5 Ide Foto Simple Yang Laku Terjual Di Shutterstock

5 Ide Foto Simple Yang Laku Terjual Di Shutterstock~ 

Banyak foto-foto di Shutterstock kelihatannya sederhana tapi kok bisa laku terjual? Tanya kenapa. Ternyata usut punya usut, selain foto yang kualitasnya bagus, foto juga bisa laku karena memiliki keunikan tersendiri tentu dengan syarat ketentuan si kurator ya. Saya juga pernah mengalami hal yang serupa, kualitas foto lumayan aja, tapi cukup nyeleneh. Walau baru beberapa aja sih tapi tetap happy. Sebenarnya nggak susah mencari ide untuk mengisi akun Shutterstock. Tinggal lihat hal yang dekat dengan keseharian kita aja, cus foto dan submit ke Shutterstock.

Ide Foto Simple Yang Laku Terjual Di Shutterstock



Foto saya yang pertama kali laku waktu itu adalah makanan lalu disusul tanaman di dalam pot lukis. Dan baru mencoba foto dengan kategori People di tahun 2023. Lumayan juga, ada yang terjual baru 18 foto, walau telat, kami mencoba optimis #ehcieeeee. Memang rentang waktu submit ke sold itu kalau kategori People, tokceeer banget. Asal semua sesuai keywordnya ya. Dengan begitu, foto di akun saya kini banyak mukanya pak suami ye, heheu. Ya nggak terduga sih kalau foto-foto itu bisa laku. Idenya memang ngikutin kata para mastah. Kegiatan sehari-hari yang sederhana seperti orang minum, pakai parfum, pakai headset, orang tidur, rebahan. Saya membuktikannya sendiri kalau foto keseharian itu bisa SOLD. Masya Allah.


Dari beberapa foto yang sold di Shutterstock, saya jadi menulis ide foto simple yang laku terjual. 

Berikut ini 5 Ide Foto Simple Yang Laku Terjual Di Shuttersock:

Orang Hadap Belakang

Teman-teman cobain deh foto hadap belakang dengan beberapa gaya misalnya seperti foto saya di bawah ini. Sebenarnya apa sih konsep foto ini? Saya tertarik membuat konten tema mental health gitu jadi menggambarkan orang yang sedang pusing gitu kan tapi menghadap ke belakang. Tema kesehatan mental perlu ekspresi namun kali itu saya mengarahkan ke pak suami untuk hadap tembok aja supaya unik, #bukankarenaboring lihat wajah kasepnya kok 😆. Foto ini sold baru 1x tapi saya tuh jadi mau bikin foto serupa pakai kaos dengan warna yang lainnya.




Baca Juga: Cara Submit Foto Dengan Model Release

Sayuran

Melihat foto orang luar yang bagus-bagus. Kalau terlihat, 'cuma' foto gitu doang. Mereka nggak 'cuma', ada ribuan bahkan ratus ribu foto yang kualitasnya nggak kaleng-kaleng terniat. Saya coba foto mentimun 2 buah dijejerin. Idenya dari mana? Ya spontan aja gitu kadang kalau ini nggak terlalu saya konsep banget. Alhamdulillah beberapa kali sold. Mudah dan murah kan foto mentimun 'doang' bisa laku? Cobain yuuk. Foto daun kelor saya juga 5x terjual di Shutterstock, semoga nambah laku lagi ya habis tulisan ini terbit, karena di do'ain para pembaca. Hihi, amiin.





Buah-Buahan

Foto simple lagi tapi bisa laku terjual itu foto buah-buahan. Cerita foto saya yang ini adalah foto buah pisang yang berjumlah 2 buah. Saya hanya foto seperti ini dan laku 4x. Saya ikut-ikutan aja yang kayak di Shutterstock. Foto pisang dengan konsep berpasangan gitu, ada 2 buah. Ujungnya nggak saya lepas, jadi masih gandengan. Cukup simple kan ya, fotonya kayak gini ya.





Tanaman

Selain people, foto tanaman juga enak sih. Soalnya tinggal jepret nggak perlu terlalu digimana-gimanain udah cakep dari sananya. Hanya perlu angle yang pas dan menarik. Kalau yang ini jepret aja dari atas, istilah dalam fotografinya bird eye view (BEV) gampang banget kan. Hasilnya juga oke huhu. Caranya meletakkan tanaman di tempat cukup cahaya, saya naik ke bangku deh karena lensa saya fix, kudu mundur.





Sesuatu Yang Hits

Jadi teringat foto pertama saya yang laku itu adalah foto makanan cheese bread ala Korea. Banyak orang menyebutnya Korean Garlic Cheese Bread. Masa pandemik yang boom banget deh roti itu. Pak suami yang bikin, saya hanya foto aja. Untuk foto makanan nggak perlu bikin dulu ya. Food photo di galeri saya campur-campur juga, nggak semuanya bikin sendiri. Foto bekal aja yang rata-rata bikinan sendiri semua hehe. 





Masakan Sehari-hari

Benar adanya, nggak perlu masak sendiri ya, kalau mau beli masakan dari warteg juga nggak apa-apa. Nah waktu itu saya pernah ikutan mas Amjianto foto ceker hasil masakannya laku, dan foto saya juga laku. Kalau yang ini masakan sehari-hari gitu, seperti masak oseng kacang panjang dan teri ini lalu saya foto. Alhamdulillah ada yang beli. Foto apa aja yang dekat dengan keseharian kamu, perbanyak portofolio dengan foto yang berkualitas. Semangat, insya Allah ada aja yang beli.



