Kenali Ciri-ciri Berikut Ini Agar Mendapatkan Susu Bayi yang Bagus

Kenali Ciri-ciri Berikut Ini Agar Mendapatkan Susu Bayi yang Bagus ~ Alhamdulillah adik Ashika sudah lepas nenen dengan proses yang terbilang cukup lancar untuk watak seperti dia, haha. Btw, lagi mau ngobrolin tentang susu bayi nihJika kita lihat, banyak ibu yang mencari susu bayi yang bagus untuk buah hati mereka. Sebenarnya perlu diperhatikan juga, susu yang bagus adalah susu yang paling cocok dan tidak menimbulkan reaksi alergi. Sebaiknya para ibu tahu atau paham betul mengenai sang bayi, apakah cocok untuk meminum susu formula yang ibu beri atau tidak. Karena bila ternyata si kecil tidak cocok maka tentu saja akan sangat mengganggu kesehatannya kan?



Tidak semua produk susu yang berada di pasaran cocok untuk anak-anak. Beberapa produk bahkan bisa menimbulkan sejumlah gejala atau ciri bayi tidak cocok dengan susu tersebut, beberapa produk bahkan menimbulkan gejala atau ciri bayi tidak cocok mengkonsumsi susu formula. Dalam hal ini, terdapat 2 hal mengapa si kecil tidak cocok mengkonsumsi susu yang kita beri, yakni karena alergi pada susu atau bisa karena intoleransi laktosa. Saya pun pernah bertemu dengan seorang ibu yang anaknya alergi susu formula. Beberapa kali harus konsultasi ke dokter.

Ciri bayi tidak cocok pada susu formula karena alergi serta intoleransi laktosa kadang memang begitu membingungkan, gejala yang diberikan oleh keduanya sangat mirip, namun walaupun bagaimana pun, kedua kondisi ini sebenarnya berbeda. Alergi susu terjadi saat sistem kekebalan tubuh si kecil bereaksi pada salah satu protein yang berada di dalam susu formula. Ini adalah kondisi umum yang sering dialami bayi pada tahun pertama kehidupannya. Sementara untuk intoleransi laktosa akan terjadi saat si kecil mengalami kesulitan untuk mencerna laktosa yang menjadi gula alami pada susu, biasanya intoleransi ini terjadi sesudah saluran pencernaan karena virus. Jadi, masih terfokuskah mencari susu bayi yang bagus?

Terdapat ciri-ciri bayi tidak cocok dengan susu formula karena alergi susu seperti reaksi pada kulit seperti ruam merah, pembengkakan bibir, wajah hingga area di sekitar mata. Ada juga gangguan pernapasan seperti napas yang berbunyi, batuk, mengi hingga sesak napas. Sedangkan, ciri bayi tidak cocok dengan susu formula karena intoleransi laktosa seperti muntah, diare, kram atau nyeri di perut hingga kembung.

Bila bayi tidak cocok dengan susu formula karena ia memiliki alergi susu, ibu bisa mencegah reaksi dari alergi tersebut seperti:

  • Memberi susu dengan bahan kedelai sebagai pengganti susu formula untuk bayi. jika ingin melakukan penggantian susu, bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter anak, biasanya dokter akan memberikan susu yang tepat untuk si kecil. Hindari memilih susu sembarangan karena banyak bayi yang alergi susu formula juga alergi pada susu dengan bahan kedelai,
  • Bila si kecil memang harus mengkonsumsi susu formula, ibu dapat melakukan konsultasi ke dokter maupun ahli gizi yang berkaitan dengan penggantian produk susu yang lebih cocok untuk dirinya. Tentu dapat mengganti susu dengan jenis hypoallergenic yaitu susu yang bebas asam amino khusus yang bisa diperoleh secara bebas,
  • Jika kita masih menyusui atau memberi ASI pada si kecil, jangan mengkonsumsi produk susu, karena protein yang kita konsumsi bisa masuk ke ASI sehingga menimbulkan reaksi alergi pada buah hati.
Bila bayi tidak cocok dengan susu di pasaran karena intoleransi laktosa, ibu dapat mengatasinya dengan menghindari seluruh produk susu serta makanan yang memiliki kandungan laktosa. Ibu juga bisa memeriksa label makanan, pastikan tidak ada kandungan laktosa atau pun susu. Perhatikan pula reaksi yang terjadi ketika gejala intoleransi laktosa terjadi pada buah hati. Jadi, mulai dari sekarang jangan mencari susu bayi yang bagus untuknya, namun susu yang paling tepat untuk diri sang anak. Punya pengalaman mengenai susu bayi? sharing yuuk. .

 Semoga bermanfaat ya! 

23 comments:

  1. Anak-anak senengnya susu yang UHT daripada susu bubuk, kalau bubuk malah digado... Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah kadang ada yg gtu, eh banyak deh non.. bubuk di gadoo haha

      Delete
  2. waduh saya malah pusing bu anak saya dua tidak ada yang suka minum susu , semuanya hanya miunum ASI saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya klo di bawah 2 tahun kan asi pak hehe, jgn pusing malah enak ..

      Delete
  3. Alhamdulillah punya anak dua pas udah lepas ASI nggak ada yang masalah sama susu. Apa aja hayuuuk, bubuk maupun UHT. Tapi emaknya lebih seneng kasih UHT, nggak perlu repot bikin *emakmalas XD.

    ReplyDelete
  4. Anak saya juga alergi, makanya bela2in harus ASI, kalau yang kakak sudah suka susu UHT sejak kecil sih.
    Enak pakai UHT, gak ribet bikin susu atau cuci gelas/botol hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal tuang ya kalau uht, mamaknya pun sukaa mbaaa...

      Delete
  5. aku baru tau ternyata ada yang karena alergi susu sama intoleransi laktosa gejalanya yang diberikan beda y mba semoga info ini bisa banyak orang tahu biar ga salah kavrah hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, amin. .. memang susu pelu pilih2 nih mbaa

      Delete
  6. waahh Ashika udah lepas nenen ya?? asyik ya Ci klo gak ada drama saat menyapih, heheheh.

    Fawwaz jg kayaknya klo udah MPASI bakalan selingi dengan sufor deh, yg penting ASIX nya ini lancar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa Ashika udah minum susu dii, bkn yg asiii hihi..
      Sehat2 ya Fawwaz..

      Delete
  7. Ciri bayi tidak cocok dengan susu nya salah satunya adalah keluar totol-totol diwajah atau diseluruh badannya. Ini kejadian sama anakku yang pertama nih Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengaruh ke kulit ya seringnya... bisa kelihatan. Noted mbaaa...si Kakak Naeema yaaa

      Delete
  8. Sayangnya anakku gak mau minum susu formula. Gimana ya caranya supaya dia mau minum susu formula?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari rasa yg dia suka mbaaa...cobain gantu merek udah blum. Tapi klo uht mau jg gpp kan :)

      Delete
  9. Sangat bermanfaat ini Mbak. Emang memilih susu buat bayi itu harus ekstra hati-hati.

    ReplyDelete
  10. Kalau milih susu harus hati-hati, takutnya nanti malah bikin alergi ya.

    ReplyDelete
  11. Aku baru tw yg intoleramsi kedele ka ucig, takirain adanya sapi doang

    ReplyDelete
  12. Dari tiga anak, hanya si sulung yang doyan susu sampai sekarang.

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah Hammam telah menemukan susu yang cocok hehehe.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena