Camilan Bakso Bakar Untuk Anak

Camilan Bakso Bakar Untuk Anak ~ 

Selepas Idul Adha rasanya penuh sekali dengan menu daging. Anak-anak suka daging sapi, alhamdulillah nggak ada kendala dalam menyajikan lauk yang berupa daging sapi. Tapi menu bakso tuh udah muncul pas di rumah mbah, ada tantenya yang bikin bakso. Hari ini kepikiran bikin bakso nggak berkuah sekalian ngetes, apa pada suka bakso bakar? Resepnya simple aja saya pakai resep bakso bakar dari chef Devina. Rasanya sedap dan bikin nagih dong pastinya.



Liburan panjang kemarin dapat oleh-oleh bakso dari mbah. Memang pas moment Idul Adha kemarin sempat bikin bakso juga bantuin kakak ipar, saya hanya bantu membentuk baksonya haha, kalau adonannya ya kakak ipar. Kakak ipar saya ini jago masak dan juga jualan beberapa masakannya, telah menurunkan ilmu perbaksoan pada saya kala itu. Uhuk. Riweh juga ya ternyata bikin bakso tuh heheuu. Takarannya harus pas gitu ya, terus ada cara merebus bakso pakai 2 panci isi air  benar adanya. Sungguh ilmu yang ruaar biasa.

Long weekend yang sungguh loong sekali deh, alhamdulillah bisa bertemu handai taulan. Kalau Idul Adha di tempat ibu mertua rameeee, ada tamu yang datang silaturahim dari anak-anaknya bude. Sedangkan di komplek rumah biasanya gotong royong untuk acara Idul Adha potong kurban. Ibu-ibu komplek masak-memasak buat bapak-bapak sekalian makan bersama. Ini udah tahun ke-2 atau ke-3 gitu ya saya absen masak bareng ibu-ibu komplek karena lebaran di rumah ibu mertua dan lebih enak di Bekasi dibanding di rumah 😄. Lebaran kan makan-makan, masa iya tiap tahun masak melulu. Ya walau di rumah ibu udah pasti juga nyuciin piring tapi happy di sana.

Setiap tahun menyempatkan berkurban dengan cara nabung per-bulan ke ibu ketua DKM mushola di rumah. Alhamdulillah bisa ditampung tabungannya, bersyukur banget. Tahun ini juga keluarga pak suami kurban barengan, tapi pemotongannya menggunakan jasa potong hewan kurban yang qadr Allah pemiliknya adalah teman kakak ipar. Jasa pemotongan kena biaya 1.5 juta dengan harga sapi 24.5 juta. Singkat cerita tentang pakai jasa potong hewan kurban, ternyata rapih loh ini. Kami boleh melihat langsung *yaiyalah*, dan hasil kurban diantar sore harinya dengan kemasan box. Terdapat hampir 200 box dan 10 box besar untuk pengkurban. Lalu lengkap isi perut, kepala diantar ke rumah. Rapi jali deh. Masya Allah. Dan langsung dibagikan ke tetangga sekitar rumah ibu yang isi warganya beragam, ada yang pendatang dengan pekerjaan rata-rata pedagang. Nah sekilas cerita tentang lebaran kurbannya segitu dulu ye. Lanjut resep camilan bakso bakar untuk anak.

Agak ragu sih ini dimakan sama Ugo karena dia nggak terlalu suka kalau kecap manis banget gitu, tapi ternyata dia mau. Cukup gampil buatnya, asal ada baksonya. Bahan bumbunya hanya sedikit kok.

Bahan Bakso Bakar: 

15-18 Buah Bakso

2 sdm Kecap Manis

1 sdm Saus Tiram

2 Siung Bawang Putih geprek

1 sdm margarin

5-6 buah tusuk sate


Cara Membuat Bakso Bakar:

Campur bakso dengan semua bahan, aduk rata.

Tusuk bakso dengan tusukan sate, bisa diisi dengan 3 buah bakso per tusuknya ya. Tapi bisa disesuaikan dengan selera.
Panggang bakso di teflon, oles-oles lagi sisa bumbunya. 

Jangan lupa dibolak balik ya supaya merata panggangannya.

Oh ya sebenarnya resep aslinya ada bawang bombay, cuma saya skip bawang bombaynya yaa. Bila ingin terasa pedas, boleh dioles saus sambal. Hmmm, sedappp. Gimana, gampil kan resep bakso bakarnya? Bisa banget buat lauk dan camilan anak. Selengkapnya bisa diintip ya di instagram akoh @uciggg ^^. Semoga bermanfaat.


Komentar