Mencoba Naik LRT Jakarta Ke Bekasi Dari Stasiun Tangerang

Mencoba Naik LRT Jakarta Ke Bekasi Dari Stasiun Tangerang ~

Sekarang sih dari Jakarta ke Bekasi tuh udah enak banget (enggak tau kalau hari kerja??) Dan nggak dibilang planet Bekasi lagi kali ye? Karena udah beda zamannya. Udah ada LRT gitu loh. Naik LRT tanpa masinis, anak-anak antusias banget saat diberi wacana ke rumah mbah naik LRT. LRT  (Light Rail Transit) yang akhirnya ada di Indonesia. Pas banget masih promo naik LRT. Biaya naik LRT Masih 5 ribu flat sampai Februari 2024 sih kalau baca artikel, tapi ternyata promo itu hanya sebulan ya. Pengalaman seru buat anak-anak mencoba transportasi baru yakni LRT.


Mencoba naik LRT Jakarta Ke Bekasi Dari Stasiun Tangerang, kereta


Biasanya kami ke rumah mbah Bekasi yang nggak Bekasi jauh banget, cuma di Jatibening, pakai taksi. Bukan apa, karena suka bawa-bawaan cemacem juga kalau naksi. Kalau naik transportasi umum, waktu tempuh lebih lama dan cuma bisa bawa sedikit barang-barang tapi anak-anak suka-suka aja sih. Palingan sedikit bosan kalau lagi nunggu, ujungnya ya ngunyah aja deh. Barang bawaan kami waktu itu, 2 tas ransel isi baju dan 1 tas ransel  isi camilan. Total 3 tas, nggak lupa bawa botol minum.

Berangkat dari rumah sekitar 7.20 naik angkot, dan menuju stasiun kisaran 15-20 menit. Sengaja pagi karena cuaca cepat panas walau baru jam 8. Kalau naik taksi, kami berangkat juga kisaran 7.30-7.45 an, sampai Bekasi jam 9an. Sedangkan naik LRT sampai Bekasi jam 10 kurang lah. Alhamdulillah di perjalanan lancar dan tidak menunggu terlalu lama.


Mencoba naik LRT Jakarta Ke Bekasi Dari Stasiun Tangerang, kereta



Cara naik LRT dari Tangerang pakai Kereta (KRL)

Naik angkot 02 menuju stasiun kereta Tangerang -> ke stasiun Duri -> ke stasiun Sudirman

Sesampainya di stasiun kereta Sudirman, lanjut ke stasiun LRT Dukuh Atas. Naik apa? Ya jalan aja bisa, kan udah terhubung.

Jauh nggak sih? Terbilang dekeut lah apalagi yang suka jalan kaki kayak saya dan paping. Ngetap di Sudirman, lanjut masuk ke stasiun Dukuh Atas untuk LRT. Nah di sana ada tujuan macam-macam tuh, ada Cibubur juga. Kalau kami pakai rute yang menuju Harjamukti, tapi kami turun di stasiun Cikunir 1 untuk akses ke jalan Caman.

Mungkin karena weekend, suasananya sepi. Kami memilih di ujung ya. Buat teman-teman yang ingin melihat kereta tanpa masinis, coba menuju pintu paling ujung hehe. Nanti ada kursi masinis yang kosong melompong seperti hatiiiii kala itu.

Di dekat kami ada bapak ini, mungkin untuk mengontrol laju LRT ya. Dan ngontrol situasi di tempat kemudi masinisnya karena kan orang-orang pada antusias mau lihat LRT secara dekat. Hihi. Mau ngecek apa beneeer keretanya bisa jalan sendiri tanpa kemudi masinis? Terlihat di foto ada tanda dilarang masuk/forbidden.


Mencoba naik LRT Jakarta Ke Bekasi Dari Stasiun Tangerang, kereta
Tidak Bertuan


Hampir semua penumpang dan termasuk saya juga fotoin tempat masinisnya LRT yang memang tidak bertuan itu.


