Cara Submit Foto Dengan Model Release

Cara Submit Foto Shutterstock Dengan Model Release ~ 

Kali ini berbagi tentang Shutterstock lagi ya, yaitu submit foto dengan model release dan cara membuat dokumen model release ShutterstockApa itu model release? Jadi kalau di Shutterstock, kamu bisa aja meng-upload foto orang, yes, bisa jual foto yang ada orangnya. Iya foto dengan model tapi kamu harus membuat dokumen model release. Ribet nggak cig? Tenang, nggak ribet kok. Saya pernah mengalami keribetan tapi moga teman-teman nggak mengalami hal yang ribs seperti saya kala itu ya. Foto menampilkan wajah orang harus submit model release, kalau nggak mau? ya bisa aja, pilih type editorial bukan foto komersil namun ada perbedaan harga fotonya.


Cara Submit Foto Shutterstock Dengan Model Release


Foto model sakit atiiii hihi, udah 2 sesi foto pakai model yaitu pak suami. Makasih loh udah mau jadi model. LOL.

Surat pernyataan bahwa fotonya yang pakai model dirinya itu boleh dipergunakan. Apa aja sih isi model release, ada tanda tangan fotografer, tanda tangan model. Sekarang itu aja cukup, cus buat yang mau nyoba portofolionya pakai model.


Foto Yang Seperti Apa Sih Yang Kudu Pakai Model Release?

Foto yang terlihat wajahnya ya. Misalnya hanya tangan aja, boleh nggak pakai model release kok. Kalau model dan fotografernya sama? ya bikin tanda tangan dengan nama kita sendiri juga. Model dan fotografernya, tanda tangan sendiri hehe.


Cara Sumbit Foto Dengan Model Release, Cukup Mudah Kok!

Dokumen model release digunakan setiap foto kamu yang ada wajahnya ya, itu harus di-sign alias dibubuhkan tanda tangan si model fotonya.  Oh ya sebelumnya saya juga pernah jajalin submit pakai model release tapi ditolak karena masalah dokumennya. Nah kemarin itu saya coba ternyata gampil deh. Saya mencoba bikin dokumen rilis yang dikirim ke email si model. Nah nanti si model tinggal buka email dan isi kelengkapan datanya. Gitu aja.


Buat Dokumen Model Release Dulu ya. . 

1. Masuk ke menu https://submit.shutterstock.com/en/releases

2. Add release

Cara Submit Foto Shutterstock Dengan Model Release

3. Pilih Model Release lalu isi deh data-data yang diperlukan

    Masukkan emailnya si model yaaa. .


Cara Submit Foto Shutterstock Dengan Model Release


Cara Submit Foto Shutterstock Dengan Model Release

Yang isian terakhir (Release Name) untuk penamaan dokumennya aja




4. Cek Email Si Modelnya

    Isi data sesuai modelnya ya.


Cara Submit Foto Shutterstock Dengan Model Release
hasil model release


Seperti di atas ya contohnya, supaya teman-teman ada gambarannya seperti apa. Kalau waktu dulu sepertinya belum ada cara request by email gini. Sungguh ini mudah sekali. Dan tanda tangan yang diperlukan hanya 2 yaitu si model dan mamang potonya. Seingat saya kalau dulu tuh ada tanda tangan saksi juga. Kali ini enggak perlu ya.



klik tanda plus


Alhamdulillah bisa lanjut lagi pepotoan pakai model sakit hati :P dan submit foto juga menyesuaikan musim gitu ya, misalnya lagi liburan/summer, bisa bikin konsep yang sesuai musim. Waktu itu foto dengan model saya laku ketika model pegang passport. Bisa juga mengikuti foto-foto yang udah laku banyak, dan kita modifikasi sedikit aja untuk kreasi foto dan titlenya. Jangan lupa setiap submit foto yang ada model tersebut, attached dokumennya ya.


pilih dokumen model releasenya yang mana

Semoga ilmu yang masih nggak seberapa ini bisa membantu teman-teman jika menemukan kesulitan dalam dunia Shutterstock. Jadi gimana nih, mudah kan Cara Submit Foto Shutterstock Dengan Model Release dan Membuat Model Release?

Komentar