4 Masakan Irit Minyak Tapi Enak

4 Masakan Irit Minyak Tapi Enak ~ Bukannya nggak suka horengan, melainkan kami sekeluarga suka banget sama gorengan. Hayo siapa yang sama juga, pecinta gorengan mana suaranya? Kalau menu makan tanpa gorengan tuh rasanya ada yang kurang gitu nggak sih. Etapi semenjak sadar kesehatan, gorengan menjadi sesuatu yang menakutkan gitu. Kami nggak pernah beli gorengan depan alfa atau domart lagi karena tatut minyaknya yang kotor. Walau ada rasa kangen buat ngobrol sama abang horengan dan berkata "beli 5000 bang..." Cuma demi menuntaskan kekangenan saya bikin gorengan sendiri ajah #plaaak sama ajaaa dong makan gorengan ugak cig. Ya gimana, kadang kangen itu nggak bisa ditahan yekan. Btw, apa ada masakan irit minyak tapi enak? Banyak sih salah satunya the most popular "pepes". 


4 Masakan Irit Minyak Tapi Enak



Sedikit cerita, saya mengganti minyak goreng sawit dengan minyak kelapa yang bisa dibeli di domart aja kok, kayak Barco atau Ikan Dorang. Memang harganya lebih mahal, nah jadi sih biar sehat irit-irit dalam pemakaian minyak kalau masak hahaha. Khawatir kalau beli minyak sawit yang biasa, bisa-bisa tergoda bikin horengan mulu deh ah sayaaa.

Terus misalnya anak-anak dibikinin ayam crispy, saya dan bapack suami makan menu yang berbeda, kami makan ikan atau yang lainnya, yang jelas bukan ayam tepung. Dari masakan yang dicoba kemarin, kayaknya bakal saya recook deh. Udah bikinnya mudah, tinggal sat set ajaaaah eh nggak juga sih teteup kudu ngupas bawang HAHA. Menu ini lumayan bikin masak jadi gampil. Kapan hari gitu saya bikin sarden pakai tambahan nanas, baru pertama kali cobain, ternyata enak juga. Beli nanas mau buat ayam kuluyuk eh paprikanya nggak ada, jadilah gunain cabai hijau besokannya masak dengan tambahan nanas again.

Masakan irit minyak tapi enak udah ada yang sering bikin juga nggak? Yuk apa aja sih. .


Oseng Ayam Cabai Hijau

Sebelumnya memang ayam yang dimasak tuh dimarinasi pakai bawang putih, garam, dan sedikit lada. Hampir seharian kira-kira dimarinasinya. Ayamnya enak, bumbunya meresap sampai dagingnya. Ibarat rasa rindu, udah mendalam banget. Ayamnya digoreng terlebih dahulu dengan sedikit minyak sampai kecoklatan aja. Lalu tumis irisan bawang merah dan putih serta cabai hijau. Campurkan ayam dengan tumisan tadi, beri sedikit air, lalu beri potongan nanas deh. Oh ya garam dan kaldu secukupnya ya.



Sarden Saus Nanas

Sarden Saus Nanas cocok buat sarapan, makan siang atau juga makan malam. Biasanya masak sarden diberi tambahan bumbu lagi supaya sedap dong. Sarden ditumis dengan irisan bawang merah, bawang putih, cabai merah. Tidak lupa daun jeruk dan jahe ya. Hmm, kebayang dong nikmatnya pakai nasi hangat. Sarden saus nanas ini sat seeet ajah bikinnya mudah. Koreksi rasa dengan menambahkan gula garam sesuai selera.




Daging Sapi Iris Tipis Saus Tiram

Ada beberapa slice daging sapi sisa bbq anak waktu itu, saya jadikan sarapan bersama nasi untuk krucil. Berbahan bawang merah, putih dan bawang bombay. Pertama sih tumis irisan bawang merah dan bawang putihnya. Lalu potong pendek daging sapi sehingga tidak terlalu panjang. Masukkan daging ke tumisan, beri saos tiram secukupnya, tambah garam. Lalu terakhir beri irisan bawang bombay. Alhamdulillah Ugo cilik mau makan bawang bombaynya, mungkin dia makan yang agak layu, jadi nyaru sama daging. Haha.




Ayam Bakar Teflon

Ayam bakar teflon sebenarnya udah paling sering dibikin ya. Kayaknya sejak 2016 nyobain bikin ayam bacem tapi lama-kelamaan enak kalau habis dibumbuin gitu, terus dibakar di teflon aja. Bumbunya praktis ala saya, biasanya pakai buah tomat iris, bawang putih haluskan atau geprek, kecap, kaldu bubuk, garam, daun jeruk, air secukupnya. Bila ada gula merah boleh ditambahkan ya. Bumbunya bisa ditumis dengan sedikit minyak lalu masukkan tomat, ayam dan bumbu lainnya. Nah ketika ayam sudah kecoklatan bisa ditambah air. Masak sampai matang meresap. Setelah itu bisa dibakar diteflon deh.




