Cerita Persiapan Ramadhan 2024

Cerita Persiapan Puasa Ramadhan 2024  ~ 

Alhamdulillah akhirnya mendekati bulan puasa lagi nih, bulan yang dirindukan jutaan muslim di dunia. Ya nggak sih? Bulan Ramadhan merupakan bulan spesial bagi umat. Walau hawa-hawanya di luar mulai panas tapi yang namanya bulan puasa tuh identik dengan keteduhan. Gimana nggak, bulan puasa adalah bulan penuh ampunan. Tentu ini ampunan untuk orang tertentu karena ternyata ada loh orang yang terhalang dari ampunan Allah. Nanti ya bahasan ini juga saya dapat dari kajian minggu lalu, insya Allah mau sharing. Btw, biar nggak bakbikbuuukkk dan puasa lancar, mari kita persiapkan dulu deh segala sesuatunya menjelang puasa ramadhan. Yukkkk ah.




Semakin hari kian sereeem ya baca berita dan hal-hal yang lewat di timeline tuh rasanya nggak pernah nggak ada yang buruk. Selalu adaa aja berita aneh makin hari. Tapi bentar deh, apa ada yang nggak mau tau, maunya yang lucu-lucu aja deh gitu? Mungkin ada tapiii semoga teman-teman sih nggak seperti itu ya. Kalau bisa kita harus peduli dan nggak boleh BOMAT. Walau kemampuan lemah, jangan lupa sematkan do'a ya.



Nah sebenarnya tujuannya apa sih puasa itu. Kalau tahun ini harus lebih baik dari tahun lalu. Memperbaiki ibadah kepada Allah yang berujung banyak sekali efeknya. Menerima lapang dada segala ketentuan dan keadaan sesuai kemauan Allah. Huhuuu mau nangis jadinya hua. Yaudah jadi ini Cerita Persiapan Ramadhan 2024.


Persiapan Jasmani dan Rohani

Membersihkan diri dari dalam dan luar. Mandi itu penting tapi ada yang lebih penting lagi yaitu membersihkan kotoran di hati kita, mencari kesalahan diri dan berusaha memperbaikinya. Kemarin saya dengar kajian bahwa pentingnya melakukan listing terhadap apa aja kotoran dalam hati kita. Bisa ditulis di catatan atau lewat handphone. Banyak tidak pedulinya kah? Merasa tidak bersalah setelah menyakiti orang lain? Jangan sampai saking kotornya hati, kita tidak merasa hati itu telah kotor. Seperti rumah yang memang kotor, bila dilempar kotoran atau sampah botol misalnya, ya rumah itu tidak ada pengaruhnya karena memang udah kotor. Naudzubillah.

Persiapkan tubuh yang sehat dan perbanyak do'a "Allahumma Ballighna Ramadhan." Meminta agar Allah mempertemukan kita dengan bulan ramadhan.


Mencari Pengetahuan Tentang Puasa

Me-refresh pengetahuan tentang puasa, saya rasa ini perlu. Walau dulu udah pernah dan lumayan sering belajar tentang puasa, pengetahuan yang lebih dalam lagi rasanya perlu kita gali. Berharapnya puasa nggak sekedar puasa. Puasa harus dengan sepenuh hati, ada sesuatu yang berbeda tentunya harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Membaca kembali hal apa aja yang bisa membatalkan puasa, siapa tau ada yang terlupa, namanya manusia yakan :) Saya juga sempat membaca tentang menu buka puasa yang baik. 
Contoh yang saya baca adalah :

"Para ahli gizi menyarankan agar selama bulan Ramadhan, orang yang memiliki kelebihan berat badan, menu berbuka terdiri dari makanan yang dijelaskan berikut ini:"

a. Satu gelas jus lemon
b. Daging sebanyak 100 gram
c. Sayur-sayuran yang direbus
d. Salad yang terbuat dari sayur-sayuran
e. Sepotong roti
f. Satu biji buah-buahan musiman (1 buah jeruk atau 4 biji buah kismis)

Membuat Jadwal Kegiatan

Bertambah putihnya rambut iniih, semakin banyak yang luput ugaak. Ya kalau nggak dicatat kayaknya ke sana kemari gjitu, lupaan orangnya deh. Jadwal kegiatan harus disusun karena udah pasti berubah. Anak-anak tetap sekolah namun jam masuknya beda. Saat puasa mereka masuk jam 8 pagi. Untuk seorang emak, ya tetap aja bangun pagi kita 😄 untuk menyiapkan masak sahur. Belum lagi ada waktu khusus sholat malam yang sayang sekali bila dilewatkan. Jangan sampai waktu terbuang untuk hal yang bukan bernilai ibadah. Jadi perlu membuat jadwal khusus di bulan puasa untuk pembagian waktunya menyesuaikan kebutuhan temans.


Persiapan Dapur

Cek isi kulkas, sekalian deh dibersihkan. Banyak yang mulai menyiapkan bumbu, saya yes banget sih untuk itu. Menyiapkan bumbu supaya bisa menghemat waktu. Bumbu dasar putih, kuning, merah, wah pokoknya sekarang mah udah banyak deh digugling ajaaa. 

Menyusun menu dan dilanjutkan dengan menyusun kebutuhan dapur. Belanja secukupnya sesuai menu yang akan dihidangkan. Sesekali jajan takjil di luar, oke laaah ya. Sepertinya bakal bikin takjil pisang goyeng nih, karena anak-anak udah suka pisgor, pada akhirnya, alhamdulillah huhuy.

Dengan melakukan persiapan dapur kita bisa tadarus juga tadabur lebih panjang waktunya. Semoga istiqomah yaaa.




Rasulullah ‎ﷺ pernah bersabda, _"Puasa adalah benteng. Jika seseorang diantara kalian berpuasa, hendaknya ia tidak berkata buruk dan membuat gaduh. Jika ada orang yang mencelanya, hendaknya ia mengatakan, 'Saya sedang berpuasa.' Demi Zat yang menguasai Muhammad, bau mulut orang berpuasa itu lebih wangi daripada bau kesturi di sisi Allah ‎سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى,"  (HR Al-Bukhari).

Nah, kayaknya paling tambahan saya nyiapin peralatan sholat untuk anak-anak juga. Tahun ini udah nggak pandemik juga ya, so happy. Sekian dulu ya cerita persiapan ramadhan 2024 nya, semoga bisa meraih lailatul qadr, aamiin.

Komentar

  1. Membersihkan hati penting banget memang. Jangan sampe puasa jadi sia2 hanya karena hati yg ttp kotor.

    Persiapan ku jelang ramadhan kemarin selain prepare hati, dan buat target ramadhan, juga nyetok aneka makanan frozen yg tinggal dipanasin mba. Ayam ungkep, tekwan, yg begitu2 lah. Krn selama puasa memang jarang masak. Bukan napa2 tapi aku ga jago kasih bumbu ke masakan hanya berdasarkan perkiraan . Yg ada kalo ga keadinan ya hambar. Jadi udah paling bener sebulan ini beli aja dan nyetok 😅

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)