Cerita Foto Sold Perdana Di Shutterstock

Cerita Foto Sold Perdana Di Shutterstock ~ Kok aneh sih, kan jual foto murah banget itu di situ? Semacam pertanyaan yang pasti terjadi di dunia microstock. Kenapa mau, harganya afgan banget gitu. Hahah yaa sampai saat ini masih nggak nyangka masih update portofolio di Shutterstock. Saya sendiri kalau ditanya kenapa suka? yaa gimana atuh, pas upload terus submit kan belum tentu diterima ya. Nah kayaknya disitu keseruannya deh. Sekarang portofolio saya baru 600 kok. Buat yang udah main lama dan rajin, keren-keren portofolionya sampai ribuan bahkan puluhan ribu loh. Ya mereka serius tapi nggak mikir cuan awalnya. Jadi saya juga mau berbagi cerita sold perdana di Shutterstock nih, siapa tau ada yang pengin dengar, ehh baca heheuu.


Cerita Foto Sold Perdana Di Shutterstock


Pernah menulis cerita tentang pengalaman jual foto di Shutterstock pada blog ini. Awal tahun 2022 deh kalau nggak salah. Saya ingat sold perdana ya ketika portofolio saya berjumlah 20. Sempat dengar cerita mas Reezky di IG, yang mungkin temans udah tau deh, beliau sering berbagi konten tentang microstock, dan juga buka kelas ya. Mase tuh perdana sold ketika jumlah portonya 100, whew. Kalau ada yang tanya, rumus pastinya ya nggak ada rumus pastinya. Namanya kayak jualan barang di market place, seperti tokped, shopee dkk, ada yang beli, bisa laku bisa juga enggak. Seperti pedagang pada umumnya dong? iyes seperti itulah kurang lebihnya. 

Baca Juga : Ide Foto Murah dan Praktis Untuk Shutterstock

Bersyukur sekali walau belum pernah payout, perlahan insya Allah masih konsisten sambilan di sela-sela kesibukan sebagai pengangguran #ehh. Banyak hal yang tidak terduga deh ketika nyemplung di Shutterstock atau microstock lain. Oh ya saya juga ikutan submit, nyobain microstock lain seperti DepositPhotos dan Istock. Secara user interface menurut saya mah Shutterstock paling enak. Belum coba yang selain 3 itu sih. Tapi kata mastah, DepositPhotos interfacenya lumayan asyik. Kalau IStock proses diterima atau ditolaknya lamaaaa kaliiik, bisa sampai 2 mingguan. Entah kuratornya ngapain dulu yakkk :P. Robotnya mungkin lagi rebahan duluuuu sambil lupakan reyhaan.

Jangan salah kira loh, kadang foto yang dikira mah sepele ternyata ada aja yang beli. Foto simple aja padahal sih kalau dipikir, kayak foto jagung, foto tomat aja juga ada. Jadi pengin cerita-cerita foto perdana yang sold milik saya sekalian cerita di balik foto tersebut ya.


Cerita Foto Sold Perdana Di Shutterstock

Foto Roti

Cerita Foto Sold Perdana Di Shutterstock


Nggak terduga foto ini laku pertama kali, dengan deskripsi fotonya gini >> cream cheese garlic bread. Waktu pandemik kan ada aja ya makanan yang viral dan heitz kitulahnyaa kayak cheese garlic bread ini nih. Demam garlic bread juga mewabah di penjuru instagram gaes. Yaudah kalau ini sih pak suami yang bikinin. Jujurly, lebih radjin pak suami bikin yang viral dibanding saya. Foto sold perdana di 2020.



Foto Daun

Syngonium is the beautiful leave and easy to reproduce

Cerita Foto Sold Perdana Di Shutterstock


Foto daun adalah foto favorit setelah makanan hihi. Saya kan suka bingung moto apa, coba-coba foto daun ajalah yang ada di rumah. Namanya juga gabut euy. Terus usut punya usut setelah nonton YT Mas Bima, banyak pencerahan tentang apa sih yang kira-kira berpotensi buat laku dijual. Konten foto daun berpotensi laku, banyak yang cari buat background, katanya seeeh. Yawis yok dibuktikan aja. Saya foto daun ini dan ada yang beli.


Foto Ikan

Indonesian culinary, commonly known as ikan asam padeh. This is spicy food but delicious.


