Belajar Fiqih Menyenangkan Untuk Anak Dengan Komik

Belajar Fiqih Menyenangkan Untuk Anak Dengan Komik ~ Bahagianya ketika anak senang membaca buku. Yaa walau mereka juga senang menonton :p. Huaaa, haduh haduh jadi orang tua zaman now tantangannya lain dengan orang tua dulu. Tapi saya yakin pasti sama susahnya. Di rumah anteng sih tapiiiiii bisa aja jadi toxic, kayak mereka main games atau nonton tanpa batas. Nggak perlu keluar rumah udah kudu brain strom anak. Saya pasrah kalau rumah berantakan, banyak jerit-jeritan atau kita menangis bareng :))). Yang penting ada batasnya. Oh ya, saya baru ingat punya buku komik fiqih untuk anak.


Belajar Fiqih Menyenangkan Anak Dengan Komik


Siang itu Ashika memilih buku yang saya tawarkan. Dia memang baru bisa lancar membaca di usia 6 tahun. Di TK nya tidak ada calistung karena memang sistemnya sentra sesuai fitrahnya dan kesehariannya menstimulasi anak-anak dengan sambil bermain. Kadang main di sentra alam, sentra musik, sentra iman dan takwa, sentra rancang bangun, keluarga sakinah, atau sentra keaksaraan. Ashika gaya belajarnya juga lain dari kakak. Wah pokoknya nggak bisa duduk tenang deh sebelum usia 6 tahun. HAHA tapi lain dulu lain sekarang, sewaktu tes di sekolah minggu lalu, Ashika bisa duduk mengerjakan dengan tenang. Saya tanya "itu bisa nyaman duduk aja?" Dan dia menjawab "Sebenernya aku mau gerak-gerak, tapi ditahan." Wheew, Ashika memang super. Kita ketawa bareng-bareng deh. Masih enggak nyangka dia bisa anteng terus sekarang mau baca buku komik, dia bawa ke sekolahan (nggak tau dibaca apa enggak sih?!) 

Anaknya fast learner, dan ini bisa dibilang jadi tantangan banget. Ngeri-ngeri sedap deh. Orang tua yang punya anak kayak gini kudu waspada banget, karena kalau ada contoh yang nggak baik sering dia langsung copas. Saya sering menekankan, kalau tidak tau artinya, jangan diucapin. Sayangnya dia belum terlalu ingat pesan saya heheuuu. Namun di usia 6 tahun ini jauh lebih baik.

Dari tadi ngalor ngidul cerita tentang anak kedua. Kapan review bukunya nih? Tenang, pelan-pelan sajaaah. Sambil saya mengingat ini buku harganya berapaan ya? Saking udah lama belinya. Penerbitnya Gema Insani. Penulis Aan Wulandari U. Ilustrasi oleh Athan Rustandi. Oh ya harga buku komik islami ini 63 ribu, tahun 2021 belinya.


Cover buku Belajar Fiqih Menyenangkan Anak Dengan Komik


Jadi buku ini ada 16 cerita, diawali dengan pengenalan tokoh ya. Belajar fiqih, mudah dan menyenangkan untuk anak usia 17 tahun ke atas, ehhh ini untuk anak usia 7+ ya gaes. . Menarik sekali loh.  Saya bisa refresh tentang pelajaran di sekolah zaman dulu. Sungguh enak kalau belajar pakai komik gini. Kenapa di sekolah nggak pakai kayak gini ya? :D


Belajar Fiqih Menyenangkan Anak Dengan Komik


Karakter di dalam buku ini cukup kuat dan memang mudah diingat anak-anak. Sosok yang dibangun oleh penulis lewat ceritanya membuat anak-anak mengingat tentang pokok-pokok  ajaran. 

saya merasa buku ini sukses membuat anak-anak mengerti beberapa ilmu fiqih dengan cara yang fun. Ah andai dari dulu udah ada buku seperti ini, pasti akoh nggak baca komik serial cantik mulu karena udah jenuh sama RPUL :))


Belajar Fiqih Menyenangkan Anak Dengan Komik


Ilmu fiqih kan penting, namun kesannya tuh berat. Ya nggak sih? apa pemahaman saya aja?. Padahal penting buat anak-anak tau dan memang mereka harus tau.

