Kenalan Singkat Dengan Abu 'Ubaidah bin Jarrah

Kenalan Singkat Dengan Abu 'Ubaidah bin Jarrah ~

Jadi sebenarnya siapa sih Abu Ubaidah itu? Kalau sekarang kita lebih sering dengar namanya dari perjuangan di Palestina. Yaaa, familiar Abu Obaida, beliau Juru Bicara Brigade Al Qassam yang berperang melawan penjajah Isriwil. Namun Abu Ubaidah yang akan saya perkenalkan adalah Abu Ubaidah bin Jarrah yaitu merupakan salah satu dari 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga. Masya Allah, bernama lengkap Amir bin Abdullah bin al-Jarrah al-Fihri al-Qurasyi Radhiallahu ‘anhu, seorang pemegang amanah dan kepercayaan umat.


Kenalan Singkat Dengan Abu 'Ubaidah bin Jarrah


Btw, materi ini saya ambil dari kajian ustad Helmi Imami Yasin di masjid Jami' Al Ukhuwah, Palem Semi Tangerang. Barakallah fiikum ustad. Materinya walau singkat tapi saya benar-benar kagum dengan sosok Abu Ubaidah bin Jarrah. 

Mulai dari cara dia memandang dunia, dan ketaatannya pada Allah, sungguh istimewa. Apalagi ketika perang melawan kaum yang berseberangan dan pimpinannya adalah ayahnya sendiri. 

Betapa galaunya bertempur di medan perang bertemu ayah sendiri. Beberapa kali menghindari tapi Allah kasih head to head dengan ayahnya saat itu, yaaa kita memang nggak ada apa-apanya bukan? ujian mereka luar biasa. Bukan untuk membandingkan, justru mereka diciptakan untuk dijadikan contoh bagi manusia lain.

Rasanya sayang sekali bila tidak saya bagikan di blog ini. Semoga teman-teman bisa mengambil manfaat dari tulisan ini. YUUUUK. .

Mari kita berkenalan singkat dengan Abu Ubaidah bin Jarrah. Beliau lahir di 40 tahun sebelum hijrah. Bayangin ajaa, 40 tahun sebelum ribuan tahun lalu iniiiih. Sungguh jauh sekali tapi kisahnya tak lekang oleh waktu ya.

Abu Ubaidah berperawakan kurus dan berwajah cekung. Janggutnya tipis. Posturnya tinggi bungkuk. Dan patah gigi serinya. (Thabaqat Ibnu Saad).

Abu Ubaidah bin Jarrah adalah salah seorang sahabat yang pertama memeluk Islam. Keislamannya hanya beda satu hari setelah islamnya Abu Bakar ash-Shiddiq radhiallahu ‘anhu. Beliau juga salah satu dari 10 sahabat yang dijamin masuk surga. Hijrah ke Habasyah (kedua).


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyandingkan dengan dua sahabat terbaik

نِعمَ الرَّجلُ أبو بَكْرٍ، نِعمَ الرَّجلُ عمرُ، نِعمَ الرَّجلُ أبو عُبَيْدةَ بنُ الجرَّاحِ

Laki-laki yang terbaik adalah Abu Bakar. Laki-laki yang terbaik adalah Umar. Laki-laki terbaik adalah Abu Ubaidah bin Al-Jarrah. 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda terkait Ibnu Al Jarrah RA,

إِنَّ لِكُلِّ أُمَّةٍ أَمِيْنًا، وَأَمِيْنُ هَذِهِ الأُمَّةِ أَبُو عُبَيْدَةَ بنُ الجَرَّاحِ

“Sesungguhnya setiap umat itu ada orang yang kepercayaan. Orang yang paling terpercaya di tengah umatku adalah Abu Ubaidah bin al-Jarrah.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim].


Kenalan Singkat Dengan Abu 'Ubaidah bin Jarrah


Ini luar biasa sih, sampai rasul aja bilang kalau Abu Ubaidah itu lelaki terbaik. Yang bicara sendiri itu bukan orang sembarangan, orang yang dijadikan role model umat muslim. Yang terbaik mention orang terdebeees. Udah pasti benar-benar Abu Ubaidah lelaki terbaik, karena rasul kita yang bilang yaaa. Valid!


