Cerita Sederhana Membuat Anak Menjadi Kreatif

Cerita Sederhana Membuat Anak Menjadi Kreatif ~ Anak-anak itu hobinya menguji kesabaran para orang tua. Kalau dibilangin jangan loncat, eh malah loncat. Disuruh masuk, dia semangatnya lari keluar. #Whew. Sabar... ini adalah cobaan. Tapi ya memang begitulah anak-anak. Mereka pintar tapi masih rebel. Kaina pun kini semakin nalar. Saya nggak ada trik khusus buat dia, saya cuma mencontoh pak suami yang selalu memberi kasih sayang yang cukup. Hmm, singkat cerita beginilah usaha saya untuk membuat anak menjadi kreatif. Lanjut baca ya :)


Membuat Anak Menjadi Kreatif


Baca Juga: Mewarnai Dunia Anak

Ketika gurunya Kaina bilang, "Kaina dikasih makan apa mama?, kok Kaina...bla-bla blaaaa

saya jawab "ini berkat bimbingan ibu juga.

alhamdulillah, yang nggak kalah penting dari itu semua adalah memperhatikan attitude anak-anak. Nggak hanya kepintaran akalnya saja.

Orang-orang kreatif biasanya memiliki sumbu yang panjang. Pastinya memiliki pikiran yang tenang dan rileks jadi akan mampu menghadapi segala tantangan. Meski ada juga yang bersumbu pendek. Tetap ngajarin anak-anak supaya bisa menjadi orang yang sabar, karena sabar salah satu hal yang dapat menolong kita.

Kreatif dalam menghadapi kesulitan, mengatasi kekecewaan itu nggak ada di sekolah. Menumbuhkan respect terhadap lingkungan sekitar dengan cerita sehari-hari. 

Contoh Nyata
Di samping berbagai macam teori, contoh nyata sangat mereka perlukan. Saya percaya banget, apa yang kita lakukan akan memantul kepada mereka. Jadi think twice sebelum melakukan hal buruk, terlebih di depan mereka. 


Beri Kesempatan Mengatasi Masalah
Mengasah anak-anak berpikiran kreatif bisa juga dengan cara memberikan mereka kesempatan untuk menyelesaikan masalah yang kecil. Berilah kesempatan supaya mereka bisa memiliki life skill. Hehe. Contohnya ketika anak menumpahkan minuman, biarkan anak-anak yang mengambil dan mengelap air tumpahannya. Terlihat sederhana tapi luar biasa. Sebisa mungkin nggak marah lah, sekedar air tumpah bisa dikeringkan. Saya sendiri pun masih trial error menghadapi yang ini nih.


Bercerita
Beberapa hari yg lalu saya sudah capek mengambil buku cerita kebangsaan kami. Terus saya mengarang cerita tentang gajah dan semut yang akan menyebrangi sungai. Saya coba tanya pada Kaina, "gimana cara semut nyebrang sungai ya? Nanti dia tenggelam". 

Kaina menunjukan bahunya sambil bilang "taruh di sini". Oh maksudnya taruh semut di pundak gajah 😄 nice think. Hal kayak gini nggak bisa sekali kita asah terus berhasil, perlu arahan kecil tipis-tipis secara konsisten. Pertanyaan sambil kita santai main dan pikirannya rileks, plus konsentrasi penuh itu juga berpengaruh pada pola pikir.


Bermain
Fun activity selalu yang mereka perlukan. Namanya juga anak-anak, suka banget main. Berikan waktu yang cukup untuk itu. Melompat, berlari, main sepeda, bergerak aktif itu baik untuk anak-anak. Main tebak-tebakan kadang jadi favorit. Misalnya tebak-tebakan nama binatang, wah ini seru banget. 

Finally setiap ibu berpotensi untuk membuat anaknya menjadi kreatif. Tinggal bagaimana kita?...Sharing yuk biasanya main apa dengan anak-anak?

Cerita Sederhana Membuat Anak Menjadi Kreatif ini merupakan Collaborative Blogging Emak2Blogger dari kelompok Siti Nurbaya dengan tema Memacu Anak Berpikir Kreatif. Baca tulisan mak Rita yang juga seorang penulis, kisah supernya di Memacu Anak Berpikir Kreatif atau kenal lebih banyak lagi di mamaritajournal.wordpress.com


29 comments:

  1. Tipsnya bisa diterapkan buat anakku nanti. :D Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  2. Info yang menarik dan sangat bermanfaat untuk para orang tua.

