Kunci Menjadi Blogger Indonesia Yang Kredibel Di Zaman Now

Kunci Menjadi Blogger Yang Kredibel Di Zaman Now~ Temans tau nggak? Ternyata menjadi blogger itu nggak cukup cuma mengerti EYD tok lho. Ada banyak skill yang harus dimiliki oleh blogger bila mau terjun secara profesional. Fiuuuh, nggak terasa masih menulis di blog pribadi sampai saat ini. Alhamdulillah senang sekali bisa bergabung dengan berbagai komunitas blogger. Ketemu orang-orang baik yang sefrekuensi. Bagi saya bergabung dengan komunitas itu perlu ya. Tentu dengan komunitas yang memberi pengaruh positif, salah satunya Bloggercrony Community(BCC) yang tahun ini menginjak usia ke-8, sekali lagi, Selamat Ulang Tahun BCC. Semoga menjadi komunitas yang semakin menebar manfaat. Ngomongin blogger yang kredibel, sesuai dengan tema acara ulang tahun BCC yaitu SkillSetUp yang juga sedang akan saya lakukan. #uhuk #benerinpeci eh #benerinjilbab. Well, bagaimana sih menjadi blogger yang kredibel zaman now?




Kunci Menjadi Blogger Indonesia Yang Kredibel Di Zaman Now




Di tengah kesibukan ngurus anak-anak. Iya anak saya baru 3, kalau ditanya apa nggak repot nulis blog, bikin konten, memang dibayar terus?. Alhamdulillah nggak gimana-gimana, happy aja karena kegiatan ngeblog menjadi pelepas penat. Cuma makin lama mikir juga, ya kenapa enggak ditingkatkan skillnya, supaya semakin baik tulisannya, foto dan videonya, all about content yang dibuat. Jujur, setelah berhenti kerja kantoran, teman blog saya anggap sebagai teman kantor. Meski pekerjaan menulis nggak sebanyak teman blog lain ehehe. Tapi memang menulis itu sendiri adalah kegiatan mevvah yang tidak bisa saya tinggalkan.



Tentang Bloggerrony Community




Kunci Menjadi Blogger Indonesia Yang Kredibel Di Zaman Now


Tema Skill Set Up di Bloggerday 2023 yang diadakan BCC tahun ini, "ingin mendengarkan para blogger" Ujar Mbak Wawa selaku Founder Bloggercrony Community, kebutuhan apa aja sih yang diinginkan para blogger. Dan menurut saya BCC melengkapi itu ya. Mulai dari berbagai program yang dimiliki BCC seperti #BloggerView, #BloggerHangout, #BloggerCare, dan ada juga #BloggerPreneur. Saya baca di websitenya sampai ada belajar TOEFL loh. Saya senang sekali ada komunitas seperti Komunitas Bloggercrony Indonesia.  Bloggercrony Community sendiri merupakan komunitas yang memiliki member dari Sabang sampai Merauke. Bloggercrony terbentuk pada tanggal 24 Februari 2015, yang digagas oleh Mas Satto, Mbak Wardah Fajri, Anesa Nisa. Dengan visi "Menjadi komunitas andalan blogger untuk meningkatkan kualitas diri dan profesinya."



Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional.


Pernah pengalaman dengan Bloggercrony Community tapi seingat saya itu udah lama banget sebelum Ugo lahir. Pengurusnya profesional semua, selalu memberi info secara terstruktur dan rapi. Saya juga ikutan follow-followan sesama member nih di twitter, pas awal-awal program, tapi sekarang suka ke-skip sama urusan rumah dan lainnya. Nah baru tahun ini saya ikutan bloggerday, alhamdulillah keangkut ya. Dan temanya benar sesuai harapan saya. Tema bloggerday tahun ini pas banget dengan keinginan saya tentang ngeblog sekaligus menjadi pemicu semangat dan modal ke depannya.


