Persiapan Puasa Di Rumah Aja Selama Masa Pandemik Corona

Persiapan Puasa Di Rumah Aja Selama Masa Pandemik Corona ~ Nggak lama lagi kita bakalan ketemu bulan penuh ampunan, bulan suci Ramadhan. Semoga usia kita sampai ya. Amiin. Di tengah kondisi kayak gini semua orang pasti ingin badai corona berlalu secepatnya. Kebayang gimana bulan puasa harus tarawih di rumah. Tentunya juga akan kangen buka puasa dengan keluarga besar. Semoga sebelum ramadhan virus ini menghilang. Berharap keajaiban! Ya Allah kabulkanlah. Btw, persiapan apa nih dalam menyambut bulan puasa?


Meski puasa kamu di rumah aja, nggak usah sedih kok, itu lebih aman. Ada hal yang patut kita syukuri pertama kali yaitu kesehatan. Karena kesehatan adalah yang utama. Di rumah aja dalam kondisi sehat itu berkah banget lho. Memang dampak korona ini luar biasa. Jangan lupa saling mendoakan ya! Saling support. Mungkin yang mampu bisa menolong lingkungan terdekat, perbanyak sedekah. Konsisten menerapkan kebiasaan makan makanan bergizi, cuci tangan, jaga jarak.

Baca Juga Yuk : Cara Hidup Lebih Sehat Di Masa Pandemik Corona

Usahakan hidup lebih sehat. Selain menjaga kesehatan, jelang bulan ramadhan ada beberapa yang saya harus siapkan. Berikut persiapan puasa di rumah aja selama masa pandemik corona:

Menyiapkan Kegiatan Anak-anak
Well, ada bagusnya kita menyiapkan kegiatan anak setiap hari. Schedulling untuk 1 minggu pertama dulu juga oke kok. Supaya nanti kita nggak mati gaya amat. Ketika puasa di rumah aja. Hehe. Semenjak SFH alias school from home, anak-anak diberi tugas oleh guru sekolah. Tugasnya bervariasi, alhamdulillah sekolah Kaina nggak ribet tugas ini itu. Walau begitu, tugas tetap ada. Contoh tugas, hafalan surat pendek dan hadits. Mengerjakan minimal 5 kebaikan termasuk shalat fardhu. Ini bisa diteruskan untuk kegiatan anak di bulan Ramadhan. 




Menyiapkan Menu Makanan 
Namanya emak, nggak jauh dari pertanyaan "masak apa?" Saat puasa tugas kita adalah menyiapkan menu buka puasa yang yummy dan sahur yang lezis. Coba deh kita siapkan jadwal menu makanan ketika puasa, nantinya supaya lebih fokus ibadah dan nggak kebingungan lagi. Ajak anak-anak juga yuk membuat plan ini. Mereka pasti semangat deh.



Memberi Pemahaman Pada Anak Tentang Puasa
Sounding ke anak tentang gimana sih puasa itu.  Ada tentang sahur dan berbuka. Untuk apa kita berpuasa. Lalu di sisi Allah dapat apa kalau kita berpuasa. Pelan-pelan kita bisa berikan pemahaman tentang puasa supaya terbiasa sedari kecil. Apalagi untuk anak yang baru akan mulai berpuasa seperti Ashika. Bisa kasih pemahaman tentang puasa dengan hal yang anak sukai, contohnya sambil bercerita.



Melakukan List Kebutuhan Rumah Tangga
Beberapa waktu lalu saya sudah sempat beli kebutuhan rumah tangga yang memang butuh dan harus kita beli. Seperti mukena Kaina yang sudah kecil, tentu mamak harus ganti mukenanya.
Coba cek peralatan shalat, lalu pakaian dari luaran sampai dalam. Saya beli mukena untuk Kaina dan mukena mbak, pakaian dalam juga saya beli di Tokopedia semua bebas ongkir. Happy banget. Eits, ingat ya, list kebutuhannya dulu baru list sesuatu yang hore-hore biar nggak pucing hehe. Apalagi kalau beli-belian dapat cashback. Ya nggak?!



Belanja Online di rumah aja
Pandemik juga berdampak ke rupiah, otomatis juga ke harga emas hari ini. Bisa cek online kok.
Btw, nggak perlu wara wiri, anti rempong-rempong club. Belanja kebutuhan apa pun, semampunya lewat online. Kalau nggak perlu banget keluar rumah, ya di rumah aja. Bosan di rumah itu wajar tapi nggak usah lebay. Oh ya di Tokopedia selain bisa BEBAS ONGKIR ada program lainnya lho seperti brand deals, crazy deals, flash coupon, kejar diskon, kotak kejutan, tokopedia play, dan gajian ekstra.




Mudahnya belanja online, jangan sampai kebobolan ya gaes hehe. Tidak lupa untuk menabung, kamu bisa juga pilih investasi emas karena memang berinvestasi emas nggak rugi.

Jadi gimana nih persiapan ramadhannya sudah kebayang kan? Semoga masa pandemik corona ini segera berakhir ya, amiin.. 

2 comments:

  1. Wah... Nggak kerasa udah mau memasuki bulan Ramadhan aja nih kita.
    Harus lakuin persiapan juga biar semangat menyambut Bulan Ramadhan walau di tengah pandemik gini.

    ReplyDelete
  2. persiapan puasa tahun ini ngga ada persiapan kalau aku,, lemes ada corona gini, udah mikir pasti atmosfernya bakal beda bgt dengan biasanya,, suasanya ramainya ramadhan bakal hilang :(

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by