Liburan Di Kebun Raya Bogor 2023

Liburan Di Kebun Raya Bogor 2023 ~ 

Kebun Raya Bogor di 2023 seperti apa ya? Sabtu kemarin saya dan keluarga termasuk si mamah uti dan kakak tertua saya mengunjungi sebuah kebun besar di Bogor. Siapa yang enggak tau Kebun Raya Bogor (KRB). Baru ini kayaknya ke KRB, lupa euy, sedangkan mamah saya udah pernah. Gimana ceritanya kali ini?

Liburan Di Kebun Raya Bogor 2023


Pagi itu berangkat dari Tangerang sekitar pukul 07.45 WIB. Tol Jakarta lancar jaya namun saat keluar tol Bogor di KM. 40 udah disambut dengan kepadatan ibu kota Bogor. Kala itu cerah dan nggak mendung, kami merasakan macet lumayan lama di Tugu Kujang, tepatnya berada di jalan Pajajaran. Saya udah lama nggak ke Bogor dengan mobil pribadi. Padahal dari perjalanan tol Jagorawi nggak macet sama sekali, huhu, sesampainya di pintu masuk Kebun Raya Bogor kisaran pukul 10.00 WIB.

Mencari pintu masuk mobil, kata gmap udah sampai. Kemarin itu nemu plang agak kurang infonya. Saya nggak lihat, sekilas hanya ada tulisan parkir motor, ya benar sih kendaraan bermotor itu termasuk mobil. Lanjut bertanya ke petugas yang berjaga, ternyata benar kalau itu pintu masuk mobil juga. Petugas menjelaskan harga tiket masuk dan parkir mobil.


Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Weekend 22.500/orang

Weekday 15.500/orang

Parkir mobil Rp. 50.000,- dapar voucher senilai 50 ribu juga sih dan nantinya bisa ditukarkan merchandise gitu. Harga tiket anak dan dewasa sama ya, kalau anak di atas usia 3 tahun udah diharuskan membayar tiketnya. 

Liburan Di Kebun Raya Bogor 2023



Naik Sepeda Motor Listrik

Setelah berputar sejenak, kami istirahat di gelaran. Hari itu alhamdulillah cuaca kondusif. Anak-anak yang susah difoto bareng minta Indomart, hadeh aya-aya wae. Syukurlah ada yang jualan ice cream. Jadi aja jajannya ya es krim 😂. Nggak ada bosannya mereka tuh. Kami ber-5 juga mencari booth penyewaan motor listrik, pas banget nggak antri lama kami bisa sewa motor listrik. Biaya perjam sewa motor listrik 55 ribu. Diminta meninggalkan ktp tapi berhubung saya nggak bawa karena ditinggal di gelaran yaudah gapapa, alhamdulillah teteup dibolehin nyewa. Huhuy. Seru. Mana udah jam 12 siang di Kebun Raya Bogor vibesnya tetap teduh gitu. Enak.


Liburan Di Kebun Raya Bogor 2023
sewa 1, gantian pakainya selama 1 jam. Asyik juga



Tukar Voucher Dengan Merchandise

Parkir mobil 50 ribu rupiah di Kebun Raya Bogor cukup worth it karena dapat ditukar dengan merchandise. Harganya bisa disesuaikan. Kalau anak-anak kemarin pilih 1 puzzle dan 2 buah mainan berbentuk jam tangan. Lumayan bukan? Dibanding parkir mobil 50 ribu nggak dapat apa-apa. 





Makan Siang Di Kedai Kita

Sesui rencana, setelah capek dan lapar melanda. Kami melipir ke tempat makan yang mungkin temans juga udah tau ya. Kedai Kita Bogor. Kenapa ke sana? Saya dan pak suami suka soalnya. Dulu pas belum menikah, di tahun 2011, kali pertama kami ke sana naik kereta, nyambung angkot. Sedangkan ini kunjungan ke-3x. Masih sama kayak dulu sih pelayanannya nggak lama walau cukup ramai. Makanan nggak habis pun tidak kena biaya lagi untuk pembungkusnya. Kadang kan suka kena  biaya ya. Hmm masih okelah di 2023 si Kedai Kita. Salah satu menu yang tak boleh dilewatkan untuk dipesan adalah mie ayam dan pizza.


