Pages

Cara Hidup Lebih Sehat di Masa Pandemik Corona

Cara Hidup Lebih Sehat di Masa Pandemik Corona~
Lelah campur aduk. . Masih di 2020. Ya Allah, anak-anak sempat sakit semua di bulan Januari Februari. Saya pun agak tumbang. Paping juga sempat sakit, sebelum anak-anak. Kesehatan adalah yang utama. Beneeeer banget. Apalagi situasi kayak gini, pandemic, pandemik huft. Kita semua tahu, dunia sedang dilanda wabah yaitu virus corona (Covid 19). Nggak bisa dibilang mudah untuk menjaga kesehatan tapi tetap berusaha ya. Anak-anak yang sedang aktif juga. Jaga kesehatan mereka tuh setengah matik, apa maming lebay? Tapi ngerasanya tuh gitu, dan sedih kalau mereka pada sakit walau cuma batuk dan pilek. Singkat cerita hanya ingin berbagi pengalaman tentang apa yang dilakukan untuk jaga imunitas keluarga di masa sulit, di masa wabah virus corona.

Cara Hidup Lebih Sehat di Masa Pandemik Corona


Qadr Allah, minggu pertama #dirumahaja ketika beberapa orang bisa WFH, paping belum bisa. Beliau masih harus menerjang ibu kota Jakarta di mana case corona lebih banyak karena juga bermula dari Jakarta. Perasaan khawatir sudah pasti ya, gimana nggak. Karakter virusnya ngeri. Orang yang sehat bisa jadi pembawa virus juga. Honestly merasa galau, paping kan naik KRL dan di kepala saya tuh macam-macam. Hmm. . Ya Allah. Pada akhirnya mencoba melepaskan pikiran yang aneh-aneh. Saya mencoba mengusahakan yang terbaik, berusaha tenang, sampai saat ini tuh saya masih nyoba usaha tetap tenang. 

Baca-baca lagi tentang apa itu corona, kenapa bisa nempel di tubuh seseorang, lalu gimana cara terhindar dari virus corona yang sampai saat ini belum ada vaksinnya. Ternyata yang harus dilakukan adalah menjaga dan perlu menaikkan imunitas tubuh. Intinya mah hidup lebih sehat. Sudah lebih dari 2 pekan #dirumahaja dan rasa was-was memang menjadi wajar namun yuk bersama kita lakukan usaha melindungi diri dan keluarga. Berikut hal yang saya lakukan setiap hari dalam menjaga kesehatan di masa pandemik ini. Mungkin kebanyakan sudah pada tahu, biar ingeeet terus saya tulis lagi hehe. Sebenarnya buat diri sendiri juga. Cara hidup lebih sehat di masa pandemik corona.

Minum Air Putih Ketika Bangun Tidur
Anjuran yang sangat baik ketika bangun tidur adalah minum air putih tentunya setelah doa bangun tidur yes. Waktu itu dsa Ugo juga menyarankan minum 2 gelas air putih untuk membersihkan tubuh dari racun dan melancarkan metabolisme. Insya Allah bisa BAB lancar setiap hari.

Cara Hidup Lebih Sehat di Masa Pandemik Corona


Sarapan
Tidak terbiasa dengan sarapan? Sarapan itu penting walaupun sedikit. Gunanya sarapan supaya tubuh kamu memiliki energi. Meskipun kamu sudah tydac jomblo lagi, tubuh kamu perlu asupan di pagi hari. Don't skip your breakfast, karena sarapan juga meningkatkan konsentrasi. Sarapan saya biasanya ya nasi dan lauk. Haha.



Minum Air Putih Yang Cukup
Jangan kasih kering tenggorokan kamu ya. Hindari dulu minum yang dingin. Air putih biasa bagus buat tubuh kita.

Istirahat Yang Cukup
Sangat penting! Kalau dirasa kayaknya badan sudah nggak enak, seperti kurang tidur, coba deh langsung istirahat. Yang paling ganggu kalau mau tidur sih yaa hapean.  Iya nggak? Coba jauhin dulu deh handphonenya. Kasih hak tubuh kamu istirahat. Insya Allah sehat selalu.



