Pertemuan Teman Sejiwa Acara KEB 11 Tahun, Berjejak Berbagi

Pertemuan Teman Sejiwa Acara KEB 11 Tahun, Berjejak Berbagi ~ Hari itu hujan yang syahdu menyambut sabtu di penghujung Januari. Walau hujan, tak menghentikan langkah saya untuk mengikuti keseruan acara KEB yang ke-11 tahun. Kalau dipikir-pikir 11 tahun bukan hal yang mudah untuk suatu komunitas tetap eksis menggandeng para membernya ya. Acaranya terasa hangat dan apa yaaaa. . banyak sekali yang udah lama nggak ketemu bisa ketemuan juga akhirnya, setelah pandemik berlalu. Terpancar kerinduan dari para emak yang datang untuk bertemu dan saling menyapa. Seperti apa keseruan acaranya?


BERJEJAK BERBAGI

Acara syukuran KEB 11 tahun di tanggal 28 Januari 2023, dengan tema yang berbeda dari tahun sebelumnya, acara syukuran ulang tahun KEB kali ini mengusung tema KEB Berjejak Berbagi. Acaranya sendiri bertempat di Bali Notes Terrace, Jl. Prof. Joko Sutono SH No.15 Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Saya berangkat dari Tangerang dengan Mbak Tanti menggunakan bus TJ. Alhamdulillah perjalanan lancar, meski sedikit basah terkena hujan. Setibanya di sana udah cukup ramai, walau enggak kenal semuanya saya menikmati kebersamaan itu.

Review sekilas Bali Notes nih, lokasinya nggak jauh dari Blok M. Bisa sih jalan kaki kurang lebih 1 km tapi hujan becek. Seperti namanya ya memang vibesnya Bali gitu pintu depannya, jadi menyatu  dengan outfit para emak yang juga mengenakan kain maupun kebaya. Makanannya enak dan gemash deh ada menu mie, kata mbaknya ini merek Indomie. Wah nyebut merek euy :p. Nasi mandhi dan ayam chickingnya yang enak meresap, capcaynya juga terasa bumbu bawang putih, itu saya suka, hmm apalagi ditambah sambalnya yang tidak terlalu pedas. Yummy food. Bali Notes Terrace  ada area indoor dan outdoornya, tentu bisa jadi spot foto yang kece.


Chef Dapur Ngebut


Boleh nambah tapi udah kenyang ketawa 😂, btw makanannya enak ^^


Mba Ria, Mak Chi, Me


Pertemuan Teman Sejiwa

Pandemik selain bikin bosan, dia memang paling bisa ya menyisakan kerinduan karena kita kudu stay at home. Saya ingat acara ultah KEB tahun lalu, online dengan serangkaian acaranya yang ciamik materi daging, tentu hikmahnya juga banyak kita rasakan. Namun 2023 pecah. Kopdar juga kita di acara syukuran KEB yang ke 11 tahun. 

Perempuan-perempuan yang bergabung di KEB, dipersatukan karena suka ngeblog, nggak mau diam, selalu brutal dalam ide-ide yang ada di kepalanya. Sungguh takjub, para emak hebat. Mereka memiliki kegiatan positif, curhat di blog bukan sembarang curhat, tulisannya nyangkut di google, dan menemukan pembacanya sendiri. Berkah lainnya bisa monetisasi blog. Semuanya berproses ya.

Yang biasa sapaan lewat media sosial, kini bisa berbagi cerita secara langsung. Keceriaan, tertawa bersama, juga sedikit mengingat masa lalu, semuanya menambah menu hari itu. Saya bertemu emak blogger senior yang selalu mengembangkan senyumnya (sungkem dulu), ramah seperti candaan kalau lagi BW atau di IG.




Sepertinya nasib menjebak saya supaya duduk di antara senior. Tapi memang berangkat naik TJ juga bersama blogger senior 😆 #kabuuuuur.

Napa saya nggak ada foto berdua sama mbak Tanti ya 😅. Mbak Tanti teman seperjalanan dan yang bersedia saya tanyain tentang motherhoodnyaah. Walau lelah seharian tapi banyak suntikan semangat yang saya dapat di kala itu. 


Mbak Tanti, Me, Buncha


Narasumber Dengan Materi Dagingnya

Bukan kopdar biasa. Mungkin ada yang udah tau juga ya tentang dukungan KEB terhadap Gerakan Nasional Literasi Digital - Siberkreasi. Acaranya ada mini workshop dari 2 narasumber yang oke berat, materi-materinya relate dengan emak2blogger loh.

