Pengalaman Merawat Baby Monstera

by - April 14, 2021

Pengalaman Merawat Baby Monstera ~ Momon oh momon. Kenal dia dari 2016 kalau nggak salah, tapi sayangnya belum bisa memiliki dan bercocok tanam karena lahan di rumah tidak memungkinkan. Btw, seperti yang kita tahu monstera seringkali dibuat untuk properti foto sampai pada akhirnya pandemik membuat harga dia menjadi luar biasa. Kadang nggak masuk akal tapi namanya juga trend ya. Semua berlomba mengambil keuntungan. Heheu. Saya pribadi mencoba merawat baby monstera aja dibanding beli yang udah tersobheeek sobhek bagaikan hati ini 😄. Bagaimana pengalaman merawat baby monstera murah? Seruuu. Eh tapi kenapa daun monstera nggak sobek ya? Lanjut baca yuuk.


Pengalaman-merawat-baby-monstera-nggak-sobek


Monstera sendiri berasal dari Meksiko, hutan tropis di Benua Amerika. Jenis tanaman tropis dan akarnya nggak boleh kebanyakan air. 

Beneran beli momon murah, untuk harga tanaman itu masuk akal ya menurut saya. Saya beli 40 ribu. Belinya di Shopee tahun lalu. Kalau sekarang harga baby monsteranya 90 ribuan. Kalau saya agak malas ya beli harga segitu cuma dapat baby haha.

Jenis monstera borsigiana kalau dilihat dari info youtube yang saya tonton. Monstera kan ada beragam ya, ada borsigiana, deliciosa ada janbol dkk.

Awalnya hampir nyerah karena ragu. Apa beneran momon atau hanya monstera jadi-jadian 🤣. Pertama kali mendarat di rumah, keadaannya memiliki beberapa daun yang belum sobek, ujungnya kering gosong cokelat warnanya, ditambah lagi ada bercak hitam di daun. Yaa pokoknya mencemaskan hampir mati, tapi hidup segan mati tak mau. Saya sempat foto tapi kok nyari di folder file nggak ketemu heheu. Ini penampakan awal banget si baby sobek daunnya.

Pengalaman-merawat-baby-monstera-nggak-sobek


Sampai pada akhirnya dia sobek. Saya baru tahu kalau masih baby itu momon nggak langsung sobek. Saya kurang ngeh kalau tanaman masih baby banget. Lalu cari informasi mengenai kenapa daunnya tidak sobek. Apa kurang pencahayaan atau terlalu basah tanahnya. Saya coba cari di youtube. Nah, ternyata di saya butuh 5-7 daun dulu, biasanya baby beranjak dewasa akan membelah daunnya. Cmiiw.

Oh iya  sekilas dikit, ada daun yang sobek lainnya juga lho, biasa disebut ekor naga alias epipremnum pinnatum. Mereka juga memang tak kalah cakepnya kok. Nih kayak gini. Bedanya dia tuh daunnya panjang ya. Beda ekor naga dengan monstera, tanaman ekor naga memiki daun lebih panjang.

Pengalaman-merawat-baby-monstera-nggak-sobek
Ekor Naga bukan Monstera


Dari pengalaman saya merawat baby monstera, doi nggak bisa terlalu lembap karena tipe tanaman tropis. Jadi setelah guyur pagi hari, langsung jemur, kena cahaya langsung. Dan kalau tanah masih belum kering, saya nggak siram. Intinya nggak perlu siram tiap hari kok dia.

Penampakannya saat ini, akan muncul daun baru nih. Saya selalu happy kalau tanaman ada tunas baru.

Pengalaman-merawat-baby-monstera-nggak-sobek
Baby Monstera


Kalau pupuk, saya hanya pakai grow more palingan 1x dalam sebulan. Itu juga kalau ingeeet ya. Perawatannya cukup mudah, sinar matahari cukup dan tidak perlu setiap hari disiram.

Momon dipakaikan turus gini jadi sandaran batangnya. Memang lebih enak disandarin ke tembok dan dia menjalar ke atas. Waaaah pasti lucu deh.

Tanaman memang membuat hepiiiii. Kalau otak panas bisa beralih ke yang hijau, sambil disiram perlahan, basahnya bikin adeeeem. Jadi teringat udah lama nggak beli tanaman. Terakhir hanya beli pot lukis di sepupunya paping dan dibonusin banyak tanaman.

Sekian pengalaman merawat baby monstera. Kalau temans juga suka daun momon nggak? 

You May Also Like

25 comments

  1. Sama nih mak uciii, monsterra aku juga masih baby.. hihi. Biar sobek sobeknya seksiiihhhh mesti nunggu mature dulu ya tanemanannyaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah nunggu agak remaja gitu dia hihihi

      Delete
  2. Mba baru tahu bisa beli di shopee, aku takutnya rusak sih kalau beli online biasanya sama suami pergi ke Lembang atau di sekitar dekat pasar cuma sayangnya aku blm tergugah buat nanam lagi setelah tahun lalu suami tanpa blg beli anggrek 5 pot dan mati kabeh :((( nyesek dada ini wkwkw

    ReplyDelete
  3. Aku nggak kesampaian beli monstera ini Mbak, malah sekarang lagi demen tanaman yang kuat hawa panas kayak euphorbia sama miana. Miana sendiri kan jenisnya ada 40, hihi baru dapat 4 warna.

