Pembukaan Lahiran Lama, Pulang Kampung Aja Dulu

by - December 08, 2021

Pembukaan Lahiran Lama, Pulang Kampung Aja Dulu - Fiuh, cerita pembukaan lahiran normal yang alot. Karena tema dari 1m1c minggu ini adalah pembukaan, saya pilih menulis cerita tentang pengalaman bukaan lahiran yang lamaaaa. Aseli deh lamanya tuh bisa pulang kampung dulu🤣. Rasanya bahagia banget bisa selamat dari proses melahirkan yang luar biasa. Melahirkan itu memang antara hidup dan mati. Tipis banget! Jadi kayak gimana sebenarnya rasa bukaan lahiran tuh?





Sore, 18 April 2013 saya merasakan mules. Pertama kalinya bisa ngerasain kayak ada sesuatu yang mules, nyundul tapi bukan pup. Bingung deh ini mau lahiran apa mau BAB. Kayak disundul tapi entar hilang lagi. Timbul tenggelam gitu, kayaknya dighosting si bayik. 

Apa ini yang namanya bukaan lahiran? Saya teringat kata perawat, untuk siap mantau seberapa sering kontraksinya, rasa mules kenceng gitu akan semakin sering dan nambah sakit kalau udah mau brojol. Prosesnya maju dari hari perkiraan lahir.

Gimana cara taunya siap brojol? Apaqa dengan dingedenin bisa langsung keluar ya? 🤣 
Oh ternyata bukan, baru boleh ngeden mah kalau pembukaan jalan lahir udah lengkap. Caranya dicek bukaannya sama bidan atau dokternya. 
Apaqa kotoran dalam perut juga ikutan menjelma? Kayaknya bukaan itu absurd sekali buat saya. Susah jelasinnya, bapack-bapack nggak akan bisa mengerti. (yaiyalah)

Rumusnya nih kalau udah nggak bisa ketawa dan muka udah jelek banget, itulah tanda bukaan lengkap 😄


Ada apa sih dengan bukaan lahiran.

Sedikit Tentang Pembukaan
Kalau dokter bilang bukaan 7 berarti mulut rahim telah terbuka selebar 7cm. Diameter kepala janin bisa mencapai 9.5cm, makanya pembukaan lahiran harus sampai 10. Begitu teorinya.

Semakin lama semakin sering, saya coba menuju RS diantar mama saya ke RS dan juga anak pertama saya, Kaina. Sesampainya di RS, ternyata baru bukaan 1. Alhamdulillah, beneran ini ada bukaan ya. Bisa ngerasain bukaan lahiran juga akhirnya. Karena anak pertama saya proses caesar, saya belum pernah tau rasanya bukaan. Ya jadi kali ini adalah proses VBAC. Anak kedua. VBAC (Vaginal Birth After Caesarean-Section) adalah proses melahirkan secara normal setelah yang sebelumnya dengan proses caesar.  

Nggak pernah ada pikiran gagal, terlalu optimis dan positive thinking sekaleeee ya pokoknya.


Pilih langsung masuk ruangan bersalin dibanding pulang ke rumah karena bisa berduaan mikirnya untuk antisipasi kalau brojol cepet, ehh ternyata lamaa haha. Nggak nyangka bakal lama dehhh. Sempat disaranin makan durian, tapi karena nggak nemu dureeen malah bawa cake durian. 

Saya masuk ruang bersalin jam 8 atau 9 malam ditemani pak suami, mama dan Kaina akhirnya pulang. Ini pertama kalinya terpisah dari Kaina si anak #1 dan cuma berduaan aja sama si dia #ehh.





Bukaan 1 ke 4 bisa cepat prosesnya. Saya pikir, melahirkan kok gini ya rasanya wadidaw. Saya ngerasa dosa-dosa sama orang tua tuh berhamburan, khususnya ke mama. Duh. . 

Terus dijenguk kakak pertama saya, saya ingat dia nggak tega sambil ketawa-ketawa karena pak suami yang lempeng aja hapean 🤣. Nggak lama kakak saya pamit pulang karena makin nggak tega haha. Saya pesan, "kudu minta maap, jangan durhaka sama nyokap pokoknya, sakit tau rasanya melahirkan tuh." 

Pembukaan Lahiran Kenapa Lama?

Stuck di pembukaan 4. .
Jam 2 pagi sampai subuh baru naik lagi, bukaan 5. Alot banget. Dan itu ya nggak karuan rasanya. Ya Allah. Semoga bisa menghapus dosa-dosa saya. Amiin. 

Terus baru bukaan 8 di jam 10 coba ituu. Whew. Lama banget kan. Serius deh lamanyaaaa. Saat bukaan 8, dokter memecahkan ketuban supaya posisi bayi semakin turun juga.

Saya ingat ada 1 bidan yang mendorong dari atas, 1 bidan lainnya memegang kaki kiri saya, suami pegang kaki kanan, jadi saya harus ngangkang. Sementara dokter melakukan vacum.

Di ruang tunggu tuh udah ada kedua orang tua lengkap dari saya dan pak suami. Kenangan yang nggak bakal dilupain bangeeet bangetan. Kenangan nggak bisa tidur padahal ngantuk, kenangan miring sana sini rasanya tetap sakit. Ah mantap!


Perbedaan kontraksi palsu dan kontraksi asli saya buatkan di sini, berdasarkan buku Five in One, The Series of Pregnancy.





Pemirsa, jangan dibayangin, jam 10 pagi sampai mau dzuhur tuh baru pembukaan lengkap. Yaemang udah nasibnya kali ya. Udah bukaan lengkap yang sakit segitunya aja masih loh dengar perbandingan-perbandingan HAHA.

"Aku sih bukaannya cepeet banget kayak pup doang. . ngeden bentar terus kelar.." 

krik kriiiik, halooo ada yang bisa dibanting? ya bagus dong, eh emangnya tadi ada yang nanya? 🤣

Lagi jenguk kok reseh sih ×_÷^÷&÷&#*#*$*$*$?

Heheu.

Kalau ditanya kenapa sih bukaannya lama? Ya sila googling aja ya, banyak faktornya. Saya sendiri kemungkinan karena janin menghadap ke atas. Ini tuh di luar nalar karena saat USG nggak ada apa-apa. Syukur alhamdulillah masih bisa selamat.

Drama VBAC selesai setelah adzan Dzuhur berkumandang, 12.48 WIB, 19 April 2013 ASHIKA ALMAS, welcome to the world anakku.


Udah segede ini anaknya 😂



Dengan penuh air mata, akhirnya kamu lahir juga nak. Melahirkan adalah proses perjuangan seorang ibu. Apa pun prosesnya. Entah melahirkan normal maupun caesar, keduanya sama sakit dan sama-sama mulia. Jadi mari saling mendo'akan bukan membandingkan. Sekian ceritanya pembukaan lahiran lama. Semoga bisa diambil manfaatnya ya. Amiin.


You May Also Like

3 comments

  1. Yang terpenting ibu dan bayinya sehat, aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba betul sekali. Terima kasih udah mampir mbaa 🤗

      Delete
    2. Iya mbak Suci sama2. .hug virtual

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)