    ReplyDelete
  3. Wah makasih tips nya mom :)

    ReplyDelete
  4. Aku juga seringnya mendongeng untuk anak, kayaknya pesannya langsung bisa cepet sampai

    ReplyDelete
  5. Wah harus banyak punya stok cerita nih kayaknya buat anak nanti

    ReplyDelete
  6. Aku mtaktekin tuh mba yang biarkan anak mencari solusi permasalahan. Ya tapi pake marah dulu sih akunya klo (misal) air minum ditumpahim
    Ke lantai. Stlh itu baru aku ksh tau klo hrs dibersihin. Hehehe susyaahh mba klo akunya gak pake marah dulu. Refleks aja gitu akunya.

    ReplyDelete
  7. biasanya sy spontanitas aja mainnya

    ReplyDelete
  8. Aku baru mulai praktekin yg bercerita nih mbk. Soalnya si kecil udh mulai mau anteng duduk agak lama. 😁

    ReplyDelete
  9. Naaah ini nih, tipsnya bagus kalo aku dah punya anak nanti.
    Anaknya mbak kreatif. Semutnya ditaruh di pundak gajah... laah kepikiran aja yak.. Aku aja sempet mikir hahahahha

    ReplyDelete
  10. Thanks buat sharing-nya, mbak Uci. Jadi punya gambaran jika nanti punya anak.

    ReplyDelete
  11. Oyaya, beklah mam. Habis ini aku akan coba lebih rajin cerita. Hihihihi... Kadang males sama anak-anakku yang suka minta diceritain, tapi baru sampe 2 halaman udah kabur. Hahahaha

    ReplyDelete
  12. Nambah informasi nih. Bisa diterapkan disaat punya anak nanti, eh punya istri dulu deng..hehe
    Nice share, Teh..

    ReplyDelete
  13. baru sadar kalau desain blognya udah ganti ya mbak
    judulnya juga jadi maming story
    congrats atas layout barunya mbak
    smg semakin sukses dalam blogging ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nind, ini nggak sengaja karena buat temporary entah sampai kapan. Desain yg dulu masalah, kotak komentar :'( makasih haa Nind

      Delete
  14. Aku seringnya mancing iioo pake cerita mak, jawabannya kadang bikin ngakak dan kadang bikin mikir karena kadang di luar pemikiran kita ya

    ReplyDelete
  15. Mendidik anak menjadi kreatif ternyata dengan cara sederhana ternyata bisa ya mba, maklum mikirnya udah njlimet duluan akuh hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Allah bisa mba, hihi aku kan anaknya masih kecil. Mba nu jauh lebih pengalaman dari aku hehe

      Delete
  16. Waaa aku akan pakai nich tip dari maming story, anak sulungku agak susah bercerita kemarin-kemarin. Nah, baru-baru ini aku yang aktif bertanya, kalaupun dia masih enggak mau jawab, aku terus nanya, kalau dulu aku tinggalin, biar dia cerita sendiri...sekarang aku pepet terus supaya dia mau cerita, Alhamdulillah lumayan ada kemajuan anakku ini, belum ditanya sudah mulai mau cerita peristiwa apa yang terjadi di sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah klo anak terbuka ya mba :) moga selalu sabar yaaa kita mba.. amin

      Delete
  17. Wah aku belum punya krucil
    Hmmmmm simpan dulu tips nya sampe nanti punya ya mbak hihihihi

    ReplyDelete
  18. membiasakan anak untuk membaca,,
    dibandingkan mainan gadget...

    ReplyDelete
  19. saya juga sangat suka bermain bersama bapaknya mantan. hahah

    ReplyDelete
  20. Yang sering terlupa yg point memberi kesempatan anak menghadapi masalah itu. Sebagai ortu kita penginnya protektif. Sampai anak2ku sudah besar, masih kesulitan untuk point itu. Kalau mereka ada masalah, berusaha keras menahan diri utk tidak maju duluan. Cuma melihat mereka dari jauh sambil menunggu mereka sendiri yg datang ke kita utk menceritakan masalah mereka itu berat loh heheeee

    ReplyDelete
  21. sepertinya istri saya harus belajar jadiblogger supaya bisa mendapat ilmu luar biasa dari blogger-blogger hebat KEB

    ReplyDelete
  22. Kalki tuh seneng banget diceritain cerita dadakan yang terpikirkan secara spontan oleh mama, papa atau oma dan opanya. Judulnya bakalan dia yang sbeutkan kita tinggal bikin alur ceritanya hehehe :D

    ReplyDelete
  23. Kaina umur brp deh kreatif bgt semutnya taro d pundak 😍

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena