7 Makanan Khas Kampung Halaman Yang Bikin Kangen

7 Makanan Khas Kampung Halaman Yang Bikin Kangen

Tidak terasa ramadhan akan meninggalkan kita ya, ada rasa sedih juga bercampur bahagia karena lebaran sebentar lagi! Hari di mana kita saling membukakan pintu maaf. Kalau bertemu hari yang fitri penuh sensasi yang nggak terlupakan. Apalagi kalau ngomongin kuliner saat lebaran. Makanan khas kampung halaman yang nggak ada lawannya. Selain rasa makanan yang cocok di lidah, kuliner di kampung halaman meninggalkan kenangan masa kecil yang selalu seru. Bagaimana lebaran keliling kampung, mengunjungi rumah demi rumah dengan suguhan yang luar biasa, sungguh banyak. Di tiap rumah selalu disuruh makan. Ah sungguh rindu. Kuliner di kampung halaman Indonesia memang mantap, bikin kangennya.


7 Makanan Khas Kampung Halaman Yang Bikin Kangen



Makanan Khas Kampung Halaman Yang Bikin Kangen Saat Lebaran


Lebaran identik dengan kampung halaman dan sederet makanan khasnya, ya nggak sih?. Tahun ini seperti bernyawa kembali karena Idulfitri tanpa situasi pandemik. Alhamdulillah sampai juga pada akhirnya masa-masa COVID-19, kelar masa mencekam. Hampir 3 tahun memendam rindu, betapa kangennya bertemu sanak saudara tanpa khawatir yang berlebihan tentang virus Corona.  Kampung halaman bapak di Jawa Tengah cuma nggak lebaran di sana. Sedangkan kampung halaman dari mamah dekat aja yaitu daerah Gondrong Tangerang. Namanya unik ya, kampung Gondrong, ke sana laginya udah daerah Jakarta Barat. Nah walau tinggal di Tangerang Banten, mama saya keturunan Betawi bukan Sunda. Dan pas kumpul encang encing enyak babeh, seru banget deh! Selain sosok-sosok yang ngangenin, saya juga punya makanan khas kampung halaman yang bikin kangen saat lebaran. Terkadang, walau ada di tempat lain namun cita rasanya berbeda.



Ini dia 7 Makanan Khas Kampung Halaman Yang Ada Tiap Lebaran:


Tape Uli

Tape Uli Betawi, ada yang suka? saya sih yes. Hehe. Saat lebaran di tempat nyai alias nenek, tape uli tidak pernah absen dari pandangan. Penyajian tape di mangkuk dan uli yang berbungkus daun pisang. Lalu diiris sesuai selera pemotongnya. Hmm, aroma tape uli sungguh khas. Uli terbuat dari beras ketan putih yang kelapa parutnya terasa saat digigit, gurih dan lembut. Uli dicocol dengan tape yang berwarna ungu. Tape terbuat dari beras ketan hitam, ragi, dan gula. Untuk yang belum pernah lihat penampakan tape uli, ini dia ya.


7 Makanan Khas Kampung Halaman Yang Bikin Kangen



Kolang-Kaling

Pertama kali tau makanan ini ya dari lebaran masa kecil. Kuliner khas yang berbentuk lonjong warna bening gitu sebenarnya bisa ditemui selain hari lebaran. Tapi kolang-kaling ketika lebaran tuh kayak bikin lebaran jadi lebih berwarna. Kolang-kaling yang warna aslinya bening, namun kalau di tempat nenek tuh dikasih pewarna makanan jadi berwarna-warni, ada merah dan hijau. Kolang-kaling juga disebut dengan buah atap, orang Betawi sih nyebutnya "buatep". Kolang-kaling biasa dimasak campur gula, menjadi manisan. Tidak hanya enak, mengenyangkan baik untuk diet, ternyata manfaat kolang-kaling itu baik untuk persendian lho. Wah, siapa yang udah coba kolang-kaling?


7 Makanan Khas Kampung Halaman Yang Bikin Kangen



Kue Cincin

Kue berbentuk cincin dan tengahnya bolong seperti donat. Bedanya kue cincin tidak mengembang walau sama-sama digoreng. Kue cincin merupakan makanan ringan yang enak banget dinikmati pakai kopi. Kalau di Jawa Barat kue cincin disebut dengan Ali Agrem, sedangkan di Betawi ya kue cincin. Selain saat lebaran, kue cincin juga hadir di hajatan aka orang nikah atau sunatan Betawi. Kue cincin tidak pakai topping, terbuat dari tepung beras, gula merah, dan kelapa parut yang disangrai.