Materi pertamanya aja berjudul "Cara Cuan Masa Kini" oleh mas Tora Bukan Sudiro alias Oktora Irahadi  dari Infina.id. Infina adalah digital creator, tempat influencer bertemu UKM. Yang paling saya ingat, kata masnya "mulai aja dulu dan konsisten". Caranya ya gitu, coba dari mikirin hal yang kamu inginkan, bahkan hal yang buat kamu kesal bisa jadi konten? Heheu, menarik sekali kan.



Pemateri selanjutnya ada kang Ali Muakhir yang dunia tulis menulisnya udah nggak diragukan lagi kan. Bayangin deh judul materinya "Menulis kisah inspiratif tanpa fiktif" huaa keren. 



Hayo siapa yang mupeng mau ke event ini?

2 pemateri yang memberikan materi dagingnya. Masya Allah tabarakallah. Terima kasih.


Lintas Komunitas

Sewaktu di bus mbak Tanti memang cerita bahwa akan ada fashion show dari PPBN dan beliau juga gabung disitu. Saya tunggu-tunggu karena ada mbak Tanti haha, seperti apa  fashion shownya? Berhubung adanya video, jadi saya kasih foto beberapa membernya PPBN aja ya pas saya fotoin di Taman Literasi. 

Habis dari acara, melipir ke Taman Literasi


Salut dengan KEB yang terus mendukung member, contohnya pada mak Elisa Koraag dengan komunitas PPBN nya. 

KEB mendukung komunitas PPBN untuk terus 

berkarya di ruang digital dengan karya-karya yang positif dan menyebar informasi kebaikan tentang kain dan kebaya kepada masyarakat luas melalui media sosial. 

Wow, wah lincah-lincah semua deh. Sebagai orang yang suka dengan budaya bangsa apalagi kain batik, merasa bahagia ada komunitas seperti PPBN. KEB yang hari itu nampak menggandeng dan merangkul komunitas lainnya, turut juga mengundang komunitas blogger seperti Blogger Crony, lalu saya juga sempat menyapa 2 orang keren Canva Creatives Class mbak Tuty dan Mas Ono. 

Berjejak Berbagi

Kemeriahan acara ditambah potong tumpeng, aneka quiz plus doorprize, dan yang bikin surprise ada launching e-book juga loh berjudul "Warna-warni Dunia Blogging dan Cerita Di Balik Dapur Komunitas" siapakah yang menulis? tentunya ditulis oleh para makmin Kumpulan Emak Blogger dong.




Nggak hanya haha hihi, alhamdulillah ada penyerahan secara simbolis #KEBPeduli melalui kampanye 

#KEBCharity11KRun dalam rangka KEB 11 Tahun sebesar Rp. 2.500.000 kepada RA Miftahul Jannah, Noborejo, Salatiga yang diwakilkan oleh mak Ranny, ketua KEB Solo. 
Senangnya, semoga KEB semakin membawa keberkahan ya, bertambah lagi kebaikan-kebaikan dan manfaat untuk sesama, amiin. Lengkap sudah rasanya perhelatan ituuh ditutup dengan foto bareng.


KEB sendiri sebenarnya terlahir pada tanggal 18 Januari 2012, dipertemukan oleh Makpon dan Makpuh. Turut hadir juga mak Icoel selaku ketua KEB sebelum masa mak Elly Nurul.

Saya kira tuh Kumpulan Emak Blogger harus jadi emak-emak dulu, ternyata enggak. Btw banyak juga yang mengira demikian. Sekali lagi buat yang mau gabung di KEB bisa banget buat memupuk semangat ngeJOBnya ngeblognya. Gabung yuk, bisa cek semua sosial medianya Kumpulan Emak-Emak Blogger, aktif semua, mulai dari website emak2blogger.com, Instagram, Twitter, Facebook, Tiktok. 




Sekali lagi, selamat ya untuk KEB, semoga terus mengulang tahun-tahun berikutnya dengan versi terbaik. Terima kasih telah mengadakan acara seperti ini. Sehat dan sukses terus buat semua makmin dan member tercinta di mana pun berada. Kapan-kapan kita jumpa lagi ya. 

Semoga tulisan ini bermanfaat, terima kasih telah membaca. Oh ya syukuran KEB 11 Tahun ini didukung oleh Siberkreasi, Kominfo RI, INFINA dan Bali Notes.

