4 Moment Penting Balita

by - December 14, 2021

4 Moment Penting Balita ~ Tumbuh kembang anak memang bikin deg-deg seeer. Jauh sebelum mereka hadir, kita juga merasakan jantung berlari sangat cepat saat cek kehamilan. Pengalaman terkepo dalam hidupkuu. Wah masa-masa kontrol kehamilan, pokoknya seru banget. Perasaan ke anak tuh gimana yaa, udah sayang padahal belum pernah ketemu. Bener nggak? Sampai pada akhirnya melahirkan dan membesarkan ditambah lagi mendidik mereka. Terasa 24 jam nggak cukup tapi kitanya juga capek 😂. Sangat manusiawi. Dan saatnya mereka bertambah mandiri, bertahap bisa sendiri, tentu sebagai ibu merasa bahagia sekaligus ada yang hilang. Beberapa momen penting dalam hidup balita diantaranya saya jembrengin ya buat kenangan sendiri.


4-Moment Penting Balita


Melihat anak tumbuh sehat itu adalah rezeki yang udah lebih dari cukup buat sebagian ibu, termasuk saya. Jadi ingat dulu bapak pernah ngomong "kalo anaknya sakit, orang tua lebih sakit". 

Itu juga saya rasakan. Betapa sedihnya kalau anak sakit walau cuma demam. Kalau udah gini, meski merasa udah kenyang, kita harus tetap makan saat anak sakit, biar setrong kitu. Huhu. 

Baca Juga : Jarak Anak Lumayan Dekat, Rempong Nggak Sih?


Oke, jadi apa aja 4 moment penting balita yang nggak boleh dilewatkan?

4 Moment Penting Balita

Langkah Pertama

Baru langkah pertamanya aja kita udah girang banget yakan. Berasa pengin nyuruh doi ke warung buat beli royco 😆. Sewaktu anak-anak masih belajar jalan, rasanya gemas banget kapan sih bisa jalannya. Saya rasakan di kakak #1. Kakak tuh udah lamaaa banget bisa melangkah, tapi lancar berjalannya baru di usia 14 bulan. 

Dan sampai ibu pernah nyuruh ngasih air embun ke kakinya si kakak. Ya namanya orang tua jaman dulu, jangan sedih, jangan tersungging. Semua ada waktunya, sabar aja. Ngerti banget rasanya jadi ibu yang nunggu tumbuh kembang anak dengan segala saran ini itu 😄 sabar ajaaa ya.

Yang jelas menuju langkah pertama dan lancar berjalan, di sini harus ekstra hati-hati mengawasinya. Resikonya anak jatuh, terbentur, benjol kalau meleng. Meski pembelajaran dan mengatakan jatuh itu wajar tetap butuh kontrol saat mereka beraksi.

4-Moment Penting Balita


Tumbuh Gigi

Tumbuh gigi anak ya rasanya yagitu deh. Ada yang nggak mau makan nasi, nggak mau nyusu, sampai berbuah GTM alias gerakan tutup mulut. Bahkan jadi demam dan cranky. TAPI. . Ada juga yang biasa aja. 

Semuanya berproses, beda-beda. Ya kalau anak kamu biasa aja ketika tumbuh gigi, saling menguatkan ajalah ya. 

4-Moment Penting Balita


Kalau ketemu ibu yang suka gini, suka bandingin, saya jaga jarak daripada kzl 😄. 

Tumbuh gigi anak salah satu tahap baru yang anak rasakan, bisa gusinya gatal mungkin ditambah lagi rasanya sakit sekali hingga nggak nafsu makan.

Biasanya proses ini pasti berlalu dan memang sesuatu yang wajar.


Kata Pertama

Ada yang kata pertamanya mam, pap, ba, mbah, yaya dan masih banyak lagi variasinya.

Kapan sih anak mulai bisa ngomongnya? Itu yang juga jadi pertanyaan kita toh. Tapi ketika mereka lagi cerewet-cerewetnya, kita malah menyuruh mereka diam? Sebenarnya apa mau kita sih 😅.


Toilet Training

Anak-anak itu pasti bisa kok kalau dilatih. Hanya kan waktunya yang berbeda. Toilet training nggak cuma bikin capek haha. Ada aja dramanya. Seru. Dan kalau udah berhasil lulus tuh, wawawwww. Happynya banget bangeeet. Belajar toilet training kalau si anak udah bisa komunikasi dan berjalan, dua hal itu bikin lebih mudah proses toilet training.


4-Moment Penting Balita



Baca Juga: Melatih Disiplin Pada Anak Sejak Dini


Mandi, Makan, Tidur, Main Sendiri?

Perlahan bhay bhay. Itulah yang saya rasakan. Walau nggak bhay banget. Tapi kok rasanya ada sedih ya. Tubuh kecil mereka kini menjelma sosok yang perlahan tumbuh dewasa dan memiliki sikap maunya sendiri, bisa sendiri, apa-apa sendiri 

Perlakuan layaknya balita udah nggak diperlukan lagi, ya mungkin hanya sesekali masih dilakukan.

Sekarang bahagia melihat kakak#2 perlahan makan sendiri (kalau nggak ada sayurnya 😆) dan apa-apa sendiri menyusul kakak#1. Udah jauh lebih mandiri memang si kakak#2. Walau masih suka tiba-tiba merengek, baby. . Yaudah gapapa 😄 

Sangat menikmati prosesnya. 😭 #lah kok nangeees 😆.

Dunianya anak memang dunia bermain. Siapa yang nggak kenal golden age? Masa emas, masa yang nggak bisa terulang lagi. Masa yang bakal mereka ingat ketika besar. Masa yang berpengaruh di awal kehidupannya. 

Cukupkan waktu dengan mendampingi bermain dan memberi kasih sayang sepenuh hati. Bila cukup masa-masa mainnya, itu baik untuk perkembangan mereka.

Sebagai orang tua, kita juga pernah kecil. Kenangan serupa atau ingin mengukir kenangan yang jauh lebih baik lagi? Meski udah lewat, 4 moment penting balita ini memang jadi kenangan tersendiri buat para orang tua. Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat ya^^

Baca Juga : Gangguan Kesehatan Anak Pra Sekolah

You May Also Like

1 comments

  1. Tumbuh gigi sih yang paling penting, momen berkesan banget saat tumbuh dua gigi si kecil yang kecil dan lucu pokoknya sejak ada giginya. Jadi aktif juga.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)