca ini deh.

وَلَا تَهِنُوۡا وَ لَا تَحۡزَنُوۡا وَاَنۡتُمُ الۡاَعۡلَوۡنَ اِنۡ كُنۡتُمۡ مُّؤۡمِنِيۡنَ‏ “

Artinya: Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang orang yang paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." (QS. Ali Imran: 139)


Alhamdulillah. . Selesai juga challenge 7 hari posting bersama KEB. Semoga bisa diambil manfaatnya ya.


Komentar

  1. Waaah 7 hari aja challengenya ya mbaa... Hebaaat bisa full 😄👍.

    Bicara ttg mencintai diri sendiri, ga jauh beda lah dari poin2 yg mba tulis. Udh mencakup semua malah. Aku pun mencintai diri sendiri dengan cara merawat tubuh, termasuk jaga makan, rutin olahraga, skincare dll. Kalo ga cinta, pasti ga peduli kan.. Makan sembarangan, ga mikir bagus atau tidak buat tubuh.

    Kasih makan diri sendiri ga hanya secara fisik, tp juga mental dengan asupan ilmu juga ibadah. Menjadi bodoh, samasekali ga enak. Ga nyambung saat bicara, bingung kemana2.

    Ga peduli dengan diri sendiri, menurutku hidup ga akan bahagia. Pasti banyak stress nya . Ga mau berpaling ke Tuhan disaat ada masalah. Jangan sampai lah kita jadi orang seperti itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul mba Fan, bentuk rasa syukur dengan merawat diri seperti kayak mba Fan bilang..
      Jaga makan, kesehatan..
      Iyanih 7 hari aja.. aku mampunya yg 7 hari hehe. Makasih mba Fan udah mampir dan berkenan komentar di sini. Insya Allah aku mampir balik yaa

      Hapus
  2. Setuju dengan sharingnya , gakusah terlalu muluk2 dengan hal yang;sederhana seperti tulisan di atas sudah sangat baik

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)