Resep Keripik Bayam Takaran Sendok

Resep Keripik Bayam Takaran Sendok ~ 

Niat mau masak apa eh malah jadinya apa? Tadaaa malah jadi keripik bayam. Ada yang gitu nggak sih. Saya suka gitu, dalam seminggu ada aja yang tiba-tiba dimasak berbeda dari rencana. Seperti keripik bayam ini. Saya baru tau kalau keripik bayam ternyata mudah sekali loh bikinnya, huaa kemana ajaaa sih cig?! Kalau di pasar sih ada yang jual, biasanya 15 ribu di dalam plastik bening gitu tapi memang cuma sedikit. Bukan karena niat tapi pas cek camilan, kayaknya seru bikin keripik bayam. Anak-anak lumayan suka bayam, saya bikin ini bukan karena anak nggak demen bayam tapi iseng buat gahel-gahel, lahh apasih bahasanya. Keripik bayam buat camilan anak-anak. 


Resep Keripik Bayam Takaran Sendok


Resep keripik bayam takaran sendok ini sayang bila tidak ditayangkan di blog heheuu. Sebenarnya resep asli takaran bukan sendok ya tapi saya iseng buat ditulis di blog jadi sekalian dihitung saat masaknya, kisaran berapa sendok. Sebelum memiliki timbangan, saya rada kesulitan #halah bilang aja mager kalau bebikinan ternyata resep yang dimuat tuh resep takaran timbangan yang presisi. Cuma lain hal ya kalau aneka kue kan memang kudu presisi, nggak bisa dikira-kira.

Keripik bayam bikin sendiri karena memang tergiur videonya, pengin ngetes adonannya sekriuk itu kah? ternyata betul kriuk dan bisa untuk dijual loh menggunakan resep tersebut. Saya nemu resep keripik bayam di youtube. Dan langsung cuss eksekusi karena bahannya udah ada di dapur, tinggal mencari bayam. Bayam yang tua lebih enakeun saat proses gorengnya. Apalagi bayam liar gitu tapi jangan yang ada warna merah-merahnya ya. Saya memakai bayam dari tukang sayur dan bayam liar dipetikkin oleh si mbak. Oke, langsung sulap deh si bayam menjadi keripik bayam yuk ah.


Resep Keripik Bayam, Mudah Banget!

Bahan:

Bayam
16-17 sdm Tepung Beras
6 sdm Tepung Tapioka
1 buah telur
4 siung bawang putih (haluskan)
2 buah kemiri (haluskan)
1/2 sdt ketumbar (haluskan)
Sesikit kunyit (haluskan)
Garam
Kaldu
Air (kurleb 250 ml)
Minyak Goreng


Cara Membuat Keripik Bayam

1. Cuci bersih bayam lalu keringkan, harus kering ya (di sini sih yang agak PR, memakan waktu untuk mengkeringkan satu-persatu daunnya)
2. Masukkan bumbu halus dengan semua tepung lalu telur.


Resep Keripik Bayam Takaran Sendok


3. Beri garam dan kaldu
4. Beri Air
5. Celup bayam pada adonan, lalu goreng di minyak cukup panas.


Resep Keripik Bayam Takaran Sendok


6. Jika sudah terasa kaku, baru balik bayam
7. Waktu memasaknya nggak terlalu lama, sampai terlihat kecoklatan, angkat keripik


Resep Keripik Bayam Takaran Sendok


8. Tiriskan dengan posisi tegak, berdiri yaaa, supaya minyaknya turun.
9. Taruh di toples supaya tetap kriuk.




Resep Keripik Bayam Takaran Sendok



Notes: saat menuang air lakukan perlahan aja, kalau dirasa cukup kriuknya di 220 ml, nggak usah sampai 250 ml ya.

Alhamdulillah semua pada nagih keripik bayam bahkan paping bikin lagi sendiri, karena masih ada sisa adonannya. Lumayan banget ini adonan tepungnya untuk 2 toples ukuran sedang, mungkin 50 lembar lebih daun bayam. Saya jadi tertarik untuk menjual keripik bayam ini deh ^^. Kumpulin resep untuk bekal pensiun ah :) Yuk bikin keripik bayam gampil, kalau mau coba setengah resep juga oke kalau takut kebanyakan, musim batuk soalnya kan. Segitu dulu kayaknya resep minggu ini, terima kasih ya telah membaca artikel Resep Keripik Bayam Takaran Sendok, semoga bermanfaat ^^

Komentar

  1. Cocok banget nih resepnya buat yang biasanya suka bikin makanan tapi dalam porsi kecil hihi

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)