Jadikan Momen Menyusui Momen Istimewa Untuk Ibu dan Bayi

Jadikan Momen Menyusui, Momen Istimewa Untuk Ibu dan Bayi ~ Mau nangis rasanya saat mengASIhi adik Ugo. Setiap malam merupakan perjalanan panjang karena Ugo minta nenen melulu, banyak dan makannya pun kuat hmmm lagi masa-masanya. Iya, memberikan ASI untuk balita 14 bulan adalah kegiatan yang masih rutin saya lakukan. Meski penuh lika liku saya tetap berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anak. Apa pun itu saya berjuang menyusui secara langsung karena saya menyusui untuk bayi istimewa.

 


Love At First Sight Saat IMD

Saya kira sehabis melahirkan itu bakalan plong lega, kelar deh urusan eh ternyata perjuangan babak baru dimulai. Haha. Tugas selanjutnya adalah memberikan ASI. Takjub ketika proses IMD (inisiasi menyusui dini). Anak bayi itu bisa reflek menemukan puting ibu saat IMD lalu proses menyusui pertama kali dimulai. Meski belum banyak. Naluri bayi mampu mengisap ASI dengan baik, masya Allah kan. Kalau diingat lagi, ah momen yang membahagiakan banget. Ada yang air susunya nggak langsung keluar saat hari itu juga, saya pun mengalaminya. Tapi yakin akan keluar dan coba  susui terus.

Baca Juga : Pengalaman Menyusui Bayi Lelaki


Adik Ugo usia 1 hari

Lalu ibu bisa merasakan payudara bengkak, puting lecet, tidur miring kanan miring kiri, serba salah, kelelahan, haus lapar saat menyusui. Saya dan semua ibu menyusui juga pernah merasakan bagaimana jungkir baliknya masa menyusui.  Ibu pejuang ASI bangun tengah malam. Semua akan menjadi kenangan berganti dengan anak yang tumbuh sehat dan kuat. Itu adalah momen istimewa.


Ugo makin bertambah beratnya


Terlihat Mudah, Sejuta Manfaat

Pernah membaca buku Super Baby Directory, tentang pemberian rangsangan kepada anak, bisa dimulai sejak anak itu dilahirkan. Menyusui merupakan salah satunya, selain bermain. Saat menyusui sebagai seorang ibu bisa sangat dekat dengan anak, kita bisa ajak bicara, bahkan bercerita. Momen yang tidak akan terulang.

Kalau ditanya "kenapa nggak sufor aja sih?" Heyy kamu bu Tedjo yaa? haha. Ups. masih aja nanya. Oke maaf mungkin yang nanya gitu belum tau manfaat ASI itu kayak gimana? Bagus banget, ya kan air susu ibu itu dispensernya langsung dari Allah. Tentu nggak diragukan lagi kedahsyatannya.


Selalu menanti perkembangannya

6 bulan pertama harus diberikan ASI. Karena yang terbaik memang Air Susu Ibu. Segala anti bodi terdapat di dalamnya. Anak ASI diketahui mempunyai daya tahan tubuh terbaik sehingga terlindungi dari resiko berbagai penyakit infeksi, alergi bahkan penyakit kanker. Lalu dilanjutkan dengan pemberian makanan pendamping ASI setelah usia 6 bulan hingga 2 tahun. 

Kecerdasan anak nggak akan muncul tiba-tiba tanpa nutrisi yang baik dan stimulasi (rangsangan) yang benar makanya tetap mengASI walau mengantuk, namun lelahnya terbayarkan karena anak tumbuh sehat dan kuat. 

Persiapan Menyusui Sedari Hamil

Perjalanan seorang anak dimulai sejak usia dalam kandungan. Makanya 1000 hari pertama kehidupannya sangat penting. Seorang ibu hamil perlu nutrisi yang baik. Ibu hamil kalau bisa ya nggak boleh sakit. Sel-sel antibodi dari ibu yang ditransfer melalui plasenta. Setelah lahir, diberi vaksinasi atau imunisasi sesuai waktunya. Sekali lagi, vaksinasi bukan untuk program pemerintah tapi supaya tubuh anak  membentuk sel-sel antibodi. Pengaruh kurangnya vitamin pada janin atau bayi lebih besar daripada pengaruhnya terhadap ibu. 

Ibu hamil jangan sampai kurang konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Perlu diingat saat hamil ibu memerlukan lebih banyak zat besi untuk pembuatan hemoglobin baru dalam darah yang bertambah banyak.

Asupan Ibu Adalah Kunci Lancar Menyusui

Sudah 14 bulan dan tidak bisa diam 

Jangan menyerah karena selain rasa bahagia, asupan ibu adalah kunci supaya lancar menyusui. Selalu pantau tumbuh kembang anak. Walau seringkali kita mendengar ungkapan "kalau malam menangis itu tanda kurang susu", tangisan pada bayi penyebabnya bukan selalu karena kurang ASI. Bisa jadi ada yang dirasakan oleh bayi, mungkin bukan lapar atau haus.
 
Nggak boleh berpikir ASI kurang, insya Allah ASI selalu cukup. Meski kandungan AA dan DHA untuk perkembangan otak ada pada sufor namun kandungannya tidak semurni yang dikandung ASI. Catet!

Asupan Ibu memang sangat menentukan kualitas ASI yang dihasilkan. Oleh karena itu sangat penting bagi Ibu untuk memperhatikan asupan makanannya, agar bisa memberikan ASI yang bernutrisi. Asi berkualitas kayak gimana sih? 

Ciri-ciri ASI bernutrisi bisa dilihat dari ASI yang kental berwarna kekuningan atau putih pucat dan memiliki kandungan lemak yang cukup. Selain makan makanan sehat dan minum air putih, ibu sebaiknya juga melengkapi nutrisi yang dibutuhkan dengan mengonsumsi suplemen bernutrisi lengkap untuk masa menyusui.

Suplemen ibu menyusui yang recommended adalah Blackmores karena Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) memahami bahwa semua Ibu di Indonesia berhak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatannya dan buah hati. Saya jembrengin nih 17 nutrisi di dalamnya.

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold Untuk ibu Hamil dan Menyusui

Bisa dikonsumsi semasa kehamilan sampai menyusui. Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) mengandung 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh ibu Menyusui: 
●Tinggi asam folat yang dapat bantu menjaga Ibu dari resiko anemia 
●Tinggi kalsium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati dan juga mencegah terjadinya osteoporosis pada Ibu 
●Zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi sehingga aman dan bantu ibu jaga energi supaya tidak mudah sakit 
●Omega 3/DHA tidak berbau yang baik untuk pertumbuhan otak & mata buah hati, sehingga tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi. 
● Vitamin & Mineral lainnya yang dibutuhkan oleh ibu Menyusui 

Suplemen dengan kandungan lengkap, 17 Nutrisi Esensial, bantu penuhi nutrisi ibu sehingga dapat memberikan ASI bernutrisi untuk Buah Hati.



Peran Ayah, Peran Suami


Saya pribadi sangat merasakan betapa butuhnya peran suami dalam mendukung pemberian ASI. Pak suami bisa melakukan pijat oksitosin, membantu ibu yang menyusui dengan menjaga kakak-kakak, memenuhi kebutuhan camilan haha. Itu sungguh berguna lho. ASI banyak, istri sehat, bayi kuat istimewa. Yakan. Alhamdulillah 3 anak ASI di rumah juga dapat dukungan dari paping. Mengingatkan untuk makan makanan yang bergizi, menjaga kesehatan dan minum suplemen seperti Blackmores.

3 buah hati kami, anak ASI.

Ketahanan tubuh anak terkait dengan kualitas pertumbuhan fisik anak tersebut.

Sama dengan halnya pak suami, Kalbe Blackmores Nutrition melakukan serangkaian edukasi dan juga sharing pengalaman di social media yaitu pada official instagramnya @blackmoresid yang membahas seputar ASI dan menyusui dalam memperingati World Breastfeeding Week 2020 untuk meningkatkan awareness Ibu agar dapat selalu memberikan ASI bernutrisi bagi buah hati. 

Karena Blackmores percaya, setiap tetes ASI sangat berarti bagi buah hati dan merupakan wujud kasih sayang Ibu baginya
Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding turut mendukung World Breastfeeding Week bulan Agustus dan bekerjasama dengan Bumi Sehat Foundation. 


Telah bermitra sejak 2017 dengan Blackmores


Secara berkelanjutan telah membantu pemenuhan gizi Ibu Hamil dan Menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh, dan Papua. Wah keren ya supportnya.


