Pengalaman Jual Foto Di Adobestock

Pengalaman Jual Foto Di Adobestock ~

Setelah jalan dan kadang juga lari-larian di Shutterstock, barulah saya coba menapaki Adobestock. Sebelum ke Adobe, saya pernah upload juga ke Depositphotos dan GettyImages. Gimana rasanya?  Enaknya sih di Adobestock tuh harga foto nggak 0.1, cuma memang belum terlalu sering laku 😄.  Ada juga nggak enaknya, proses reviewnya lama sekali deh bila dibanding Shutterstock, huaaa Adobestock tuh menguji kesabaran. Kali ini saya ingin cerita pengalaman jual foto di Adobestock.

Pengalaman jual foto di adobestock


Sebentar deh, mungkin ada yang masih bertanya-tanya, memangnya siapa sih yang beli foto di Shutterstock atau Microstock gitu?

Di sana ada pemilik bisnis, penerbit, perusahaan, desainer grafis, penulis artikel, admin socmed, agency iklan, marketer, developer web/apps dan lain-lain, mereka beli foto-foto di microstock.

Salah satu perusahaan pakai jasa agency buat ngurus social medianya, foto digunakan tuk mengisi Instagram gitu. Sekilas cerita foto pak suami di Shutterstock dibeli kantornya sendiri yang pakai jasa agency. Mereka juga nggak tau kalau orang tersebut adalah karyawan. 😄

Untuk format foto yang diterima oleh Adobestock yakni jpg, jpeg, bmp, eps juga AI. Sejauh ini saya belum pernah coba bikin foto pakai aplikasi AI. Untuk di Shutterstock menerima foto dari AI tapi yang digenerate dari website mereka sedangkan Adobestock telah menerima AI dari aplikasi seperti mid-journey, DALL-E, dan AI Art lain.

Selain foto, saya pun nyetok video di Adobestock. Format video yang diterima Adobestock adalah mov, mgp, mp4. 

Di Adobestock tuh motonya bisa foto pake hp nggak sih? Bisa kok, nyetok foto di Adobe, jadi bisa pakai hp yaa wankawan.


Tampilan aka User Interface Adobestock

Untuk submit ke Adobestock, biasanya saya pakai website langsung Adobestock Contributornya yaitu https://contributor.stock.adobe.com




Kalau di Shutterstock bisa menggunakan aplikasi di handphone, Adobestock ini nggak ada mobile appsnya. Dan untuk upload video/footage harus menggunakan VPN. Saya pernah menuliskannya di sini. Cara Upload Footage Di Adobestock

User interfacenya memang nggak seasyik Shutterstock tapi udah cukup bisa dimengerti ya.

Create release di sini udah kayak Shutterstock juga bisa send request, tinggal klik aja.


Pengalaman jual foto di adobestock


Upload foto pilih icon awan berpanah ya. Pengisiannya seperti yang di bawah ini. Gampang, tinggal isi title dan keyword sedangkan categorynya auto diisiin yes. Tapiii kamu bisa edit juga kok. Setelah diisi lengkap, boleh save work dan bisa submit.


Pengalaman jual foto di adobestock


Pengalaman jual foto di adobestock


Menurut saya lebih nyaman buka di pc atau laptop. Cuma kan file foto kadang dari handphone ya. Kamu bisa upload fotonya dari hp dan lanjut pengisian data lewat pc / laptop.


Lama Proses Review Di Adobestock

Bedanya dengan Shutterstock yang saya rasakan adalah lamanya proses kurasi. Sungguh lamaa banget deh Adobestock. Pernah sampai sebulan lebih gitu. Paling cepat review 2 mingguan deh seingat saya ya.

Kenapa sih Shutterstock lebih cepat dalam hal me-review foto yang kita upload? Shutterstock pakai robot gitu dia sedangkan Adobestock (katanya) melakukan review secara manual. Hmm, semakin ke sini semakin lama. 


Pengalaman jual foto di adobestock


Kalau kata yang udah terjuan duluan, Adobestock pas dulu tuh nggak selama sekarang. Jadi aku yang dulu bukanlah yang sekarang.

Bila ditolak, mereka kasih alasannya tapi nggak se-spesifik Shutterstock. Sejauh ini dapat alasan techinal issue dan property. Kalau belum ada hasil reviewnya tetap upload aja ya, pokoknya jalan terus deh submit foto ke Adobestocknya.


Apakah Boleh Foto Dari Shutterstock dijual ke Adobestock?

Sangat boleh bila non eksklusif dan memang saya juga belum pernah dapat eksklusif sih uhuuk. Jadi boleh ditebar fotonya di bermacam-macam platform jualan foto ya. 

Saya pribadi baru punya portofolio, 100an foto, dan beberapa video. Di Adobestock pun belum pernah payout. Pengin dirutinin juga nih ngisi Adobestock. Siapa tau bisa cepat payout ya.

Semoga tulisan Pengalaman Jual Foto di Adobestock ini bisa bermanfaat ya. Ada yang mau nambahin atau sharing pengalamannya juga gitu?

Komentar

  1. Semakin banyak yang sharing tentang menjual foto di berbagai platform aku jadi makin tertarik. Thank you sharingnya ya! :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)