    ReplyDelete
  4. maasyaaallah ini monstera dirawat dari bayik kicik banget ya? hasilnya bagus banget, dan memang harus paham sekali cara merawatnya agar bisa tumbuh secantik itu

    ReplyDelete
  5. Cantik2 amat monsteranya :) Kudu rajin merawatnya ini mah, duuuh jangan sampai daun2nya pada sobek, bisa mewek hahaha :) Kalau beli online agak gambling juga kayaknya, khawatir sampai rumah ga sempurna lagi bentuknya. Tapi punya mbak mah keren2 semua.

    ReplyDelete
  6. meni telaten dirimuu.. kalo aku ga paham taneman. dikasi tetangga monstera yang bolong2 itu. langsung dipecah jadi 2 pot n dipakein sandarannya. alhamdulillah masih idup sampe sekarang hihihi

    ReplyDelete
  7. Aku nyerah deh kalo harus merawat tanaman, gak telaten, jadi lebih suka melihat aja hahaha. Apalagi perlu pengetahuan juga ya merawat tanaman seperti ini. Ternyata bisa beli di shopee ya. Pengin nih beliin buat mamaku yang suka banget merawat tanaman2 di rumah.

    ReplyDelete
  8. Bhuaa aku yang gaptek banget ngurus tanaman niih, jadi nambah wawasan ternyata ada baby monstera jugaa yang perlu dirawat agar cantik yaa, duh kek punya baby beneran ini maah.

    ReplyDelete
  9. daun sobek2 ini memang cantik buat foto yaa...
    salut mbak ucig tlaten ngrawatnya. Kalo aku belum tergerak utk nanem tanaman hias. So far msh lebih suka ngrawat sayuran...bisa dimakan hahaja

    ReplyDelete
  10. Saya suka liatnya, Mbak. Cantik banget monstera ini tapi nggak berani ngerawat. Ternyataa nggak susah ya kalau baca tulisan ini.

    ReplyDelete
  11. Oh, baru ngeh kalo ngga perlu saban hari disiram ya?
    Mungkin kalo saban hari disiram dia malah cepet membusuk kali yaaa?

    ReplyDelete
  12. Saya juga baru mulai beli pot pot mbak, tapi saya lebih milih nanem sayuran, lombok dkk dari pada bunga bunga wkwkw.. maksudnya biar bisa nggak beli sayur. Gak tau nanti, sekarang masih belum kepengen ngerawat Janda Bolong ahhaha.. Gampang ya ternyata.

    ReplyDelete
  13. wow uda lama mbul ga sowan ka ucig..tau tau suguhannya monstera si daun bolong hehehe...

    ini di rumah ibu aku banyak cuma mbul ga ngerti nama ilmiahnya waktu itu. Ibuku mah telaten urus taneman sama kayak lak ucig...kalau mbul bagian nonton n nyawang nya aja xixixi

    ternyata mupuknya pun cuma sekali sebulan ya :D

    ReplyDelete
  14. Saya penikmat tanaman. Tetapi, gak telaten mengurusnya hehehe. Biasanya sih suami yang selalu betah di halaman mengurus semua tanaman

    ReplyDelete
  15. Pasti dirawatnya sepenuh hati karena dari baby si momon ini. Aku senang lihat aja, Mak..Selama pandemi aku enggak ikutan trend tanaman, enggak kepegang lagi di rumah...#alesyaaan

    ReplyDelete
  16. Lucu dan rada nyeremin nih namanya, monstera. Ternyata nama tanaman. Kalo ada yang ijo-ijo begini di rumah, mata pun jadi sejuk. Seger gitu bawaannya.

    ReplyDelete
  17. Mengurus bany monstera ini kudu hati-hati juga, ya. Jangan sampai terlalu lembab dan banyak air. Musti telaten dan gak malas.

    Gegara pandemi harga tanaman memang meroket tajam. Ya, memang lagi trendnya, ya.

    ReplyDelete
  18. Jadi ikut gemes liatnya. Pasti hepi ya liat bolongan pertamanya hihihi ... Kalau bundaku kayaknya beli pas udah gede.

    ReplyDelete
  19. Oh jd awal baby daunnya sebenarnya gak sobek ya melainkan normal kyk daun biasa gtu? Jd penyebab sebenarnya sobeknya si daun apa? Apa jangan2 ada kucing mainin daunnya? hehe

    ReplyDelete
  20. Wah udah muncul daun sobek juga akhirnya. Aku ada juga monstera di rumah dan sebenarnya mudah ya perawatan nya. Sama lah kayak tanaman hias lain, harus poros medianya, doyan matahari pagi. Nah sayangnya di rumah cuma kena sinmat siang sampai sore jadi ya kudu aku halangi pakai tanaman yang tahan panas

    ReplyDelete
  21. jadi ingat ibuku yang suka sekali berkebun, banyak tanaman dan menghibur diri. Jadi banyak info mengenai mostera ya. Thanks infonya.

    ReplyDelete
  22. Tau pertama kali tanaman ini dari anak saya yang masih SD malah. Dia suka banget wallpaper dengan daun monstera. Btw kalau saya sedang merawat tanaman janda bolong nih sama jenis keladi lainnya.

    ReplyDelete
  23. aku agi nyba ini tanam2an satu monstera juga ada semoga awet aja hahaha tapi emang bener seneng banget pas tunas muncul trus berkembang jadi daun yang cuaaakeeep

    ReplyDelete
  24. Merawat tanaman emang gampang gampang susah, ya. Apalagi kalau belum mengenal betul seluk beluk tanaman tersebut. Musti banyak belajar dan mencari informasi 😃

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)