Resep Sempol Ayam Jajanan Anak SD

Resep Sempol Ayam Jajanan Anak SD ~ 

Kembali normal setelah libur lebaran. Apa masih ada yang jetlag? Hihi, ayo mangat lagi kitaaaa. Wara-wiri di dapur kadang bikin happy, kadang juga malas. Heheu. Malas kalau yang dibikinin ternyata nggak mau maem hasil masakan emak😄. Sekarang saya uji coba terlebih dahulu biar nggak kecewa. Kapan hari gitu mau bikin kelepon kan, eh trial beli di abang-abang dulu deh. Responnya biasa aja. Yaah jadi saya maju mundur untuk bikin kleponnyaaah. Akhirnya malah bikin Sempol Ayam. Alhamdulillah Ugo mau. 




Sempol ayam seingat saya juga udah pernah bikin tapi pas Ugo belum lahir. Ya Allah, udah lama banget kan. Untuk melatih tangan ala abang-abang again, dan biar food processor nggak gabut amat. Bismillah saya bikin Sempol, padahal itu habis masak ayam kecap. Sungguh petakilan hari kemarin.

Resep sempol ini tuh beda dari yang sebelumnya. Bikin sempol memang double action, halah. Udah direbus, terus digoreng. Pakai tusukan sate. Saya juga sedia tusukan sate. Kadang buat nusuk apel  nya si Ugo.

Camilan pemersatu bangsa adalah gorengan. Dari batagor, pangsit goreng, semua warga di rumah pasti demen. Dan ada lagi deh camilan selain itu yang jadi pemersatu kita, dimsum, mie, bakso. Jadi kapan bikin bakso euy?

Sempol dulu yaaa. .

Resep Sempol Ayam Jajanan Anak SD Laris Manis

Bahan dasar:

250 gr ayam fillet

100 gr Tepung Tapioka

50 gr Tepung Terigu

4 siung Bawang Merah iris goreng

3 siung Bawang Putih (saya pakai bawang putih baceman)

1 buah telur

1/2 sdt gula

1 sdt kaldu

1/2 sdm garam

Merica boleh tambah bila suka

1/2 batang Daung Bawang Seledri

Bahan tambahan: 1 buah telur untuk melapisi sempol sebelum goreng.


Cara Membuat Sempol Ayam:

  • Campur semua bahan dasar, saya menggunakan food processor. Daun bawang seledri paling akhir aja. Koreksi rasa.


  • Oleskan tangan dengan sedikit minyak, lalu bentuk sempol pada lidi. Penggunaan minyak membuat proses ini lebih mudah, tidak lengket di tangan.



  • Didihkan air pada panci, saya menggunakan pan teflon.


  • Masukkan sempol yang sudah ditusukkan
  • Masak sampai matang, kurang lebih 20-25 menit ya.



  • Angkat dan tiriskan.
  • Balur sempol pada telur, lalu goreng hingga kecoklatan yaaa.






  • Jadi deh sempol ayam jajanan sd. 



Untuk sausnya, biasa anak-anak langsung cocol saus sambal botolan yang tersedia di rumah. Tapi kemarin itu ada sambal dari lunch box Dapur Solo, yaudah deh saya cocol pakai itu. Enak juga. Nah kalau sempol ayam bisa juga ditambah pakai wortel ya. Resep sempol ayam jajanan anak sd biasanya minyaknya kan merendam seluruh sempol, kemarin itu saya hanya pakai teflon karena sempol sudah dimasak matang di proses merebusnya.

Masya Allah akhirnya kelar juga bikin sempol ayam dibikin reels, hihi. Aslinya cepat banget tapi karena direcording, gapapa biar jadi konten masak, semoga bermanfaat
ya. Kali aja nambahin amal :'( Yuk semangat lagi mencari kebaikan dari hal-hal yang kita bisa, maksimalkan potensi diri untuk hal yang bermanfaat lagi. Kamu suka sempol ayam atau camilan lain? Semoga teman-teman diberikan banyak keberkahan dalam hidup ya. Amiin ^^

Komentar

  1. wah kelihatan enak bangettt, jadi pengen coba di rumah :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)