7 Makanan Khas Kampung Halaman Yang Bikin Kangen


Sayur Ketupat

Sayur ketupat terbaik kalau di kampung halaman tuh ya, wah wah bisa nambah beberapa kali karena kuah santan sayurnya yang sedap mantap. Sayur ketupat berisi irisan kacang panjang, pepaya, tempe, pete. Kuah sayur ketupat berwarna merah karena memakai cabai merah besar dan merah keriting, selain itu memakai ebi juga di dalamnya sehingga membuat rasa semakin gurih. Sayur ketupat dengan kuah kental disajikan bersama taburan bawang goreng plus kerupuk, huaa tidak bisa ditolak bukan pemirsa?! Apalagi dipertemukan dengan semur daging nyai. Aw aw. Pedas manis gitu.


7 Makanan Khas Kampung Halaman Yang Bikin Kangen



Sambal Goreng Ati

Sambal goreng ati memakai bahan hati sapi dimasak sambal dan dicampur dengan kentang. Ada yang pakai santan untuk masak sambal gorengnya ada juga yang tidak. Di tempat nenek pakai santan untuk masak sambal goreng ati ini, rasanya nggak usah ditanya ya, ahsyedap. Walau namanya sambal, tapi sambal goreng ati di kampung halaman, level kepedasaannya sedang aja. Sambal goreng ati juga memakai beberapa taburan pete hehe. Btw, saya pernah bikin yang versi tanpa santan Menu Lebaran.

7 Makanan Khas Kampung Halaman Yang Bikin Kangen



Sayur Asem

Kok lebaran malah ada menu sayur asem sih? Ya bisa ditemukan sayur asem lengkap dengan sambal, lalapan, ikan asin. Siapa yang mau? Di hari kedua lebaran masih berputar keliling kampung halaman. Pastinya ada makan siang dengan menu sayur asem. Sayur asem yang merah pedas nampol, isiannya lengkap, bahkan kadang pakai tetelan. Kenapa sayur asem, karena di hari pertama udah kenyang kuah santan, dan hari kedua ingin makanan yang segar-segar. Begitulah ceritanya kenapa ada sayur asem di suasana lebaran kampung halaman saya. Kalau ditempat mertua, hari kedua sering ada pecel. Alasannya masih sama, karena udah kenyang sama kuah santan hehe.


7 Makanan Khas Kampung Halaman Yang Bikin Kangen





Semur Daging

Semur daging Betawi buatan nyai khas banget, yang warnanya hitam pekat gitu bertabur bawang merah goreng di atasnya. Entah kenapa kalau masak semur sendiri tidak seenak buatan almarhumah. Semur berbahan dasar daging sapi sengkel dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, dan beberapa rempah, tentu bercampur kecap manis yang pas manisnya. Semur dagingnya sungguh beda deh bumbunya maknyus, apa karena dibikinin yha?. Aduduh jadi membayangkan buka puasa pakai semur daging kan.




7 Makanan Khas Kampung Halaman Yang Bikin Kangen


Dari semua makanan di atas, sebenarnya masih ada lagi yang bikin kangen seperti Kembang Goyang dan Biji Ketapang, oh ya ada juga yang khas yaitu dodol Betawi yang legit aduhai. Indahnya lebaran ya selain bertemu handai taulan, menjadi kegiatan kulineran di kampung halaman. Dan 1 hari aja nggak cukup untuk memutari rumah satu kampung, belum lagi tiap rumah menyuruh para tamu untuk makan. Benar-benar acara ramah tamah yang membuat timbangan geser ke kanan. Masya Allah Tabarakallah, kalau temans apa sih makanan khas kampung halamannya yang bikin kangen, tinggalkan komentarnya yaa biar nggak sepi nih dimari:)

Komentar

  1. Kalau di Manado sih pas Lebaran umumnya sajikan kue-kue khas ya kayak lalampa ada juga nasi jaha (serupa lemang) nah ini padanannya ayam rica-rica, ada juga opor, sayur acar. Kalau di rumah gulai kambing hehe terus ada sambal goreng, ayam rica-rica juga. Duh jadi kangen rumah huhuhu

    BalasHapus
  2. 1 dan 2 di kampungku tidak ada tapi jadi penasaran pengin rasain, tape uli kalau kolang-kaling pernah dicampur sama ... apa sih ada di es apa gitu. Memang pas mudik harapannya ketemu sama makanan-makanan ini, apalagi rasa khas rempah-rempahnya bikin rindu. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  3. Baru tahu tape uli di tabur kelapa disini nih mbak penasaran banget rasanya kayak apa, kalau makanan lainnya siy bukan khas kampung lagi tapi sudah bisa ditemukan dimana saja kali ya ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan ditabur kelapa mba hehe, kelapa parut di dalam adonannya. Iya makanan lain di mana aja ada yg sama, maksudnya khas kampung halaman Indonesia juga menyeluruh, memang kan mirip2 :D

