Hindari 4 Bocor Halus Pada Keuanganmu

Hindari 4 Bocor Halus Pada Keuanganmu ~ Whew, judulnya mengandung uang. Ada apakah ini cig? Payday today. Ide bikin postingan ini karena waktu itu kelar chat sama adik saya. Sebagai ibu rumah tangga yang baru 10 tahun ditanya tentang keuangan rumah tangga, alhamdulillah cukup dicukupin. Kata si mamah sih yaaah do'anya walau apa-apa mahal, "ya Allah mampukan kita, cukupkan ya Allah." Sampai di titik ini saya merasa bersyukur selalu walau kemana-mana masih naik motor, hati damai. Penginnya pengin banget cicilan rumah cepat selesai. Menabung sedari kecil adalah kebiasaan yang ditanamkan oleh mamah. Masih ingat kalau dulu tuh punya celengan ayam jago yang dari tanah liat? Hayo angkatan jadul pasti punya nih :p. Uang memang bukan segalanya tapi sadar atau tidak ya uang sangat berpengaruh untuk kehidupan yang lebih baik. Dengan keuangan yang cukup kita bisa melakukan hal-hal yang diinginkan (yang baik-baik lho yaaah). Nah, era digital ini kalau nggak kuat-kuat iman, bisa boncos deh. Penghasilan sebesar apa pun nggak akan pernah cukup untuk gaya hidup. JADI, mari merenung tentang bocor halus pada keuangan. (yang udah sultan bisa another posting aja ya bacanya haha).




Bocor halus itu tuh pengeluaran kecil tapi sering yakan. Hal yang sebenarnya bukan prioritas tapi terjadi berulang. Duh, sepertinya teori udah megang sih tapi kenyataan suka belum sesuai. Iyaaa apalagi kalau belanja sama anak-anak. Awalnya dalam hati tuh "ah sekali-sekali ini deh, nggak apa kali yakan..beliin aja deh." Jreng-jreeeeng ternyata bocor halus adalah habit. Iman oh iman, masuk ke mall kudu kuat iman. Uangnya sih adaaaaa, iya tapi buat bayar sekolah, buat bayar cicilan ini itu. Eh alhamdulillah cicilan kami cuma rumah (do'ain biar cepat lunas yaaaa).


Hindari 4 Bocor Halus Pada Keuanganmu


Tergiur Promo 

Entah mini market atau market place sering banget ada promo. Kok jadi murce bener tuh barang, sampek kucek-kucek mata. Eh ternyata betulan lagi diskon dong. Tidak mau melewatkan momen kapan lagi coba jadi murah, yang parah sih cuma sedikit lebih murah doang. Upssss, tapi entah kenapa harga lebih murah setitik aja bisa menyihirmu? Apalagi promo di depan kasir yang bikin kelepek-kelepek padahal barangnya juga nggak lagi butuh-butuh amat. Ah ini jagoan bocor halus deh, waspadai gaes!


Hindari 4 Bocor Halus Pada Keuanganmu
source: pixabay




Order Online Food / Coffee 

Beli makan lewat gofood atau fudfud lainnya. Ya kalau memang udah sesuai budget sih boleh aja. Bahayanya yang offside dari budget nih (halah kayak si Adam Levine aje pake istilah offside). Alih-alih ada gratis ongkir atau diskon jajan kupiiii. Beli yang lagi ada promo menarique bisa bikin dompet jantungan juga sih lambat laun. Keuangan bisa sakit. Pokoknya harus punya jurus antiii promo. LOL.


Hindari 4 Bocor Halus Pada Keuanganmu
source: pixabay



Korban Diskon

Siapa sih yang nggak suka sama diskon, tapi diskon yang satu ini nih harus diwaspadai deh. Ada newbrand skincare, diskon pula, dan lagi hype, whewww,  godaan berat pemirsa. Bocor halus bisa tiap bulan kalau ngikutin yang diskon, yang hype, dan yang segala-gala. Selalu ingat pertanyaan ini deh, itu barang diskon kamu butuh apa nggak? beda kan kebutuhan dan keinginan kalau mau terhindar dari bocor halus. Heheuuuu.



Hindari 4 Bocor Halus Pada Keuanganmu
source: pixabay


Nongkrong Unfaedah

Buat bocor halus yang satu ini, yakkk nongkrong unfaedah, yang pernah muda pasti pernah mengalaminya deh. Nggak mungkin kan kalau nggak pesan minum, udah gitu biasanya di resto tuh minumannya mihil. "Pesen minum doang ah.." pas cek bill, yaa mahal juga yaampun. Apalagi kalau ada temen yang nggak bayar. Alhamdulillah sih dijauhkan dari temen kayak gitu. huhu. Split bill kalau bukan dengan teman yang bisa dipercaya. :P pastikan nongkrongnya ada faedah seperti mendapatkan kebahagiaan setelah curhat di tongkrongan #eeh curhat. 



Hindari 4 Bocor Halus Pada Keuanganmu
source: pixabay



Nyari kang tambal ban sih ada, kalau cari kang tambal bocor halus keuangan? Kalau bukan kita, siapa lagi dong, ygy?!. Hyuuk hindari bocor halus pada keuanganmu. Setelah menjadi ibu, yang paling susah adalah berusaha nggak ngejajanin anak-anak kalau lagi abis gajian, dengan alasan demi kebahagiaan.LOL. Akhir kata, ingat kebutuhan bukan keinginan, menahan diri lebih baik sebelum terlambat. Yuk Hindari 4 Bocor Halus Pada Keuanganmu. Sekian dan terima kasih dari akoh yang bukan sultan. :))


Baca Juga: Small Things But

Komentar

  1. Kedua dan ketiga bener banget, sering kayak gitu kalau ada promo karena berpikir enggak bakalan ada lagi potongan harga kayak gini. Jadi, bagaimanapun saat itu pengin beli padahal ujungnya menyesal sendiri. Antara tidak terlalu dibutuhkan dengan ada promo lainnya yang lebih baik. Terima kasih sharingnya!

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)