Pengalaman Jual Foto Di Shutterstock

by - January 12, 2022

Pengalaman Jual Foto Di Shutterstock ~ Siang itu saya nggak sengaja lihat pertanyaan di Quora tentang "bagaimana pengalamanmu mencari penghasilan dari Shutterstock?" Saya sendiri hanya membaca jawaban-jawaban di sana tanpa meninggalkan jejak. Terus. . jadi pengin cerita-cerita juga gimana pengalaman jualan foto di shutterstock. Berhubung stok foto lumayan ada, kenapa enggak buat nyobain submit shutterstock. Lalu gimana caranya jual foto di shutterstock? Pertama kali yang harus dilakukan adalah daftar jadi kontributor shutterstock ya.


Pengalaman jual foto di shutterstock



Sebelumnya saya udah pernah daftar menjadi kontributor namun akunnya nggak diisi terus dianggurin cukup lama. Saya belum pernah ngulik-ngulik shutterstock juga. Saya baru dapat hidayah mencoba ngisi shutterstock di akhir tahun 2020 karena pandemik, cari hal baru deh. Cukup seru, penasaran nyobain. 

Dari tadi ngomongin shutterstock, apaan deh itu? Shutterstock adalah salah satu agensi microstock. Jadi kita submit karya dan dijual di situs tersebut.  Di shutterstock bisa jual karya apa aja sih? kamu bisa jual foto, vektor, video. Saya pribadi baru mencoba submit foto aja.



Setelah jajal upload foto, ternyata banyak sekali foto yang ditolak. Heheuuuu. Cara mainnya setelah diterima menjadi kontributor adalah submit foto lalu nunggu. #whew nunggu? Iyaa nunggu statusnya approved atau rejected, mereka punya tim penilai gitu. 

Submit foto dengan mengisi deskripsi, kategori, keyword, dan beberapa opsi lainnya. Teman-teman bisa belajar banyak dari akun youtube kang Fajrul Islam ya buat menentukan isiannya, atau bisa juga nanya via komen di bawah. Saya bisa mengerti penjelasan tentang shutterstock dari youtube beliau. Beliau memang sering mengulas tentang jual foto di internet, mulai dari cara dan memberikan tips gimana supaya fotonya approved. Beliau juga buka kelas gitu deh, tapi saya belum pernah ikutan. Saya ikutin aja titah dari youtube microstocker Indonesaah 😁. Kalau lagi menurun semangatnya, bisa nontonin video youtubenya mas Bima Aditya HAHA. Selain belajar foto, beliau juga youtubenya cukup banyak tentang microstock di shutterstock. Beliau juga bilang, nothing to lose dan hasil payout dibuat nabung saham, bisa kan. Uang jadi uang lagiiii reeek.

Misalnya teman-teman mau cari tutorial berupa text, bisa ngoprek ke sangdes.com ya.

Alhamdulillah beberapa foto udah approved. Tinggal do'a biar banyak yang laku. Amin yok amiin. Moga konsisten biar cepat payout. 

Oh iya kalau di shutterstock juga ada minimum payoutnya yaitu $35. Nah kudu dikumpulin dulu sebanyak $35. Sedangkan per foto rate awalnya sadis, $0.1 sajaaaaa. Sadis kan haha. Ya banyak yang mikir buat apaan jualan foto kayak gitu tapi buat saya ya nggak rugi apa-apa. Saya berharap bakal banyak yang beli walau murah, ngerjainnya juga sambil santai. Sekalian ninggalin jejak digital yang baik jadi berkarya aja.

Foto yang statusnya approved penting tapi penting juga buat foto yang pas dengan kebutuhan, sesuai keyword. Ini lebih memungkinkan buat muncul page one gitu kalau di google, sama kayak ngeblog dengan artikel yang powerfull. Persis. Semakin banyak portfolio kita, semakin banyak kemungkinan nongol di halaman pertama shutterstock, dan memungkinkan dibeli yakan. Kali aja nasibnya kayak Ghozali, terdownload banyak suatu hari nanti :)).



Pengalaman Daftar Shutterstock
Cara Jual Foto/Vektor/Video di Shutterstock, gampil kok, cus daftar menjadi kontributor di link ini submit.shutterstock.com. Lengkapi datanya ya mulai dari verifikasi email dan biodata lain. Untuk pembayaran bisa dengan paypal, payoneer, skrill dan lain sebagainya. Foto di shutterstock tetap bisa juga kita pakai buat socmed. Dan fotonya bisa juga dijual pada microstock lain asal lisensinya non eksklusif ya.

Pengalaman jual foto di shutterstock



Untuk teknisnya teman-teman bisa googling atau yucup ya. Saya hanya menceritakan pengalaman aja hehe.