Liburan Di Kebun Raya Bogor 2023
Kedai Kita Bogor 2023


Pulangnya resmi kena macet karena malam minggu, ada kecelakaan tumpah ruah menjadi satu dan Bogor sungguh padat. Di mana-mana macet. Masya Allah di tol juga macet, total waktu tempuh pulang tuh 4 jam lebih udah termasuk berhenti di rest area. 

Oh ya pas di Kebun Raya, saya ngobrol dengan pengunjung asal Bogor. Dulu itu katanya mobil bisa masuk ke dalam, ke dekat tempat gelar tikar gitu. Entah itu tahun berapa? Kalau kemarin ya, kendaraan harus parkir di depan setelah pintu masuk.

Toilet di dalam juga cukup bersih ya, air tersedia. Tapi memang penyewaan motor dan sepedanya kudu antri. Naik bus keliling Kebun Raya juga bisa. Semua bayar lagi pemirsa kecuali ke toilet (yaiyalahhh).

Nah segitu dulu ceritanya yes, mungkin bakal cerita Kedai Kita di 2023 ini. Semoga bermanfaat. Kalau kamu, kapan terakhir liburan di Kebun Raya Bogor?

Komentar

  1. Masih baguslah masuk toilet tidak bayar, kadang ada tempat wisata yg semua2nya bayar. By the way, parkir mobil lumayan mahal sebenarnya.

    BalasHapus
  2. Liburan ke Bogor jangan lupa bawa talas atau bolu talas. Lumayan hadiahnya yang ditukarkan biaya parkir. Kalau gak dapat souvernir agak nyesek ya biaya parkir. Mahal banget di mall cuma 3000jam. Ini sampai 50.000

    BalasHapus
  3. Sekitar 3 minggu lalu aku baru balik dari Kebun Raya Bogor. Tujuannya selain menghidurup udara segar, memandangi pepohonan yang menghijau juga trekking. Jadi kami berjalan kaki dari ujung ke ujung, berkeliling sambil sesekali berhenti istirahat dan foto-foto. Kebun Raya ini menurutku tambah menarik, tambah tertata. Jadinya makin menyenangkan jalan-jalan di dalamnya :)

    BalasHapus
  4. Waaaahh, aku punya banyak cerita tentang liburan di Kebun Raya Bogor di blog loh mbak hihihi :D Memang mengesankan ya main ke sini, apalagi ajak anak2 kalau perlu nenek kakeknya sekalian hehehe :D Naik kereta bus apa tuh namanya lupa muterin area tertentu, sewa sepeda, foto di depan istana dll ih seru banget. Masuk ke Museum Zoologi juga lebih asyik. By teh way, aku belum pernah makan di Kedai Kita hehe.

    BalasHapus
  5. Salah satu destinasi wisata Bogor yang pengin aku datangi juga nih, tapi belum kesana juga. Waktu itu pas mau kesana, macet jadi kita gak jadi malah makan ke resto saja deh. Next mau bikin agenda kesini ah.

    BalasHapus
  6. aku dah lamaaaaa ngga ke Bogor

    mupeengg sangat.
    asyik ya bisa plesir dan quality time

    BalasHapus
  7. Kebun raya memang penuh dengan cerita dan tempat seru yang pas buat anak - abak dan juga keluarga yaa mba. Dulu suka main ke sini karena memang asyik tempatnya dan sejuk, jauh dari pengabnya Jakarta

    BalasHapus
  8. Wah harga parkirnya mahal juga yah, hehehe. Btw aku tahun berapa ya ke sana kok gak diminta HTM ya. Apa kau lupa atau udah dibayarin, hahaha

    BalasHapus
  9. ah terakhir liburan di Kebun Raya Bogor itu awal 2018, masyaallah udah 5 tahun yang lalu, sepertinya harus dilakukan lagi deh bareng keluarga

    BalasHapus
  10. Tetep ya anak2 minta jajan es cream sama pizza persis anakku banget bunn...
    Btw itu brarti worth it dunk parkir 50rb bisa milih dapatin pizza.

    Seruu yaa wisata alam sejuk hijau2

    BalasHapus
  11. Udah lama banget gak ke kebun raya bogor. Anak2 juga belum pernah diajak kesana. Sekarang lebih teramat ya mba?