Kekhususan sifat-sifat yang menonjol diantara Sahabat RA

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرْحَمُ أُمَّتِي بِأُمَّتِي أَبُو بَكْرٍ وَأَشَدُّهُمْ فِي أَمْرِ اللَّهِ عُمَرُ وَأَصْدَقُهُمْ حَيَاءً عُثْمَانُ وَأَقْرَؤُهُمْ لِكِتَابِ اللَّهِ أُبَيُّ بْنُ كَعْبٍ وَأَفْرَضُهُمْ زَيْدُ بْنُ ثَابِتٍ وَأَعْلَمُهُمْ بِالْحَلَالِ وَالْحَرَامِ مُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ أَلَا وَإِنَّ لِكُلِّ أُمَّةٍ أَمِينًا وَإِنَّ أَمِينَ هَذِهِ الْأُمَّةِ أَبُو عُبَيْدَةَ بْنُ الْجَرَّاحِ هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ


Dari [Anas bin Malik] dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "(Diantara) ummatku yang paling belas kasih terhadap ummatku (yang lain) adalah Abu Bakar, sedangkan yang paling tegas terhadap perintah Allah adalah Umar, yang paling pemalu adalah Utsman, yang paling bagus bacaannya adalah Ubay bin Ka'ab, yang paling mengetahui tentang fara'idl (ilmu tentang pembagian harta waris) adalah Zaid bin Tsabit, dan yang paling mengetahui halal haram adalah Mu'adz bin Jabal, Ketahuilah, sesungguhnya setiap ummat memiliki orang kepercayaan, dan sesungguhnya orang kepercayaan ummat ini adalah Abu 'Ubaidah bin Jarrah." [ HR Tirmidzi].

Meski para sahabat nabi itu orang-orang terbaik tapi masing-masing personal memiliki sifat yang menonjol. Ada hal istimewa, ada nilai lebih dibanding orang pada umumnya. Seperti Abu Bakar, beliau si paling berbelas kasih, sedangkan Umar adalah sosok yang paling tegas terhadap perintah Allah. Dapat kita lihat pada hadis di atas ya lanjutannya. Abu Ubaidah merupakan orang kepercayaan umat. Masya Allah.


Amiinu Hadzihil Ummah (Kepercayaannya Umat Islam)

عن حذيفة قال: جاء العاقب والسيد، صاحبا نجران، إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم يريدان أن يلاعناه، قال: فقال أحدهما لصاحبه: لا تفعل، فوالله لئن كان نبيا فلاعننا لا نفلح نحن ولا عقبنا من بعدنا. قالا: إنا نعطيك ما سألتنا، وابعث معنا رجلا أمينا، ولا تبعث معنا إلا أمينا. فقال: (لأبعثن معكم رجلا أمينا حق أمين). فاستشرف له أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم، فقال: (قم يا أبا عبيدة بن الجراح). فلما قام، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (هذا أمين هذه الأمة).

Dari huzaifah dia berkata, “Aqib dan sayyid dari (nasara) Najran kepada Rasulullah saw untuk melaknat Rasulullah (melakukan mubahalah). Huzaifah berkata, salah seorang dari mereka berkata kepada sahabatnya, “Baiknya kamu jangan melakukan laknat Rasulullah. Demi Allah, jika ia benar sebagai utusan Allah, maka laknat kita tidak akan menguntungkan kita dan anak turun kita”. Mereka berdua lalu berkata (kepada huzaifah), “Kami akan memenuhi apa yang kalian minta kepada kami. Utuslah orang yang dapat dipercaya untuk datang kemari. orang itu harus benar-benar dapat dipercaya”. Nabi berkata, “Kami akan mengutus orang yang dapat dipercaya untuk kalian”. Para sahabat Nabi menyaksikan peristiwa tersebut. Rasulullah saw bersabda, “Berdirilah wahai Abu Ubaidah bin Jarrah”. Setelah ia berdiri, Rasul bersabda, “Ia adalah orang yang paling di percaya dari umat ini”.

الأَمانَةُ هي أداء الحقوق، والمحافظة عليها، فالمسلم يعطي كل ذي حق حقه؛ يؤدي حق الله في العبادة، ويحفظ جوارحه عن الحرام، ويرد الودائع حريص على أداء واجبه ، بعيد عن المكر والخيانة 

Kepercayaan adalah pemenuhan hak dan menjaganya. Seorang Muslim memberikan haknya kepada setiap orang. Memenuhi hak Allah dalam beribadah, menjaga anggota tubuh dari haram, mengembalikan titipan, giat menunaikan kewajiban, jauh dari tipu muslihat dan pengkhianatan.


