8 Tips Cegah Stres Saat Hamil

by - February 17, 2021

8 Tips Cegah Stres Saat Hamil ~ Kehamilan buat sebagian orang adalah masa indah yang ngangenin. Iya nggak? Menurut maming iya. Saat hamil bisa nunjuk makanan apa pun, hihi. Dan yang paling terasa saat hamil itu banyak yang menyayangi dan memberi perhatian lebih. Istimewa deh momen hamil tuh. Saking perhatiannya kadang jadi khawatir sama diri sendiri. Nanti gimana ya kalau lahirannya sakit, apakah bayinya sehat, gimana kalau ASI nggak keluar, endesbre endesbreee. Dan segala ketakutan lain yang bikin ibu hamil stres. Padahal kan bumil harus bahagia, ibu hamil nggak boleh stres.




Sebenarnya stres itu apa sih? Jadi berdasarkan wikipedia stres adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Tekanan ini bisa berasal dari dalam diri, atau dari luar. Nah, orang yang tidak hamil aja nggak boleh stres kan, apalagi ibu hamil. Sangat tidak dianjurkan.

Rumus matematika bumil adalah ibu hamil harus happy. Walau ada beberapa kendala, percayalah pasti ada jalan keluarnya. Waktu itu saya dapat buku dari seorang blogger yang juga teman baik semasa sekolah. Judul bukunya Melahirkan Tanpa Rasa Sakit, terdapat informasi kalau hasil penelitian yang dilakukan para staf jurusan Psikiatri Bristol University, Inggris, depresi selama masa kehamilan sangat membahayakan janin. Janin bisa lahir prematur serta berat badannya rendah, selain itu bisa mengurangi aliran darah di dalam rahim.

8 Tips Cegah Stres Saat Hamil

Ada beberapa cara supaya ibu hamil tidak stres yang juga saya baca dari buku Melahirkan Tanpa Rasa Sakit. 8 Tips cegah stres saat hamil diantaranya:

Terapi Jiwa

Relaksasi transendensi harus dilakukan. Relaksasi ini melakukan ritual keagamaan (sesuai agama masing-masing) sebagai sarana pencarian tempat bersandar dan diupayakan demi terciptanya kedekatan antara hamba dan sang Khalik. Kalau dalam agama saya yaitu Islam bisa melakukan sholat ya. Bagus sekali melakukan sholat dhuha, tahajud dan hajat. Tumpahkan kecemasan pada sujud-sujud dan do'a ketika sholat. Insya Allah bye-bye stres. Beberapa penelitian juga menunjukan bahwa sholat mempunyai efek yang positif, yang bisa menciptakan ketenangan dalam diri orang yang melakukannya. Ditambah dengan membaca Al Qur'an dan berdzikir.




Persiapan Menjadi Ibu

Banyak membaca seputar kehamilan dan persalinan adalah hal penting. Tapi pastikan info dari ahlinya, perlu konsultasikan setiap pertanyaan pada dokter. Tips dari saya, buatlah daftar pertanyaan supaya saat konsultasi tidak terlupa. Nah kalau ibu dalam kondisi sudah siap, insya Allah tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi kan?


Dukungan Suami dan Orang Terdekat

Artikel ini perlu juga dibaca oleh para suami loh. Hehe. Kondisi istri yang berubah total secara fisik membuat istri tidak nyaman. Jadi meskipun para istri yang hamil, suami harus memberikan perhatian dan kasih sayang ekstra karena ibu hamil perlu itu. Perasaan dicintai dan disayangi akan membuat ibu lebih bahagia menjalani hari-hari sebagai ibu hamil. Dukungan bisa berupa mendampingi istri kontrol rutin, membeli perlengkapan bayi, menambah pengetahuan tentang kehamilan.


Komunikasi Sehat

Pastikan ibu hamil tidak memendam masalah, unek-unek ya. Coba selalu berdiskusi dengan pasangan untuk mengurai masalah. Jangan tunggu sampai masalah menggunung. Takutnya sih jadi bom waktu yang menimbulkan stres pada ibu hamil. Komunikasi yang sehat dan hangat membuat istri menjadi terbuka untuk bercerita tentang apa pun.


