Membuat Rumah Minimalis Supaya Terlihat Lebih Lega

Membuat Rumah Minimalis Supaya Terlihat Lebih Lega~ Rumah adalah tempat saya ngantor hehe. Ya, jadi ibu rumah tangga yang lebih banyak kegiatan di rumah memang susah-susah gampang. Bosan sesekali itu wajar. Hmmm, semenjak rumah di renovasi, anak-anak bisa semakin lari-larian di dalam. Saya pribadi nggak terlalu suka merabot dan punya banyak barang, ditambah lagi anak masih kecil. Kalau punya banyak barang, kebayang deh space yang diperlukan! Malah membuat rumah semakin sempit. Jadi perlu trick seperti apa sih untuk membuat rumah minimalis supaya terlihat lebih lega?




Beberapa hari lalu saya sedikit sih merapikan rumah (hahaa sedikit rapih boleh kan yaa), ada wall sticker yang belum dipasang karena bingung taruh mana dan kayaknya nggak cocok di semua tempat. Mau dibuang kok sayang ya, alhasil saya pasang dia di sebelah rak sepatu. Hasilnya cakep juga, bikin spot rak sepatu nggak krik-krik. Menurut kamu gimana?



Walaupun wall sticker-nya too mainstream ya hahaa.

Sebenarnya rumah kami nggak besar, dari luar juga terlihat mungilnya kok. Cuma ada 1 kamar mandi dan 2 kamar tidur. Rumah standar BTN yang ada kelebihan tanah sedikit di belakang, alhamdulillah menjadi tempat kami berteduh dari panas dan hujan. Dari fenomena instagram dan pinterest cukup menjadikan inspirasi kala itu. Mana teman-teman komtang (kompakers Tangerang) yang home decornya cakep-cakepula, asyik lihatnya, ikut senang. Meski terinspirasi, nggak semuanya bisa terealisasi. Hasilnya kurang lebih, rumah mungil kami menjadi terlihat lebih lega saja. Anak bisa lari-larian dulu. Enough! Nggak ingin banyak sekat. 

Tapi sebenarnya faktor apa sih yang bikin rumah minimalis aka mungil terlihat lebih lega? 
Berdasarkan pengalaman pribadi...


Gunakan Perabotan Rumah Yang Multifungsi
Dari pinterest sih ini saya pakai. Jadi di rumah ada 1 set sofa dan niatnya mau dipisah gitu. Satu taruh ruang tamu dan yang satunya di ruang tv belakang sekalian dekat rak buku. Mimpinya supaya bisa baca dan minum santai di belakang hehe. Lho ini jadi bahas ngalor ngidul :)). Perabotan rumah yang multifungsi seperti tempat duduk yang ada lacinya atau terbalik ya? laci yang bisa menjadi tempat duduk? Nah kayak gini. Tinggal taruh barang-barang sesuai keinginan. Kalau di rumah, saya jadikan tempat penyimpanan boneka, mainan anak (perintilan) dan lain sebagainya deh.


Membuat Rumah Minimalis Supaya Terlihat Lebih Lega
laci dan tempat duduk

Minimalisir Ruang Makan 
Lucky us, memiliki suami atau istri yang cukup seirama. Eleuh... irama, rhoma kali ah :))
kami menetapkan ruang makan dengan lesehan. Berkonsep lesehan itu nggak makan banyak space deh. Cuma butuh meja pendek dan bantalan doang. Ternyata selain hemat space, ruang makan konsep lesehan juga hemat budget. Menurut saya cocok banget buat yang masih memiliki anak kecil.


Membuat Rumah Minimalis Supaya Terlihat Lebih Lega
lesehan dulu yuukk

Manfaatkan Sudut Ruangan
Pertama kali memanfaatkan sudut ruang, kami taruh rak buku yang memang sudah di custom biar muat di sudut seperti ini. Awalnya paping ingin memiliki rak buku untuk taruh buku-bukunya, yaiyalah masa naruh hati aku di rak :d


Membuat Rumah Minimalis Supaya Terlihat Lebih Lega
rak buku disesuaikan dengan size ujung tembok

Tapi kami cukupengin si lemari nggak ngabisin space di rumah. Kalau kamu mau nyoba, manfaatkan sudut ruang, bisa dengan shelf gantung. Bisa diisi pernak-pernik juga kan. Kayak cangkir-cangkir #hue.