Abu Ubaidah RA mengikuti gerakan kaum muslimin kemanapun dalam berjihad dan membela agama Allah SWT

Kisah tak terjangkau nalar diperang Badar

لَا تَجِدُ قَوْمًا يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ يُوَادُّونَ مَنْ حَادَّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَلَوْ كَانُوا آبَاءَهُمْ أَوْ أَبْنَاءَهُمْ أَوْ إِخْوَانَهُمْ أَوْ عَشِيرَتَهُمْ ۚ أُولَٰئِكَ كَتَبَ فِي قُلُوبِهِمُ الْإِيمَانَ وَأَيَّدَهُمْ بِرُوحٍ مِنْهُ ۖ وَيُدْخِلُهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ ۚ أُولَٰئِكَ حِزْبُ اللَّهِ ۚ أَلَا إِنَّ حِزْبَ اللَّهِ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Kamu tak akan mendapati kaum yang beriman pada Allah dan hari akhirat, saling berkasih-sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya, sekalipun orang-orang itu bapak-bapak, atau anak-anak atau saudara-saudara ataupun keluarga mereka. Mereka itulah orang-orang yang telah menanamkan keimanan dalam hati mereka dan menguatkan mereka dengan pertolongan yang datang daripada-Nya. Dan dimasukan-Nya mereka ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Allah ridha terhadap mereka, dan merekapun merasa puas terhadap (limpahan rahmat)-Nya. Mereka itulah golongan Allah. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya hizbullah itu adalah golongan yang beruntung (QS Al Mujadalah : 22)


Kisah heroik di perang Uhud

Penaklukan Fahl (Damaskus) melawan Romawi 

Strategi dan Taktik mengacau + menyerang terhadap dua musuh 

Penaklukan latakia (vs Romawi)

Strategi penggalian lubang-lubang persembunyian

Miskul khitam ( akhir yang menggembirakan pada palestina iliya Baitul Maqdis)

Baitul Maqdis dikepung oleh Abu Ubaidah, sehingga penduduknya memilih menyerah dan meminta perjanjian damai kepada Abu Ubaidah seperti perjanjian damai untuk orang-orang Syam. Mereka meminta Umar bin Khattab RA sendiri yang turun tangan mengurusi perjanjian dan penyerahan kunci Baitul Maqdis, maka Abu Ubaidah mengirim berita kepada Umar, dan Umar pun datang ke Baitul Maqdis untuk membukanya.

Kezuhudan serta ketaatan Abu Ubaidah Ibn Al Jarrah RA 

Keengganan Abu Ubaidah RA menjadi Pemimpin (Dzatu Salasil)

Abu Ubaidah RA dan Khalid bin Walid RA (Yarmuk)

Umar pernah nulis surat kepada abu ubaidah.. saat beliau mendengar abu ubaidah sedang bertahan dari kepungan musuh.

Lalu balasan dari Abu Ubaidah adalah ini: 

Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.( QS. Al Hadid : 20)


Setelah itu dapat bantuan Rezeki dari Allah SWT untuk Abu Ubaidah dan Pasukan

سرية ابي عبيدة الي سيف البحر و الرزق الذي ساقه الله اليهم 


Kedudukan Abu Ubaidah bin Jarrah RA 

Abu Ubaidah termasuk pemimpin, beliau hanya memikirkan umat, Seluruh hartanya memang beliau berikan ke umat.

Kebayang dong kalau punya pemimpin seperti itu. Ya tapi rakyatnya juga merupakan orang-orang yang pasti tau diri sih yaa.


Kecintaan dan kekaguman Nabi SAW kepada Abu Ubaidah RA

Ketika perang, Abu Ubaidah pernah menarik tombak yang tertusuk di pipi rasul. Hal ini menyebabkan gigi atasnya copot sehingga ompong. Dan kalau nyengir, Abu Ubaidah sungguh lucu, namun tetap tampan kata rasul.

Kekaguman Abu Bakar RA, Umar RA yang amat sangat menginginkan Abu Ubaidah menjadi Khalifah

ورُوي أن عمر بن الخطاب قال: «لو كان أبو عبيدة بن الجراح حياً لاستخلفته، فإن سألني ربي عنه قلت: استخلفت أمين الله وأمين رسوله

Kerinduan Umar RA kepada Ubaidah ibn Al Jarrah RA

Abu Ubaidah sungguh mulia, ini terbukti karena seorang Umar merindukan sosoknya. Tau kan Umar tuh salah satu sahabat nabi yang tegas pada perintah Allah. Jadi Abu Ubaidah sangat spesial. Wafatnya Abu Ubaidah bin Al Jarrah RA karena wabah.


Kenalan Singkat Dengan Abu 'Ubaidah bin Jarrah


Sekian perkenalan singkat dengan Abu Ubaidah bin Jarrah. Meski telah dijamin masuk surga namun perilakunya terdebeeees kan. Tidak tamak akan dunia, bahkan tidak terpikirkan untuk memiliki harta benda berharga walau dia bisa. Ya kalau saya mah kan tidak terpikirkan karena memang tidak ada kemampuannya heheuuu. Abu Ubaidah tidak ingin banyak memiliki, supaya tidak banyak pertanggungjawabannya nanti ketika di hari akhir. Semoga kisah ini bisa diambil manfaatnya aamiin, dan menambah keimanan kita. Hmmm, cerita apalagi ya? 