Komentar

  1. Sepertinya nasib menjebak saya supaya duduk di antara senior. => Saya ngakak di bagian ini wkwkkw. Terjebak dengan kehebohan, ya. Seneng deh bisa ketemuan di sana. Semoga bisa ketemuan lagi, ya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaa moga bisa ketemu mak Chi lagi ya^^. heheu walau terjebak tapi tetap seru

      Hapus
  2. horeee ada akuh nampang di blog cigrey :D
    kalo aku sengaja duduk di belakang karena ingin bersandar wkwkwk
    moga kita bisa ketemu lagi seseruan bareng yaa di acara keb berikutnya... pastinya sambil makan2 enaakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. yihiiiy, insya Allah mba, asyiik sambil mkn enak yaaa

      Hapus
  3. Wuaaa Uciiiii makasih yaaa namaku disebut berkali kali
    sementara aku nulisnya global - ya soalnya saking "senior"nya (bilang aja males hihihihi)

    makasih yaaaa love love

    Oya menjawab pertanyaan ini : Napa saya nggak ada foto berdua sama mbak Tanti ya 😅. Mbak Tanti teman seperjalanan dan yang bersedia saya tanyain tentang motherhoodnyaah. Walau lelah seharian tapi banyak suntikan semangat yang saya dapat di kala itu.

    karenaaa kamu yang foto fotoin kita semua hahahahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih selow mba Tantiiiiii...
      aku maren nggak bisa mbaa ke mba Maya karena sama kruciiiil, hua kapan2 kita barengan lagi ya. Hahaa iyaa tapi aku sukaaa, motoin buibu PPBN, ceria2 semuaaa

      Hapus
  4. akuuu nih Ci mupeng banget ikutan, tapi keponakan aku nikah di tanggal itu, jadilah gak bisa dateng, kalo bisa dateeng kan bisa ketemuan yaa kita yaa, ahaha

    emang KEB keren ya, masih aktif dan terus merangkul anggota serta membuat anggotanya semakin meningkatkan kualitas diri juga, termasuk kualitas blognya, salut yaa

    BalasHapus
  5. Wah, Mbak Uci juga datang. Ngiri euy, gak bisa gabung momen seru ini. Padahal setelah 2 tahun pandemi, kumpul-kumpul kemarin pastinya bisa jadi penyegaran dan recharge semangat ngeblog. Next time semoga punya kesempatan ketemu Mbak Uci juga, amiin.

    BalasHapus
  6. Uciiiii akhirnya kita jumpaaaa. Meski ga ngobrol banyak dan duduk dekat-dekatan, tapi aku menandai dirimu di hatikuuuu #halah hahaha

    Aku juga seneng banget bisa hadir di acara ini. Jadi ketemu banyak temen blogger yang udah lama ga jumpa, yang baru kenal di medsosnya aja, yang cuma bersapa di blog aja, akhirnyaa jumpa!

    Mini workshopnya bagus!

    BalasHapus
  7. Khaphaaaan yaa aku bisa ketemu emak2 KEB secara langsung? Hari2 cuma ketemu di WA, BW, dan medsos hihhi. Ngiri nganan lho maaak aku tuuuu. Angka 11 dimitoskan angka siyal, eh tapi ga terbukti dong di KEB. Lha ini angka 11 malah bisa pada ketemuan heboh dan dapat materi2 dagiiiing abis.

    BalasHapus
  8. Bisa membayangkan suka cita acara KEB 11 tahun.
    Pastilah rasanya waktu berputar dengan cepat ya, tahu-tahu sudah mau bubar aja.

    Paling terberkati memang kalau bertemu dengan yang 1 frekuensi!

    BalasHapus
  9. Meriah banget ya perayaan KEB ke 11 ini, tak hanya temu kangen dan silaturahmi tapi juga dapat ilmu dari Kang Ale, ada fashion show. Seru..selamat ultah KEB semoga makin menginspirasi para perempuan Indonesia ya

    BalasHapus
  10. Seru banget acaranya yaa :D
    Bisa ketemu teman, dapat materi berdaging, dan makan2 enak hehe. Duh jadi pengen makan makanan nuansa Timur tengah kyk gtu juga deh :D
    Wkwkw mungkin tanda2 udah senior juga jadi bloger makanya barengan ma senior mulu :D Maksudnya udah lama ngeblognya. Buktinya pada kenal dirimu kaaaan :D

    BalasHapus
  11. Senangnya bisa kopdar setelah pandemi ini. Seru acaranya kalau baca-baca dari postingan emak-emak. Andai dekat. Mau banget join ke sana. Semoga KEB tetap menginspirasi kita semua

    BalasHapus
  12. Selalu excited kalau ada acara offline kek gini. Bisa ketemu blogger2 yang bikin makin termotivasi. Bisa belajar bareng narsum2 keren. Duh kalo deket mah aku pasti dateng. Sayang banget kalau ga gabung. Sukses terussss ya KEB!

