Mudahnya Membuat Foto Flat Lay di rumah

Cara Membuat Foto Flat Lay~ (Artikel ini pernah dimuat dan diedit oleh Rocking Mama, jelas bagusan editannya hihiii) mau ngulas gimana cara buat foto flatlay minim budget tapi tetap wah ? Apa sih foto FlatLay? Beberapa ide dan cara foto flat lay, bisa disimak ya :)

Ma, di tengah kegiatan segudang mama mengurus rumah dan segala isinya, kita pun membutuhkan break time kan. Biasa disebut 'Me time' ya namanya. Di saat me time ada yang konsen melakukan perawatan diri untuk pergi ke salon, nongkrong bareng sahabat lama ataupun menjalankan hobi. Beberapa orang beranggapan menjalankan hobi adalah jurus ampuh dalam mengatasi kepenatan, supaya ngga suntuk. Apalagi memiliki waktu yang cukup untuk menjalankan hobi, pasti sungguh menyenangkan. Terkadang ada juga yang harus colongan waktu tidur demi tercapainya si hobi. Itu sih saya ma. Beberapa tahun terakhir ini saya suka sekali fotografi, tapi ya yang sederhana saja dan bukan yang teknikal banget ma. Awalnya hanya untuk mengisi postingan di instagram. Terdengar gila ya ma, di cap sebagai ibu-ibu yang ngga punya kerjaan. Tapi jangan salah ma, ini bisa jadi pekerjaan lho, salah satunya adalah foto produk yang biasa dikenal dengan product photography. Selain itu, banyak kok yang bisa kita gali dari hobi foto ini, mengasyikan bukan. Ya sekalian meminimalisir foto selfie di instagram deh ya. Hihi

Baca Juga : Membuat Alas Foto Sendiri

Nah, biasanya kita sering lihat beragam foto ya dengan style yang berbeda. Kalau yang instagrammable banget, ya flatlay style. Apa sih foto flatlay? Itu lho ma, yang biasanya foto diambil dari atas, bird eye view (BEV). Jadi kita menaruh semua objek yang akan kita foto, ya disusun boleh, kalau ngga disusun juga ngga apa-apa. Seringkali foto dengan messy table ala ala bikin tambah kece ma. Flatlay biasanya menggunakan alas foto berwarna putih, motif kayu ataupun marble untuk background. Foto flatlay bisa menggunakan smartphone atau gadget kok ma, ngga harus dengan kamera DSLR. Praktek style flatlay dengan beberapa properti yang mudah kita dapat saja ma, seru deh. Pastinya kita juga bisa gunakan benda di sekeliling rumah. Apapun style fotonya, basicnya adalah cahaya natural yang cukup. Yes, cahaya matahari tentunya, penting banget karena kalau kurang atau kelebihan juga ngga bagus ma. Mama bisa coba flatlay yang instan seperti ini ya. Mudah kok ma.

Baca Juga : Memulai Food Photography

                        Cara membuat foto flatlay
   

Cara Membuat Foto Flat Lay


Natural Green
Flat lay dengan teh dan jeruk nipis cukup mudah ma, karena memang gampang kita dapatkan. Warna hijau kalau di foto itu menyegarkan bukan. Kita bisa tambah sedikit properti misalnya serbet atau napkin seperti foto di bawah ini ya. Digabung dengan dedaunan juga cukup oke. 

                      Cara membuat foto flatlay


Monochrome
Meski minim warna tapi tema monokrom ini jadi sesuatu yang sedap untuk di foto. Kita bisa gunakan long dress stripe black and white. Letakkan buku tulis, spidol, makanan seperti donat atau minuman secara bersamaan. Ditambah majalah atau kalender juga bisa, supaya full framenya. Tentunya mudah kan ma.

                        Cara membuat foto flatlay
       

Hands in Frame
Untuk mencoba yang ini, jangan lupa pakai timer ya. Kita coba tampilin tangan kita, seperti memegang cangkir, menyendok atau menulis. Saya mencoba yang paling sederhana, memegang cangkir. Propertinya pun ngga sulit, hanya berbekal secangkir kopi, teh atau susu. Boleh juga menggunakan baju rajutan lengan panjang.

                     Cara membuat foto flatlay
     

Tea and Plant
Jenis tumbuhan yang difoto pada instagram juga musim-musiman deh ma, yang lagi hits sekarang monstera ya sepertinya. Membuat foto flatlay tambah kece dengan tanaman. Kalau saya pernah coba foto succulent dan teh. Oh ya, strawberry dan lemon juga bisa mempercantik foto ma. Ngga percaya? 

                      Cara membuat foto flatlay
   

Breakfast and book
Bercerita dalam foto tentang menu sarapan sangat gampang seperti roti plus selai dinikmati sambil membaca buku. Simple kan. Misalnya kita letakkan saja roti di atas nampan beserta susu. Iya nampan, pasti punya ya ma di rumah? Serta dipadukan dengan selimut bermotif garis-garis. Voila. .

                      Cara membuat foto flatlay


Minimalis
Ini style paling enak ya karena rapihin propertinya cuma sedikit ma, hihi. Ngga capek deh pokoknya. Cukup dengan secangkir minuman dan selimut. Berikan ruang kosong, seperti foto di bawah ini ma. Ruang kosong tersebut juga bisa kita berikan text.

                     Cara membuat foto flatlay
  

Semakin banyak properti yang difoto, semakin banyak juga kesempatan kita olah raga menyusun lalu merapihkan properti ma, hihiii. Jadi sambil menyelam minum air deh. Jangan lupa untuk mengambil foto beberapa kali ya, biar ada pilihan dan menghindari hasil foto yang blur. Ngga usah ragu dalam mengubah-ubah posisi semua properti. Untuk komposisi foto, seperti penempatan properti supaya eye catching, harus perbanyak latihan ma. Jepret terus ya, feel it, nanti juga akan oke kok. Sama hal nya seperti menulis, mama bisa perbanyak referensi dengan membaca. 

