Jangan Skip Konsumsi 7 Makanan Ini Supaya Kulit Tetap Sehat Saat Puasa

Jangan Skip Konsumsi 7 Makanan Ini Supaya Kulit Tetap Sehat Saat Puasa ~ 

Kulit cantik, muka glowing, siapa yang nggak mau? Beberapa pekan lalu saya baca tentang fakta berpuasa bisa memperlambat penuaan. Kalau dipikir-pikir, benar juga siii. Asal puasanya dilakukan secara benar kali ya. Tidak mere-meree dan saat buka puasa pun makannya nggak berlebihan. Duh langsung ngaca 😅, betulin jilbab. 


Jangan Skip Konsumsi 7 Makanan Ini Supaya Kulit Tetap Sehat Saat Puasa


Sayangnya saat buka puasa, banyak yang main hajar aja padahal rasul udah mencontohkannya. Tentu setiap apa-apa yang dibawa rasul, ada maksudnya. Jadi kesehatan tubuh bisa tetap terjaga selama ramadan. (jewer kuping sendiriii)

Asupan tubuh menjadi salah satu faktor ya biar badan sehat. Selain asupan, ada olahraga, pikiran yang sehat juga turut berpengaruh pada kesehatan.

Mau curhat banyak nih huhuw. Baru kali pertama merawat kulit wajah yang berjerawat. Biasanya hanya punya 1 jerawat kalau lagi mau bulan datang. Kini keadaannya beda, saya menjadi pejuang acne. Walau gitu, masih tetap semangaaat merawat kulit walau sedang berjerawat.

Memperhatikan porsi saat konsumsi air putih. Air putih biasanya saya minum ketika bangun sahur, setelah makan sahur, buka puasa, setelah makan, berangkat tarawih, pulang tarawih dan sebelum tidur. Melakukan olahraga ringan. Kurangi Makanan Manis dan Berminyak. Perawatan wajah dengan rutin membersihkan wajah, memakai sunscreen dkk. Tidak lupa krim dari dokter yang harus ditotol-totol ke jerawat hehe.

Nah ngomongin makanan, kira-kira makanan apa aja yang bisa bikin kulit tetap sehat ya saat berpuasa, pasti udah pada nebak sih kalau makanannya tuh sayuran dan buah-buahan. Tapi di sini saya mau pilih yang biasa dikonsumsi dan yang mudah ditemukan di pasar.


Alpukat

Ada yang suka alpukat langsung dimakan gitu aja? Aih jadi ingat masa kecil, makan alpukat pakai gula huhu itu enak bangaaat. Alpukat saat bulan puasa tuh enak dibikin es ya dicampur dengan kelapa. Wah syegaaar sekali. Dan vitamin yang terkandung dalam alpukat yakni vitamin C dan vitamin E, ada juga vitamin B6. Alpukat memiliki antioksidan, seperti karotenoid, flavonoid, asam lemak tak jenuh, dan tokoferol yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan alpukat bagus untuk kulit sampai ada juga kan masker alpukat. Walau begitu, saya pilih alpukat untuk dikonsumsi, praktis, jleb, masuk ke perut.




Sayuran Hijau

Terdapat banyak manfaat dari sayuran hijau yang bagus untuk kesehatan, dia juga bisa memperbaiki warna kulit. Asupan yang kaya kandungan antioksidan membantu meningkatkan produksi kolagen. Salah satu contohnya adalah sayuran hijau. Kamu bisa pilih sayuran hijau seperti bayam. Btw, sayur bayam sempat mahal, pernah mencapai 8-9 ribu per ikat. Luar biasa banget kan mahalnya. Selain sayur bayam, bisa pilih juga brokoli. Brokoli bermanfaat untuk mendetoks tubuh. Brokoli kan ditumis juga udah enak, atau ada yang suka dipanggang? Semuanya yummy.




Tahu

Tahu goreng cig?? eh ehehee. Kalau bisa tahunya dibuat sup gitu, ya kalau bisa :P. Jadi tahu merupakan makanan yang baik untuk kesehatan kulit. Tahu mengandung vitamin E dan memiliki kandungan protein plus asam lemak esensial yang dibutuhkan tubuh. Kandungan itu mendukung pembentukan atau produksi kolagen. Tahu diketahui punya isoflavon yang tinggi untuk menjaga elastisitas kulit. Nah nah, tahu diketahuiiiii kan. Selain sup, bisa juga dipepes dong, hidup pepes!





Yogurt

Yogurt kesukaan anak-anak di rumah. Kandungannya yogurt yang terkenal bagus untuk pencernaan karena mengandung probiotik. Sebenarnya bukan hanya untuk pencernaan. Kandungan lactic acid pada yoghurt dapat menutrisi kulit wajah serta membantu membantu regenerasi kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Supaya optimal disarankan yogurt plain ya. Enaknya dicampur dengan berbagai macam buah seperti apel, strawberry, anggur, atau kiwi.


Ikan Lemak Sehat

Ikan lemak sehat baik untuk kulit. Waktu kecil terbiasa makan ikan, tapi baru tau juga ada ikan lemak sehat. Kenapa sih dibilang ikan lemak sehat? Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 yang termasuk dalam kelompok lemak tak jenuh. Contoh ikan lemak sehat seperti kembung, sarden, tenggiri, cakalang, dan tuna. Apa manfaatnya omega-3 ? omega-3 bersifat anti-inflamasi sehingga menurunkan risiko penyakit akibat radang, seperti eksim, rematik. Omega-3 juga memengaruhi fungsi sel-sel tubuh.


Wortel

Familiar wortel hanya untuk mata, namun sayuran berwarna segar ini punya manfaat selain untuk mata. Wortel memiliki kandungan vitamin A dan C. Dalam wortel mengandung antioksidan yang bisa membantu menghambat proses penuaan. Dan antioksidan yang ada dalam wortel efektif menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel dalam tubuh. Wortel juga bisa dijadikan masker yang membantu mencegah kerutan dan mengatasi wajah kulit yang tidak merata. 


Kaldu Tulang

Tak hanya sedap dan nikmat dong, kaldu tulang bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit juga. Kolagen yang terdapat di dalam kaldu tulang dapat mengencangkan kulit sekaligus mencegah penuaan. Kolagen dalam tubuh kita semakin lama semakin menurun sejak usia di atas 25 tahun, jadi perlu bantuan kolagen dari luar. Wah wah perlu kaldu tulang deh nih.

Gimana nih setelah tau kandungan 7 makanan yang membuat kulit tetap sehat. Yang bingung besok masak apa ya? siapkan menu dari bahan-bahan di atas aja yuk. Semoga bermanfaat ya.


Sumber: Alodokter.com, Klikdokter.com, Halodoc.com

Komentar

  1. Aku akhir2 ini langganan beli kaldu sapi dan ayam dari broth n co mba. Tapi tujuannya lebih ke jaga imun sih buat anak2. Soalnya akhir2 ini sering sakit. Dan berasa bgt setelah minum itu rutin jadi cepet sembuh batpil nya. Ternyata bgs juga buat kolagen yaa,😄

    Kalo sayuran aku memang suka. Bangeet malah. Lalapan sambel terasi, beuugh udh seneng walo itu aja 😅

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)