Kalau boleh ngintip tanpa bintitan ya cuma ke Wikipedia, ilmu fiqih (bahasa Arab) artinya adalah salah satu bidang ilmu dalam syariat Islam yang secara khusus membahas persoalan hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan manusia, baik kehidupan pribadi, bermasyarakat maupun kehidupan manusia dengan Allah.

sedangkan Fiqih menurut istilah adalah pengetahuan tentang hukum-hukum syariat praktis berdasarkan dalil-dalil rincinya. Hukum-hukum syariat” adalah seperti wajib dan haram.

Nah kira-kira gitu dah ye.


Belajar Fiqih Menyenangkan Anak Dengan Komik


Ada tulisan pengantar untuk orang tua dari penulisnya juga nih. Bukunya memang membahas fiqih dasar, mulai thaharah sampai tentang pergaulan dikemas unik dengan ilustrasi yang menarik, ceritanya pun kocak, relate banget dengan kehidupan sehari-hari. Menurut saya komik ini memang memberikan pemahaman dasar fiqih dengan cara yang tidak kaku, super fun.

Harapan saya sebagai orang tua (hasiiik) udah kayak mau pidato perpisahan ajaah, ya buku-buku seperti ini bisa terus ada. PDKT ke anak dengan media yang mudah ditelan oleh mereka supaya pencernaannya bhaique (laah). Nah semoga tulisan ini bermanfaat. Temans bisa melipir ke marketplace kesukaan buat mencari bukunya yes. Belajar Fiqih Menyenangkan Untuk Anak, cussss.

Komentar

  1. Bagus ini buku untuk anak, apalagi mengajarkan agama ada warnanya menarik. Soal belajar agama anak biasanya agak sulit, tapi kalau bukunya saja bagus mereka akan tertarik. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Ponakan aku ada yg kls 2 Sd dan udah banyak nanyaaaaaa ttg fiqih
    Kayaknya aku perlu info ke ortunya, supaya dibeliin buku ini ajaaa😆👍

    BalasHapus
  3. Biasanya mengenalkan fikih melalui read aloud ini menyenangkan bagi anak ya..
    Tapi kalau Ashika tipe belajarnya kinestetik, berarti membacakan cerita disambil anak-anak bermain kah?

    Anakku tuh suka banget dibacain cerita pas di fase tidur non-REM alias liyer-liyer, tapi suka cepet banget bablas tidurnya. Gatau gitu itu masuk atau engga yaa.. kalau didongengin?

    BalasHapus
  4. Menarik mbak, jadi pengen punya juga nih buat bacaan sekaligus pelajaran buat anak-anakku.

    Hihi... ini lebih menarik daripada RPUL yang isinya cuma tekas aja ya.

    BalasHapus
  5. Belajar fiqih menjadi menyenangkan untuk anak ketika sudah mulai bisa baca ya bun. Apalagi buku bacaan fiqih dilengkapi dengan full colour gambar. Sehingga anak lebih cepat mencernanya

    BalasHapus
  6. Sekarang banyak bangeett komik dakwah gini. Seneng deh, jadi merasa terbantu banget untuk menjelaskan apapun tentang islam ke anak-anak, ahaha.

    Btw, Ashika keren, udah mulai bisa mengendalikan diri yaa. Walaupun pengen gerak2, tapi teteup ditahan, 👍🏻😍

    BalasHapus
  7. Oh bukunya Mba Aan ternyata, aku punya juga nih. Aku jadikan kado untuk ponakan yang ulang tahun.

