Ini Dia 7 Hal Yang Bikin Emak Bawel

Ini Dia 7 Hal Yang Bikin Emak Bawel ~

Fiuuuh, menjadi seorang emak itu nggak mudah ye. Kadang dibilang bawel, cerewet, suka ngomel-ngomel #eh padahal sih memang benar ngomel :P. Apalagi menyikapi anak-anak yang belum dewasa dan masih harus diarahkan. Berulang-ulang sampai rasanya lelah tapi jangan menyerah, walau dibilang bawel binti cerewed, pada dasarnya setiap ibu memiliki alasan khusus atas kebawelan yang dia lontarkan. Konon katanya bawel merupakan tanda sayang dan peduli terhadap anak.


Ini Dia 7 Hal Yang Bikin Emak Bawel


Dari 3 anak yang saya miliki, semuanya lucu-lucu deh. Benar adanya setiap anak itu unik. Mereka tercipta untuk melengkapi satu sama lain. Hiaaa. Kalau nggak ada salah satunya terasa beda tuh hawanya di rumah, ya memang berisik beud sih huaaa. Kalau kakak pertama paling-paling deh masalah kacamata, entah ketinggalan, jatuh, atau ditelan bumi terus tbtb ada lagi dong. Nggak ada henti-hentinya untuk mengingatkan dia tentang kacamata. Gemash sih tapi kalau dipikir-pikir, misal tiba waktunya mereka mandiri, kita bakal bawelin apa yha?

Kemarin kakak udah merapihkan kamar, 2x kamar dirapihkan sendiri karena mungkin selalu ada rasa tidak nyaman karena berantakan. Biasanya sih suka koar-koar ke adiknya yang pada habis main nggak dirapihkan. Haha. Dan sering juga saya yang merapihkan ketika Ugo dan Ashika habis main di kamar. Mereka disemprit kakak, dan saya udah lelah nyuruh kedua adiknya, jadi saya rapihkan sendiri wahahaha. Alhamdulillah ya sekarang si kakak yang merapihkan kamar. :P. Dia kalau baca pasti KZL.

Intinya kakak pertama yang turun tangan menggantikan kebawelan sayah. Doi biasanya nyuruh adik-adiknya, ya sesekali semena-mena gitu dah dia. Namanya belum dewasa, suka nyuruh-nyuruh adiknya tapi kalau adiknya takut pas bobo, dia suka jadi motivator, nemenin walau sambil mere-mere ye kak. Sedangkan Ugo, yagitu deh dia, masih terbocil-bocil. Nanti kalau kakak teriak-teriak juga suka nurut, seringan sih kabur dan ngeledekin kakak. Seru banget deh. 

Tapii ada aja yang kudu diberisikin, Ini Dia 7 Hal Yang Bikin Emak BAWEL.


Reminder Taruh Barang

Emak oh emak, saya curiga deh sebenarnya emak tuh kenapa deh bisa lebih canggih dari AI. Tiap nyari barang, tinggal nyari emak, dan biasanya sih ketemu ya 😆. Segala jenis barang pokoknya tanya ke emak deh. Heuwww. Masalah taruh barang, mulai dari baju, kaos kaki, sepatu, buku, yaa hampir semua barang tergeletak sebebas-bebasnya.


Ayo Makan Dulu

Hal yang satu ini paling-paling deh kalau si akak ke-2 tuh. Seringnya masih mau disuapin karena lihat adik yang kalau makan disuapin. Alhamdulillah, kalau di sekolah bisa mandiri makan sendiri, walau di rumah suka-suka dia. Apalagi kalau diberi sayur yang dia kurang syuka, dahlah alot banget kayak kerupuk melempem, terjadilah kebawelan emak. Ada juga yang semangat makan kalau snack time, giliran makan besar kadang kurang greget, alhasil emak juga bertaring.


