Tanaman Indoor Ekonomis Untuk Ruang Tamu

by - September 27, 2021

Tanaman Indoor Ekonomis Untuk Ruang Tamu ~ Ngomongin yang ijo seger-seger yuuuk. Kayaknya rumah tuh seperti  foto makanan deh, butuh sentuhan hijau supaya segar. Ya, buat sebagian orang tanaman menjadi sangat istimewa, termasuk saya sendiri. Jaman kecil dulu familiar dengan berbagai tanaman yang mama rawat. Selain untuk estetika, tanaman hias memiliki fungsi juga lho. Kalau ada yang bilang tanaman hias nggak ada fungsinya, wah wah terlaluuuu. Tanaman hias itu berfungsi untuk membersihkan udara secara alami yaaa. Adakah yang suka tanaman juga?

Tanaman Indoor Ekonomis Untuk Ruang Tamu


Banyak tanaman hias yang murah meriah dan cocok dijadikan teman di ruang tamu. Tanaman hias bisa dipilih-pilih dari warna dan harga yang beragam, nah ini disesuaikan dengan kebutuhan ya. Tanaman hias nggak perlu yang mahal atau yang lagi hits. Etapi sekarang semua tanaman tuh hits ya haha. Cakep-cakep semua apalagi dipadupadankan dengan dekorasi rumah. Duh bikin mupeng.

Tanaman untuk orang yang telaten? Mana mungkin bisa merawat tanaman, buat orang yang shibuk busy sekalih, ya gapapa, nggak ada yang maksa buat kamu merawat tanaman kok hehe. Perawatan tanaman hias yang saya tulis kali ini juga sebenarnya cukup mudah. Nggak perlu penyiraman setiap hari kok. Dan nggak perlu keluar masuk rumah buat jemur setiap hari. Ada yang sekitar 4-5 hari sekali baru dikeluarin ke teras.

Tanaman Indoor Ekonomis Untuk Ruang Tamu

Aglaonema 

Di Indonesia, tanaman aglaonema disebut dengan sri rejeki. Aglaonema beragam juga coraknya, cantik-cantik semua rasanya mau adopsi semuaaa haha. Murah meriah dan banyak manfaatnya salah satunya ya membersihkan udara. Dan pasti cantik banget kalau dia rimbun. Merawatnya juga gampang kok. Nggak cranky walau disuruh diam di rumah haha. Kalau udah banyak dan rimbun, siap repotting deh. Saya suka ngeluarin tanaman ini ke teras paling lama 5 hari.


Tanaman Indoor Ekonomis Untuk Ruang Tamu
daunnya minta minum


Sansevieria

Kalau ngomongin dia nggak ada habisnya karena tergampil juga buat rawatnya. Untuk yang baru mau nyoba merawat tanaman bisa cobain adopt sansevieria. Repotting-nya juga cukup gampang. Misalnya udah ada anakannya bisa dipindahin deh ke pot yang kecil kayak gini. Kalau ada pasir malang, bisa ditutup atasnya pake pasir malang ya setelah tanah. Tanaman ini cocok di atas meja kalau yang ukurannya masih kecil seperti ini ya.


Tanaman Indoor Ekonomis Untuk Ruang Tamu


Philo Brazil

Tanaman ini adalah tanaman yang pertama kali saya punya tahun 2017 an. Philo Brazil ini merambat. Daunnya itu unik warnanya, cantik ada kuningnya gitu di tengah daunnya. Bisa juga sih dia nggak keluar warna cantiknya, hanya hijau semua aja gitu. Untuk membentuk supaya bundar gini, tinggal disangkutin aja (apasihhh bahasanya haha) sisi yang menjuntainya bisa dikalungin lagi aja ke arah atas. 