Makanan Yang Bergizi
Buah dan sayur jangan lupa. Kejar vitamin C dan E. Gitu sih katanya. Hihi. Ashika suka banget jeruk dan semangka. Kalau anak bayik mpasi mungkin boost pakai brokoli di menu mpasinya. Btw, rekor bisa bawain bekal selama 3 hari buat paping. Prestasi #lah. Karena masih punya bayi masgo 9 bulan. Jadi effort luar biasa. Dan kayaknya saya menikmati kelelahan ini. Lol.



Minum Suplemen
Teman bisa nyobain perjamuan atau minum vitamin. Kalau saya nyobain konsumsi susu kambing saat pagi. Lalu siang minum vitamin. Malam hari bisa minum jahe merah, alhamdulillah tetangga baik ada yang jual jahe merah bubuk. Ya pokoknya apa yang kamu bisa telan deh. Kalau Kaina pagi suka minum semacam madu atau sari kurma. Siangnya minum vitamin untuk anak. Pas masih ada jamu kunyit temulawak kencur dari mbah, tiap malam minum 1 sdm buat anak.

Manage Stres
Nggak bisa dipungkiri lagi, stres pemicu badan jadi nggak sehat gaes. Hehe. Sebisa mungkin olah stres kamu. Memang terlalu banyak informasi tentang Covid 19 ini. Ibarat hujan, informasinya sangat deras. Isi harimu dengan kegiatan menyenangkan dan positif. Ada yang lepas stres dengan harus makan sesuatu yang disuka. SAYA juga sukaaa. Lalu saya pribadi nyibukkin diri dengan kerjaan rumah. Misalnya dengan masak. Walau mbak bisa masakin tapi paling nggak, sempatin masak buat keluarga meski 1 menu. Karena saya merasa perlu bounding disitu.



Oot sih ini, pernah ikut kajian ustad Yusuf Mansur bilang tentang bounding ini. Kalau punya ART, baiknya pakaian dalam jangan dicuci sama ART. Jangan semuanya dikerjain ART. Nanti nggak ada bounding lagi.

#diRumahAja
Kalau pun harus pergi beli kebutuhan pokok, pakai masker. Jaga jarak. Beraktivitas ringan dengan paparan sinar matahari pagi, jujur sih saya nggak bisa olah raga yang gimana banget nih hehe. Nggak kuat to do list banyak #alasan.

Geprek bawang merah untuk ditaruh di pojokan kamar. Saya lihat storynya salah satu teman blog @qyusha Nisa pas blio masih di HK. Untuk menyerap kuman, tebar bawamg merah 😄 di kamar. Ganti 2 hari sekali. Saya lakuin ini juga.

Membersihkan Benda dengan cairan disinfektan juga saya lakukan. Saya bikin yang pakai bayclin. Diprotes baunya deh 😃. Saya semprot ke gagang pintu dan keran. Lalu sempat ngelap handphone paping dan jam tangannya. Ya namanya juga usaha, bismillah. Plus menjelaskan pemahaman tentang virus corona ke anak-anak.

Selain usaha iringi dengan doa serta sholawat sedekah juga dzikir pagi dan petang. Nah broadcast dzikirnya coba dibuka dan dibaca. Amalan yang baik banyak banget, tinggal lakuin.

Ternyata hikmah dari wabah corona banyak banget ya, tentunya jadi hidup lebih sehat. Semoga Allah selalu melindungi kita semua dan wabah ini cepat berakhir di semua belahan dunia termasuk Indonesia. Amiin.

Oke deh, kalau kamu.. apa usaha kamu untuk hidup lebih sehat di masa pandemik corona gini? Share yuk.

7 comments:

  1. Terima kasih buat tipsnya Mbak, semoga kita terhindar dari wabah ini ya, aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin moga manfaat yaa. Sehat2 juga di sana

      Delete
  2. semoga cepat reda wabah ini ya cil.

    ReplyDelete
  3. Sekedar info tambahan yang mungkin berguna buat kak Suci, cairan bayclin bisa ditambahkan cairan molto biar aroma tajamnya berkurang, kak.

    Selain bayclin, juga bisa pakai wipol.

    Semoga bermanfaat, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas terima kasih ya infonyaa. Soalnya yg ada di rumah saat itu bayclin 😊

      Delete
  4. semoga pandemi ini cepat berakhir supaya kita bisa menjalani aktivitas dengan tenang dan nyaman

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)