Tanggal Tua Masak Semur Ceker Aja!

Resep Semur Ceker ~

Udah Desember aja di sini, eh di sana juga ya haha. Bikin resep saat menuju tanggal 25 memang menguras otak ya, kadang masih mau ena makan tapi kudu mengalokasikan dana demi yang lain. Alhamdulillah ada anak ciwi-ciwi yang mau nraktir sushi. Rezeki nggak boleh ditolak deh iniiii. Pas weekday selepas subuh selalu berkutat di dapur, bikin sarapan, bikin bekal paping, lanjut mikir bekal makan siang para kakak. Serunya marathon in the kitchen. Karena hanya 2 tungku api, namun cukup untuk masak secara bergantian tepat waktu. Alhamdulillah dari Juli sampai awal Desember ini lelah berfaedah, alhamdulillah masya Allah karena pertolongan Allah. Kali ini mau sharing resep semur ceker, misalnya mau pedas tinggal pakai cabai rawit yang banyak ya.


Resep Semur Ceker


Ceker tuh enak tapi memang pas makannya rada effort ye. Apalagi untuk anak-anak menuju ABG kayak kakak, duh. Nggak disentuh deh. Kalau ada pilihan lain ya dia mending nggak makan ceker.

Saya mah suka sih walau makannya kudu turun gunung #ehh bukan.  Yaudah pokoknya ceker tuh nikmat dimasak kayak gini.

Jadi waktu itu saya masih punya sisa air rebusan ayam ungkep, dan sayang kalau dibuang kan? Akhirnya nasib si kuah itu saya olah untuk merebus ceker. Setelah ceker empuk baru deh disatukan dengan bumbu semurnya. Sengaja banget saya cuma pakai 1 buah cabai rawit supaya anak-anak bisa menikmati karena nggak kepedesan. 


Ini dia resep Semur Ceker Menggoda. .


Resep Semur Ceker


Bahan

  • Ceker direbus dengan air kaldu dan daun jeruk (saya nggak sampai 1/2 kg)
  • 8 Siung Bawang Mearh
  • 3 sdt baceman Bawang Putih atau bisa pakai 4 siung bawang putih
  • 3 Buah Kemiri
  • 1/2 sdm Garam
  • 1 sdt Kaldu
  • Segenggam Cabai Merah
  • Cabai Rawit (sesuai selera ya, saya hanya pakai 1 karena memang nggak mau yang pedas)
  • Kecap


Cara Memasak:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai
  2. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus sampai matang ya
  3. Masukkan ceker
  4. Tuang kecap sesuai selera,  saya hanya 1 sdm.
  5. Masukkan garam dan kaldu


Resep Semur Ceker


Ceker pedas ini sih udah cukup bikin saya nambah nasi. Bumbunya itu dibuat benar-benar matang kalau misalnya bikin porsi banyak ya supaya apa? supaya nggak cepat basi. Ketika matang, beri taburan bawang goreng deh, aduh itu sedap banget, pas di rumah lagi ada bawang goreng hasil belanja paping dari teman kantornya. Alhamdulillah ya bini nggak goreng bawang lagi :)).

Ceker biasanya dibuat sop ceker atau soto, nah diginiin juga enak ya ternyata apalagi kalau pakai campuran rempah-rempah. Saya skip lada di masakan ini. Wah perut jadi krucuk-krucukkk deh, saya ngebayangin pakai lada yang banyak plus nambah cabai lagi deh heheu. Btw, bumbu ini juga bisa untuk semur jengkol, aih saya kangen semur hengkol buatan nyai a.k.a  nenek saya. Semur jengkol Betawi ala nyai itu pakai rempah-rempah dan bumbunya nampol abeeeesh.

Masak di tanggal tua sesuatu yang kudu dijalani. Mau tanggal tua atau muda, seringnya memang masak, semoga Allah cukupkan ya. Nah, untuk yang pengin sedikit berhemat tapi tetap menggugah selera, bisa cobain masak semur ceker pakai resep di atas. Yuk cobain. .

Komentar

  1. Waaahhhh, cekerrrrr kesukaanku! Lah, tadi pagi dan kemarin aku baru aja makan jengkol balado buatan mamahku hehehe. Oh, jadi ceker direbus pakai daun jeruk juga ya, pantesan harum :) Kalau aku sih masaknya kurang bisa kayak ga PD dengan hasilnya wkwkwkwk. Pakai lada makin enak kalau aku sih mbak. Semur atau sop ceker atau soto aku doyan banget pokoknya tancaaap gaskeuun :D

    BalasHapus
  2. anak aku doyan bunget nih ceker. Tapi dia tipe yang gak mau diapa apain selain dibikin sop. Jadi aku pernah nawarin ceker kecap gitu dia malah gak doyan, padahal kalau dibikin jadi sop bisa dia yang ngabisin cekernya, huee.

    BalasHapus
  3. Molly jujur kurang suka makan ceker. Susah ngemutnya kadang klo gak bisa ngolah malah keras banget. mesti direbus berapa lama bun supaya empuk?