Jangan Nonton Terooos

Untuk anak yang udah dewasa mungkin bisa bijak dalam memakai gadget ya? Etapi tergantung sih, bijak dalam menggunakan gadget untuk nonton, orang dewasa juga ada yang nggak bijak. Pemandangan yang bikin emak bawel adalah, saat ke kamar ada yang lagi nonton, ke ruang santai ada juga yang nonton, ke tempat makan ada yang nonton, ini teh semua nonton? HAHA. Emak langsung nyerocos deh, bisa tantrum nggak berhenti kalau semua nonton nggak pakai waktu! 


Ini Dia 7 Hal Yang Bikin Emak Bawel



Udah Sholat Belum?!

Meski anak-anak belum pada baligh tapi urusan sholat kudu bawel level 100++ kali ye. Giliran disuruh sholat bilangnya, "sabar", gustiiiii Allah ya Allah sa ae jawabnya nak anak iniiih. Diawali gelar sajadah, balik rebahan, pas diintip masih nyantai. Dalam waktu 5 menit masih aja nyantai tuh belum ada takbir acan. Kira-kira jarak dari gelar sajadah ke pakai mukena kayak jalan 1 km gaes. Luamaa. Gimana emak nggak bawel! pffffft. Kalau udah gitu sih nggak mau habisin energi lama-lama, tuk saving energy, emak matiin wi-fi dong dan biasanya mereka langsung berangkat. Saat weekend juga paping bantu membangunkan sholat, walau gerak sholat di jam 6 lewat huaaaa. Semua bawel deh, gapapa, lebih baik nangis waktu belum baligh dibangunin sholat, ketimbang ortunya yang nangis karena mereka nggak sholat saat dewasa.


Kok Nggak Ngejadwal Dari Semalam?

Rayuan pulau kelapa sih nggak mempan deh, sesukanya banget kalau ngejadwal. Disuruh prepare dari malamnya, emoh. Hanya berlangsung beberapa hari. Yhaaa, gitu deh. Semoga sih nantinya berubah, dengan kebawelan emak yang selalu mengingatkan dan manfaat yang dia dapat kalau prepare dahulu. 


Belum Kelar Juga Mandinya?

Mandi oh mandi, siapa sih yang nggak suka mainan air terlebih lagi kalau mandi barengan ye. Duh, mulai dari suasana damai aman sentosa sampai jerit-jeritan. Giliran disuruh mandi susyah, eh diminta udahan mandinya juga susyah? HEHUUU. Ada juga nggak sih anak yang ngumpulin nyawanya kalau bangun pagi tuh di kamar mandi? :))


Kapan Damainyaaaa Siiiih

Rasanya nggak ada kata damai dalam waktu lama yha, menyatukan isi kepala beberapa anak perlu waktu. Kebawelan meraja lelaaa ketika pada berantem. Di rumah tuh ada aja perkara yang dibuat, semuanya sih ikut andil dalam bertingkah iseng. Nggak ada yang iseng banget-banget, semuanya menyumbang modal untuk kebawelan sayahhh. Ujungnya dialog sambil jajan aja deh ya, gimana?


Ini Dia 7 Hal Yang Bikin Emak Bawel


Sejauh ini yang membuat saya bawel adalah 7 hal di atas. Ada yang senasib? Atau adakah yang bawel karena anaknya susah bangun?? Hmmm, semua ada masanya ya ternyata? jadi mari kita nikmati aja keseruan ini dengan terus bawel :P Bicara dari hati ke hati lebih banyak, menumbuhkan kesadaran bahwa setiap apa yang dilakukan dengan dispilin itu membawa banyak kebaikan untuk dirinya sendiri. Terima kasih anak-anakku, jazakumullah khoiron katsiran. Sekian dulu curhat emak hari ini hehe, semoga ada yang bisa diambil manfaatnya dari tulisan ini "Ini Dia 7 Hal Yang Bikin Emak Bawel". Kalau kamu, paling suka bawelin yang mana nih?