Tanaman Indoor Ekonomis Untuk Ruang Tamu


Spider Plant

Spider plant ini familiar banget kan, kayak rumput-rumputan gitu tapi cakep deh dicobain ditaruh pot yang keceh. Dia jangan sampai kebanyakan air ya, nanti bisa kering ujungnya kayak gosong gitu. Penyiraman bisa dilakukan 3 hari sekali atau kalau tanahnya mengering.

Tanaman Indoor Ekonomis Untuk Ruang Tamu


Cactus

Enggak ada lawan sih kalau tanaman yang satu ini, haha. Gemeees ya, udah gampang banget nggak perlu siram setiap harinya. Si koboy bisa banget ditaruh di ruangan tamu kamu. Cactus nggak terlalu suka mandi hehe. Dia suka matahari, jadi bisa deh dijemur-jemur kalau pagi sekalian olahraga. Bergerak geser-geser tanaman kesayangan.

Tanaman Indoor Ekonomis Untuk Ruang Tamu
wah udah oleng


Bagi sebagian orang, release stres banget ngurusin tanaman. Saya juga mengakuinya. Memang pemandangan hijau bikin mata jadi segar kembali deh. Ya pokoknya kalau suntuk gitu, suka ngabur ke teras aja 😄. Eh kalau kamu paling suka tanaman yang mana? 

Baca Juga : Pengalaman Merawat Baby Monstera

You May Also Like

25 comments

  1. Aku punya 3 dari tanaman ini yang ga punya philo brazil dan cactus. Bener memang meski ga terlalu banyak koleksi tapi kabur ke teras lihat ijo-ijoan bisa bikin ringan beban pikiran..meski tetap ingat hutang kwkwk

    ReplyDelete
  2. ya ampuuun aku suka banget nih mba dengan aneka tanaman hiasnya danmemang asli, ruangan akan jadi segaaar ya dengan kehadiran mereka

    ReplyDelete
  3. Tanaman-tanaman ini suka banget ngoleksi walau gak secantik bunga dan gak semahal itu ada daya tarik sendiri mengoleksi tanaman yang terkesan kuno dan tua ini, udah seperti pusaka, ya.

    ReplyDelete
  4. Saya suka banget kalau bertamu ke rumah kerabat di teras dan halamannya penuh dengan tanaman hias. Bikin segar mata di samping udara juga terasa lebih sejuk. Di rumah saya juga punya beberapa pot tapi kurang begitu rajin ngurusnya selain menyiram :)

    ReplyDelete
  5. saya lagi suka tanam menanam dan kebetulan butuh referensi tan utk indoor. Makasih infonya

    ReplyDelete
  6. i loooove semuanya!
    Aku paling suka spider plant - karena dia bisa ditempatkan di mana aja, ga riwil, suka juga sama philobrazil karena cantik, pengen deh punya wall plants yang kece dengan beberapa philobrazil ini

    ReplyDelete
  7. Segeerr banget pasti kalau nongki ke rumah kak Uci..
    Mau ikutan ngopii, kak.. Sambil ngobrol ditemenin sama tanaman cantik.
    Sejujurnya, aku malu bacanya. Karena tanganku tangan panas, yang kalau kena tanaman, si tanemannya auto layu.
    HUhuu...jadi di rumah yang suka berkebun itu suami dan anak-anak.

    ReplyDelete
  8. IH lucu - lucu banget tanamannya, instagramable pula hehe. Aku jadi ingin nyobain nanem gini deh, tapi bisa ga yah? Hehe

    ReplyDelete
  9. Pengen kayk orang² yg telaten pelihara tanaman di rumah untuk home decornya. To aku gk ada wkt sih buat merawat tanaman. Plus harganya juga lumayan ya :) kmrn sempet mau koleksi trus aku mau hitung² dulu pengeluarannya berapa :))
    Yang pasti aku suka semua, terutama monstera :)

    ReplyDelete
  10. ya ampun aku baru tahu namanya Philo Brazil, padahal tanaman ini sudah sekitar 2 tahun ada di sudut meja kerjaku di kantor. Dulu sih yang naruh petugas kebersihan dan taman di kantor, katanya biar meja kerja saya nggak gersang.