Kartu Untuk Naik LRT?

Kartunya pakai kartu elektronik pada umumnya seperti emoney, kartu KAI atau juga bisa Jaklingko. Selain itu tersedia juga single trip. Mudah banget, kalau bingung bisa tanya petugas ya.


Tentang Rute Perjalanan

Jangan sampai salah tujuan. Ada penumpang kemarin tuh mau ke Cibubur malah naik LRT yang sama dengan kami. Huaa itu udah beda jalurnya. Kudu balik ke Dukuh Atas lagi. Jadi hati-hati ya, jangan sungkan bertanya.

Di area tunggu LRT, ada info rute kok. Sebelum naik bisa cek gambarnya ya.


Mencoba naik LRT Jakarta Ke Bekasi Dari Stasiun Tangerang, kereta


Seru sih kalau weekend nggak terlalu ramai.

Kursinya berwarna biru, kurang lebih sih peraturannya sama dengan menggunakan commuter line ya. Tapi tempat duduknya nggak seempuk di KRL, apa cuma akoh aja yang merasa gitu? Ada yang ngerasa gitu juga nggak, atau memang nggak boleh empyuk-empyuk supaya orang kayak saya yang suka ketiduran nggak bablaaash. πŸ˜† 


Mencoba naik LRT Jakarta Ke Bekasi Dari Stasiun Tangerang, kereta


Oh ya saya merasakan banyak manfaatnya mengajak anak-anak naik transportasi umum. Ketika naik LRT, anak-anak bisa melihat gedung-gedung dari tempat yang  bisa dibilang agak sejajar. Beda hal saat naik mobil biasa, gedung-gedung pencakar langit itu terlihat tinggi dan sulit digapai. Semua memang tergantung posisi ya nakπŸ˜„ Di mana pun posisi kita, tetaplah menyayangi semua yang ada di bumi. Aih pokoknya menyenangkan deh, memang rasanya beda kalau naik transportasi umum. Banyak hal yang bisa diasah juga ke anak-anak ya. Ada yang udah keliling pakai LRT? Jadi kapan kita ke mana lagiii. Terima kasih telah membaca unek-unek hari ini. Semoga ada manfaatnya ya artikel Mencoba naik LRT Jakarta Ke Bekasi Dari Stasiun Tangerang.


Baca Juga : Ke Seaworld Ancol Naik Kereta

Komentar

  1. Memudahkan sekali nih ya soalnya sudah ada rutenya juga nih

    BalasHapus
  2. Wah bermanfaat banget nih, Kak artikelnya. Terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  3. Eh, ada ya LRT Bekasi Tangerang. Aku mau coba deh kalau ke Tangerang naik LRT. Anak-anak pasti antusias banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak ada LRT dari Tangerang mba, jadi naik KRL dulu ke Sudirman lalu ke LRT Dukuh Atas hehe

      Hapus
  4. Wah Uci malah dah ajak anak-anak nyobain LRT ke Bekasi yaa. Tadi pas baca judulnya kirain udah nyambung smp Tangerang itu LRT, ternyata connecting dengan KRL di Dukuh Atas yaa. Deg2an ga naik kereta tanpa masinis Ci?

    BalasHapus
  5. Haduuu jadi ikutan FOMO pengen nyobain LRT huhuu. Tapi parno ngga sik kalo tanpa masinis gitu hehe. Jadi bisa ngajakin anak-anak kenalan naik transportasi umum. Jakarta ke Bekasi jadi deket dan terjangkau ga perlu sampe ke planet lain wkwkwk.

    BalasHapus
  6. wah makasih infonya mbak. Aku tuh beberapa kali ke jakarta mau nyobain transportasi umum macam LRT ini nggak berani takut kesasar :D. tapi betul sih kalo mau coba jangan takut bertanya biar ga salah tujuan

    BalasHapus
  7. aku pun sudah nyobain LRT dari Stasiun Cawang ke Stasiun Harjamukti Cibubur pas pulang kantor, wah itu ramai pisan lho, beneran penuh agak sesak gitu

    BalasHapus
  8. Transportasi jkt emang keren banget. Molly udah pernah cobain. Udah ramah disabilitas pula. Jadi yg kursi roda bisa naik transportasi publik juga.