Acara ulang tahun BCC yang ke-8, super fun banget karena eventnya dilaksanakan secara HybridOffline event di Puncak Gunung Halimun (Halimun Camp) pada hari Sabtu-Minggu, tanggal 4-5 Maret 2023 dan sebelumnya ada perayaan online zoom yang saya ikuti. Pengin ikutan campnya, kalau Ugo udah agak besar ya, semoga masih ada umur, amin. Acara online didukung oleh beberapa partner yaitu Kausamesta, ICT Watch, Cera Production, BloggerPreneur. 


Online melalui zoom yang dihadiri oleh 100 member terpilih, bertabur hadiah beneeeer. Baru awalan aja udah bagi-bagi hadiah hehe. Iyaa jadi semuanya dapat hadiah loh, seru kan. Alhamdulillah kebagian karena termasuk 15 peserta yang datang tercepat di zoom, heheu semangat, karena saya memang niat ikutan. Sebelum zoom, saya udah kondisikan anak-anak karena paksu belum pulang #hiaa jadi curhat. Saya juga bolak-balik karena Ugo nggak bolehin pakai jilbab, jadi setelah Isya off camera.


Kunci Menjadi Blogger Indonesia Yang Kredibel Di Zaman Now
Source : instagram @bloggercrony


Acaranya dipandu oleh MC keceee, kak Zhea. Lalu kehadiran kak Bowo Susilo, kak Fawwaz dan kak Annesa Nisa. Acara semakin asyik ada kak Tanti Amelia dan kak Uwan sebagai special guest yang nantinya bakal membuat karya sebagai hadiah untuk Most Wanted Blog Award




Jadi di setiap acara ulang tahun Bloggercrony, akan ada 1 blogger yang terpilih. Dan tahun ini ada kak Helena Safitri sebagai Most Wanted Blog. Barakallah Ibu Sid, saya biasa bercanda dan manggilnya ibu Sid. Hehe. Nggak kaget lagi kalau beliau menjadi most wanted blogger ya karena konsistensinya membuat konten-konten yang bermanfaat tentang parenting. Saya juga sering terinspirasi oleh ide main beliau.




Di ujung acara, ada speaker yang udah ditunggu-tunggu nih, Bang Away yaitu Anwar Natari selaku pembina/pengawas komunitas. Bang Away membagikan kisahnya tentang editor, bagaimana menjadi seorang profesional, mempelajari teknik wawancara, dan masih menulis hingga kini. Banyak insight menarik dan bermanfaat banget untuk saya. Walau mendengarkan sambil memangku Ugo, saya mencoba menuliskan beberapa poin-poinnya supaya nggak lupa. Bincang-bincang santai malam itu juga pastinya di hadiri mbak Wawa ya.


Kunci Menjadi Blogger Indonesia Yang Kredibel Di Zaman Now



Mbak Wawa bilang "ingat KSA. . setiap profesi apa pun itu memerlukan Knowledge - Skill - Attitude."  merupakan hal yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan.

 

Jadi langsung aja saya rangkumkan hasil bincang penuh daging antara mbak Wawa dan Bang Away. Gimana Sih Menjadi Blogger Yang Kredibel?  Seperti apa yaaa. Ini dia Kunci Menjadi Blogger Indonesia Yang Kredibel Di Zaman Now.




Memiliki Kemampuan Menulis

Blogger harus punya keterampilan menulis. Ada set paket seorang penulis yaitu dia harus mengerti EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), diksi (pemilihan kata yang tepat), gaya bahasa, bagaimana membuat judul yang menarik, lalu membuat kalimat pembuka dan penutup artikel yang berkesan untuk pembaca. Bisa menulis kreatif juga salah satu hal yang dibutuhkan untuk menjadi blogger yang kredibel. Reflek kreatif itu bisa dilatih. Penulisan kreatif pun harus ditopang oleh creative attitude. Berkaitan dengan hal yang saya tau yaitu akhlak dulu lalu ilmu. 