Sebenarnya ada juga sih iga bakar teflon yang enak, itu kan irit minyak tapi enak. 

Hmmm boleh lihat resepnya di Iga Bakar Teflon

Waduh kayaknya setiap menu harus dibuatkan resep terpisah ya, aih tapi yang sarden saus nanas sepertinya bisa temans langsung eksekusi deh. Gampil kebangetan dan enak. Masakan irit minyak tapi enak sebenarnya kan buanyak yaaa, heheu. Kalau kamu, ada menu favorit nggak sih masakan irit minyak tapi enak? Sharing di kolom komentar yaa.

Komentar

  1. Ayam bakar teflon jadi favorit sih karena rasanya yang enak dan masaknya yang mudah, bikin anak lahap makan. Eh iga bakar juga bisa dicoba nih, irit minyak lumayanlah buat kesehatan tubuh. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Nah iya mak. lanjut bikin resep komplitnya dong. Biar aku bisa recook. Biar aku ada variasi masakan gitu. Soalnya aku nggak bisa masak yang ribet, kalau tumis2 aja kan simple.

    BalasHapus
  3. Makin ke sini aku juga masaknya dengan minyak sedikit mbak. Demi kesehatan :D Makanan irit minyak tetap bisa lezat rasanya kok, yang penting bumbunya diperkaya jadi ga hambar. Apalagi disajikan panas2 hhmmm.... Buat dibawa bekal sekolah juga cocok dong :D

    BalasHapus
  4. Pengabdi ayam...rasanya kudu banget Cobain resep dari kak Uci di atas.

    Rasanya gorengan tuh emang bikin sejatuh cinta itu sih.. punya air fryer juga ternyata ga seenak gorengan.. kan jadi pen nangeesss yaak...


    Ayam bakar Teflon ini jelas menggoda..kak Uci. Tapi udahannya nyucinya susah euuii..banyak yang nempel di teflonnya tugmh ada tips mencuci teplon ga biar gak mengorbankan kuku-kuku (gak cantik)ku??


    Bener sih yaa...keknya kudu ganti minyak Sehat juga.. jadi pas mo make, inget...minyak mahal. Hehehe, pake seperlunya aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. direndam dulu teh leeen, cuekin dulu ajah haha. Ntar jadi lebih mudah kaaan bukan begicu?

      Hapus
  5. Ku kira bakalan bahas alat masak yang diganti pakai airfryer ternyata nggak ya. Sebenernya mau punya tools masak irit minyak pun kita masih bisa irit minyak sih, tinggal diakalin aja menu-menunya. Kalau aku paling suka masak dada ayam yang dimarinasi saos lada hitam terus ditumis pakai sedikit minyak, makannya ala korea pake selada. Beuh nikmat gitu juga. Sepertinya ingin re-cook sarden nanas itu, kayaknya seger banget rasanya.

    BalasHapus
  6. Oseng ayam cabe ijo, boleh juga nih di coba, si sulung suka masakan pedas, selama ini biasa bikin sambal cabenya merah semua.
    Nah ayuk mbak, dibikin komplit terpisah resep dan cara masaknya

    BalasHapus
  7. Hemat minyak = hemat biaya juga kan ci hehehe... sehat juga sih menu masakan dengan sedikit minyak. Biasanya prosesnya juga lebih gak makan waktu dan praktis sih yaa..contek ah

    BalasHapus
  8. Sejak pandemi, sbnrnya aku udh mulai cariin menu yg sedikit minyak ke asistenku mba. Yg deep fried bisa dibilang jarang skr. Apalagi pas minyak naik tinggi waktu itu. Langsung ga ada menu yg goreng2an pake minyak banyak 🤣. Malah sebisa mungkin minyak itu diganti Ama butter tiap masak tumisan

    Fav ku sih masih ayam kecap, hidangan pasta, tumis tahu Enoki, yg simple2 aja pastinya. Kalo sayuran, aku malah LBH suka rebus bening atau lalapan 😄

    BalasHapus
  9. Mbaaak kalau yang marinasi itu berarti saat masih mentah langsung kasih bumbu marinasi?
    trus ayamnya ga pakai direbus lagi yah? potong kecil-kecil, tumis dengan bahan lainnya.