5 ide di atas bisa jadi pilihan kamu buat dicoba lalu submit di Shutterstock ya. Mudah banget dan memang simple kan. Semangat terus ya nyetock fotonya. Kabar terbaru, mulai 5 September 2023, minimal payout Shutterstock yaitu $25, wah asyik deh buat jajan. ^^. Btw, kamu paling suka ide foto yang mana ya? Terima kasih udah berkenan membaca dan mampir, semoga artikel 5 Ide Foto Simple Yang Laku Terjual Di Shutterstock bermanfaat.

Komentar

  1. Meski sederhana, tapi karena yang ngambil gambar jago ya ada aja Mbak hasilnya di luar ekspektasi. By the way fotonya harus pake kamera digital ya Mbak? Atau bisa pakai kamera handphone?

    BalasHapus
  2. Bener banget mbak kadang aku nyoba masukin foto yg bener2 udh aku planing angle dkk eh ga di approved giliran foto bunga biasa apa daun bisa langsung approved

    BalasHapus
  3. Aku dari dulu tertarik jualan foto di shutterstock gini tapi masih maju mundur karena ngga tahu cara memulainya. Tapi kalau gala uterus ya ngga bisa maju dan mencoba ya. Idenya juga sederhana sih, tapi gambarmu bagus2 mba hehe.

    BalasHapus
  4. Idemu itu ada aja Mba..kreatif banget pula ambil fotonya dari sisi mana. Pokoknya t o p b g t!
    Baru paham foto keseharian itu bisa terjual! Makasih ilmunya!

    BalasHapus
  5. Kamu rajin banget sih Ci, justru biasanya yang simple itu dicari sama orang karena lebih enak melihatnya kalau aku bilang ya. Semangat terus ya berbaginya, aku jadi pengin cobain juga deh.

    BalasHapus
  6. Wah, terima kasih idenya Mbak. Jadi pengen juga masukin foto ke Shutterstock. Memang, foto yang dibutuhkan tidak selalu foto artistik. Saya langganan Canva, lebih suka foto simpel untuk artikel penunjang di blog saya ketimbang foto dengan komposisi artistik dan ruwet persiapannya. Yang penting, menurut saya, fotonya cukup cahaya, dan gambarnya tajam. Sukses selalu ya Mbak. Semoga semakin banyak terjual fotonya di Shutterstock. Amin

    BalasHapus
  7. Aku kalau lihat Shutterstock, gambar simpel banyak memang yang nyari. Kadang tergoda buat nyoba juga. Nanti deh lihat-lihat dulu gimana

    BalasHapus
  8. btw aku sering lihat beberapa kali di TikTok konten tentang menjual foto di Shutterstock termasuk tipsnya bagaimana

    BalasHapus
  9. Keren banget mak gambar-gambarnya. Aku mau ikutan jualan tapi maju mundur terus,hehe.. Memang bagus dan ngk ramai ya fotonya, fokus banget. Aku pernah kirim malah ngk ada yang lolos, terus malas kirim lagi hehe.. Semangat terus kirim mak

    BalasHapus
  10. Meski kalau dilihat cuma begitu doang, sederhana tapii aku pernah ikut kelas foto hikss susah yaa ternyata butuh berkali kali jepretan.

    BalasHapus
  11. Masha Allah keren banget foto2nya nih, harus semangat plus skil mumpuni yah

    BalasHapus
  12. Kalau dilihat mudah banget mba.. hiks aku nih bbrp kali ditolak mungkin kurang fokus kali ya jenisnya mau coba lagi deh lumayan juga klo banyak yg download y ...

    BalasHapus
  13. Mba aku baru ajuin 2x ditolak mulu euy. Wkkka dianggap gambar kurang ini itulah. Mau coba ah foto makanan dan orang, karena yang sebelumnya aku post foto wisata

    BalasHapus
  14. Cantkik dan estetik sekali foto-foto di Shutterstock.
    Dan seringkali ide sederhana justru menarik perhatian yaa..kka Uci.
    Keren kak Uci punya bank ide foto untuk di upload di Shutterstock.

    BalasHapus
  15. Huaa, makasih ide idenya mak. Tapi kendalanya tuh suka udah kerepotan sendiri sih, jadinya suka gak ada waktunya gitu ya buat jualan foto di Shutterstock. Padahal mah lumayan banget ya

    BalasHapus
  16. sebenarnya fotonya ngga terlalu complicated ya mba tapi terbukti banyak yang mencari dan memang diperlukan

    BalasHapus
  17. Wuahhh, makasih idenya Mak... Sayuran, tanaman, dan buah-buahan nih, bisa banget dicoba.

    BalasHapus
  18. Wah asyik ya, payout-nya sudah dikurangi jumlahnya. Suami saya ada beberapa yang laku sih tapi dia merasa lama amat bisa diambil dan banyak yg ga dipparove jadi males. Dia harus baca ini agar semangat lagi.

    BalasHapus
  19. ternyata daun kelor dan pisang itu banyak yang nyari ya Ci, hmmm noted nih.
    jadi pengen juga daftar di Shutter, walau fotonya masih asal hihih

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)