    Buku untuk belajar fiqih yang ditulis Mba Aan ini emang menyenangkan buat anak-anak. Dengan ilustrasi komik jadi mudah dipahami

    BalasHapus
  8. Buku-buku seperti ini mempunyai peran yang sangat penting untuk membentuk karakter anak lebih baik ya. Apalagi jika dilakukan sejak dini, anak akan belajar hal-hal baik sesuai dengan ajaran agamanya..

    BalasHapus
  9. Bagus juga buku bahas soal fiqih kepada anak dengan bahasa yang mudah dipahami. Apalagi ada ilustrasi dengan menarik

    BalasHapus
  10. Buku yang menarik. Buat orang Islam, pengetahuan Fiqih tuh wajib, tapi kadang buat nyampaiin apalagi anak-anak akan sangat berbeda. Kalau pakai komik, jadi lebih menyenangkan

    BalasHapus
  11. RPUL dooong... buku legend banget itu yaaa. Pegangan anak2 pada masanya. Oh iya, satu lagi RPAL hehehe. Btw mengajarkan agama pada anak mmg gampang2 susah ya.. melalui media komik begini jadinya lebih menarik buat aak-anak.

    BalasHapus
  12. Ngeliat cover dan komik komiknya, pasti anak anak sukaaaa banget
    jadi semangat buat belajar fiqih

    BalasHapus
  13. Buku isinya bagus dan ringan coocok buat anak2 krn colour full. Bacaan berkualitas srperti ini harus banyak di kenalkan ke anak supaya main gadget teralihkan.

    BalasHapus
  14. wah mbak, aku tertarik nih nyari bukunya. bagus nih untuk ngajarin fiqih ke anak-anak. karena fiqih itu kan panduan ibadah ya jadi harus detail juga

    BalasHapus
  15. Anak anak perlu belajar fiqih dengan cara menyenangkan ya mbak
    Dengan komik misalnya
    Jadi pengen beliin buat anakku

    BalasHapus
  16. Kalau dari covernya aja bisa terbaca bahwa buku ini sesuai judulnya ' Belajar Fiqih Menyenangkan untuk Anak'. Bukunya kids friendly, maka mudah dicerna anak ya...yakin juga baca ini dulu pas udah jenuh sama RPUL kwkw

    BalasHapus
  17. Sebagai anak dari balita, saya mulai lirak-lirik buku untuk anak termasuk buku fikih seperti ini. Kalau dengan komik anak jadi mudah memahami dan dengan senang hati membacanya berulang-ulang ya

    BalasHapus
  18. Wah terima kasih rekomendasi komiknya mbak. Sepertinya aku juga mau membelikan buat anakku nih supaya ikut belajar. Anak2 biasanya nampol kalau belajar dari buku atau komik macam ini, kyk lebih gampang ingetnya gtu yaa. Mana bukunya warna-warni anak pasti hepi bacanya deh sampai gak sadar kalau lg belajar agama hehe.

    BalasHapus
  19. Bagus nih komik fiqih untuk anak. Anak-anak memang suka bacaan bergambar begini. Jadi pengen punya juga buat anakku di rumah

    BalasHapus
  20. Kesannya berat, padahal fiqih memang sudah sewajarnya diajarkan kepada anak sejak kecil agar paham mana yang sesuai hukum agama. Komik fiqih ini membantu banget bagi orangtua untuk mengajarkan fiqih secara fun kepada putra-putrinya.

    BalasHapus
  21. Wahhh, makasih ya mbak rekomendasi bukunya! Auto masuk wishlist buat anakku kalau besok udah berusia 7 tahun.

    BalasHapus
  22. Menarik banget Mak bisa belajar fiqih dengan buku yang materinya lengkap dan menarik seperti ini. Ada kalanya belajar agama terasa membosankan tetapi kalau kemasan medianya menarik InsyaAllah bisa bikin anak merasa lebih excited juga untuk belajar :))

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)