Berani Mengantarkan Kebahagiaan Ke Penjuru Indonesia

by - April 25, 2021

"Assalamu'alaikum bu uci, makasih ya browniesnya enak." Seuntai pesan yang membahagiakan dari tetangga.

"Sama-sama mbak, tapi brownies bukan buatan saya lho itu, haha. Kalau mau beli browniesnya ke instagram @khararasa ya, usaha sahabat saya." Jawaban polos bin natural yang saya kasih. 

#proud walau bukan bikinan saya heheuu. Alhamdulillah, sewaktu saya berniat membagikan takjil pada tetangga, memang sedikit unsur-unsur marketing sih disitu LOL. Kenapa nggak? membantu itu kan bisa dengan cara apa pun jadi #bahagiabersama. Di bulan ramadhan ini, kita bisa maksimalkan kemampuan yang kita punya untuk kebaikan, insya Allah balasannya berlipat ganda. Oh ya, saya akan cerita tentang UMKM yang dirintis oleh sahabat saya. Dan saya juga terbiasa membantu untuk kebutuhan foto produknya.




Ramadhan datang, memang peluang UMKM makin berkembang. Saya menjadi saksi mata kalau itu benar adanya. Bulan penuh berkah bulan ramadhan. Begitulah kata sahabat saya yang sudah memiliki usaha kuliner yaitu fudgy brownies Khara Rasa. Saya juga pernah menuliskan sedikit kisahnya di blog ya plus tips memulai usaha di rumah.


Berawal dari sang ownernya yaitu Thia, memutuskan berhenti bekerja dari sebuah bank swasta lalu beliau mencoba usaha bisnis kuliner. Memulai dari hal yang disukai, cari usaha yang bikin enjoy diri sendiri. Jangan bikin stress. Usaha bikin brownies ini ditemukan karena awalnya suka bikinin anak-anak camilan. Setelah mencoba beberapa resep dan kira-kira sampai 20 resep gonta ganti, kini di tahun 2021 Khara Rasa sudah memiliki toko offline. Bukan perjuangan yang singkat dan tidak ada kata berhenti untuk berinovasi.

Kita tahu jualan online berpeluang besar karena semua go digital dan penuh tantangan karena memiliki banyak kompetitor. Namun yang terpenting adalah memiliki produk mantap berkualitas serta service excellent. Kalau yang jualan ramah dan jawabinnya asyik kan pembeli juga makin happy. Disitulah nilai tambahnya. Dan Thia menerapkan service excellent. Mungkin terngiang-ngiang juga ya saat briefing di kantor yang harus mendengarkan nasabah 😉. 

Kalau servicenya ke pembeli memuaskan, pembeli juga akan balik lagi dan loyal. Menurut Johnston dan Clark, service excellence adalah sebuah bentuk layanan yang mampu memenuhi kebutuhan dan menjawab masalah atau pertanyaan pelanggan. Singkatnya, service excellence adalah bentuk pelayanan ramah guna mencapai tujuan yakni rasa kepuasan konsumen. UMKM harus memiliki kemampuan service excellent yang baik kalau ingin bisnisnya berusia panjang.

Memulai Penjualan Secara Online
Nggak pakai pikir lama ketika resep sudah fixed, di tahun 2018 Thia dan suami memasarkan browniesnya pada ojek online dan juga fokus di salah satu market place orange yang cewek-cewek suka karena gratis ongkir. Dengan tag line The Real Fudgy Brownies menggunakan bahan baku premium, tanpa bahan pengawet, halal, higienis. Rasanya enak nggak bikin enek dan harganya terjangkau.

Foto Pertama Saya Untuk Khara Rasa


Qadr Allah, pemilihan keyword secara manual yang tepat pada market place, mereka berhasil menarik banyak pembeli. Saat ini tokonya adalah star seller dengan nilai produk brownies bintang 4.9 dan pie bintang 5. Untuk penjualan brownies sudah mencapai 5.2 ribu. Performa chat 91%. Luar biasa, ini dilakoni oleh ibu dari dua anak yang masih kecil.


Dari Online Juga Offline
Berkembangnya bisnis online, Khara Rasa juga ingin menjawab pertanyaan customer yang sering nanya "Tokonya di mana sih?." Jadilah pada bulan April lalu toko offlinenya juga launching, tepatnya di rumah produksi Khara Rasa yaitu di jl. Kano VI no.1 Kelapa Dua Tangerang. Thia juga masih nggak nyangka kalau punya toko kue karena memang sekolahnya bukan jurusan tata boga 😄 inilah bukti kalau melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh dan minta sama Allah ya berhasil. Di samping itu dengan dukungan serta do'a dari kedua orang tua juga ya.


Toko Khara Rasa 



Jeli Melihat Peluang dan Inovasi
Nggak cuma brownies, Khara Rasa milik Thia dan suami juga menjual pie dan minuman seperti kopi. Sederhananya gini, melihat peluang, orang kalau beli makanan pasti butuh minumnya? Yakan. Terbesit dari situlah kopi dirasa pas untuk menemani saat ngemil brownies. Nah, mengikuti hits saat ini juga perlu tentu dengan mempertahankan identitas sebagai pebisnis brownies.