Kontrol Rutin

Dengan kontrol rutin, kondisi ibu hamil dapat selalu terpantau jadi bisa menjalani kehamilan dengan tenang. Bila ada masalah pada ibu hamil, dapat juga terdeteksi dan dicari solusinya segera.

Untuk konsultasi darurat dan butuh cepat, ibu hamil juga dapat mencoba aplikasi Halodoc. Aplikasi seperti Halodoc memudahkan banget untuk konsultasi kesehatan apalagi di masa pandemik seperti sekarang ini. Halodoc membuat kita bisa bicara dengan dokter kapan saja dan di mana saja, 24 jam. Halodoc sendiri sudah berdiri dari tahun 2016. Melalui Halodoc juga bisa membeli obat, pemeriksaan laboratorium serta informasi seputar kesehatan. Di Halodoc ada ratusan dokter umum dan dokter spesialis yang terdaftar di IDI. Halodoc membuat konsultasi kesehatan menjadi mudah, aman, dan nyaman.


 Gizi Yang Baik

Ibu hamil perlu tau betapa pentingnya 1000 hpk (hari pertama kehamilan). Asupan yang bergizi sangat penting. Jangan asal makan ya karena akan berpengaruh untuk perkembangan si buah hati selanjutnya. Asupan yang bermutu, kondisi fisik akan sehat. Ibu hamil tidak kehabisan tenaga ketika stres melanda.




Perlu Olahraga

Senam hamil merupakan olahraga yang dianjurkan untuk ibu hamil. Selain itu bisa juga olahraga latihan pernapasan atau berjalan kaki ringan. Olahraga terbukti menyehatkan ibu hamil dan memperkuat otot sehingga memperlancar proses kelahiran. Dengan berolahraga akan timbul perasaan senang, nah ini bisa bikin ibu hamil bahagia.


Perhatikan Waktu Istirahat

Tubuh perlu istirahat untuk revitalisasi. Selepas istirahat biasanya tubuh akan menjadi bugar, istirahat berkualitas untuk charger kembali energi. Supaya tubuh ibu hamil tetap sehat perlu istirahat yang cukup ya.




Nah, 8 tips cegah stres saat hamil ini bisa dishare yaaa siapa tau ada yang membutuhkan. Kalau saya juga biasanya melakukan hobi yang disukai seperti menulis dan memotret. Yuk kita dukung dan bantu ibu hamil supaya tidak stres. Para bumil, semangat yaaa 😊

You May Also Like

22 comments

  1. Zaman aku hamil dulu aku jarang olahraga, malah makannya banyak hahaha :) Biar ga stres aku suka jalan2 santai, eh tapi kayak OR juga jadinya ya, misal ke bonbin Ragunan. Stres melanda pas hamil gede, posisi tidur yang nyaman itu gimana dan mendekati hari persalinan hehehe. Betul, dukungan suami dan orang tua serta keluarga terdekat penting banget :)

    ReplyDelete
  2. aku sempet stres saat hamil dulu karena muntah-muntah gak berhenti seharian, makan ini muntah, makan itu juga muntah, mual juga seharian

    ReplyDelete
  3. Iyes, para suami perlu diedukasi mengenai kehamilan istrinya, di antaranya bahwa istri butuh pengertian dan dukungan karena perubahan hormonalnya pun kadang tak dimengerti olehnya dan bisa jadi menyebabkan perubahan psikologis juga.

    ReplyDelete
  4. terima kasih mbak
    tips bya sangat membantu
    memang ibu hamil nggak boleh stres ya mbak
    dan yang paling penting emang dukungan dari suami ya, misalnya menemani saat ke dokter kandungan

    ReplyDelete
  5. Jadi inget waktu hamil dulu, namanya lagi hamil pengaruh hormon bawaannya sensi aja ya kan. Apa aja jadi dipikirin berlebihan.

    ReplyDelete
  6. Bener banget, ibu hamil itu harus happy. Makanya saya sebel kalau ada orang hamil, terus ada orang komentar nggak enak soal kehamilannya. Misalnya "eh udah hamil 4 bulan, tapi kok perutnya masih rata ya?" Omongannya tuh bisa bikin bumil kepikiran. Kalau pas program diet sih seneng dibilang perutnya rata. Lha kalau lagi hamil, kan jadi kepikiran, kenapa kok perutnya masih rata. Apa bayinya kecil banget? apa janinnya nggak berkembang?