    BalasHapus
  9. Duh kasihan banget ada penumpang yang salah jurusan gitu, jadi emang mesti baca baik-baik info rute yang ada di stasiun ya mbak.
    Kursinya kurang empuk? Iya kali ya, biar penumpang nggak keenakan, terus ketiduran dan akhirnya kebablasan deh

    BalasHapus
  10. wah berarti dari jakarta ke bekasi sekarang bisa pakai lrt ya, mbak. saya juga penasaran sebenarnya sama lrt ini cuma kalau ke jakarta kayaknya nggak berani juga naiknya karena bukan orang sana, heu

    BalasHapus
  11. baca ini jadi ingat belum nulis tentang LRT, hahaha...ampun deh banyak amat PR nulis pengalaman jalan-jalan.
    SID suka nih naik LRT apalagi waktu pilih gerbong paling ujung, dia heran ga ada sopirnya (eh masinis yah). Sekarang udah tarif normal jadi belum naik lagi.

    BalasHapus
  12. Senang sekali.
    Kalau naik kendaraan umum atau transportasi massal tuh memang ada banyaak banget pelajaran yang bisa diambil. Dari mulai belajar ngalah, belajar mengantri sampai belajar untuk bisa menejemen waktu yang baik. Hihihi.. bonusnya, bisa framing bangunan beton pencakar langit di Jekarda.

    BalasHapus
  13. Enak ya dari Jakarta ke Bekasi bisa naik LRT sekarang. Anak-anak pasti seneng deh kalau diajak naik transportasi begini. Seru bagi mereka

    BalasHapus
  14. Asyik banget udah coba LRT. Aku entah kapan soalnya tinggal di daerah ini. Transportasi umum masih jarang, gak banyak pilihan kaya kota besar. Padahal pengen banget lho naik biar bisa ngurangi polusi

    BalasHapus
  15. Seru banget ini mencoba transportasi baru dari LRT, menarik juga nih ngajak si kecil pas weekend ya. Kalau dari aku kayaknya naiknya MRT dulu nih tapi bisa juga naik kereta dari stasiun Pondok Ranji.

    BalasHapus
  16. Seru banget! aku belum pernah nih naik LRT semoga suatu hari nanti pas ke Jakarta cobain naik LRT

    BalasHapus
  17. Belum pernah naik LRT , MRTudah pernah dan masih bingung bedanya lrt dan mrt heuheu. Pengen nyobain naik lrt sama anak-anak

    BalasHapus
  18. Kayaknya ini maksudnya LRT Jabodebek, deh. Kalau LRT Jakarta rutenya masih pendek banget (Velodrome Rawamangun - Pegangsaan Dua).

    Saya belum pernah naik LRT Jabodebek. Mamah saya dan keponakan yang udah pernah. Katanya, lumayan berasa bedanya ma LRT Jakarta. Lebih bagus dan lebih nyaman LRT Jakarta.

    Kayaknya kapan-kapan saya juga mau coba. Supaya tau bedanya. Sekalian ngerasain ke Bekasi naik LRT Jabodebek :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jakarta bekasi mba chi. Mungkin LRT yg rute area Jkt empuk ya kursinya 😁 aku yg rute jkt aja blum pernah

      Hapus
  19. Kalo ramean naiknya, mending langsung taksi aja wkwk. Kalo sendirian, nyari yang lebih hemat pake transportasi umum. Aku belum coba naik LRT nih.

    BalasHapus
  20. Ih, aku malah belum nyobain LRT niiih, ahaha. Pengen juga deh ngajak anak-anak nyobain LRT, tapi kapan dan ke mana yaa, ihihi. Ke rumah kamu aja apaah? xp

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya πŸ™‚
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)