Komentar

  1. Jagoan, nih. Salah satu jawara yang dipilih untuk duel di perang Badar. Mantaplah keahlian dan keimanannya

    BalasHapus
  2. Maaak, aku merinding bacanya. Soalnya beberapa waktu lalu aku juga sempat ikut kajian yang membahas sekilas tentang Abu Ubaidah bin Jarrah, Mak. Setelah mengalahkan ayahnya sendiri di perang Badar, beliau berkata “Tidak ada ikatan yang paling kuat, kecuali ikatan iman.” Masya Allah. Dan sampai sekarang materi kajiannya belum juga aku naikin ke blog. Huhu. Semoga minggu depan sudah bisa aku post. Bagaimana kalau kita tukeran backlink? Hihi.

    BalasHapus
  3. Ubadah sangat terkenal diantara sahabat Rasulullah aksi heroik dan ketaatannya menjadikannya sebagai kebanggaan kaum muslimin

    BalasHapus
  4. Masya Allah, aku baru tahu tentang Abu Ubaidah ini secara cukup lengkap di blog mak. Ternyata beliau calon ahli surga ya. Cerita sejarahnya membuatku berkaca-kaca. Terbaik sekali perilaku, sifat dan sikap dalam hidupnya. Menjadi suri tauladan bagi kita umat muslim di dunia. Makasih udah menuliskan ini di blog ya :)

    BalasHapus
  5. Masya Allah... dapat ringkasan dari kajian tuh senang banget deh, jadi menambahkan lagi ilmuku. Abu Ubaidah bin Jarrah seorang sahabat nabi Muhammad SAW yang selalu menjaga amanahnya dengan baik. Menjadi panglima perang yang handal dalam berbagai peperangan, seperti perang badar, perang uhud dan khandaq.

    BalasHapus
  6. Masya Allah ... Abu Ubaidah bin Jarrah ini nih the real superhero, the best of the best yang bisa dipercaya. Daripada mengidolakan betmen atau suparman, ku mau kenalkan Abu Ubaidah ke anak-anak.

    BalasHapus
  7. Abu Ubaidah bin Jarrah yg juga salah satu sahabat Rasulullah yang begitu dipercayai, sosok teladan yg juga ikut banyak peperangan membela panji-panji Islam. Namanya pun menginspirasi bagi pejuang islam di masa kini

    BalasHapus
  8. MasyaAllah. Abu Ubaidah sosok yang dirindukan pada saat seperti sekarang. Sosok yang memilih memberikan hartanya untuk rakyatnya dan bukan untuk dirinya. Dan juga berapa perjuangannya memang di jalan Allah

    BalasHapus
  9. Masya Allah, terima kasih sharingnya mak... Jadi menambah pengetahuan nih tentang Abu Ubaidah bin Jarrah yang menginspirasi ini...

    BalasHapus
  10. Masha Allah, sosok yang sesungguhnya menjadi lelaki yah, sosok tangguh yang beriman, semoga Allah selalu melindunginya, aamiin

    BalasHapus
  11. Wah, baca ini aku jadi tahu tentang Abu Ubaidah bin Jarrah yang sangat inspiratif
    Luar biasa kisahnya

    BalasHapus
  12. Masya Allah aku baru kenal Abu Ubaydah setelah 7 Oktober kemarin. Ternyata namanya diambil dari nama sahabat Nabi. Aku harus banyak baca lagi nih.

    BalasHapus
  13. Terimakasih mom sudah berbagi cerita tentang Abu Ubaidah bin Jarrah seorang superhero yang rela berkorban termasuk hartanya untuk rakyatnya

    BalasHapus
  14. Rasanya ikut terharu saat membaca kisah Abu Ubaidah, salah satu sahabat Rasulullah sholallahu 'alaihissalam yang dijamin masuk surga. Dan emrasa ujian yang kita hadapi saat ini, menjadi tidak ada apa-apanya.

    Wallahu.. semoga Allah mengumpulkan kita semua di golongan orang-orang yang berjuang di jalan Allah. Jihad fii sabilillah..

    BalasHapus
  15. MasyaAllah, baru tau aku lho cerita lengkapnya ini. Merinding ya. Padahal aku beliin 10 sahabat Rasulullah untuk anak-anak, tapi aku lupa terus sama Abu Ubaidah ini T_T

    BalasHapus
  16. Abu Ubaidah bin Jarrah, mesti berperang dengan melawan pasukan musuh yang dipimpin oleh ayahnya sendiri. Ini pastinya pergolalakan batin yang luar biasa ya mbak

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)