Nah, perbanyaklah melihat foto. Ini juga yang saya lakukan ma, bisa lihat foto-foto dari pinterest atau foto di instagram. Gimana ma, sekarang sudah ngga ragu lagi kan untuk praktek flatlay ini. Selain itu juga, properti yang digunakan mudah didapat kan ya seperti majalah, kalendar, donat, roti, serbet, sampai selimut. Kira-kira mama mau coba yang mana nih. Yuk dicoba ma, jepret and share foto flat laynya ya :) 

Komentar

  1. Aku selalu suka foto foto kak ucig yang ini,
    Sebagai anak muda.. aku merasa.. gagal wkwkwk
    karena gabisa foto kayak gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang ada ucig lainnya ya di hati kamu..hahaa
      Aku kurang muda yah :p bisaa, pasti bisaa luk

      Hapus
  2. Aku juga syuka sm hasil jepretan nya kak ucig, kapan2 pengen nyoba ah, makasih inpohnya kakaaa, aku jadi tau istilah2 flatnya hihihi

    BalasHapus
  3. pengen nyobain bikin foto kayak gini belum kesampaian mbak. hihi
    kemampuan motret masih payah banget

    BalasHapus
  4. keren kak. udah lama ga berkungjung kesini :) makin keren :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai indah. . blog kmu ngga bisa dikomen yaa. Sblumnya aku pernah mampir lagi :)

      Hapus
  5. Wah direpost di blog hehehe sip.. Flatlay Mbak Uci memang keren-keren ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiii.. buat kenangan mbaa ^^
      Makasih ya mba Ranny:)

      Hapus
  6. Flatlaynya keren - keren amat sih kak duh gemas ^^
    Masalahnya, kameraku kayaknya belum terlalu oke kalau indoor sedangkan kalau outdoor itu panas banget *problem* hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi kak putri ayundha :D makasih kaaaks

      Hapus
  7. Duh aku nyerah kalo foto-foto beginian, gak nyeni blas

    BalasHapus
  8. asyk..asyik.. aku contek ya. Maaf baru bisa bw lagi sok sibuk dirumah hehehe

    BalasHapus
  9. Minim warna, tapi tetap indah ya, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah Pak, simple soalnya ada bocil2 jg drmh hehee foto kilat

      Hapus
  10. Kok aku malah salfoks ama donat, pie, ama roti tawarnya yak hihi
    Kebanyakan yang nyambung dimana aja background putih krem gitu yak uci ^_^

    BalasHapus
  11. Klo lihat foto2 Uci tu jadi iri deh, pengen bisa kece2 gitu jugaaaa..

    Anyway thanks for share ya Ci. Nanti kapan2 mau yaaaa saya gangguin buat tanya2 ttg foto flat lay, hihihih #penasaraaaaannn :D

    BalasHapus
  12. Tipsnya oke banget, tapi setelah dicoba ga semudah yang terlihat ternyata :(

    Regards
    Budy | Travelling Addict
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
  13. Baguusss euy foto-fotonya. Selama ini saya flatlay-an pakai kemeja putih suami. Memang banyak tantangannya biar jadi bagus. Harus punya banyak pernak-pernik juga ya.

    BalasHapus
  14. foto-foto Mba Suci memang keren-keren euy!
    beda banget sama saya yang masih mengandalkan foto gratisan, hihihi :D

    BalasHapus
  15. Baru tau ternyata teknik-tekniknya tuh beda-beda. Keren mba foto-fotonya, aku pun pengen belajar tapi belum punya kamera yang mumpuni nih hiks..

    BalasHapus
  16. Iiikkhh cakeppp... aku bookmaarkkk :D

    BalasHapus
  17. mbaak flatlay nya keyeeeennn~
    aku juga sering bikin flatlay tapi emang peer banget fotonya kadang sampe jinjit-jinjit. soalnya kalo hands inframe ketauaaan tanganku gembiiilll hihihihi

    BalasHapus
  18. kecee banget mbak ciyy mau cobainn :D

    BalasHapus
  19. semoga sukses usaha fotografinyambak ciy, selalu kecee
    ngiri banget nget hasil fotonya keren :D

    BalasHapus
  20. Anonim1:28 AM

    keren ihhh aku ga punya taste buat fotografi sih.. kurang bagus terus jadinya :(
    salam kenal btw from 1m1c juga hihi

    BalasHapus
  21. Keren! Aku suka pengen ala2 fotografer.. tp "males", mungkin... suatu hari nanti...

    BalasHapus
  22. Baru tau kalo teknik kayak gitu namanya "flatlay". Makasih infonya mbak :) --Tatat

    BalasHapus
  23. Alas yg acak2 belakangan ini memang jadi tren foto di ig ya. Iya sih jadi lebih kece juga. black and white emang lebih saya suka. Cakep2 mba fotonya dg properti isi dapur atau kulkas aja ya :D

    BalasHapus
  24. Sukaaaa sama foto-fotonya ^^

    BalasHapus
  25. Suka suka sukaa.. Mba itu backgroundnya kain putih biasa bukan ya? 00

    BalasHapus
  26. keren2 mak fotonya... memang mesti spesial spending time ya utk ngatur2 agar dpt foto keceh *ya eyalah, emang gue asal jebret aja*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mak.. iyah ada waktu khusus nih makk hihi

      Hapus
  27. tuh kaaan aku buka postingan ini lagiii lagiii dan lagiiii

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)