    ReplyDelete
  11. Tanaman hias kini bukan lagi di halaman rumah, tapi juga bisa di dalam rumah. Selain memberikan nuansa sejuk, estetikanya juga dapat banget.

    Hmm, saya baru ada tanaman cactus nih. Niat hati pengen ngoleksi tapi belum sempet-sempet.

    ReplyDelete
  12. Bisgitu yah,malu baca postingan ini,rumah aku gak ada bunga sama sekali loh mak, hehehe.kebalikan banget dulu sewaktu gadis, rumah emak kubuat banyak bunga, sekarang malah fokusnya di kebun sebelah ama yang bisa dimakan, hahaha

    ReplyDelete
  13. Semuanya Aku punya kecuali
    Philo Brazil. Daunnya itu unik warnanya, cantik ada kuningnya gitu di tengah daunnya ini kayak sirih gading bukan sih Aku punya 3 yg berbeda coraknya

    ReplyDelete
  14. Cantik- cantik ya tanaman2 itu berada di dalam rumah. Di pekarangan di sini banyak yang spider plant. Almarhum bapak saya suka pindah2in ke pot2 kecil.

    ReplyDelete
  15. Memilih tanaman yang mini tapj tetap terlihat manis tuh, emang paling cocok kalau diletakkan di ruang tamu supaya ruang tamu tetap kelihatan hangat dan asri

    ReplyDelete
  16. Seneng deh lihatnya.. Tanamanny acantik-canti. Potnya juga estetik. MEmang interior di dalam rumah tuh langsung berubah ya mam kalau dilengkapi dengan tanaman yang indah dan terawat.

    ReplyDelete
  17. Wah ternyata banyak juga ya jenis tanaman indoor
    Ini bisa dimanfaatkan untuk mempercantik interior rumah, ya mbak?

    ReplyDelete
  18. Kepengen deh punya tanaman hias indoor. Bikin adem dan seger ruangan ya. Tapi di rumah bocah-bocah pada iseng. Dulu pernah malah rusakin tanaman ini. Sementara ini peliharanya tanaman outdoor dulu.

    ReplyDelete
  19. Baru tau loh nama tanaman yang berumbai-rumbai itu spider plan. Punya tuh di rumah hanya saja ga tau namanya. Cakep juga ya untuk penghias ruangan indoor. Selama ini tanaman ada di kebun semua, ga ada yang masuk rumah. Sempit soalnya rumahnya nih.

    ReplyDelete
  20. Aku punya semua tanaman yang disebutkan di atas memang perawatannya mudah ya dan aku baru tahu kalau semuanya bisa ditaruh di dalam ruangan ya.. Makin cantik ruangannya..

    ReplyDelete
  21. aku kemarin dikasih temanku tanaman hias begini, mbak dan berakhir dipatukin ayam. heu. dikasih lagi dan kayaknya dia mulai layu. huhu. benar-benar nggak paham aku soal bertanam ini

    ReplyDelete
  22. Dari semua tanaman hias di atas yang saya tidak miliki adalah Philo Brazil, kelihatannya sangat indah yah. Saya suka tanaman yang menjulur begitu, artistik.

    ReplyDelete
  23. Favorit nih si philo Brazil apalagi kalau warna kuningnya udah keluar, cakep harga ekonomis

    ReplyDelete
  24. Suka sama aglonema. Apalagi yang warnanya merah. Motif daunnya bagus-bagus. Untuk tanaman indoor sansieviera bagus juga ya, buat nyerap racun..

    ReplyDelete
  25. saya memiliki semua tanaman yang dibahas ini mbak, sempat tak taruh di dalam rumah tapi capek musti seekali dikeluarin supaya dapat asupan matahari yang cukup akhirnya kutaruh teras hhehehe

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)