Setelah isi data-data, upload aja langsung karya kamu. Untuk foto minimal 4MP ya.  Jadi foto pakai DSLR, Mirrorless atau pakai handphone bisa? bisa syaratnya minimal 4MP (megapixel). Wah hape sekarang sih udah canggih-canggih, bisaaaa banget buat ngisi shutterstock.


Suka Dukanya Jual Foto di Shutterstock

Nggak enaknya sih kalau udah upload gitu ternyata ditolak fotonya heheeeu karena nggak cuma upload foto klik submit. Tapi tapiii kamu harus ngisi deskripsi bla bla bla dan keyword yakan, udah panjang-panjang ngisinya tapi ditolak haduduuu. Pokoknya pastikan fotonya yang terbaikkkkk, mereka akan kasih alasan juga kenapa foto tersebut ditolak.

Btw, saya belum pernah payout, baru laku 6 biji hihi. Para mastah bilang harus konsisten, kenapa gagal? ya karena kamu berhenti, pastikan setiap hari upload dan approved ya. 

Sukanya sih ya pas approved gitu kan terasa happy, entahlah saya sih pas approved jadi happy loh haha. Syukur-syukur kalau laku. Foto yang dipikir remeh kadang bisa laku juga dan banyak dicari. Usahakan main feel juga untuk melihat moment dan menangkapnya.  Misalnya foto lagi di tukang sayur, pasti banyak kan tuh sayuran, kita bisa jepret beberapa sayur, fill the frame aja. Cakep deh pasti. Momen yang langka bisa jadi stok foto kamu loh dan berbeda dari stok foto lain.

Alasan lain masukkin foto ke shutterstock, foto-foto lama yang dibuang sayang jadi ada wadahnya hehe. Tersimpan rapih di dunia maya.



Peluang Foto Pasti Laku Di Shutterstock - Membuat Foto Sesuai Tema Kebutuhan
Gimana sih cara foto pasti laku? saya yakin rumusnya sebenar-benarnya rumus rezeki ya di tangan Allah tapi usahakan membuat foto yang sesuai tema kebutuhan. Cek menunya di insight-the shot list. Ada contoh fotonya juga. Kayak kang Fajrul bikin foto terkait keadaan pandemik, foto masker. Peluang di page terdepan insya Allah ada. Apalagi kalau fotonya juga bagus dan nggak asal approved. Rutin ngecek menu the shot list. Banyak yang menyarankan untuk bikin foto-foto berdasarkan petunjuk di sana.


Pengalaman jual foto di shutterstock
insight-the shot list


Saat upload perhatikan juga keywordnya, saya biasa cari keyword di imstocker.com atau bisa juga dari suggestion keyword shutterstock. Saya selalu isi penuh, 50 keyword yang kategori strength. Daaaan karena deskripsi harus pakai bahasa inggris, isi pakai google translate aja tapi cek-cek dulu. Kapan-kapan mau share cara ngisi deskripsinya dan nentuin keyword. Siapa tau ada yang mau baca :p

Oh ya, saya perhatiin kalau yang foto di page one, portfolionya tuh udah buanyak banget. Saya masih di 180an belum ada 1000. Alhamdulillah udah jarang reject. Tahun 2020 misalnya upload foto 10, dan reject setengahnya cobaaaak. LOL. Tapi nyoba semangat lagi, ya ini tuh naik turun sih ya. Waktu foto baru 20 biji, udah ada laku 1 aja udah seneeeeeng bener.

Kalau ada yang beli jadi semangat lagi kaan.

Pengalaman jual foto di shutterstock
Foto pisang yang ternyata bisa laku


Palingan nih kalau saya kurang semangat, nonton youtube mastah aja lagi. Yaaa kira-kira gini deh pengalaman jual foto di shutterstock. Teman-teman ada yang mau nambahin atau berbagi pengalaman juga? Hyuuk mangga. Terima kasih telah membaca artikel pengalaman jual foto di shutterstock, semoga bermanfaat ya. 

You May Also Like

30 comments

  1. Wah mantep nih buat yang punya foto-foto bagus take sendiri akan menguntungkan kalau dijual di shutterstock.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga nih mba, belum payout tapinya heheu

      Delete
  2. Mbaaa aku jadi pengen deh submit juga ke shutterstock. Walopun mungkin kemungkinan tertoalk masih gede 🀣. Tapi GPP, namanya juga belajar yaaa.

    Komplit bangettt infonya ttg cara2 submit dan tips biar diterima. Aku mau baca2 juga the shot list nya sebelum mulai ngirim2. Apalagi April ini aku start mau traveling lagi soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah seneeeng dengernya mba, coba submit foto2nya mba. Semacam dibuang sayang gitu deh di SS. Earningnya sadis tapi klo yg download banyak, pengalinya kan luar biasa. Passive income, moga aja mendulang untuk aku pensiun nanti heheuuu. #berharaaap
      btw, happy traveling ya mba fan^^

      Delete
  3. Waah boleh juga mak idenya dari pada foto nyampah, makasih banget pengen mencobanya maak πŸ‘

    Semoga berhasil yaa...