Bagaimana dampak pandemik pada usahanya? Alhamdulillah, karena mungkin orang di rumah aja dan butuh camilan, penjualan browniesnya semakin bagus bahkan melambung.


Paket Hampers Bikin Tambah Berkah
Anjuran memberikan hadiah terhadap sesama sesuai hadits

"Saling memberi hadiahlah kalian, niscaya kalian akan saling mencintai" (HR Al-Bukhari).

Berkah Ramadhan, berkah bulan suci. Pada tahun pertama usahanya, ketika musim lebaran banyak yang tanya apa bisa bikin bingkisan. Kali ini, tahun 2021 Khara Rasa membantu konsumen untuk menyediakan bingkisan. Bulan ramadhan banjir orderan. Usaha fudgy brownies Khara Rasa memiliki paket hampers untuk ramadhan dan idul fitri.




Dari tahun  2018 hingga kini, Khara Rasa selalu menjaga rasanya yang khas dan manisnya pas. Pokoknya kalau kamu beli, langsung masukkin kulkas deh. Setelah dingin, lebih enak dan nyeees nyoklat banget.

Hampers Idul Fitri




Hampers isi brownies dan pie


Berani Mengantarkan Kebahagiaan Ke Penjuru Indonesia
Yakin jualan brownies online? Nggak remuk tuh? Eits, jangan salah. Brownies Khara Rasa ini sudah terkirim ke pulau-pulau di Indonesia loh. Khara Rasa berpengalaman melakukan pengiriman ke pulau Jawa, Bali, Sumatera sampai Kalimantan. Ada pembeli dari Aceh, malah mahalan ongkirnya dibanding browniesnya heheuu wah kereeen, bisa seloyal itu pembelinya. Masya Allah. Khara Rasa benar-benar berani mengantarkan kebahagiaan ke penjuru Indonesia nih.



Kemasannya dibuat agar aman di perjalanan. Packing benar-benar rapih. Saya pribadi pernah pesan untuk seseorang yang tinggal di Jogja. Alhamdulillah aman sampai sana. Brownis juga bisa dibuat dengan kemasan topping terpisah.

Kalau kamu mau nyobain beliin si dia tapi takut nggak aman, kamu bisa cobain pakai JNE untuk pengirimannya ya karena mereka bisa mengantarkan kebahagiaan kamu ke penjuru Indonesia. 😉


Jadi, tunggu apalagi? Yuk cek instagramnya Khara Rasa
Kirimkan paketnya ke orang tersayang dan raih keberkahan di bulan ramadhan. Kamu juga pasti berani mengantarkan kebahagiaan bukan?

#JNE
#JNERamadhan2021
#BlogBerkahAntarkanKebahagiaan
#BahagiaBersama

You May Also Like

32 comments

  1. Wah, seru ya... Resign dr kerjaan, terus menekuni hobi yang menyenangkan dan menghasilkan (bagi yang seneng bikin kue lho ya)..

    Mana produknya sukses di terima pasar se Nusantara lagi...

    Penasaran aku sama brownies temannya mba..klo pas main ke Shopee, mau cek juga ah

    ReplyDelete
  2. bagus sekali hampers lebarannya, cantik dan isinya aku suka, brownies ulalaa, aku juga berencana kirim-kirim hampers dengan JNE

    ReplyDelete
  3. JNE selalu menjadi andalan untuk mengantarkan kebahagiaan kepada oorang tersayang, apalagi kalo dikirimin brownnies itu, pati tambah bahagiaa maksimaaal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. naaaah teh nchie hayo kirimin akuuu :P

      Delete
  4. Khara Rasa ini hebat ya :) Semakin berkembang usaha brownies lalu minuman kopi dan sebagainya. Ngomongin JNE, andalanku juga tuh untuk pengiriman paket ke mana2. No worry deh, tenang, paket sampai dengan selamat dan cepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin insya Allah makasih mba.. suka JNE juga yaa, asyiik

      Delete
  5. Ketekunan yang berbuah kesuksesan, salut buat Khara Rasa. Inovasinya dan menjaga kualitas membuat makin tumbuh hingga sukses kini. Paket hampersnya emnggoda sekali ini dan dengan JNE yakin aman karena sudah beberapa kali pesan makanan dari mana asaj ga amsalh pakai ekspedisi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku klo kirim paket biasa pake jne juga mbaaaa..
      mba Dian cobain brownisnya ya hehe

      Delete
  6. paket hampersnya mbedani nih..cute dan premium looks banget produk brownisnya mba thya ya kak ucig....varian rasanya pun kekinian...tapi aku kalau brownis tetep suka yang ori

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbul cobaiiin deh mbuul. wah kamu suka yg ori yaaaa

      Delete
  7. keren ini, resign dari bank dan menekuni dunia kuliner. kebiasaan ramah melayani pelangga jasa, berlanjut menjadi keramahan melayani pelanggan produk brownies. Iya, kalau pelayanan ramah, rasanya enak, pasti pelanggan bakal jadi pembeli loyal. Kayak yang dari Aceh tuh, rela membayar walau ongkirnya lebih mahal dibanding harga browniesnya

    ReplyDelete
  8. Duh browniesnya bikin ngiler banget. Tampilannya cantiiiik pula tuh. Dibuat hampers pasti suka banget ya yang nerima, apalagi kalau dikirim pake JNE, biar cem surprise gitu lah ya.

