Cara Meningkatkan Earning Di Shutterstock

Cara Meningkatkan Earning Di Shutterstock ~ Mainan Shutterstock (SS) atau microstock memang ya gitu ya, kayaknya benar adanya setelah upload submit approved lalu sebaiknya dilupakan. HAHA. Kalau nggak kuat dan nggak suka-suka amat dengan rulesnya, harga jualnya aja afgan, pasti udah bikin keok, nyerah, bosan, nggak make sense. Tapi kenapa saya masih jalanin upload ke Shutterstock? karena memang suka. Berdasarkan pengalaman pribadi dan baca artikel terus nontonin sharing para mastah, rasanya banyak juga yang pengin deh earningnya naik, lihat komen rangorang. Yaiyalah, nggak segitu-gitu aja biar cepat payout(nunjuk diri sendiri).




Saya belum pernah payout tapi terus nyoba dan suka merhatiin ada yang 3 bulan rutin, banyak upload bahkan sebulanan bisa payout, wah keren. 

Kalau pengalaman saya pribadi meningkatkan penjualan, earning di Shutterstock dengan menambah portofolio. Dari mastah bilang, selain nambah foto-foto kita tentu harus meningkatkan kualitas foto.

Waktu awal join sih akun SS saya nggak diisi, teruuuus pas tau dan pandemik, boseeen, akhirnya diisi deh. Alhamdulillah memang ada peningkatan penjualan foto dari tahun sebelumnya. 

Walau belum mencapai portofolio 1k foto, peningkatan penjualan foto saya rasakan dari tahun 2021 ke 2022, udah berapa foto yang ter download? udah ada 63 foto yang laku. Semoga bisa nambah terus terusan ya amiien. Oh ya SS ini juga bisa sebagai investasi loh, heheuuuu. Saya juga menganggapnya nabung, memang hasilnya receh dikit sedikit, uploadnya juga nggak sebanyak mastah yang 1 hari udah ribuan foto, dan penjualannya udah rutin dalam per-hari. 

Untuk meningkatkan earning di Shutterstock nggak ada rumus pastinya, rezeki udah diatur sama Allah hehe tapi yang jelas ikhtiar di bawah ini bisa kalian coba deh.


Menambah Portofolio

Yang satu ini adalah kunci yes karena gimana pun juga semakin banyak foto atau video yang berjejer di portofolio kamu, semakin memungkinkan buat terjual lebih banyak. Sama aja kayak punya toko yang jualannya lengkap gitu, banyak variasinya, kemungkinan lakunya juga bertambah. Jadi jangan lupa selalu untuk nambah dan tambah lagi jumlah foto dan video portofolio kamu.


Meningkatkan Kualitas 

Nggak cuma dibanyakkin ya foto dan videonya, tapi dari segi kualitas kudu ditingkatkan. Boleh kita cari deh foto maupun video yang sering laku tuh kayak gimana sih?! Kita bisa banget pakai jurus ATM alias amati tiru dan modifikasi. Waktu itu saya pernah langsung praktik nih, kan ada foto ceker yang laku punya mas Amjianto salah satu mastah SS ya, saya fotoin deh ceker, memang seniat itu huhuw. Nggak lama, foto ceker saya juga laku, alhamdulillah.


Bisa dengan metode ATM yang sudah laku


Melihat Kebutuhan

Buat yang mau tau kebutuhan bisnisnya, foto dan video apa sih yang dipenginin klien dalam waktu dekat ini atau bulan depan? Tinggal cek aja the shot list di website Shutterstock ya. Bisa juga mengingat kalender, cek kalender untuk tau ada momen khusus apa sih di bulan itu, seperti 17 Agustus gitu kalau dalam negeri mah ya. Kalau di luar negeri misalnya lagi musim apa? summer, winter atau liburan sekolah. Pokoknya bisa kamu cek via mbah gugel yes. Pengalaman saya upload foto dalam rangka 17 Agustusan, alhamdulillah ada yang nyangkut. 


Isi Deskripsi dan Keyword Dengan Tepat

Mengisi deskripsi foto sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan, kalau saya biasanya pergi ke website SS lalu ketik foto yang mau diupload, misalnya jus jeruk, yaudah nanti kan keluar banyak itu ya bisa dicopas deskripsinya. Hanya perlu mencari foto yang mirip dan modifikasi deskripsinya lagi sedikit dipoles ya, jangan copas abis juga :D. Deskripsi disesuaikan dengan foto yang akan disubmit, memang perlu sedetail mungkin penggambaran deskripsi dan fotonya ya supaya tepat sasaran serta menemukan pembelinya. Untuk keyword juga bisa dicopas dari foto yang mirip dengan punya kita, bisa pakai keyword bawaan SS atau ke situs imstocker.com. Saya juga pernah menulis cara upload dan membuat deskripsinya di sini ya, ngisi keyword juga ada Cara Upload dan Mengisi Deskripsi Shutterstock.

Nah kira-kira itulah yang saya lakukan untuk meningkatkan earning di Shutterstock, semua cara di atas berdasar saran mastah juga ya 😁.

