Atasi Anak Susah BAB

Atasi Anak Susah BAB ~ Selain drama makan ternyata ada juga loh drama susah BAB pada anak. Baru tau deh semenjak punya Ugo. Fiuuh, babak 1 usai, lanjut babak lain yaa. Drama susah pup memang belum berakhir, sampai pada puncaknya Ugo sakit susah menelan, kata dokter tenggorokannya sariawan. Rasanya zaman dulu sariawan tuh di mulut aja ya, ternyata sekarang mah tenggorokan bisa sariawan. Apa saya yang baru tau? Eleuh ada-ada aja deh. Alhamdulillah Ugo bisa pup lancar lagi, walau kadang masih suka ditahan sama dia.


Ada anak sahabat juga yang sama kayak Ugo, susah pupnya dari kecil hingga sekarang dia udah esde. Kemarin itu dia juga sakit radang sampai demam dan susah makan, alhasil harus dirawat di rumah sakit. Dia bisa sampai 5 harian gitu nahan pup, ya Allah. Ini juga yang dialami Ugo saat akhir tahun lalu, radang dan pup lebih dari 3 hari. Dokter memberi resep microlax juga dan obat sirup untuk melunakkan pupnya. Obat itu boleh dikonsumsi kalau lebih dari 5 hari nggak pup. 

Sebenarnya kalau pepaya doyan kan bisa lancar ya, tapi anak-anak agak susah nih, belum terbiasa sama pepaya. Dulu, saya juga nggak suka pepaya, nggak suka bau dan teksturnya gitu. Kalau anak-anak ditanya kenapa nggak bisa makan pepaya, mereka nggak suka teksturnya. Baiklah jadinya saya coba buah lain.

Pengalaman dari tiap anak berbeda, memang ya jadi ibu selalu belajar hal baru. Kali ini pengalaman anak susah BAB. Saya coba tuliskan deh barangkali ada yang punya kasus serupa, bisa dicoba cara di bawah ini ya.

Atasi Anak Susah BAB

Makan Buah Apel 

Buah apel ternyata ampuh buat melancarkan pencernaan si Ugo. Alhamdulillah harus dijatah, 1 hari harus 1 buah apel. Saya juga menyarankan ke sahabat saya untuk memberi apel ke anaknya yang serupa kasusnya dengan Ugo. Dan ternyata iya benerrrr, terharu katanya bisa lancar setiap hari tapi memang kan harus ditelateni ya, kudu emaknya nyodorin, kasih pemahaman supaya pup lancar makan sayur dan buah. Saya suka bilang, kalau pup nggak lancar nanti bakterinya naik ke tenggorokan lagi dan jadi radang :p.





Batasi Makan Bertepung

Selain makan serat, nah si Ugo kalau saya perhatikan misalnya makan roti gitu atau donat, itu bikin sulit BAB. Kalau bisa harus dibatasi makanan bertepungnya. Pemberian makanan bertepung harus cek dulu, apakah dia udah pup hari itu, huhu. Nah baru deh saya berani kasih roti untuk Ugo. Selain roti, mie juga menjadi PR buat pencernaan. Harus pup dulu deh baru makan mie.



Minum Air Putih

Rutin minum air putih di kala pagi hari saat bangun tidur dan sore hari. Anak-anak tuh minumnya kan kudu diteriakiiii aja sambil dikasih pengertian kalau tubuh harus minum air putih yang cukup. Air putih bagus untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, apalagi habis bangun tidur pagi, yakan.


Cek Asupan Susu

Entah kenapa kok kalau minum susu pupnya jadi keras. Mana yaaaa anak-anak pada suka susu. Ugo suka susu UHT yang sokelat, kalau kata dokter, kalau bisa susu yang putih aja. HADUH, kebiasaan waktu itu minum susu UHT cokelat, jadinya emoh deh yang putih, padahal kan yang putih juga enaaa ya.


Ajak Bergerak

Karena olahraganya mereka itu dengan bergerak sambil main. Biasanya juga nih, si Ugo suka nggak nahan kalau lagi lari-lari terus minta pup deh. Beda dengan dia kalau lagi duduk diam, dia bisa nahan. Kalau lagi jalan bergerak bahkan pas lari, itu sering dia langsung minta ke kamar mandi buat pup.

Semenjak usia 2 tahun si Ugo kalau pup yagitu, suka nahan terus. Bisa juga dia karena trauma pupnya keras jadi ya ditahan-tahan. Alhamdulillah sekarang nggak sampai 3 hari udah bisa pup, setidaknya ada kemajuan. Huhuuu. Kan metabolisme tubuh yang lancar mempengaruhi kebugaran badan, kotoran dalam tubuh terbuang dengan teratur, semua sehat. Amiin. Sekian dan terima kasih telah membaca, semoga artikel atasi anak susah bab ini bermanfaat ya.

Komentar

  1. Bener banget, selain drama enggak mau makan drama mau BAB ke kamar kecil pun bikin pusing seketika. Drama BAB lebih heboh sih, tapi kebayang sakitnya bagi mereka kalau BAB keras. Pastinya ini pun dari faktor makanan yang perlu dikontrol, baru tahu kalau makanan bertepung juga berpotensi. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)