    ReplyDelete
  9. Sepertinya harus bikin buatan sendiri nih.. udah dapat calon customer tuh mbak hihi tapi memang berbagi hantaran itu bikin kebahagiaan tersendiri ya.. apalagi pakai jasa pengiriman yang sudah sangat terpercaya

    ReplyDelete
  10. berarti rasanya beneran enak ya mba kalo awalnya online bisa offline, dimana-dimana orang kan ngerasain dulu bisa cerita kesana kesini tapi ini hype dulu, kemasannya juga menarik. Emang kalau jualan dasarnya produknya bagus pasti lakunya mudah

    ReplyDelete
  11. Mau donk dikirimin paket hampersnya hehe
    Wah dmn2 org offline dulu baru buka usaha online sebagai support, ini sebaliknya ya? Krn banyak yg nanyain dmn tokoknya, dr online merambah ke offline jg
    Seneng banget bisa jd pengusaha gtu, walaupun gk sesuai jurusan sekolah tapi akhirnya nemu jalannya :D

    ReplyDelete
  12. Keren banget ini Mba Thia. Rela keluar dari bank swasta terus merintis bisnis kue. Padahal memulai bisnis itu enggak mudah. Beda banget sama aku yang mentalnya masih down begini.

    Semoga Khara Rasa makin laris manis, baik penjualan offline maupun online.

    ReplyDelete
  13. Cantik banget browniesnya. Kebayang legit manisnya si kue coklat ini jadi pengen. Bisa dikirim pake JNE juga ya, Mbak. Kudu pesen sekarang nih kalau mau buat hidangan lebaran ya. Kalau udah deket hari Raya pasti load pengiriman penuh.

    ReplyDelete
  14. Wahh paket hampers nya cantik banget, aku jadi penasaran dengan rasa brownies Khara Rasa. Keren ya Masya Allah, sampai nyobain 20 kali baru menemukan rasa brownies yang paling enak

    ReplyDelete
  15. Waini...jadi pengen ikutan cobain nih.. KE Madura kira-kira bisa sampe dengan selamat gak ya...Tergoda sama brownies cokelatnya

    ReplyDelete
  16. cantik banget ini browniesnya Khara Rasa. Makanan manis tuh emang ngebawa kebahagiaan sendiri. AKu suka banget brownies. Hihi. Kayanya nanti mesti cobain Brownies cantik dari Khara rasa ini niiihhh

    ReplyDelete
  17. Bulan ramadhan tuh emang waktu yang pas untuk saling berkirim ya Ci, ini tuh yang kemarin aku tanyain si briwnies. Pengen pesan soalnya untuk hantaran ke beberapa temanku.

    ReplyDelete
  18. Aduh Kuenya cantik-cantik. Bikin ngileeer semuanya. Salutlah dengan orang-orang kreatif dan produktif seperti ini.

    ReplyDelete
  19. wah inspiratif ceritanya mbak,
    brownies brownies nya cantik cantik dan sangat menggugah selera
    sukses terus buat Khara Rasa

    ReplyDelete
  20. iya, kak Uci..
    Aku pun salah satunya kalau pesan sebuah produk itu karena kenyamanan. Apalagi rasanya enaak...
    Kaya brownies Khara Rasa.
    Pasti semakin berkembang pesat dan banyak pelanggannya.

    ReplyDelete
  21. Sebagai yang doyan brownies, sungguh foto-foto di atas sangat membuat saya, eh perut saya terganggu hahahhahah. Kirim ke Lombok sini coba mbak. Hahaha

    ReplyDelete
  22. Duh enak sekali ini brownies-nya
    Akan terasa nikmat jika sampai pada orang terkasih
    dengan bantuan kurir JNE yang tidak molor

    ReplyDelete
  23. Ceritanya sangat inspiratif. Saya selalu kagum dengan orang-ornag yang berani bergeser ke zona tidak nyaman begini. Bisnis kuliner juga masih menjadi salah satu cita-cita saya. Hanya saja, belum menemukan produk yang sesuai dan tentu saja butuh menyiapkan strategi bisnis. Kalau ngomongin ekspedisi mah, JNE andalan saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. smoga suatu hari nanti ketemu produk yg tepat ya mba

      Delete
  24. Masya Alloh, Tabarakalloh. Perjuangannya luar biasa. Semangat nya perlu dicontoh,nih. Emang, ya. Hasil tidak akan mengkhianati usaha 😃

    ReplyDelete
  25. aku ya pesan makanan pakai JNE juga pengirimannya udah cocok di hati soalnya. Kalau makanan kan perlu cepat dan ada batas waktunya ya. JNE bikin nyaman deh.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)