Jangan Anggap Sepele Anyang-Anyangan, Obati Yuk

by - March 04, 2021

Jangan Anggap Sepele Anyang-Anyangan, Obati Yuk ~ sudah beberapa bulan lalu saya sering sekali anyang-anyangan tapi saya abaikan. Kejadian di akhir tahun 2020. Pikir saya udah sembuh. Sampai akhirnya demam tinggi, menggigil kedinginan. Nggak tau sakit karena apa?. Lalu saya ingat habis anyang-anyangan, dan perut kanan agak sakit. Saya coba konsultasi dokter secara online cara mengatasi sakit anyang-anyangan.




Katanya minum air hangat aja nanti sembuh. Nah ini nggak berlaku buat saya yang anyang-anyangannya mungkin udah banyak menginfeksi tubuh. Waktu itu memang saya berniat puasa bayar hutang, hari itu juga saya anyang-anyangan karena menahan pipis. Ya udah keterlaluan nahan pipisnya sih. Saya suka tidur dengan nggak nyadar itu kantung kemih penuh saking lelah dan ngantuknya. Mendampingi Ugo lelah banget, dia nyusunya kuat. Syukurlah sekarang udah disapih.

Saat anyang-anyangan sempat saya bawa puasa sampai setengah hari, karena nggak membaik juga, mau nggak mau saya batalin puasanya. Nggak kuat bolak balik lemas. Nah nggak lama dari situ, perut sakit, minggu depannya saya demam menggigil. Fix saya kena infeksi saluran kemih. Dokter menyarankan saya cek lebih lanjut walaupun udah sembuh.

Ketika ISK, saya sering minum, sering pipis. Alhamdulillah warna urin bening, nggak sakit. Pas dibawa puasa waktu itu sempat sakit pipisnya. Duh nggak lagi-lagi nahan pipis 😭

Gejalanya ISK alias Infeksi Saluran Kemih

Awalnya memang hanya anyang-anyangan tapi kok semakin sering ya? Nggak lama sembuh, lalu anyang-anyangan lagi. Pipis terus, sedikit-sedikit. Berdasarkan pengalaman kemarin, sempat sakit perut sebelah kanan. Berlanjut demam, menggigil, kedinginan, kaki dan tangan itu dingin rasanya. 

Dokter menduga, kemungkinan ada radang di kandung kemih yang bisa juga ada batu di saluran ginjal kanan. Memang ini harus di USG jika sakit masih berlanjut.

Jangan Anggap Sepele Anyang-Anyangan, Obati Yuk

Jadi jangan anggap sepele anyang-anyangan ya. Berikut ini saya sharing cara mengobati anyang-anyangan setelah konsultasi dokter secara online, namun sebaiknya juga konsultasi sendiri ke dokter ya.


Minum Air Putih Yang Banyak

Minum air putih yang banyak adalah penolong banget. Supaya nggak sakit saat buang air kecil juga sih ini ya. Bakterinya akan ikutan cepat keluar loh. Semakin banyak minum otomatis sering pipis. Kalau perempuan usahakan dilap ya, sediakan handuk kering untuk lap setelah buang air kecil supaya tidak lembap.




Tidak Boleh Menahan Pipis

Meski hanya sebentar, big no no deh menahan pipis. Semakin sering menahan pipis, bakteri akan menumpuk dan ini akan menginfeksi tubuh kita. Karena seharusnya kotoran kan keluar ya saat buang air kecil. Usahakan pipis pada waktunya ya.


Minum Obat Anyang-Anyangan

Karena waktu itu status saya masih menjadi ibu menyusui dokter memberi resep sanmol, urispas, urotractin. Tapi di apotek hanya ada obat ini ya, sanmol dan urogetix. Kata mbak apoteknya pakai urogetix juga bisa, yawislah. Pengalaman saya menggunakan sanmol untuk meredakan nyeri dan urogetix untuk anyang-anyangan yang mengarah ke ISK terobati. Setelah minum obatnya alhamdulillah sembuh dari anyang-anyangan.

Bisa juga dengan minuman herbal seperti rebusan akar alang atau tanaman kumis kucing.

Mamah sempat membuatkan saya minuman akar alang dicampur gula batu dan satu jenis tanaman lainnya saya agak lupa namanya hahaa. Saya minum beberapa kali rebusan akar alang-alang. Rasanya enak nggak? wah enak seperti liang teh, saya pikir nggak enak heheuuu. Mungkin juga karena ada campuran gula batunya.

Semoga nggak anyang-anyangan lagi ya, banyak minum air putih insya Allah sembuh dan bebas dari anyang-anyangan.

