Melancarkan Pencernaan Tiap Hari Dengan Cara Alami

Melancarkan Pencernaan Tiap Hari Dengan Cara Alami ~ Saya masih ingat dulu pas kecil, mengalami sembelit ampun banget. Tapi saya tidak bercerita pada mama. Ternyata kecendrungan itu masih ada sampai sekarang. Saluran pencernaan yang tidak lancar membuat resah. Pernah pas zaman jadi anak kost, saya kena wasir. Iyasih selain intropret, saya juga ambeien LOL. Namun alhamdulillah bisa diatasi dan belum sampai stadium tinggi, ya Allah jangan sampeeeeee. Kali ini saya mau sharing pengalaman melancarkan pencernaan dengan cara alami. Selain makan-makanan yang berserat tentunya, olahraga juga menjadi faktor yang menentukan bagi saya. Jadi, gimana sih melancarkan pencernaan dengan cara alami?


Melancarkan Pencernaan Tiap Hari Dengan Cara Alami

Adik dan sahabat saya bilang, kalau mereka lancar dengan minum vco (virgin coconut oil) di pagi hari. Oh ya sedikit cerita tentang ambeien. Apa rasanya ambeien? ya enggak enak banget, pernah pup bleeding alias berdarah, itu saya alami ambeien sebelum menikah, saya diet mie instan. Sempat tahan 3 bulan nggak makan mie instan HAHA. Tapi sekarang balik lagi makan mie instan siiih huhu. Dokter waktu itu bilang, harus hindari mie, dan kalau pup tidak boleh mengejan. Makanan pedas sebaiknya dihindari dulu ya. Wadidaw, susyah nih yang bagian menahan makan pedas. Rasanya ada sesuatu yang kurang kalau tidak ada rasa spicy dikiiit ajaaah hihi.


Melancarkan Pencernaan Tiap Hari Dengan Cara Alami

Air Putih

Minum air putih 2 gelas langsung ketika baru bangun tidur. Untuk pencernaan kayak saya gini, 1 gelas kayaknya nggak nendang. Efek air putih di pagi hari bisa membersihkan racun dalam tubuh. Dari web halodoc.com, minum air putih dengan perut kosong dapat meningkatkan metabolisme hingga 25 persen. Metabolisme yang lebih cepat akan membuat seluruh tubuh merasa lebih baik dan lebih energik. Dengan begitu pencernaan menjadi lancar dan kekebalan tubuh juga terbentuk.


Melancarkan Pencernaan Tiap Hari Dengan Cara Alami



Makan Tomat+Madu Setiap Hari

Hampir 2 bulanan ini makan tomat setiap hari, biasanya sebelum makan siang atau jam 9-10 gitu. Intinya nggak pas perut kosong ya karena tomat itu mengandung vitamin C cukup tinggi. Ngeri kalau yang ada masalah dengan lambung. Alhamdulillah efeknya ke badan enak banget. Nggak gampang sakit atau capek. Pas lagi haid juga nggak pusing, tapiii rasa pegal masih ada sih, kayaknya perlu bikin ramuan sereh dan kunyit ye heheuuu. Tomat sendiri banyak manfaatnya, waktu kecil sering banget makan tomat pakai gula, tapi kali ini saya ganti pakai madu kalau lagi ada madunya yes. Hmm cuma masih juga sih pakai gula pas lagi kepingin. Biasanya tomat itu saya dinginkan dulu deh, baru dipotong-potong campur madu.


Melancarkan Pencernaan Tiap Hari Dengan Cara Alami




Olahraga

Rutin berolahraga bagus untuk kesehatan apalagi usia saat ini terbilang nggak muda lagi dan nggak tua juga :p tapiii gimana ye, di tengah-tengah gitu. Persiapan menuju top 40 yakan. Olahraga setiap hari kalau bisa, kuduuuu, misalnya ada skip, terus makan juga ngawur, seharian nggak bisa pup. Seringnya bolos pup 1 hari dan besokannya baru deh bisa lancar. Olahraga sangat mempengaruhi kelancaran metabolisme saya. Berusaha, supaya pup setiap hari biar sehat dengan rutin olahraga atau pijat ILU, cek-cek di yucup deh :)


Melancarkan Pencernaan Tiap Hari Dengan Cara Alami


Batasi Makan Mie

Coba deh batasi makan mie atau tepung-tepungan. Kalau saya ngefek banget makan mie bikin keras. Berjuang mencoba batasi mie lagi niih, dulu kan?  bisa sampai 3 bulan nggak makan mie instan karena wasir oh wasir. Sekarang mau makan mie d? Di rentang 2 minggu sekali aja. Moga bisa. Amiin. Alhamdulillah bisa pup setiap hari, bahagia. 

Oh ya PR buat Ugo nih, kudu batasi tepung-tepungan. Udah gitu dia rada milih makan sayur haduuh. Kalau Ugo kena roti atau donat, sering pupnya keras. Perlu banget minum yakult atau makan mangga tiap hari demi kelancaran pupnya.

Nah kalau kamu gimana nih, ada pengalaman melancarkan pencernaan juga nggak. Sharing di kolom komentar ya. Terima kasih telah membaca artikel Melancarkan Pencernaan Tiap Hari Dengan Cara Alami, semoga bermanfaat yes!

Komentar

  1. Pernah ambeien tapi enggak sampai separah itu, tetep aja sih enggak enak banget karena sakitnya tuh hemm. Apalagi sering ditakut-takuti sama operasi, ternyata cukup dengan melancarkan pencernaan pelan-pelan sakitnya berkurang. Alhamdulillah, cara di atas memang yang paling efektif dan aman. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. aku pernah, tapi gk separah itu juga, anggep udah gak BAB 3-4 hari itu perut rasanya bulet banget dan penuh, aku siasati makan buah dan sayur sih.

    BalasHapus
  3. Aku kalau dua hari nggak pup, langsung makan pedes mbak. Pasti keesokan harinya langsung bisa pup, dapat bonus perut mules pula hehehe.....

    Dulu jaman kuliah pernah juga kena wasir, soalnya kalau sudah asyik ngerjain tugas, apalagi coding tuh sampai lupa makan minum. Duduk aja terus di depan laptop.

    BalasHapus
  4. Aku juga dari kecil punya masalah sembelit. Biasanya makan pepaya atau pisang langsung lancar. Ternyata makan mie juga ngaruh, ya. Padahal doyan banget sama mie

    BalasHapus
  5. Kak Uci kok sama siih..
    Aku dulu demi mau makan buah dan sayur, enak banget...dipotongin Ibu pepaya dikasih jeruk nipis sama gula.. Trus tomat sama gula.. Kebiasaan itu aku bawa sampai sekarang.
    Dan aku baru tau kalau makanan tepung-tepungan bikin sembelit. Haturnuhun, kak Uci..

    Aku juga nih.. Pernah seminggu saking lapernya ((dan hujan terus, jadi gak tega mau pesen makan online)) jadi makan mie ((campur telur ala-ala warkop)). Dan sukses bikin kami gak tantrum, anak-anak pun tentunya happy bangeett..

    BalasHapus
  6. Aku alhamdulillah tak punya masalah sembeli. Kalaupun pernah, jarang. Dan memang minum air putih membantu sekali untuk melancarkan pencernaan. Makasih sudah berbagi mba

    BalasHapus
  7. Tos, