Resep Iga Bakar Si Jangkung Cipaganti

Resep Iga Bakar Si Jangkung Cipaganti ~ Iga bakar si Jangkung yang ada di Bandung itu lejeeen bener ya? Beberapa minggu lalu saya recook resep dari kecap Bango. Ternyata anak-anak demen banget, saya sendiri masih nggak nyangka karena kan biasanya mereka makan iga tuh yang dimasak sop. Iga sapi favorit, enak banget dimasak sop apalagi cuaca dingin kayak gini yaaa, tapi pas mencoba iga bakar si Jangkung, wah rasanya menemukan sesuatu yang baruu huhu. Sekarang, masak iga nggak selalu mentok dibikin sop deh. 


Resep Iga Bakar Si Jangkung Cipaganti


Saya biasa beli iga di pasar dekat rumah, iga sapinya masih segar dan nggak dingin, pokoknya sreg deh kalau beli disitu. Sekarang kalau beli iga kan 500 gr aka setengah kilo, harganya 50 ribu. Ada di pasar agak jauhan dikit alias pasar malabar, bisa dapat harga 45 ribu tapi suka dicampur yang dingin. Saran saya harus langsung dicek, kalau nggak, ya kadang dicampur sama dianya. Btw, iga sapi memang nggak ada yang bisa nolak deh ya kalau nggak ingat kolesterol sih bakalan bikin iga bakar ini mulu. 

Selain rasanya yang empuk, gurih, manis, pedasnya pas, iga sapi dibakar tuh bikin nafsu makan makin meningkat. Alhamdulillah anak-anak suka, waktu itu juga ada ponakan lagi menginap di rumah, dimakanin tanpa nasi dong, huaaa memang resep ini seenak itu yaah? cobain deh kalau penasaran. Dan ini nggak pakai kaldu lagi (iyalaaah kan udah rasa sapi asliiii)

Kalau anak-anak yang bisa makan pedas, boleh dicoba pakai cabai rawit ya. Tapi kalau yang belum terbiasa bisa skip aja cabai rawitnya. Nah, berhubung minggu ini udah minggu terakhir liburan dan juga tahun 2022, biasanya kumpul keluarga, temans bisa nih mencoba resep iga bakar berikut. Antiiiii gagal deh ini mah. Yukkkkk mari.

Resep Iga Bakar Si Jangkung Cipaganti


Resep Iga Bakar Si Jangkung Cipaganti

Bahan:
300 gr Iga Sapi (me: 500 gr)

Bumbu Halus:
50 gr Bawang Merah (10 Siung)
50 gr Bawang Putih (10 Siung)
1 Ruas Laos (haluskan)
1 Ruas Kunyit (haluskan)
3 gr garam (me: 1 sdm)

1 Liter Air (ada sisa bisa buat kaldu soto nih)
Sereh
5 butir Cengkeh
1 Butir Pala (Memarkan)

Bumbu Tumis:
100 ml Kecap Bango
80 gr Bawang Merah Iris Kasar (12 siung)
Cabai Rawit, Cabai Merah, Cabai Hijau
(sesuai selera aja, me skip rawit)

2 Lembar Daun Salam (me : 5 lembar)
30 ml Air Asam Jawa
30 gr Minyak Samin/Margarin (me: minyak samin)
1 buah Tomat Besar potong kasar

Cara Memasak Iga Bakar Si Jangkung
1. Bersihkan Iga dengan lap-lap
2. Haluskan bumbu
3. Rebus Iga bersama bumbu, beri pala, cengkeh dan garam
4. Tunggu Iga sampai empuk, tiriskan
5. Panaskan minyak samin/margarin pada pan anti lengket untuk bakarnya.
6. Tumis bawang merah iris
7. Masukkan cabai
8. Masukkan Iga
9. Beri kecap Bango, aduk
10. Tambahkan air asam jawa, lalu irisan tomat


Resep Iga Bakar Si Jangkung Cipaganti


Resep di atas juga sudah saya buat reelnya ya di akun instagram @uciggg, sekalian ikutan lomba recook resepnya Bango. Dan ini memang niat ngeshootnya 😄 pengin yang ala iklan beneran sekalian nambah porto, kali aja diciduk siapa gitu #ngayal.

Oh ya saya cari di google,  alamat si Jangkung di Bandung, Jl. Cipaganti No.75G, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40161. Kalau yang udah nggak tahan dan kangen sama iga bakar si jangkung, mending recook pakai resep di atas deh, dijamin nggak kecewa. Kalau udah recook sharing-sharing hasilnya yaa 😊. Selamat liburan, semoga resep Iga Bakar Si Jangkung Cipaganti bermanfaat.

Komentar

  1. Saya jadi lapar melihat postingan ini, hehe... Makasih banyak resepnya ya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)