Pengalaman Mengajak Anak Ke Kajian

Pengalaman Mengajak Anak Ke Kajian ~ 

Masa ini datang juga ya, agak sedikit lebih longgar. Akhirnya bisa membawa Ugo ke kajian di masjid. Saya yang sedikit ragu, apa bisa dia tertib di masjid tanpa gadget. Pernah waktu itu ke masjid dan kalau lihat seusianya pegang gadget, dia minta juga. Kalau dibilang rempong, ya rempong, kalau dipikir biasa aja juga jadi biasa ajaaaa. Semua tergantung pikiran akoh ternyataaaa.



Kalau di zaman dulu, ada cerita tentang baginda Rasul dan anak-anak. Dari hadist Bukhari & Muslim, "Aku melihat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengimami shalat sambil menggendong cucunya; Umamah binti Abi al-‘Ash di pundaknya. Bila beliau akan sujud, maka anak tersebut diturunkannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadits tersebut menjelaskan bahwa Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tidak berlepas tangan ketika membawa anak ke masjid. Cucunya dipegangi, bahkan digendong. Agar tidak mengganggu jamaah lainnya. 

Fenomena ramadhan lalu rasanya saya pernah baca cerita gitu, di masjid banyak anak-anak yang nggak tau gimana arahnya huhu jadi mengganggu jamaah lain. Duh saya juga pernah nggak dampingi Ugo ke mushola karena sedang haid. 

Btw, udah pekan ke-4 sepertinya mengajak Ugo ke masjid sekitar rumah. Jadwal kajian setiap senin & kamis ba'da ashar biasanya Ugo ikut. Kalau sabtu & minggu ba'da subuh, Ugo masih bobo, yang ikut cuma kakak Kaina tiap sabtunya.

Masjidnya di Jami Al-Ukhuwah Palem Merah di kawasan Palem Semi Karawaci. Terkesan sekali dengan masjid ini, ada minimarketnya dan tempat cuci kendaraan yang dikelola masjid. Lalu tempat wudhunya juga unik, di sebuah gentong besar. Eh malah jadi cerita kemana-mana. Hehe. Sebelum melakukan semua tips mba tips, selalu mohon pertolongan Allah agar bisa melewati segala sesuatunya dengan mudah.


Briefing Dulu

Sebelum pergi keluar bareng anak-anak udah pasti ya briefing dulu kecuali mau bikin surprise. Hehe. Ugo selalu dikasih tau kalau harus bagaimana kalau mau ikut ke masjid. Insya Allah anak-anak bisa mengerti. Pernah saat ke masjid sekolah kakak, minta nonton karena lihat teman sebayanya juga nonton tapi sekarang udah nggak gitu lagi karena saya bilang ke masjid bukan untuk nonton.


Membuat Perutnya Kenyang

Penting sih ini ya, kalau anak-anak kenyang bakalan anteng. Sehabis bangun tidur siang, Ugo biasanya memakan camilan. Pernah nggak keburu makan di rumah, alhasil sebelum masuk masjid, di samping pintu saya kasih Ugo camilan. Jadi nggak makan di dalam masjid lagi.


Membawa Mainan Favorit 

Mainan cukup membantu saat di masjid. Seringan bawa mobil-mobilan yang paling disuka. Bisa dicoba deh membawa mainan favorit anak-anak. Bisa juga bawa alat tulis dan buku gambar. Kayaknya mas Ugo mau bawa alat mewarnai, kali aja dia mau ya? 


Membawa Minum & Camilan

Minuman dan camilan bikin anak-anak happy terlebih kalau permen :p. Tapi Ugo cuma bawa biskuit coklat gitu aja buat ganjal perut. Sedangkan minuman, selalu dibawa kalau pergi, apalagi perginya sama anak. 


Cek kondisi anak, mulai dari moodnya apakah sedang baik-baik saja atau gimana. Kesehatannya juga kudu diperhatikan ya. Paling itu aja kalau saya, nggak ada kiat khusus 😂. Nah mungkin parent lain ada tips trik lain? Sharing di komen yuk. 

Komentar

  1. Agak sulit kalau mengajak anak ke acara seperti ini karena membosankan menurut mereka. Perlu strategi yang matang memang untuk itu, dikasih makan dan dimanjain dulu, diajak briefing pula, masyaallah memang. Bisa dicobalah, terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)