    BalasHapus
  4. Ceker ayam kesukaanku.. Tapi sayang, anak-anak ngga doyan. Huhu.. Padahal kata orang tua jaman dulu mah, dikasih ceker biar pinter cari duit, yaa.. Xixixi.. Aku suka ceker karena kulitnya gurih. Trus kalau masaknya sampai empuk, kulitnya gampang terkelupas sendiri. Aduh, jadi ngiler bayanginnya...

    BalasHapus
  5. Saya tuh kalau masak ceker suka jadi hitam gitu kulitnya, terus gak bisa empuk padahal sudah ikuti berbagai tips yang diinfokan di internet. Harus terus uji coba sepertinya nih biar hasilnya maksimal

    BalasHapus
  6. Hihi, iya juga yaa..
    Namanya masak mah ya.. kudu setiap hari. Soalnya kalo jajan terus, kerasa juga tuh, duid berapa aja kaya gak pernah cukup.

    Ide bagus banget buat masak semur ceker nikmaaatt~
    Semua suka.. Kepikiran kalo keluarga kami 4 orang, kudu beli berapa kg ceker yaa..

    BalasHapus
  7. sukaa banget sama ceker ayam. dimasak apa aja pasti disikat. sensainya dikriti sampe tinggal tulangnya. jadi semur ceker mantep nih auto ludes sama kuahnya juga saking enaknya

    BalasHapus
  8. Aku suka ceker dan lumayan sering bikin semur kaya gini. Kalau versi kuah malah jarang banget. Bikinnya sekalian banyak karena semua orang di rumah suka. Kayanya bisa buat camilan daripada lauk

    BalasHapus
  9. April7:22 PM

    Wah aku penggemar ceker mbak. Awalnya di rumah aku aja yang suka, eh, ndadak anak2ku jadi ikutan suka. Makanya kalau beli ceker akhirnya rada banyakan. Belum pernah sih dibikin semur, aku baru tahu resepnya baca ini. Biasanya buat campuran sop atau lodrh hehe. Kalau inget ceker selalu inget petuah org zaman dulu katanya makan ceker suolpaya langkah kakinya jauh alias bisa merantau atau travelingan jauh2. Hehe. Percaya gak percaya aku aminin aja 🤣

    BalasHapus
  10. Aku penasaran sebenarnya sama resep ceker ayam yang kayak dijual di abang-abang mie ayam. Gak pedes, sedikit manis dan rasanya nampol. Tapi kalau aku masak juga jadinya semur ceker (karena resepnya tahunya itu doang).

    BalasHapus
  11. Duh enak banget itu semur ceker, jadi kangen ih sama masakan mamahku. Karena dia dulu selalu bikin ini extra untukku doang, karena di rumah yang doyan ceker aku doang. Nyontek resepnya ah, biar bisa bikin sendiri.

    BalasHapus
  12. Maakk ngeces loh ini akunya, tapi sampai sekarang aku belum bisa masak semur dan menu ceker ayam, padahal doyan

    BalasHapus
  13. aku suka nih menu semur mak, tapi kalau ceker masih belum populer di rumahku. hehehe. jadi pengen sesekali masak ceker untuk orang rumah

    BalasHapus
  14. Dulu aku ga suka sama ceker dalam segala macam bentuk dan rupa. Tapi karena besti tetangga waktu masih ngontrak dulu, suka ngeracunin ceker dan maksa aku buat ngicipin. Akhirnya taraa sekarang suka ceker dengan segala macam model. Baru tahu ternyata ceker bisa di semur juga lho mbak.

    BalasHapus
  15. aku suka ceker tapi ga pernah dimacem-macemin, rebus aja udah nikmat, heheh.
    ceker berapaan sih sekilo? makannya tuh nikmat banget apalagi dapat yang gemuk gemuk.

    BalasHapus
  16. Karena saya tidak suka ceker makanya saya mau ganti dengan bahan lain
    Pastinya yang sama murahnya dengan ceker
    Kalau pun harus masak, mau ngasih tetangga yang suka

    BalasHapus
  17. Kalau di rumah suka makan sop ceker mbak, dan resepnya ini kayaknya enak banget yaa bakal kucoba juga ah lumayan irit biayanya hihi

    BalasHapus
  18. Aku biasanya masak ceker buat soto atau sop, Mbak.. kalau semur kayaknya belum pernah bikin, deh. Nyontek ah resep semur cekernya! Hihi. Makasih resepnya, Mbak.. :)

    BalasHapus
  19. Aku jg suka ceker mak. Tp biasanya aku presto bentar biar bener2 empuuk dan mudah banget pas makannya. Ga terlalu effort. Disemur, dikecap, dirica, disup..semua enak hehrhr

    BalasHapus
  20. Ibu dan kakakku penggemer ceker tuh, apalagi kalau udah direbus dan super empuk. Senang saat melihat mereka menikmati banget masakan ceker gitu. Dibikin semur ternyata enak juga yaa.. klo untuk orang dewasa dikasih tambahan rempah2 pasti lebih nyos.

    BalasHapus
  21. Semur ceker enak tuh mak..apalagi banyak gitu, dijadiin camilan aja.... tapi ya aku sendiri yang makan suami sama anak kurang suka..sukanya disop ..

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)