5 Minuman Sehat Yang Sebaiknya Rutin Diminum

5 Minuman Sehat Yang Sebaiknya Rutin Diminum 

Masih dalam rangka mencoba sehat, ada yang mencoba sehat juga nggak yaa?. Jadi waktu itu share minuman sehat dari bahan tradisional. Saya memang menyempatkan waktu untuk bikin reels tentang minuman yang sehat karena kan kalau boba udah bertebaran di mana-mana yekan 😄. Bukannya nggak boleh sih boba tapi saya pengin ikut andil bikin yang manfaatnya udah ketauan bagus untuk tubuh. Ya walau masih makan mie juga sih #ehh. Oke, lalu apa aja 5 minuman sehat yang sebaiknya rutin diminum?

5 Minuman Sehat Yang Sebaiknya Rutin Diminum



Minuman Sehat Memang Sebaiknya Rutin Diminum Lho!

Kalau dibilang suka minuman herbal, suka tapi yang bahan tertentu aja. Bapak dan mamah saya rajin banget bikin jamu, kala itu saya disuruh minum tapi enggak mau. Memang nggak nyaman juga rasanya di lidah. Lambat laun, usia bertambah, kesadaran minum minuman sehat jadi meningkat nih. Kadang saya merasa beruntung kalau ingat tinggal di Indonesia, kadang ye cig? Tanahnya subur udah gitu makanannya enak-enak. Lhaa dia mah makanan lagi deh. Hihi.

Ada bahan yang dari alam dan memang bagus khasiatnya, kenapa nggak rutin diminum? Kan Allah udah ciptakan itu untuk kita. (Edisi ceramah ramadhan ye cig). Beneer ugak. Lanjuut.

Salah satu tanaman herbal yang rasanya menghangatkan, yaitu jahe bisa rutin diracik sebagai minuman. Bahan tradisional yang satu itu siapa yang nggak kenal? Hayoo. Sempat baca tentang resep JSR alias Jurus Sehat Ala Rasulullah, konsumi bahan tradisional kayak gini ini sebelum tidur supaya mendetoks tubuh. Jadi plak-plak di gigi kan digosok sebelum tidur, nah minum ini ibarat seperti itu. Menghilangkan plak, lemak dalam tubuh, supaya lancar tidak ada sumbatan. Semua resepnya selalu saya tambahkan madu ya supaya bisa tertelan hehe. Untuk madu saya sering pakai madu Ash-Shifa, belinya gampil, mudah ditemukan di minimarket. Resep ini hanya untuk 1 gelas ya, eh ada sih yang 2 gelas, di resep pertama.


Jahe Lemon Madu

Rasa jahe dan asam lemon yang bercampur madu. Hangat asam manis gitu bikin melek. Udah kayak kehidupan ya rasanya asam manis, tapi tenang minuman yang satu ini enggak pahit.

Bahan:
Jahe
1 buah Lemon
4 sdm madu
2 gelas air

5 Minuman Sehat Yang Sebaiknya Rutin Diminum

Jahe Serai Madu

Favorit banget sih ini mah. Aromanya enak dan rasanya juga nggak aneh menurut saya. Jahenya diiris dulu ya kecil agak tipis juga boleh supaya sarinya keluar dan rasanya greng walau cuma rebus bentar. Pernah saya coba minum di esok pagi hari, ternyata lebih enak lho. Pas udah semalamam gitu mungkin nambah meresap ya. 

Bahan:
1 jempol Jahe
1 batang serai
2 sdm madu
1 gelas air


5 Minuman Sehat Yang Sebaiknya Rutin Diminum


Serai Jeruk Nipis Madu

Walau nggak ada madu, minuman ini tetap khas karena aroma serai yang nggak ada duanya. Kalau saya suka sih. Manfaat serai yang memiliki kandungan analgesik dapat bisa membantu menghilangkan rasa sakit akibat sakit kepala, nyeri otot maupun nyeri sendi.

Bahan:
1 batang serai
1/2 Jeruk Nipis
2 sdm madu
1 gelas air


5 Minuman Sehat Yang Sebaiknya Rutin Diminum


Kunyit Serai Madu

Yang ini nih agak susah ya. Kalau kata paping, "udahlah dibikin soto ayam aja aku mah.."


5 Minuman Sehat Yang Sebaiknya Rutin Diminum


Whew. . memang rasa kunyit kalau jadi jamu gimana gitu ya tapi enak kalau ada asem jawanya. Ini kunyit serainya hanya disiram air panas mendidih aja, nggak digodok lama gitu. Saya ngikut resep dari dokter Zaidul Akbar, resep JSRnya. Saya baca kunyit bisa mengencerkan darah. Kunyit bagus dikonsumsi juga untuk memperbaiki siklus haid.


Infused Water Kurma Lemon

Cerita tentang kurma, kayaknya dulu tuh saya enggak suka kurma sama seperti saya dengan tanaman herbal. Eh bukan nggak suka deng, cuma belum suka haha. Kurma biasanya dikonsumsi saat ramadhan seperti sekarang ini ya. Buka puasa menurut sunah nabi dengan memakan kurma dan air putih. Kurma merupakan makanan pilihan nabi, melihat banyak manfaatnya saya juga tertarik memakan buah kurma. Kalau waktu kecil hanya tau kurma yang basah gitu, lama kelamaan tau ternyata ada jenis-jenis kurma. Dan bisa nyaman dimakan.

3 butir kurma buang bijinya

Diamkan minimal 6 jam ya, maksimal 12 jam.