Gunakan Furniture Lipat
Furniture lipat seperti meja dan kursi lipat memang jawaranya. Saat ada acara keluarga yang butuh banyak space, tinggal dilipat deh. Pilihannya jatuh ke meja dan kursi kerja. Saya butuh tempat untuk menulis dengan posisi duduk yang benar gitu, cuma sesungguhnya menulis bisa saya lakukan di mana pun di rumah. Alhasil, meja dan kursi lipat jadi solusinya supaya rumah tetap bisa lega.


memilih kursi dan meja lipat


Jangan Ragu Untuk Pakai Perabotan Seperlunya
Tips ngeselin!, wheee si ucig. . 
lha ya sudah tahu kan luas rumah seberapa? mau punya perabotan sebanyak itu cemana atuh. Jadi tips terakhir ini pamungkas dan tidak boleh lupa. Sebelum beli, think deh kamu mau taruh di mana. Ada yang masuk dan ada yang keluar, ini kudu. Supaya nggak pusing sama barang. Sebisa mungkin, cari perabotan yang berfungsi dan multifungsi. Tapi kalau kamu maksa ya apa boleh buat dong, itu kan rumah kamuu^^ 

Baca Juga : 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Pindah Rumah

Menurut kamu apalagi tricknya buat rumah mungil supaya lega?

10 comments:

  1. Wow keren mba, jadi keidean nih makasih banyak ya sharingnya sangat bermanfaat❤️

    ReplyDelete
  2. Samaa mb, aq jg gak suka ngoleksi perabot mgkn krn mikirin anak2 jg kali ya plus rumahku mini. Ini tipsnya oke bgt buat aku contek, itu laci +tempat duduknya beli jadi apa custom gtu mb?

    ReplyDelete
  3. Aku setuju pakai perabotan multifungsi yang bisa jadi storage juga. Rumah gak banyak perabotan selain bikin rumah jadi luas, gak capek juga ngelap debunya hahaha :)))

    ReplyDelete
  4. Bener banget mba, perabotan kudu multifungsi. Sofa yg ada lacinya, tempat tidur pun juga lagi hitz mba yg ada laci nya gitu. Jadi hemat tempat ya dan rumah jadi terasa lebih luas

    ReplyDelete
  5. Saya tuh salut deh sama yang pinter menata rumah, termasuk mamah saya. Kayaknya ruangangan kecil atau besar bisa ditata jadi terkesan lega dan nyaman

    ReplyDelete
  6. Pakai furniture lipat sepertinya harus aku coba nih mbak, rumahku juga standar BTN mbak, baru ditempatin 1 bulanan, sempit bgt hehehe, thks infonya ya mbak

    ReplyDelete
  7. Mbaaak, aku tuh pengen banget begini. Punya rumah mungil, perabotan secukupnya aja. Tapi berhubung masih tinggal bareng orangtua, masih sulit nih pelaksanaannya. Ibuku tuh tipe yang penyayang perabotan banget dan bapakku tipe yang kalau mendatangkan perabotan ke dalam rumah, selalu berukuran guede. Jadilah aku memanfaatkan kamar tidur sebagai surgaku. Nggak boleh kebanyakan barang. One in, one out. Semoga kalau kelak diberikan rezeki bisa beli rumah sendiri, aku bisa memanfaatkan ruangan dan budget dengan sebaik-baiknya. Aamiin.

    ReplyDelete
  8. Walau kecil tapi rapi euy, Mbak.. Pinter menatanya. Aku juga kl nanti punya rezeki, pengen beli rumah yang mungil tapi perabotnya fungsional. Sumpek euy punya perabotan gede-gede..

    ReplyDelete
  9. Ah iya, pojokan tembok yang jadi rak itu berguna banget haha. Sama kolong tempat tidur yang bisa jadi laci penyimpanan. Aku biasanya ngakalin pake warna tembok juga biar rumahnya adem dan lupa kalo rumahnya kecil hahahaha

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by