Memang kuncinya konsisten aja upload foto, produksi dan memperhatikan kualitas foto bahkan produksi foto yang unik, nyeleneh pun bisa dicoba. Yuk semangat jepret lagi. Terima kasih ya telah mampir, semoga tulisan ini bermanfaat. Amiin.

Komentar

  1. Ahaaa, assoy gebooyy ini mbaa
    Bisa menjadi alternatif sumber cuan yaaa

    Utamanya buat mama2 siipp bgt 👍😍

    BalasHapus
  2. aku belum pernah deh masukin foto ke Shutterstock gini, pengen nyoba tapi belum disempetin mulu ya, huhu. anw, tipsnya oke banget deh ini, supaya makin meningkat juga kualitas foto kita dan akhirnya meningkatkan kemungkinan foto lebih banyak dibeli juga deh :)

    BalasHapus
  3. Duh, jd malu saya sama niatan mau dpt earning dr shutterstock tp ntar sok ntar sok melulu. Kayaknya aku juga harus mengintip postingan sebelumnya nih mengenai upload ke shutterstock. Supaya foto2nya gak berakhir diapus begitu aja. THANK YOU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha...kok samaan Mb Ria. Saya uda bikin akun dr tahun lalu. Bukan buat saya sih..tapi buat suami yg suka motret. Sampai skrg masih nganggur aja tuh akunnya.

      MB ucig makasih ya sharingnya. Mudah2an jd bisa tergerak dari kemageran start action ini.

      Hapus
  4. Aku dulu pernah ini posting beberapa fotoku tapi sudah lama gak ku maintain lagi. Jadi semangat nih baca tulisanmu ingin menambahkan foto-foto lagi karena lumayan buat uang jajan kita.

    BalasHapus
  5. Pernah diajakin temen untuk upload foto di SS tapi belum aja sih, sebab aku gak pede. Fotoku belum layak dijadikan rujukan photo, padahal mah lumayan ya penghasilan dari SS ini ya.

    BalasHapus
  6. Temen ada yang pernah cerita soal Shutterstock ini. Bagian deskripsi dan keyword, agak jadi PR ya karena kan ini nentuin pencarian. Butuh belajar banyak nih buat gabung ke SS

    BalasHapus
  7. Keren nih tipsnya buat nambah uang jajan. Masih baca2 juga caranya dan harus ningkatin skill motret nih. Masih belum PD maw upload tapi pengen belajar! Heheh.

    BalasHapus
  8. Sedikit lama lama jadi jutawan. Senangnya nih hobi motret jadi tersalurkan dan mendapatkan cuan...
    Syarat bisa ikutan di ss apa aja sih?

    BalasHapus
  9. Sudah sering baca postingan tentang dapat cuan di SS, jadi pingin juga dapat cuan, tapi saya belum punya akun daan belum mahir motret-motret heuuu. Gimana sih?

    BalasHapus
  10. sempat terpikir untuk melakukan hal yang sama, idenya dari suamik sih, tapi skill fotografi gak juga naik level dan gak di upgrade padahal menjanjikan ya sebagai passive income. hmm apa perlu mulai up grade skill fotografi dan mengikuti tips dari kamu mba.. hehehe jadi semangat

    BalasHapus
  11. Kalau udah suka tuh ya, mau gimana perjuangannya ya jalanin aja dengan suka cita.. hehe. Suka deh bagian ini.
    Btw ada tips-tipsnya juga ya pastinya untuk meningkatkan earning di SS. Pasti bermanfaat banget nih buat yang mau terjun ke SS juga :)

    BalasHapus
  12. Akuu tertarik maak pengen masuk di dunia shutterstock next agenda maret mau uprek2...
    Semuaa kalau dilakukan dengan happy dan konsisten pasti hasilnya ada ya maak...
    Selalu semangat untuk berproses

    BalasHapus
  13. Selalu menanti update tentang Shutter stock dari mbak Uci. Butuh kesabaran ya, harus nambah foto dan ningkatin kualitas juga. Ah aku masih belum sepede dirimu, mba.

    BalasHapus
  14. huuu...aku pernah daftar tapi gak tau cara lagi ..ini sumber tambahan belanja, lain kali bikin tutorial dong mak..

    BalasHapus
  15. Belum pernah nih aku jualin poto2. Tapi tipsnya bisa dipakai nih, kadang emang perlu menyesuaikan waktu ya supaya pas momennya pas org lagi banyak nyari gambar itru maka bisa dipakai dan payout deehh.
    Eh bentar lagi valentin dan lebaran, kyknya momen yang pas upload2 pto :D

    BalasHapus
  16. Wah keren mbak Uci
    Makin nambah ya mbak portofolio dari Shutter Stocknya
    Emang harus terus meningkatkan kualitas ya mbak

    BalasHapus
  17. Kak Uci.. Kalau dipasang di blog begini tanpa diberi watermark, gak apa-apakah?
    Senang sekali.. HObi kak Uci luar biasa dan menurutku yang awam dalam dunia fotografi, terpukau dengan tips Meningkatkan Earning Di Shutterstock.

    BalasHapus
  18. Duh aku juga niatnya pengen cari tambahan penghasilan dengan jadi penulis novel online tapi tar sok melulu baca artikel ini jadi semangat untuk memulai, ngga usah peduli dengan hasil sedikit namanya saja baru mulai ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)