Review Blackmores
Saya juga sudah mencoba Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold semingguan ini, tidak pahit dan tidak berbau. Efeknya terasa beda, badan nggak pegel saat menyusui Ugo dimalam hari. Alhamdulillah menemukan suplemen yang pas untuk menyusui Ugo yang super duper buat saya lelah, belum lagi ditambah membersamai kedua kakaknya. Energi saya terserap banget, belum lagi darting ehhh daring hihi, tapi bisa power up lagi. Sungguh happy ketemu Blackmores untuk busui ini. 

Review tambahan. .
Hari ini saya tumbang, batuk pilek nggak enak badan karena datang bulan, saya coba minum 2x pada pagi dan malam. Biasanya saya memang minum obat supaya bisa langsung fit, tapi kali ini enggak. Alhamdulillah tubuh membaik. Memang kapsul penuh vitamin ya iniiiii. Masya Allah, apalagi habis minum Blackmores ditambah pijat pak suami😄. Sehat sehaat.

Kapsul Blackmores untuk busui


Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold saya rekomendasikan untuk ibu menyusui, yang harus dipersiapkan sejak masa kehamilan, dan semangat memberi ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa.

Sehabis nyiram tanaman, minum vitamin yuk


Btw produk Blackmores mudah didapatkan, tersedia di E-commerce Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store. 

Ya, sesibuk apa pun ibu, tetaplah mengasi. Jadikan momen menyusui momen istimewa. Dengan Blackmores, asi bernutrisi untuk ibu dan bayi yang istimewa.

26 comments:

  1. Mba Ucii kok sama sih aku juga minum Blackmores untuk persiapan kehamilan selanjutnya ❤️

    ReplyDelete
  2. Yeaayyy untuk buibu semuanyaaa, selamat meng-asi-hi ya
    Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) memang TOP bgt Mak
    memahami bahwa semua Ibu di Indonesia berhak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatannya dan buah hati.

    ReplyDelete
  3. Kangen banget bisa menyusui Hehhe. Tapi aku sepakat bahwa momen momen menyusui adalah momen istimewa yang sayang kalau tidak di optimalkan

    ReplyDelete
  4. Selalu seru cerita menyusui tiap Busui, bikin senyum2.
    Berasa sama aku juga, dan sepakat kalo menyusui adalah momen yang istimewa . beddanya jaman aku dulu ga ada blackmores, hihii.
    Sekarang asupan nutrisi busui dan ASI berkualitas buat bayik makin gampang dicari.

    ReplyDelete
  5. Asupan nutrisi dari hamil dan selama menyusui penting banget ya untuk tumbuh kembang anak. Makanya harus dijaga banget, penuhi kebutuhan nutrisi dengan suplemen biar tenang jiwa raga saat menyusui hehe. Blackmores memang jadi pilihan banget nih

    ReplyDelete
  6. Wow, memang deh persiapan bumil dan busui itu kudu jauh2 bulan ya, bukan jauh2 hari hihihihih :) Asupan makanan bergizi tentu sangat diperlukan supaya ASI lancar buay bayi. Namun sekarang ini kita juga bisa mengonsumsi Blackmores ya sebagai tambahannya, moga2 ASI keluar makin lancar dan berkualitas :)

    ReplyDelete
  7. Gemes banget tiga krucilnya lucu dan bahagia, sehat selalu ya kiddos, Alhamdulillah ada suplemen yang ampuh untuk menambah asi ya ibu pun semakin bahagia..

    ReplyDelete
  8. Yang paling manis saat momen-momen menyusui adalah ketika kita berdua saling kontak mata. Dan tanggannya yang superlumbut itu meraba-raba payudara, seakan mengatakan bahwa aku miliknya dan dia miliku sepenuhnya. Gak akan pernah lupa momen-momen seperti itu :)

    ReplyDelete
  9. Aduh aku kangen sama masa-masa jaman mengasihi mas Kelvin, apalagi waktu itu aku masih ngantor. Alhamdulillah banget bisa ngasih dia ASI walau gak 2 tahun full tapi pencapaian luar biasa banget untukku bisa 1 tahun 5 bulan ngasih full ASI.

    ReplyDelete
  10. Sampai deik ini, aku masih terharu lihat adegan menyusui ibu.

    Apalagi ketika ada kontak mata, saling berpegangan tangan dan saat bayi menyentuh payudara ibu.
    Rasanya ikut damai dan nyaman akutu.

    Senangnya ada Blackmores ya.
    Ini bisa jadi referensi buat ibu-ibu yang ingin berikan ASI bernutrisi!