You May Also Like

17 comments

  1. Terima kasih sharingnya Mbak...saya belum pernah coba minum akar alang. Biasa kalau enggak tahan saya oles perut pakai minyak angin atau kalau ga kuat minum obat serbuk yang pernah disarankan dokter. ISK saya menahun jadi sering kambuh sampai sekarang...hiks. Memang nyiksa banget nih anyang-anyangan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbaaaa sama2, aku pun masih kadang suka terasa anyang-anyangan karena nggak bisa langsung pipis saat itu juga nih riweh kadang sama si kecil huhuuu
      sehat2 terus ya mbaa

      Delete
  2. Alhamdulillah nih, pandemi membuat kami jarang bepergian yaaa. Biasanya , nih. Saat berada di jalan / tempat umu, saya suka menahan buang air kecil juga, mi. Entah kenapa ya, salah satunya karena kurang sreg aja sama tempatnya yang kadang pesing gitu

    Ndak bole ya, ditanah dan ditunda tunda

    ReplyDelete
  3. Salah satu kebiasaan jelekku sejak kecil adalah nahan pipis, terutama saat bepergian jauh atau misal nemu toilet kotor di rest area, aku pasti tahan. Setelah tahu hal itu bisa berdampak negatif untuk kesehatan, mulai dikurangi bad habbit-nya. Beneran sih jangan sepelekan anyang-anyangan.

    ReplyDelete
  4. Iya pernah anyang-anyangan, nggak enak banget ya.. ternyata bisa juga dengan air hangat dan rebusan akar Alang ya..

    ReplyDelete
  5. Saya masih sering nahan rasa pengen pipis, terutama kalau pas lagi dalam perjalanan. Kalau bawa kendaraan sendiri, bisa segera mampir SPBU buat ke toiletnya, tapi kalau pakai kendaraan umum, ya terpaksa di tahan

    ReplyDelete
  6. Memang gak nyaman kalau udah kena anyang-anyangan ya, Mbak. Saya juga sudah pernah mengalami, tapi alhamdulillah gak sampai membuat badan menggigil. Dan rasanya udah kapok, mengusahakan gak nahan pipis lagi.

    ReplyDelete
  7. Iya benar anyang-anyangan itu jangan dianggap sepele, bikin ga nyaman juga. Jadi harus diobati secepatnya ya.

    ReplyDelete
  8. Saya juga sering anyang-anyangan, saya pikir itu karena faktor usia, ternyata salah satu penyebabnya adalah sering nahan kencing.
    Baru sadar kalau saya sering banget nahan kencing apalagi kalau sudah asyik menulis.

    Duh, tidak boleh betul ini nahan kencing.

    ReplyDelete
  9. Pernah jaman dulu nih sering kena anyang-anyangan karena sering nahan pipis kalau lagi naik kendaraan umum jarak jauh, kalau lagi kambuh badan anget dan rasanya nggak enak banget...

    ReplyDelete
  10. Pastinya ngga mau nahan pipis, tapi ladang emang suka malas. Hiks. Di desaku paling hits kumis kucing, Mbak. Banyak yang nanem juga. Sehat2 yaa, Maam.

    ReplyDelete
  11. Iya mudah2an terhindar dari isk ya penting untuk segera atasi kalau ada gejala anyang2an.. air putih banyak banget ya mba manfaatnya..

    ReplyDelete
  12. iya mbak, anyang-anyangan ternyata gak boleh dianggap sepele karena itu gejala awal ISK, saya pernah kena dan itu bikin gak nyaman sekali. alhamdulillah skrg sih sudah enggak pernah kena lagi, yang penting asupan cairan dan pencegahannya

    ReplyDelete
  13. Sama banget niih, kak..
    Anyang-anyangan ini sungguh menyiksa. Terlihat sehat dari luar tapi nyatanya sangat gak nyaman.
    Dan kalau ke dokter, aku juga di resepin urogetix. Alhamdulillah~

    Semoga gak kambuh-kambuh lagi.

    ReplyDelete
  14. Aku pernah anyang-anyangan karena sering nahan pipis sampai akhirnya ISK mbak. Untung langsung ke dokter jadi cepet sembuh. Habis itu ga pernah mau lagi nahan pipi

    ReplyDelete
  15. Menyiksa banget loh anyang-anyangen itu. Beberapa saat yang lalu aku mengalaminya nih. Langsung gelontor dengan air putih yang banyak, dalam beberapa hari alhamdulillah udah membaik.

    ReplyDelete
  16. Sejak kapan tertarik memelihara tanaman mint? Ko beda dari pemeliharaan yang biasanya misalnya tomat cabe gitu

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)