      Hapus
  4. Aku tuh sering dengar/baca nama tape uli, tapi beneran baru tahu kalau bentukannya adalah kentan/uli dengan topping tape ketan (eh namanya kan emang tape uli yaaa hahaha..). Padahal aku tahu kalau uli adalah ketan (kalau di jawa, ketan tumbuk namanya jadah/juadah kan ya.,), tapi aku ga kepikir kalau tape uli adalah tape dengan ketan wkwkwk. Ini jadinya ketan double combo yaaa..meski ketannya beda jenis sih hihihi

    BalasHapus
  5. Aduh itu jajanannya kok enak-enak banget sih Ci, tapi kalau aku penginnya makan tape uli sih karena sudah lama juga gak makan. Kalau menu lainnya doyan juga sih tapi gak sepengen kayak Tape Uli.

    BalasHapus
  6. Nah ini tinggal gas aja pulang dan merasakan kekenyangan yang haqiqi haha.... pertama kali nyicip tape uli ini di Kalimantan hasil karya orang Lombok, kalau di jawa makan beginian rasanya aneh hihi

    BalasHapus
  7. wahh itu semua menu lebaran yang selalu aku siapin, sambil menyatap menu bisa untuk menganang masa masa kecil saat lebaran bersama ortu dan saudara.

    BalasHapus
  8. Hampir sama ya makanan khas nya dengan di Sunda. Secara lokasi kita memang berdekatan ya. Hanya nama aja yg ada sedikit perbedaan. Semuanya saya suka juga itu. Jadi kangen nenek karena biasanya nenek yg memasak semua itu

    BalasHapus
  9. mirip semua mbk makanan khas rumahan ini, termasuk kue cincin di sini apa ya namanya? Aku lupa deh, kalau sayur asem favorit deh tambah ikan asin

    BalasHapus
  10. Wah iya, kalau mudik itu sakah satu hal yang ingin segera ditemui adalah makanan khas kampung halaman ya mbak

    BalasHapus
  11. aaa kembang goyang tuh enaaakk banget mbak. di list teratas juga ada ketan itu kalau di tempatku namanya Jaddah. kalau digoreng lagi tuh enakk asli

    BalasHapus
  12. Aku langsung kebayang semua makanan itu, setuju semua ngangenin, enak-enak dan yang pasti pengen nambah-nambah terus

    BalasHapus
  13. Wah kalau di daerahku enggak ada kue cincinnya nih. Mungkin karena kami lebih suka rengginang dan peyek kacang atau kedelai.

    Menu utama memang ketupat sayur, opor ayam, atau olahan daging yang menggugah selera.

    BalasHapus
  14. Aku seneng pas di Depok tuh ada yg dagang kue cincin entah kenapa favorit bangt apalg minumnya bareng teh hangat gitu, pdahal buat nya gampang sama adanonnya kayak kue cucur

    BalasHapus
  15. Ali agrem..
    Iyaya.. makanan khas begini bikin kangen kampung halaman. Kalau aku dari Surabaya, yang khas kaya rujak cingur, lontong balap, semanggi sampai tahu campur.
    Pokoknya gak ada yang seenak dari tempatnya langsung sih..

    BalasHapus
  16. Aku paling suka sama kulang kaling di Kampung, soalnya kalau beli di kota kadang suka bau gitu. Kalau yang di kampung kan masih seger, jadi konsumsi juga enak.

    BalasHapus
  17. Idah Ceris8:53 AM

    Kue cincin, baru pernah dengar. Sekilas emang mirip donat, ya. Unikkk

    BalasHapus
  18. Yg paking aku kangenin kalo momen lebaran ya makann khas nya ini mba. Sayangnya aku udh ga pernah mudik lebaran ke Medan. Selalunya tiap mudik pasti bukan di momen lebaran. Soalnya pak suami susah cuti dan tiket juga gila2an kalo ke Medan.

    Beberapa makanan di atas, aku pernah cobain, tapi ada juga yg belum, kayak kue cincin. Penasaran.

    Kalo tape ULI juga selaku ada di keluargaku. Tapi selain pake ulu, makannya pAke lemang atau ketupat santan mba. Duuuh aku kangen tape jadi nya :(

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)