5 Minuman Sehat Yang Sebaiknya Rutin Diminum


Dari 5 minuman di atas, kamu udah pernah cobain minum yang mana nih? Saya suka yang jahe dan serai, selain enak diminum dan ke badan itu jadi hangat. Banyak juga yang bilang, kalau sedang kurang sehat lalu minum herbal tersebut jadi segar dan fit kembali. Wah gimana nih, tertarik untuk mencoba nggak?

Komentar

  1. belum ada satupun yang pernah aku minum... melihat postingan ini tertarik sama yang serai jeruk nipis madu. Apalagi di halaman rumah aku menanam serai, walah, tinggal beli madu sm jeruk nipis aja dan bisa nih dikonsumsi tiap hari

    BalasHapus
  2. Belum pernah minum dan bikin ginian. Paling aku seringnya minum Jahe hangat atau Kunir Asam. Buat tambahan lemon dan madu, jarang nyetok di rumah. Makanya belum coba

    BalasHapus
  3. Terima kasih mba idenya, boleh nanti aku cobain bikin dan minum juga. Ini udah sebulanan aku minum ramuan wedang wuluh, udah dikemas2 gitu, jadi aku tinggal seduh aja , suka deh wanginya bikin segar

    BalasHapus
  4. Saya suka bikin teh serai. Kayaknya enak juga kalau ditambahin lemon. Sedangkan kalau minuman jahe biasanya saat lagi flu. Biar hangat ke badan

    BalasHapus
  5. Dulu sering bikin infuse water dan hasilnya sebenernya badan terasa lebih enakan tapi makin kesini makin males bikin malah nimbun sirup es aja tiap hari ngabisin sisa stok lebaran

    BalasHapus
  6. Jahe dan serai memang juara buat sehat badan...ada 2 minuman di artikel ini belum saya coba, mau bikin juga ah, bagus nih manfaatnya. Thanks sharingnya Mba

    BalasHapus
  7. Aku pernah mimun air rebusan serai, jahe pakai gula batu. Minuman sehat seperti diuraikan di atas memang idealnya dikonsumsi rutin demi kesehatan kita ya. Kalau malas membuat secara manual, bisa pilih yang instan. Tapi sepertinya lebih joss yang riil aja bahan2nya hehehe.

    BalasHapus
  8. Minuman menyegarkan yang sering aku nikmati. Ada yang belum infus water kurma lemon. Rasanya seperti apa ya? karena aku gak suka kurmanya, mungkin karena manis itu ya. Manfaatnya apa ya kak minuman ini?

    BalasHapus
  9. Jahe lemon madu konon madu katanya bagus juga buat diet yah. Tapi ya gabisa instan juga sih. Kalau infused water kurma lemon ini cocok banget buat puasaan, aku juga biasanya bikin biar setronggg!

    BalasHapus
  10. Boleh ini buat gantinya kopi hitam sama teh yg jadi andalan bapaknya anak2. Alami pastinya dan buat badan lebih menyehatkan dong ya. Kusave ya,makasi sharingnyaa :)

    BalasHapus
  11. Nampaknya saya mau coba jahe, serai, dan madu. Ini udah lama banget aku niat dari kemarin-kemarin tapi masij belum kueksekusi.

    BalasHapus
  12. dari semua list 5 minuman sehat yang disebutkan di atas, aku sudah mencobanya, dan iya kalo minum minuman tersebut tuh bikin kondisi tubuh lebih sehat

    BalasHapus
  13. Belum pernah nyobain satupun tapi kayanya menarik neh infused water kurma lemon kebetulan ready bahannya

    BalasHapus
  14. Bikin minuman herbal ini selain bikin badan hangat, bugar dan terasa fit.
    Salut sama kak Uci.. Rasanya jadi ingin ikutan meramu minuman herbal setiap pagi sebelum memulai aktifitas. Aman kan ya.. kak, dikonsumsi sebelum sarapan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg tanpa jeruk nipis insya Allah aman teh Leen

      Hapus
  15. Wah iya banyak juga minuman sehat yang bisa kita konsumsi ya mbak
    Kalau aku biasa rutin konsumsi air nabeez, air remdaman kurma

    BalasHapus
  16. Semuaa sudah aku coba dan enakk seger dibadan, saya sukaa minuman yg tradisional gituu

    BalasHapus
  17. Waktu kuliah dulu rutin kunyit serai madu karena sering ada kuliah sore bahkan pagi buta makanya saya terbantu banget

    BalasHapus
  18. minuman ala JSR ini memang simpel tapi banyak manfaatnya buat tubuh ya, mbak. saya seringnya cuma bikin air jeruk nipis sama madu. hehe. pengen sih nambahin serai juga tapi masih takut sama rasanya

    BalasHapus
  19. Aku sama suami suka bikin jahe + lemon + madu, Mbak. Kadang juga serai dimix gitu deh sama ketiga bahan itu. Suka sih, segerr gitu ya di badan :)

    BalasHapus
  20. Minuman favorite kalau cuaca mendung nih, seger ke badan juga. Thanks loh sharingnya

    BalasHapus
  21. Mah, bisa banyak dikombinasikan ya minuman sehat ini. Aku selama ini paling minum madunya aja. Langsung tenggak kalo mau lari. Kayaknya enak nih ke badan kalo dibikin jadi minuman hangat ya. Makin banyak khasiatnya ditambah bahan lain. Catet ah resepnya.

    BalasHapus
  22. beberapa aku sering buat nih mak di rumah. andalanku infused water dengan lemon dan madu. itu seger banget untuk badan

    BalasHapus
  23. Aku kalau kurma dari dulu suka, cuma ya kumakan biasa saja. Pengen nyoba bikin Jahe Lemon Masu, selama ini kalau jahe ya bikin biasa aja, kayaknya campur lemon enak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)