Pentingnya Kekompakan Suami dan Istri Dalam Pengasuhan Anak

Pentingnya Kekompakan Suami dan Istri Dalam Pengasuhan Anak ~ Punya anak itu rempong? Ya tergantung sih ya heheu. Ya kalau nggak mau rempong jadi olang-olangan sawah aja :P. Namanya menjadi orang tua lelah itu udah pasti tapi happy. Bener apa beneeeer sih? Itu menurut kami berdua. Saya dan pak suami merasa ya punya anak repot tapi itu kan udah pilihan kita. Insya Allah bakal jadi ladang pahala, ya Allah amiin, soalnya dikit banget nih amalnya TT. Pernikahan dan memiliki anak bagi saya adalah hal besar, mereka adalah nyawa saya. Prioritas yang utama memang keluarga namun tidak mengesampingkan hal lainnya seperti cita-cita dan keinginan. Salah satu alasan kenapa pentingnya kekompakan suami dan istri dalam pengasuhan anak.




Memang buat apa sih kompak sama suami dalam pengasuhan? Ya kalau nggak kompak buat apa berumah tangga yakan, etapi ada syaratnya dulu nih kompak dalam apa, yang pasti harus kompak dalam kebaikan ya.

Saya jadi teringat dulu kalau mau minta izin pergi camping, sama si mama biasanya boleh tapi kalau ke bapak nih yang suka rada gradakan kayak jalanan dekat bandara. LOL. Si mama selalu manut bapak sih pas dulu #ehh, sampai anak nggak boleh belajar naik motor, mama pun nurut aja, yakan memang kudu nurut suami *emangnya ucig?!* 

Pengasuhan anak nggak bisa lepas dari tanggung jawab keduanya. Kekompakan suami istri itu penting jangan sampai berantem karena beda visi misi dalam pengasuhan anak. Rumah tangga memang ujian jadi sebaiknya kita belajar terus menerus. Huhu. Kadang kelelahan yang bisa trigger jadi esmosi.

Kompak antara suami istri dalam pengasuhan bukan hanya saat pengambilan keputusan aja, tapi juga terjun dalam menemani anak bermain. Tentu bukan jadi sekedar menemani aja, ada hal positif yang bisa dikasih tau ke anak ketika sambil main. Saya pernah curhat tentang betapa pentingnya pertolongan suami Pentingnya Pertolongan Suami.

Dengan partnershiparenting, kerja sama antara ayah dan ibu. Peran ayah tidak lagi hanya sebagai pencari nafkah namun turut andil, mengerti perkembangan anak-anak. Ayah perlu bermain dan juga dekat dengan anak-anak. Pokoknya saya belajar banyak dari pola pengasuhan keluarga zaman dulu.

Dalam menjaga kekompakan suami dan istri perlu banget komunikasi yang baik, komunikasi adalah kunci. Awal pernikahan masih nggak terlalu terbuka dalam mengemukakan pendapat. Semakin lama mengenal pasangan, makin dituntut belajar berkomunikasi yang baik secara terbuka dan tidak memendam perasaan.


Bentuk Ekspresi Cinta Yang Anak Bisa Lihat

Coba deh kalau kompak dalam mengambil keputusan, anak-anak juga bisa merasakan ekspresi cinta antara ayah dan ibunya. Tentu kekompakan ini bisa berpengaruh ke tumbuh kembangnya anak. Anak mana yang nggak bahagia kalau kedua ortunya kompak? Otomatis mereka tumbuh kuat dan sehat. Amin amin.




Memudahkan Proses Pengasuhan Anak

Proses pengasuhan anak itu nggak gampang, apalagi ditambah kalau nggak kompak. Keputusan antara suami dan istri yang selalu berseberangan sepertinya menambah PR dalam berumah tangga. Contohnya gini deh kalau nggak kompak tuh kayak tinggal bersama kakek dan nenek ya, pasti ada pola pengasuhan yang beda. Walau nggak selalu beda. Biasanya ada perbedaan zaman yang bikin pola pengasuhan juga beda. Mulai dari kapan mulai MPASI, kenapa belum tumbuh gigi, kok belum bisa jalan, dan masih banyak lagi.





Meminimalisir Konflik

Sebaiknya kalau ada yang kurang ngepas gitu, diobrolin berdua aja, nggak usah di depan anak. Etapi kadang suka keceplosan ye, heheuu. Saya sih paling sering masalah jajanan yes, antara chiki, es krim dan si dia, hadeh. Pak suami kadang suka oke deeeh sama jajanan 😃.