Cerita Foto Sold Perdana Di Shutterstock


Ada foto masakan yang bukan buatan saya. Ya ya nggak semua makanan dan minuman yang difoto tuh hasil karya saya. Tapi masakan yang saya bikin sendiri nih kalau ini, ikan asam padeh. Masakan Padang buat saya dan suami adalah makanan favorit. Andai bisa makan setiap hari haha. Tapi ingat kolesterol :p. Ikan asam padeh saya foto dengan piring hitam dan anglenya dari atas aja. 



Foto Pot
a plant called sansevieria. Sansevieria at painted pot above the stool for decoration. Making home beautiful.

Cerita Foto Sold Perdana Di Shutterstock


Saya ingat foto ini saat pandemik juga, sepupu dari pak suami buka usaha iseng-isengan pot lukis gitu. Lalu saya beli dan ada beberapa yang dikasih. Cantik-cantik deh potnya, lalu seperti biasa dong, tidak lupa saya mengabadikannya. Foto ini juga ada yang beli. Pembelinya dari Bali, Indonesia.


Foto Udang

Raw food - shrimps with lemon on wooden background.



Cerita Foto Sold Perdana Di Shutterstock


Cerita foto udang yang saya jepret kelar dari pasar. Berhubung ada lemon di rumah dan beli udang, makanya langsung saya abadikan deh. Saya juga pengin mencoba foto ala-ala di Shutterstock gitu, dan foto kayak gini udah cukup banyak. Saya mau ikut aja, kali nyangkut. Ini fotonya kayak kurang cahaya gitu sih menurut saya. Cuma lumayan deh buat nambahin portofolio, alhamdulillah lulus, approved, sold.

Sekarang jumlah foto baru 600an dan 41 downloaded.  Do'ain ya biar bisa konsisten selalu dan banyak yang lakuuu, amiin. Kira-kira kalau motret terus submit, approved dan ada yang beli teroos, gimana enggak makin semangat motretnya? Hua akoh juga mau kalau kayak gitu. Sejauh ini udah bisa feel foto yang approved atau tidak. Saking udah banyaknya foto yang tertolak yes. Kata mastah juga gitu sih, cobain upload terus deh sambil belajar-belajar. Feel free kalau ada yang mau tanya atau kasih masukan ya, bisa email atau DM instagram atau twitter apa aja asal jangan diteror ya 😄 . Sekian dulu ya udah hampir jam 5 pagi waktunya ngedapur. Semoga artikel Cerita Foto Sold Perdana Di Shutterstock, ada manfaatnya. Terima kasih telah membaca ^^.

Komentar

  1. Mantep memang fotonya aesthetic, sederhana banget idenya udah jadi foto keren yang bisa dijual di shutterstock dan bisa menghasilkan uang. Lumayan memang, bisa digunakan untuk kebutuhan blog dan unggahan ke media sosial. Terima kasih sharingnya!

    BalasHapus
  2. Aku pas baca tulisan lama mba yg ttg shutterstock, aku udh niat mba mau coba2. Tapi niat doang, sampe skr blm dilakuin 🤣🤣.

    Tapi memang kalo liat foto2 yang diterima, kayaknya aku sendiri hrs belajar banyak sih motret yg bener 😄. Ga bisa ngasal juga. Ntr semoga di trip ku Desember besok, bisa ambil banyak foto2 😄

    BalasHapus
  3. Wah, terima kasih sharingnya, mba Uci. Jadi pengen coba belajar upload2 foto di shutterstock juga.
    Baru kemarin suami tanya2 gimana cara jual foto, hari ini nemu artikel mba Uci. Kok bisa yaaaa. Kwkw.

    Thank you, mba Uci infonya...

    BalasHapus
  4. cakeeep, selalu sukaaa dengan foto jepretan Uci, simple tapi menarik gitu dong ;)
    ajari aku ya Cikgu :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang jepretannya jg berseni gitu. Tangan dingin nih. Kalau hasil jepretan saya B aja, belum ada ide ngejual sih. Tapi abis baca ini jd pengen bikin akun buat pamerin foto2, siapa tau ada yg laku. Ahahaha

      Hapus
  5. Ya ampuunn jadi inget akun aku yang nganggur di shutterstock 😂. Aku baru punya dua foto approved. Belum ada yang beli dan aku belum upload lagi. Jadi semangat nih pengin nyoba lagi sampai cuan.