    ReplyDelete
  7. Setuju banget kalau suami juga perlu tau hal ini. Dulu, saya gak paham. Untungnya suami memang pengertian. Nah, sekarang di saat istri adik saya sedang hamil, saya mulai suka kasih tau. Supaya harus terus mendukung istri. Jangan hanya materi, tetapi juga moral

    ReplyDelete
  8. Support suami dan dukungam keluarga itu penting banget lho. Saya juga merasakannya dulu. Jelang persalinan itu rasa khawatirnya makin menjadi. Untungnya suami dan keluarga menyemangati dan menenangkan saya. Menemani jalan-jalan pagi dan lainnya.

    ReplyDelete
  9. Huhu, hamil itu memang bikin stres banget ya. Perubahan fisik dan hormonal yang sungguh tidak terduga. Setiap hamil, pasti aja aku stres. Walopun dengan tingkat yang beda. Hamil anak ke-2, ke-3, ke-4 nih yang lumayan berat buat aku. Tapi bener banget, dukungan suami dan keluarga ini sangat dominan banget dalam membuat kita tenang. Semoga para bumil bisa terhindar dari stres berlebihan ya. Dan sehat selalu.

    ReplyDelete
  10. Penting bngt klo bumil itu jangan smp stress hrs dijaga banget krg akan berpengaruh sama kondisi n kesehatan baby ya

    ReplyDelete
  11. Support suami dan orang-orang terdekat penting banget ya mbak untuk mengurangi stress ibu hamil

    ReplyDelete
  12. Stress ini memang harus banget dihindari paling tidak bisa di manajemen saat hamil karena dampaknya berbahaya bagi bumil maupun janinnya ya mbak...

    Thanks sudah berbagi tips mbak 🙏

    ReplyDelete
  13. Iya bumil perlu banget olahraga seperti yoga dan renang membantu bikn ibu tenang ya dan mengurangi stres...

    ReplyDelete
  14. Tahun lalu Mbakku hamil dan aku ikut ceriwis soal kehamilannya. Misalnya kaya ngasih tahu baiknya makan ini itu dan nganter periksa kehamilan juga kalau suaminya gak bisa. Alhamdulillah gak stres dan manajemen emosi tetap oke

    ReplyDelete
  15. Iya nih. Kadang kalau hami,bawaannya banyak mikiri sesuati yang seharusnya mah gak perlu dipikiri yaaa

    ReplyDelete
  16. penting banget jaga jangan smp stress saat hamil nih, apalagi kan hormonal selama hamil itu fluktuatif bgt dah suka bikin emosi jumpalitan

    ReplyDelete
  17. bumil tuh emang rentan kena stress ya mak uciii.. padahal bumil tuh mesti jaga kesehatan banget dan nggak boleh stress biar si baby ikut happy yaaaa.. setuju banget nih sama tips tips diatas, maaci tipsnya ya mak uciii

    ReplyDelete
  18. Tidak stress memang koentji ya mbak. Beruntung kalau berada di lingkungan baik di mana keluarga tu sangat membantu.
    Dan bener konsumsi makanan sehat/ bergizi dan istirahat juga membantu

    ReplyDelete
  19. Kalau sedang hamil emang suka sensi yah, jadi perlu banget cegah stress gini, thanks tips nya

    ReplyDelete
  20. Kalau dulu mamahku selalu pesan "selama hamil udah happy-happy aja dan ikutin kata hati" mungkin ini cara dia supaya anaknya gak stress, hahahahaa

    ReplyDelete
  21. Temen-temenku yang pada hamil biasa aku ajakin video call dan kita gibah sambil ketawa terus biar sekalian ngelepas stress Mak. Alhamdulillah jadi ikut seneng kalo mereka juga happy.

    ReplyDelete
  22. Aku agak strees itu pas hamil anak kedua. Tapi cuma bentar sih. Soalnya si sulung baru 5 bulan trus hamil lagi. Bayangin capeknya hamil dan urus bayi jadi stress sendiri. Untung langsung punya asisten nginap buat bantu kerjaan rumah. Jadi meski hamil dan urus bayi gak stress lagi.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)