    BalasHapus
  13. happy sekali ya akhirnya bisa kopdar dan bertemu teman blogger lainnya sambil melepas rindu juga bertukar cerita dan sharing ilmu

    BalasHapus
  14. Seruu ya maakk...selama ini hanya saling BW trs ketemu aq dalam hati ini emak yg blognya apa yaa...aah tar q inget2 pas BW 🤭😃

    BalasHapus
  15. Kebayang sih setelah skian lama ga bisa kopdar trs ketemu tub rqsanya pasti happy banget. Apalagi acara KEB pasti bqnyak bgt ilmu yg didapat. Ngiri euy sementara daku hanya bisa memandang dari kejquhan

    BalasHapus
  16. Aku senang loh baca keseruan acara ultah KEB, apalagi banyak yang nulis dan semua dengan sudut pandang beda. Jadi aku kayak baca cerita pengalaman berkesan sesuai yang dinikmati. Pasti lah bikin hepi juga, dengan kopdar, mini workshop dengan narasumber yang kece, lengkap banget ya mba Uci

    BalasHapus
  17. Dari tadi bacain cerita emak-emak yang pada hadir di acara ultah KEB, bikin berkaca-kaca. Seru bangeeet. Sayang, ya, aku gak bisa hadir. Padahal ini kesempatan langka untuk bisa ketemu sama emak-emak keren di balik KEB, emak-emak blogger, juga Mak Ucig kesayangankuuuu. Semoga dikasih panjang umur untuk bisa ikut merayakan ultah KEB tahun depan. Insya Allah, ya, Mak.

    BalasHapus
  18. Ikut senang..
    Dengan adanya Anniversari KEB 11 tahun, semua berkumpul, saling berbagi ilmu dan yang pasti berbagi kehangatan dan keceriaan.
    Uuh... pingiiinnn nyempiill...

    BalasHapus
  19. Envy banget deehh... pengin berada di tengah2 kalian semua para emak blogger yang keren. Selalu semangat ngeblog meskipun banyak kesibukan harian yang menghadang.

    BalasHapus
  20. senangnyaaaa mbaaaa. Aku senang lihat teman - teman bisa kumpul lagiii..dan terus terang aku kangen semuaaa hahaha. Peluk dulu dari jauh dan semoga KEB sukses terus yaaa mbaaaa

    BalasHapus
  21. Seandainya dekat pasti saya daftar untyuk hadir, sayang jauh. Atau andai diselenggarakan pada awal-awal bulan Januari saya pasti datang karena waktu itu pas lagi ada di jakarta. Semoga lain waktu bisa juga menghadiri acara kerennya Emak Bloger ini deh.

    BalasHapus
  22. Seneng banget deh Mba bisa hadir di acara ultahnya KEB yang ke-11. Seneng pasti ketemu rekan-rekan blogger. Happy birthday buat KEB. Moga makin sukses dan bisa menebar manfaat yang lebih luas buat sekitarnya.

    BalasHapus
  23. Datang ke acara KEB mah dapat paket komplit, bisa ketemu teman-teman satu frekuensi plus dapat ilmu yang bermanfaat buat menunjang kerjaan

    BalasHapus
  24. waaaah ikutan tho mbak. Iya Sabtu itu hujan sepanjang hari. Aku ga bisa ikutan pas field trip tapi happy membaca ceritanya. Alhamdulillah acaranya offline yaa bisa temu kangen sambil makan enak dan ketawa ketiwi.

    BalasHapus
  25. Seruuu banget yaaaaaaa ketemu teman yang selama ini berjumpa melalui virtual, senangnya bisa ikut ngrasain dari foto dan tulisannya.. Selamat ulang tahun KEB, terus jaya dan menjadi rumah bagi emak blogger ya!

    BalasHapus
  26. Senangnya bisa ketemu catch up langsung sama semua member KEB di anniv ke-11 ini semoga makin terus eksis dan membawa karya para Moms di seluruh dunia yaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)