    BalasHapus
  6. Baguusss bgt foto²nya mbaaa
    Bisa dibilang pandemi nih blessing in disguise yaa.
    Bisa produce aneka poto keren enihhh

    BalasHapus
  7. Ya ampun mbak, kapan hari aku pengen nyobain kayak gini juga untuk jual foto di Microstock utk menyalurkan hobi foto random gitu, tapi ternyata belum berhasil jalan.
    Kepengen deh cobain gitu, yah semoga bisa terlaksana segera nih abis baca sharing artikel smean

    BalasHapus
  8. Eh mas Rezky2 itu org Bogor gak sih> Soalnya kyknya ada bloger Bogor suka share pelatihan yang sama gitu. Wah kebayang hepi banget saat kejual pertama kalinya. Walaupun kyk harus nunggu hingga beribu2 foto diupload rasanya tetep happy ya, nilai uangnya malah gk terlalu masalah yg petning kebanggannnya itu lhooo hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. mase di Klaten kayaknya ibuuu, waktu itu aku bacanya...
      ada rasa yg beda aja gitu,nilai uangnya klo dpt $1 aja udah hepi hihihi

      Hapus
  9. Huwaa..ikut senang deh baca tulisan sharing keberhasilan begini. Aku mah baru install dan registrasi doang, itu pun buat bukan aku tapi bikinin suami karena dia yg senang motret2. Tapi yaaa..belum submit satupun hahahaha. Ide2 foto mb ucig sedrhana, tapi kenaaa gitu... Mata fotografer memang agak laen haaha

    BalasHapus
  10. Baca ini jadi inget kalau aku pernah pengen belajar jualan foto juga, tapi selalu lupa untuk cari tau caranya. Kayaknya perlu dicatat besar-besar deh, sekaligus jadi resolusi tahun depan. Siapa tau bisa jadi salah satu pintu rezeki di masa depan.

    BalasHapus
  11. Wah thx banget sharingnya mbaa,jadi pengen coba juga,gada salahnya buat aku nambah pundi-pindi cuan dan pintu rejeki siapa tau hehehe. Makasii mbaa :)

    BalasHapus
  12. karena aku udah tau mba ucig itu di Tangerang, boleh laaah aku main2 ke rumah mba sambil di tutorin secara langsung untuk si shutterstock ini. Udah sign in tp belum diaplikasikan dg baik, alias banyak dianggurinnya haha

    BalasHapus
  13. Aku pengen nyoba mbak, tp gak mulai2, padahal stok foto yg dipunya ribuan. Coba next mbak nulis lagi tentang step by stepnya donk mbak, meski di google banyak panduan, kayanya belum sah kalo belum baca versi mbak wkwkwk

    BalasHapus
  14. Mau tanya rumusnya, tapi uda ditolak duluan sama kak Uci, katanya gak ada rumus-rumusan, Hhaha..
    Tapi aku percaya banget kalau flying watch (jam terbang) ini gak bohong.
    kalau telaten dan konsisten, pasti semakin jago.

    Aku menikmati sekali ikan asam padeh kak Uciii..
    Rasanya nikmat dimakan sama nasi anget.
    **tess..teess ((ngiler)) wkkwkw~

    BalasHapus
  15. Fotonya bagus-bagus Mbak. Estetik. Wajarlah laku di shutterstock. Kalau fotoku mah gitu-gitu aja wkwkw. Ga tau seni foto nih.

    BalasHapus
  16. Wah... selamat ya mbak
    Pasti HEPI banget ya
    Semoga makin semangat berkarya buat foto yang bagus bagus

    BalasHapus
  17. Waaa...sudah pasti bikin bahagia kalau bisa sold foto2 kita di sana, mbakk. Dan btw, foto2nya bagus banget. Pantes banyak download.

    BalasHapus
  18. Wah selamat ya Mbak udah laku foto-fotonya di Shutterstock. Pasti ada kegembiraan tersendiri bisa "tembus" sana, ya. Foto-foto mb Uci emang cakep-cakep, sih :)

    BalasHapus
  19. Keren loh mbak dirimu, konsisten untuk foto dan upload di micro stock. Semoga makin banyak fotomu yang dibeli yaaa... sukses terus

    BalasHapus
  20. wohooo! dari perdana terjual saat foto baru 20 biji sekarang makin berkembang sampai 600. Kamu keren!!!
    foto-fotomu memang secakep itu ... trus jualan di ss tuh ya anggap aja passive income, tahu-tahu laku

    BalasHapus
  21. Woah jadi pengen jenguk akun Shutterstok saya yang mungkin dah dihuni laba-laba. Makasih banyak inspirasinya Mak.

    BalasHapus
  22. Waaa... keren sudah 40an yang dibeli. Saya jadi pengen juga. Pertama mungkin belajar fotografi kali ya. Sambil terus upload sampai tahu spesialisasinya apa.

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)