Ketika keduanya kompak pastilah mempermudah mencapai visi dan misi kehidupan rumah tangga. Asyik, selain itu kan menjaga perdamaian dunia akan jauh lebih ringan 😆. Sebenarnya kan masalah yes or no aja bisa ribut. Dari ibu kita peroleh rasa nyaman, kasih sayang serta kelembutan dan dari ayah yang mengenalkan kita pada dunia, mengajarkan kecintaan pada ilmu dan kemandirian. Kekompakan keduanya sangat dibutuhkan, jadi jangan sampai nggak kompak yes.

Nah betapa pentingnya kekompakan antara suami dan istri dalam pengasuhan anak. Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kekompakan ya amiin. Sehat selalu semuanya semoga tulisan ini bermanfaat ya 😉

Komentar

  1. Bener banget, tidak hanya menjadi tugas istri, tetapi istri pun membutuhkan dukungan suami dalam pengasuhan. Anak pun tidak hanya membutuhkan figur ibu, melainkann ayah juga yang tak kalah penting. Kalau kompak dalam pengasuhan, parenting pun baik bagi anak dan jadi lebih harmonis. Terima kasih sharingnya!

    BalasHapus
  2. Kompak sbg ortu emang perlu effort yaaa.. Karena kompak ga selalu berawal dari seiya sekata kan mba Cig? Suami istri kan dua kepala, pasti ada kalanya (kalau kami sih sering hehe) beda pendapat. Memang jadinya bisa kompak adalah seni tersendiri. Ketika terjadi beda pendapat, bagaimana satu pihak bisa memimpin (pendapat) tanpa memaksa sementara pihak lain bisa ikut tanpa terpaksa. Bisa kompak dengan tetap mempertahankan orisinalitas masing2 pribadi itu sesuatu bangeet deeh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa betul, kompaknya harus ada diskusi berulang pasti ya. Pasti beda pendapat, udah hukum alamnya, saling melengkapi pada ujungnya yaa. Semoga bisa kompak terus mba Lisdha dan paksu

      Hapus
  3. setujuu, salah satu cara pengasuhan yang paling utama ya kompak dulu suami istrinya memang yaa. hal ini menjadikan anak bisa mengandalkan keduanya, gak cuma ibu atau ayahnya, tapi anak bisa percaya dan menjadikan keduanya sebagai tempat teraman mereka.

    BalasHapus
  4. Sepakat banget ini mah, rumah tangga dan suami istri itu mesti kompak dan sejalan, satu tujuan. Kalau ada yang mulai kepleset mesti sama-sama mau mengingatkan dan diingatkan. Emang sih, nikah itu berat, perlu doa terus buat keluarga..

    BalasHapus
  5. Biasanya anak juga akan selalu memilih pengasuhan yang menguntungkan baginya. Makanya memang perlu kekompakan. Apalagi kalau udah berkaitan dengan aturan yang penting

    BalasHapus
  6. Ada pepatah "kan bikinnya bareng masa besarinnya gak mau bareng" hahahaaa... Tapi memang aku setuju sih, dalam menemani tumbuh kembang anak harus ada kerjasama antara ayah dan ibu. Jadi nih memang harus berperan juga, agar anak mendapati sosok itu dengan utuh sesuai dengan perannya.

    BalasHapus
  7. Suka banget kalo liat keluarga harmonis. Mama papanya bareng dan saling dukung menjaga anaknya. Semoga molly juga bisa punya suami yg pengayom aamiin

    BalasHapus
  8. Weitsss ini mah penting buangettt mba.
    Sebagai Pasutri butuh teamwork yg kecee yak 👍

    BalasHapus
  9. aku masih belajar untuk kompak dalam pengasuhan mba, hahahha jujur kan jadinya, semoga bisa kompak supaya anak gak bingung

    BalasHapus
  10. Kompak dalam mendidik anak itu penting. Saat salah satu melemah maka harus saling mengingatkan agar bisa kompak lagi

    BalasHapus
  11. setuju banget memang dalam pengasuhan anak itu suami istri harus kompak jadi nggak ada ceritanya suami menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab ke istrinya. aku sendiri masih ada sedikit perbedaan sih mbak sama suami semoga saja nanti kami bisa kompak dalam mengasuh anak

    BalasHapus
  12. Saya dan suami masih belajar nih, Mbak. Kadang masih ada perbedaan, saya pengen A, suami maunya B.