    eh yang ayam panggang pake teflon itu juga idola loh di rumah. saya tim bumbu instan, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak langsung direbus, cemplung dulu ke minyak setelah dibalur bumbu. Boleh potong kecil2 bebas. Aku ayam potongan sedang. Nanti ditambah air dikit2 step terakhir. Ini menu cuma buat berdua sama paksu :D jadi cepet karena cuma dikit

      Hapus
  10. Waah, sarden saus Nanas belum pernah coba, rasanya jadi seger gitu ya Cii? Kapan2 mau coba aahh, kusimpan dlu resepnya 😍

    BalasHapus
  11. Kalau ayamnya dimarinasi butuh waktu lama nggak? Ini itu resep kesukaan anak gadisku, tetapi selalu gagal. Ada-ada saja kekurangannya. Katanya kurang lama dimarinasilah, kurang bumbu lah. Adduh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, aku marinasi lama, seharian waktu itu, pernah juga nggak lama, tapi nggak terlalu enak jadinya

      Hapus
  12. Resepnya enak enak dan senang juga bisa hemat minyak ya. Dan bener juga kalau beli yang mahal, jadi ngirit pakai minyaknya. Makasih idenyaa

    BalasHapus
  13. Daging sapi iris tipis ini juara sih mau dimasak apapun tanpa minyak pun oke. Selanjutnya tentu saja ayam bakar teflon. Selain rasa yang nendang juga gak butuh minyak banyak.

    BalasHapus
  14. Wahh asik
    Makasih lho mbak sudah berbagi resep masakan enak irit minyak
    Bisa aku ATM, biar makan sehat dan hemat

    BalasHapus
  15. Aku nggak pintar masak dan suka malas masak. Tapi liat resep UCI kok jadi pengen cobain ya. Kayaknya mudah-mudah nih resepnya. Aku mau cobain masak ayam cabe ijo deh. Gampang kayaknya ..

    BalasHapus
  16. Catet ya rekomendasi resepnya. Btw, waktu kemarin minyak mahal, lumayan santai gak makan goreng-goreng. Tumis-tumis gini juga enak sih dan pada suka

    BalasHapus
  17. Yihaaa ini baik utk kesehatan tubuh dan dompettt
    Aku mau coba juga ahhh
    Makasi idenyaaa

    BalasHapus
  18. ayam bakar teflon ini sering banget aku bikin di rumah. maklum ga punya pembakaran areng. jadinya andalannya pakai teflon

    BalasHapus
  19. Aku ngiler loh membayangkan masak sarden saus nanas. Kayaknya jadi seger ya asem asem gitu karena ada nanasnya. Aku kalo lagi banyak duit (banyaakkk, hihii) beli minyak canola atau barco yang agak terjangkau. Tapi emang udah ngurangi bikin gorengan sekarang, karena mendadak anak-anakku juga enggak mau sering makan gorengan, masya Allah. Niat mereka haarus ibu dukung, hemat minyak kan jadinyaaa

    BalasHapus
  20. Wah, terimakasih sudah sharing menu-menunya. Sepertinya cocok buatku yang memang lagi ngurangi konsumsi minyak.

    BalasHapus
  21. Kalau lauk memang bisa sih kita irit minyak gini, masalahnya tuh mendoan adalah makanan favorit keluarga hahahaa.... ya gitu deh. Mencoba mengurangi makanan gorengan, bikinnya ya mendoan itu aja lah, yang lainnya udah banyak dikurangi.

    BalasHapus
  22. Penasaran resep lengkapnya dong Ci, pengen juga masak enak yang irit minyak biar lebih sehat buat anak-anak, pengen coba yang daging sapi dan ayam bakar..kayaknya resepnya mudah dan rasanya enak..

    BalasHapus
  23. Setuju aku juga pakaai minyak barco jatuhnya lebih hemat karena tidak mudah kotor ya mak minyaknya habis di pakai.

    BalasHapus
  24. Aww..baru tau masakan sarden dipakein nanas enak ya? Aku jg suka nih masak2 yg pake minyak sedikit. Krn selain lebih sehat, lebih enak juga. Terima kasih inspirasinyaa

    BalasHapus
  25. Membayangkan sepiring nasi anget sama sarden saus nanas tuh ya Allah enak pisan kayanya ya. Tahun ni aku juga udh niatin mo ngurangin masak yg berminyak2 sama gula2an biar badan lebih sehat

    BalasHapus
  26. kelihatannya enak - enak semuaaa nih mba.. suka dengan ayam panggang dan memang masak di teflon oke ya. Semoga makin jauh dari dunia perminyakan hehe

    BalasHapus
  27. Gorengan abang-abang itu emang bikin nagih ya mba walau minyaknya udah ga sehat lg. Tapi memang kita hrs hidup sehat dengan mengurangi gorengan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)