 

Belum lagi seorang penulis harus melakukan riset dan wawancara. Eng ing eng. .  Lanjuuut yaaa

 

 

Public Speaking Yang Baik

Menulis itu kan bisa dari berbagai sumber, ketika bertemu pembicara ada baiknya blogger punya public speaking yang baik seperti bagaimana sih memulai percakapan. Public speaking adalah kemampuan berbicara di depan orang banyak. Untuk melakukan wawancara dengan narasumber perlu didukung sikap yang sopan santun dan bahasa tubuh yang tepat. Blogger yang kredibel mengerti ilmu komunikasi dasar dan teknik wawancara. Public speaking juga diperlukan blogger saat diminta untuk membagi pengalaman secara verbal, misal ketika event blogger.

 



Kunci Menjadi Blogger Indonesia Yang Kredibel Di Zaman Now

 

Bisa Motret Yang Bagus

Kadang gambar bisa menerangkan bahkan menjelaskan sesuatu sebelum kita menuliskannya. Namun tulisan bisa diperkaya dengan foto. Blogger yang kredibel  dituntut untuk bisa motret yang bagus. Foto atau gambar pada sebuah artikel disisipkan sebagai pelengkap tulisan. Bagaimana foto yang bagus untuk artikel kita? Usahakan paham tentang pengetahuan dasar memotret, minimal mengetahui fokus, komposisi, intinya tau basic photography jadi kunci blogger yang kredibel.

 

Berkat menjadi blogger, saya juga menggeluti dunia fotografi untuk foto makanan. Awalnya ingin belajar supaya foto di blog bisa bagus eh keterusan deh sampai sekarang, ngeblog dan hobi foto. Pasalnya memotret mengasah otak kanan kita loh sehingga bisa bertambah kreatif. Dan sekarang nih selain motret, blogger yang bisa bikin video, menjadi nilai tambah tersendiri.

 

 

Punya Sikap (Good Attitude)

Tanpa yang satu ini apalah arti kunci-kunci di atas. Good attitude diperlukan di semua profesi. Kalau sikap blogger yang baik itu seperti apa sih? tentu blogger yang tidak membohongi pembaca. Menuliskan sesuatu sesuai kenyataannya. Lalu sesederhana membaca dengan teliti aturan main di tiap event blog. Biasanya blogger sering diundang untuk datang ke event online maupun offline ya, nah di sana ada aturannya. Ada beberapa hak dan kewajiban yang harus dijalankan dengan benar. Bila datang event juga harus tepat waktu, ini termasuk etika profesional.

 


Banyak banget ya? Tenang, jangan langsung pusing dong. Mari kita simak Tips dan Pesan dari Bang Away. . .



Kunci Menjadi Blogger Indonesia Yang Kredibel Di Zaman Now
cantik tapi kok pusing?


Dari banyaknya skill set, tidak boleh lupa, jangan keras pada diri sendiri. Semuanya bisa dipelajari secara bertahap. Minimal ada progres, minimal dalam waktu setahun ada kemajuan, ada tambahan skill yang kita miliki.  Zaman now semuanya terhubung di social media masing-masing, tidak ada salahnya blogger membuat konten singkat tentang tulisannya di media sosial yang dimiliki seperti Twitter, Instagram, Tik Tok. Boleh belajar bertahap, misalnya dalam sebulan belajar tentang diksi atau belajar membuat kalimat pembuka dan penutup dulu deh. Sedikit-sedikit aja dulu yang penting ada kemajuan. Tidak lupa konsisten dan selalu gali potensi diri ya^^.

 

"Ketika Skill Set udah lengkap maka kepercayaan diri akan muncul. Peluang untuk berkembang juga  besar dan seiring berjalannya waktu bisa direkomendasikan." Mbak Wawa menambahkan. Nah, jadi gimana nih udah siap Menjadi Blogger Indonesia Yang Kredibel Di Zaman Now? Yuk mulai Skill Set Up. Terima kasih telah membaca ya, semoga bermanfaat. 

 

 

Socmed Bloggercrony (@bloggercrony)

Instagramhttps://www.instagram.com/bloggercrony

Twitter : https://twitter.com/bloggercrony

Komentar

  1. Sudah intip postingan blogger crony, keliatan seru banget kumpulan blogger satu ini. Keren memang obrolannya enggak main-main, selalu mengikuti alur para blogger hebat ini. Mantep ini bicara soal menjadi penulis blog yang kredibel di zaman serba digital ini. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)