    Semoga kami terus bersabar untuk mengasuh anak, dan kami makin kompak.

    BalasHapus
  13. Aku Mrs familiar dg judulnya... N baru sadar ini topik di grup yg sama buat Minggu ini ya mbak.. ah kita satu grup n sama milih temanya.. hihi bedanya aku nulis ttg debat sekolah..

    Emg penting banget mba menurutku kekompakan suami istri itu .aku pun jujur sampe skrg masih peer loh. Krn suami tipe yg dominan banget sm pola asuh tempo du n susah banget nyatuin persepsi

    BalasHapus
  14. Wajib kompaaakk. Kalau aku pribadi karena jauh dari keluarga makanya yaa lebih bisa lbh mudah menerapkannya. Kyknya emang yang agak susah kalau deket kakek neneknya dll selalu ada yang mencampuri. Kuncinya emang kudu diobrolin kalau bisa sebeluim menikah mau kyk apa pengasuhan utk anak2 yaa. Setuju banget komunikasi adalah koentji :D

    BalasHapus
  15. Setuju sih suami istri musti kompak dalam pengasuhan anak, tapi sayangnya saya sempat gagal soal itu karena beda visi sama suami terutama soal penggunaan gadget

    BalasHapus
  16. Setuju pake banget sih..kak Ucig..
    Karena yang kebayang di pikiran anak itu kalau gak kompak, mereka cari yang mana yang paling mudah bilang "Iya" sama mereka.

    Aku pernah mengalaminya soalnya.
    Tau kalau Bapak gak pernah bilang "engga" sama aku, apapun, aku selalu minta ke bapak dulu. Hihihi.. ini kenangan terbaik mengenai Bapak rahimahullah.

    BalasHapus
  17. Iya, penting banget suami istri kompak dalam melakukan pengasuhan anak
    Bikinnya berdua, urusnya juga berdua

    BalasHapus
  18. Seru ya melihat suami istri kompak dalam mengasuh anak. Terkadang ada beda-beda pendapat ya mom. Kalau kita ibu rada disiplin pada anak sementara suami lebih longgar dan memanjakan, he he he

    BalasHapus
  19. Iya memang suami istri harus kompak. Kalo ga kompak, anak-anak nanti bingung mau pilih ayah atau ibunya. Jadi metode pengasuhan anak harus disepakati berdua ya.

    BalasHapus
  20. Masalah kekompakan ini masih menjadi PR buatku dan suami. Masih perlu belajar banyaaak banget. Tapi yang aku rasakan kalau nggak kompak sama pasangan itu memang jatuhnya anak jadi lebih cenderung ke salah satu, sih. Misalnya dia lebih percaya ke papinya dibandingkan sama aku wkwkwk. Apa yang aku sampaikan sering banget dia make sure dulu ke papinya. Haha.

    BalasHapus
  21. Memang butuh kekompakan suami istri kalo urusan anak, eh sebenarnya segala hal juga ding. Suami istri kompak untuk pengasuhan anak karena ini modal dasar, agar anak juga nggak bingung.

    BalasHapus
  22. sepakat mbak, aku juga berusaha terus menerus menyatukan kesamaan dengan suami dna membuat kesepakatan-kesepakatan dalam pengasuhan anak, kalau enggak kompak bisa berabe. anak juga tahu ayah ibu kompak dari cara pengasuhan pada mereka

    BalasHapus
  23. can't agree more mba... karena pengasuhan anak memang menjadi tanggung jawab kita bersama ya mba, jadi semua harus aware dengan progress dan tantangannya

    BalasHapus
  24. Betul banget Mak. Kudu kompakan sama suami. Syukur-syukur neneknya juga bisa diajak kompakan. Soalnya sering neh, kita pengennya begitu, namun keluarga yang lain begini. Kemudian terjadi gesekan. Anak juga jadi lebih sulit diarahkan klo ortu pada gak kompak.

    BalasHapus
  25. Intinya bikin berdua ya tanggung jawabnya berdua. Sayangnya udah terlalu biasa kalo anak nggak lagi sama emaknya, pasti ada aja yang nyletukin "lho anaknya sama siapa?" yhaaaaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)