5 Peralatan Jual Foto Di Shutterstock

5 Peralatan Untuk Jual Foto Di Shutterstock ~

Apakah bikin foto untuk Shutterstock harus pakai kamera profesional gitu? Kok ditolak melulu sih kalau mau jualan foto ke Shutterstock. Jadi boleh pakai hape nggak nih? Bisa kok, tetap bisa pakai kamera handphone untuk upload ke Shutterstock. Waktu itu ada yang tanya pakai kamera apa dan kalau mau mulai terjun ngonten di Shutterstock alias jual foto di sana, kudu pakai kamera apa? Apa harus pakai kamera pro, kalau iya, beli kamera jenis dan merek apa sih? Sekalian aja buat kenang-kenangan deh ditulis di blog. Mungkin ada yang minat bikin konten foto dan video di Shutterstock.


5 Peralatan Jual Foto Di Shutterstock


Kalau ke Shutterstock kan sebenarnya setelah ngeblog, jadi saya beli dibeliin kamera saat itu karena buat belajar pepotoan. Lalu lupa dari mana ya kok bisa daftar dan upload foto ke Shutterstock?! Masya Allah saya lupa deh ini huhu. Katanya sulit proses jualan foto di Shutterstock, dan ternyata ya lumayan banget deh, entah berapa banyak foto saya yang udah ditolak oleh Shutterstock. Tapiii kenapa saya jadi makin penasaran. #cieeee. Bukan karena cinta ditolak dukun bertindak lho.

Penolakan demi penolakan yang masih juga sih saya alami sampai saat ini, namun setidaknya udah lebih paham titik-titiknya. Alhamdulillah menyentuh angka 1000 foto untuk stok di Shutterstock. Saya belajar foto ngulik-ngulik di rumah, nonton yotube, dan ada beberapa workshop gratis dan berbayar juga tapi memang belum pernah yang privat belajar dengan fotografer profesional. Sama siapa aja workshopnya? Pernah gratis di acara Sunco dengan mbak Marrysa Tunjung Sari, berbayar dengan Uni Sefa Firdaus dan Mbak Yulyan Parwati plus ada Mbak Ayu Diah Respati. Itu aja sih, selain itu nontonin mbak Silva dan mbak Sazha. Sedangkan buat belajar tentang Shutterstock, ngulik sendiri dari youtube atau Instagram para mastah, yang udah senior menjadi kontributor. Udah gitu aja, qadr Allah semuanya, mereka ngomong kasih saran, tips dan trik, ya saya jajalin hehe. Sekarang lagi merambah foto pakai model, ini juga karena top download di Shutterstock adalah people.  Nggak perlu panjang lagi, nah ini dia beberapa peralatan jual foto di Shutterstock yang saya pakai ya:


Kamera Mirrorless 

Masih pakai kamera mirrorless SonyA5000, belum ganti juga kok bodynya. Ini kamera memang bagus buat beginner. Tapi saya ganti lensa karena lensa kit rusak terbanting. Jadi pakai lensa fix. Lensanya nggak bisa di zoom in dan zoom out ya. Body kamera dari 2016 tapi kalau lensa sepertinya mulai 2018. Lensa fixnya merek Sony juga namun teman bisa menyesuaikan aja ya dengan kebutuhan masing-masing. Mau pakai kamera dengan lensa seperti apa. 


5 Peralatan Jual Foto Di Shutterstock
Pixabay


Softbox dengan Lampu 85 Watt

Untuk foto makanan saya menggunakan softbox dengan lampu 85 watt. Sedangkan foto people yakni dengan modelnya bapack suami sendiri, pakai cahaya ilahi. Softbox sendiri membantu sekali dalam pepotoan hehe, yaiyalah. Fungsi softbox itu sendiri merefleksikan cahaya, sehingga cahaya menyebar rata dan lebih lembut.


5 Peralatan Jual Foto Di Shutterstock

Pixabay



Alas Foto Dan Properti

Alas foto yang penting warna netral seperti warna putih, itu must have item yes. Karena di Shutterstock seringnya atau banyak butuh yang background putih. Bisa juga warna netral lain seperti corak kayu, wooden background. Saya pakai alas foto putih, kayu, dan abu-abu. Biasanya memang itu aja. Pernah juga mencoba yang berwarna seperti biru, pink, dank hijau. Hijaunya dari cat rumah saya hehe. Sedangkan properti foto kayak tableware gitu ya, alat makan. Piring putih, mangkuk, talenan kayu, sendok juga garpu.


5 Peralatan Jual Foto Di Shutterstock
Pixabay



Tripod

Bukan karena udah tuwir sih tapi memang iya udah tuwir :))  tripod diperlukan supaya nggak goyang. Enak pakai tripod jadi udah tinggal pasang dan sesuaikan. Kang foto juga nggak lelah dalam mengatur subjek yang difoto. Yang jelas foto jadi stabil dan mempermudah proses pepotoan.


5 Peralatan Jual Foto Di Shutterstock
Pixabay


Untuk merek tripod dan softbox kalau nggak salah itu beli di toko orange deh, nama tokonya Midio. Bohlamnya juga beli di Midio itu. Hmm, rasanya itu aja deh yang saya pakai dalam membuat konten foto di Shutterstock. Sekian dulu ya artikel Peralatan Jual Foto Di Shutterstock, semoga bermanfaat ya. 

Baca Juga : Meningkatkan Earning di Shutterstock

Komentar

  1. Naaaah tripod Ama softbox yg aku belum punya mba 😁. Lagi nyari2 tripod apa yg enak dipake, kokoh tapi jgn mahal2, soalnya toh aku cuma pake di rumah kok untuk latihan aja. Midio yaaa, ntr aku cari deh. Selama ini kameraku nganggur, apalagi pas traveling aku LBH suka bawa hp aja, ga pengen yg berat2 😄. Memang sih hrs beli mirrorless kayaknya supaya LBH ringan.

    Dulu udh niat mau lengkapi properti foto, tp Krn kesibukan kerja ga jadi Mulu. Mumpung skr udh di rumah, biar ada kegiatan, supaya ga bosen 😄

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)