    ReplyDelete
  4. Aku pernah diajak buat masukin foto di Sutterstock, karena dia berhasil dapat cuan di sana. Tp belum kulakukan. Aku bookmark dulu ya, semoga bisa jadi acuan buat aku nanti

    ReplyDelete
  5. Kasi tau dong kak satu foto lakunya berapa? Penasaran bingits dari tadi baca gak nemu infonya hehe, btw selain yg foto dijepret sendiri infografis bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada udah ditulis di atas, rate foto awal $0.1 biasanya..
      bisaaaa

      Delete
  6. Juara kak Uci..
    Kalau laku, gajiannya dalam bentuk Paypal kah?
    "Rasa" fotonya ini yang bikin mahal dan disukai.

    Btw, kak Uci..
    Kalau sudah berhasil dijual, berarti kak Uci sebagai resource, gak boleh make foto itu lagi yaa..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa paypal tehleen, nunggu minimum payoutnya.
      fotonya nggak mahal teh. Harga sadis klo rate awal.
      Boleh kalau lisensinya non eksklusif teh. Sejauh ini aku masih yg non eksluksif, masih bisa digunain di IG atau socmed lain

      Delete
  7. Aku belum tergerak untuk daftar di shutterstock. Alasannya, ya kan motretnya masih gitu-gitu aja. Kudu update buat punya foto kece dulu ya

    ReplyDelete
  8. Berarti emang yang bisa di upload si sutterstock itu foto berkualitas stinggi ya mbak, resolusinya tinggi. Makanya minimal 4 MB ukuran filenya.

    Semoga jumlah foto yang laku makin banyak ya mbak. 0.1 dollar kali seribu foto laku kan jadinya banyak juga. Udah bisa payout tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. 4 mp (mega pixel) mba niikkk,amiin do'anya makasih ya mba^^

      Delete
  9. kereen mba.. aku dan suami sempat juga nih masukkan beberapa foto ke shutterstock dan ada beberapa yang submitted langsung. tapi udah lama bangeet

    ReplyDelete
  10. Saya juga udah pernah nyobain masukin foto di shutterstock, banyakan yang ditolak daripada yang diterima πŸ˜‚
    Trus akhirnya jadi mager upload deh hehehe.
    Ditunggu artikel cara ngisi deskripsinya dan nentuin keyword nya, Mak

    ReplyDelete
  11. aku suka baca semangatnya Mba nih, hehehe. emang kayak jualanlah Mba, cuma ini kan kalo semisal gak ada yang beli gak rugi benaran yah. Beda ama kalo jual kue, kalo gak laku otomatis modal kemakan dan kita makan sendiri yah, hehehe. Semangat Mba, mana tahu nanti laku miliaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangatnya terasa? πŸ˜„bener mbaaa klo ini nggak rugi modal.. amiin ya rabbi moga laku milyaran πŸ˜†

      Delete
  12. Wah, seru banget ya mbak. Aku dari tahun lalu pingin nyoba bikin akun disini tapi selalu lupa ahahaha. Fix, tahun ini harus bisa jual foto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo yuuk, moga bisa kayak ghozali bahkan lebih πŸ˜„ amiin

      Delete
  13. Baru tahu kalau di shutterstock bisa jual video juga, selama ini tahunya foto doang sih dan itupun aku nyari foto gg beli. Ternyata ribet juga yak, sebelum praktek harus belajar dulu ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah video pendek mba bisa dijual. Lumayan mba, tapi kesananya udah biasa aja, nggak ribet

      Delete
  14. MasyaAllah keren mba sudah pecah telor ada fotonya yang laku, pasti tambah semangat ya mba Uci. Oh ya, foto2 d Shutterstock boleh melalui proses editing juga kah mba sebelum disubmit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tabarakallah mba..boleh editing mbaaaa

      Delete
  15. itu di shutter kudu pakai watermark mak? kiraain karena dijual jadi dilepas gitu aja
    aku pengen jualan tapi belum tau mau potret apa ya kira-kira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggaak itu wm sendiri pas buat post ini πŸ˜†. Bisa motret yg seru2 disitu mak, pasti banyak

      Delete
  16. Udah nulis deskripsi panjang pake bahasa Inggris pula dan ditolak...aku pun pernah mengalaminya. Lemes jadinya...

    ReplyDelete
  17. Seruu yaa jual foto di Shutterstock. Kuncinya memang konsisten dan sabar. Kantorku termasuk yang langganan Shutterstock, butuh buat bikin konten kan, apalagi buat bikin konten klien yang nda ada budget photoshoot sendiri haha.

    Mangat ya, Mbak. Semoga makin laris foto-fotonya.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya πŸ™‚
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)