    BalasHapus
  12. Kemarin MPLS Akbar sekolah kakak diadainnya di daerah Kebun Raya Bogor.
    Jadi kami nginepnya juga pas sebelah Kebun Raya Bogor. Mau main, tapiii... anak-anak pengen naninu, akhirnya gak bisa. Tapi kagum banget sama Kebun Raya Bogor yang semakin bersih, pohonnya mashaAllaa~ kayanya jauh lebih besar dan tua dari bandung ya..

    ((apa cuma perasaan aku aja, karena uda biasa liat yang di Bandung??))

    Pokoknya pengen banget main ke Kebun Raya Bogor.
    Uda ((entah tahun berapa)) pas ke Kebun Raya Bogor tuh jalan kaki dan belajar tentang banyak varietas tumbuhan. Cocok banget kuliah di IPB. Tapi sayang hanya cita-cita belaka. Wkwkkw...

    BalasHapus
  13. Waah... saya terakhir ke Kebun Raya Bogor, kapan, ya? Udah lama bangeet. Kira-kira udah 4-5 tahun yang lalu. Mau ke sana lagi, banyak pertimbangannya. Menimbang-nimbang, males kena macetnya hehehe

    BalasHapus
  14. Waduh kapan ya terakhir masuk KRB..pokoknya pas mobil masih boleh masuk ke dalam deh..kayak kata orang Bogor asli yang ditanya Mba Ucig. Selebihnya numpang lewat doang dan memang jarang ke Bogor kecuali ikut rombongan, undangan hajatan, acara kantor paksu....karena ya itu tadi mager mikir macetnya yang warbiyasa

    BalasHapus
  15. Benerr Cii, dulu banget mah, bahkan kayanya sebelum pandemi juga masih ya, itu mobil boleh lho berkeliling ke dalam. Kita tinggal parkir di deket tempat gelar tiker. Asik banget buat piknik ramai-ramai.

    Sekarang mah mesti sewa atau jalan kakii, ahaha. Ya lumayan lah ya bikin sehat kalau jalan kaki sampai dalem. Tapi PR juga buat yang udah lansia x(

    BalasHapus
  16. Aduh asyik banget ini bisa main ke Kebun Raya Bogor. Aku udah lamaaaa banget gak ke sana. Terakhir itu waktu kuliah. Heuheu, udah 20 tahun lebih deh. Udah jauh beda banget kayaknya keadaannya. Huhu kangen banget ih main ke Bogor dan mampir ke Kebun Raya Bogor.

    BalasHapus
  17. Aduh asyik banget ini bisa main ke Kebun Raya Bogor. Aku udah lamaaaa banget gak ke sana. Terakhir itu waktu kuliah. Heuheu, udah 20 tahun lebih deh. Udah jauh beda banget kayaknya keadaannya. Huhu kangen banget ih main ke Bogor dan mampir ke Kebun Raya Bogor.

    BalasHapus
  18. Aku belum pernah ke Kebun Raya Bogor, Mbakkk.. huhu. Asyik banget yaa muter-muter di KRB pake sepeda motor listrik. Teduhh pula tempatnya. Kayaknya di sana seharian juga betah yaa :)

    BalasHapus
  19. Baru bisa menikmati ceritanya, bisa liburan ke Kebun Raya Bogor entah kapan nih, ke Jakarta aja bisa dibilang hitungan jari. Liburan di kebun raya seru bisa bawa bekal dan makan rame2

    BalasHapus
  20. Masya Allah seru banget ya ke Kebun Raya Bogor, aku pernah ke Bogor belum mampir ke sini. Pastinya senang menikmati suasana yang adem kayak gini, happy deh

    BalasHapus
  21. Aku pernah ke Bogor sekali mbaaa suka pol. Gak sempeet menjelajah semua padahal pengen. Takut ketinggalan kereta aku

    BalasHapus
  22. Aku kangeeen piknik lagi di KRB 😄. Trakhir sebelum pandemi, Ama temen kantor piknik di sana. Trus udh was was bakal kena kotoran burung Krn banyak bgt yg terbang2. Pada akhirnya memang kena, tapi temenku, dan untungnya pas udh selesai makan hahahahah

    Bogor itu surga kuliner sih. Ga pernah bosen kesana mba. Makanya sebisa mungkin kdg nginep akunya kalo udh ke Bogor. Biar puas juga.

    Kalo trmpat2 wisata di dalamnya, aku ada jelajah juga tapi cuma inget yg jembatan merah, jembatan gantung kali yaa, foto di situ trus udah, muter bentar , balik jakarta deh 😄

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)