    ReplyDelete
  11. Duh, jaman now masih saja ada yang nanya kenapa gak sufor? Padahal kan kesadaran menyusui sudah bertumbuh pesat sekarang ya. Begitulah memberikan yang terbaik ya selalu saja ada tantangannya. Nah dukungan suport system yang baik dan suplemen bagus seperti Blackmores.

    ReplyDelete
  12. Ah, ikut pengen pelukan habis baca artikel ini. Perjuangan menyusuiku jg sesuatu banget. Tp beneran deh perab ayah itu penting sekali. Kerasa soalnya anak pertama gak ada ayahnya. Yg kedua ada. Lancarnya asi pun beda. Apalagi yg kedua jg dpt suplemen khusus. Alhamdulillah, aku jg coba blackmores mbaaa..

    ReplyDelete
  13. Bener banget, dulu asiku seret kalo pas aku stres, enak ya sekarang banyak nutrisi yang bisa bantu asi melimpah

    ReplyDelete
  14. Persiapan jadi ibu itu extra banget ya mbk. Dimulai dari awal kehamilan sampai menyusui. Selain makan makanan yang bergizi, juga minum suplemen. Seperti Blackmores

    ReplyDelete
  15. Alhamdulilah seneng lihat de Ugo tumbuh besar dan sehat, aku juga pas kehamilan Rayi dan menyusui minum blackmores kualitas ASI terjaga pun dengan kuantitasnya

    ReplyDelete
  16. Iya banget, menyusui kudu jadi momen yang istimewa. Sebab jadi salah satu tahapan emas anak ya. Jadinya kita kudu ngasih asi yang berkualitas. Blackmores ini nih bisa bikin asi ibu jadi berkualitas. Ibu sehat, anak pun tumbuh optimal.

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah minum Blackmore juga. Baru saja menghabiskan satu botol isi 60 kapsul.

    ReplyDelete
  18. Selain memenuhi ASI Ibu agar lebih bernutrisi juga memperbaiki gizi Ibu yaa..
    Blackmores keren banget.

    Sehat-sehat selalu, kak Uci.

    ReplyDelete
  19. Uciiiii...aduh nggak bayangin repotnya urusin 3 bocah sambil nyusuin lagi. Untung ada si ayah ya yg mensupport..jadi lancar lancar aja ya kasih ASI nya. Apalagi kalau minum Black morest buat ibu hamil dan menyusui. Waah tambah lancar nih ASI nya

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah sehat2 selalu dedek :D
    Aku gak pernah minum Blackmores sih tp waktu itu jg perlu suplemen. Kalau yang konsumsi Blackmores sepupuku yang baru aja punya baby, emang katanya bagus bisadiminum saat trimester akhir buat nambah2 asam folat dan kalsium utk janin ya

    ReplyDelete
  21. Anak ASI memang bakalan terjaga imunitasnya yaaa.. berjuta kandungan kebaikan yang ada dalam setetes ASI. Alhamdulillah ada Blackmores ini yang membantu busui untuk menjaga kualitas ASI yang akan diberikan untuk putra-putri tercinta.

    ReplyDelete
  22. Semua orang tua pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anak mereka, ya. Senangnya kalau bisa memberikan ASI secara full pada mereka. Saya juga bersyukur sekali bisa memberikan anak-anak ASI ekslusif

    ReplyDelete
  23. Dua anakku juga anak ASI, alhamdulillah. Hal yang saya syukuri dari dulu.
    Untuk Blackmores, memang merk yang bagus untuk suplemen. Dan baru tahu juga ada yang buat ibu menyusui. Pasti amanlah ya.

    ReplyDelete
  24. Produk blackmores bagus banget yah buat ASI dan pastinya kalo minum blackmores ASI lancar

    ReplyDelete
  25. ya ampun, liat foto Adik Ugo usia 1 hari kok jadi pengen punya bayi lagi, haha xD masih inget moment menyusui bocah2 dulu, apalagi waktu pertama kali ^^ aku juga pakai Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini ci dari hamil sampai menyusui. walaupun gede ya kapsulnya, tapi aku ngerasa ASI ku jadi lebih kental/ padat, perasaan aja kali ya, hihi..

    ReplyDelete
  26. Terimakasih sharingnya mbaa. oke nanti aku akan memberdayakan suami untuk mijetin hahaa

    Btw aku jadi mbayangin gimana nanti aku pas IMD yaa. Semogaa Asi ku keluar pas dedenya udah lahiir. Amiiin

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by