Komentar

  1. nah, problemnya anak-anak zaman sekarang pasti karena teknologi seperti TV ataupun HP :(

    BalasHapus
  2. Hahahahh, kebawelan Emak2 yang sungguh hakiki, tapi beneran bawel untuk kebaikan ya, Mak.
    Hampir semua katanya begitu ya, hasil dari bawela mentemn juga tuh hal- hal diatas.
    Nah, kalo ga bawel, tapi lirikan mata yang berbicara banyak , ngomong mah dikit. hahaha

    BalasHapus
  3. Wakakakaka emang sudah kodratnya juga kali jadi emak kudu bawel :) Malah bagus kan ini namanya sayang, perhatian. Supaya anak2 menjalani kegiatan apapun sesuai dengan yang seharusnya, jangan sampai lengah, melenceng dll. Terutama urusan ibadah mah kdu banget kita berisikin sampai bangun hahaha. Mantap dah! Mandi yang susah tuh anak2. Mager deh hihihi.

    BalasHapus
  4. Haha aku baca artikel ini sambil senyum senyum
    Kok related banget
    Emang hal hal ini bikin emak bawel

    BalasHapus
  5. Setuju mak, ada masa-masanya... Sekarang saya lagi sering bawel ke kakaknya soal salat, kalau ke adiknya soal hewan peliharaan...

    BalasHapus
  6. Senasib Mak, kata anak-anak kalau saya pas dinas luar kota, rumah jadi sepi. Beda banget hehehe....
    Tapi anehnya mereka tetap pilih Mamanya ada di rumah, walau sering dibawelin, dicemberutin, yang penting ada yang masakin

    BalasHapus
  7. Hahaha, bener nih alasan-alasan bikin Emak bawel. Kalau berantem kadang gak tiap hari. Tapi urusan mandi, makan, solat, ini bisa jadi drama harian. Keponakanku kalau mandi lama bingist. Ini aja cuma dia yang sekolah, tapi karena lama, jadinya buru-buru pas berangkat

    BalasHapus
  8. Aku termasuk paling sering komen, udah selesai belum mandinya
    Lama Bangeet. Soalnya anakku yang kecil mandi lama banget. Bahkan kalau pagii 🥲😀🤣

    BalasHapus
  9. Kenapa kalok di rumah yang bawel mah anakku.
    Huhuhu.. si bungsu uda mulai ancang-ancang mau masuk pesantren ngikutin kakaknya kan.. jadi dia mashaAllaa rajin banget bangun pagi. Tapi tetep siih.. kalok masalah barang buat sekolah, selalu aja ada yang kelupaan, pas uda di mobil.
    Entah jam, niqab, daleman jilbab atau apalah.. huhuhu.. tapi gak perlu ngomel, soalnya nyadar sendiri. Hihih..

    Memang di rumah saya semua serba terbalik.
    Huhuhu..

    BalasHapus
  10. Kok sama sih kita Ci... Wakakaaaa... walau gak semuanya tapi rata-rata ada banget itu aku suka begitu deh. Mandi dan nonton nih yang kadang masih aku bawel banget, walau nontonnya bukan dari gawai tapi tetap aja.

    BalasHapus
  11. Tulisan Mbak ini related banget dengan sehari-hariku. Walaupun masih 1 anak, aslii daah, tak menjadikannya saya jadi anteng. Tetep bawel deh.

    BalasHapus
  12. Aku dua aja dah kek mana ngomelnya apalagi tiga...kwkw, tapi semangat, ada masanya bawel, sekarang sulungku dah ngekos, tinggal si bungsu, yang diomelin berkurang satu..ga denger suara mereka berdua bertengkar, dll emak kesepian gaes....huhuhuhu

    BalasHapus
  13. Kalau aku paling bawel barang enggak sesuai tempat jadi pas butuh enggak ada
    Seringnya beli lagi
    Pas ketemu lha kok banyak barangnya

    BalasHapus
  14. Masa' sih kamu yang lemah lembut bisa bawel? hoho...
    betul semua deh yang disebut di atas, kayaknya anak-anak memang maunya si emak bawel, itu yang buat kangen kali yaa.
    kalau aku capek, diem aja... terserah mereka ngapain, hahah

    BalasHapus
  15. Astagfirullah...wkwkwkw. Boleh dong mak, aku istigfar dan ngakak dulu. ASli, ini mah gak dimana-mana ya samaan apaan yang kita bawelin. Barusan aja aku bawelin anak belum sholat isya sudah malam

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)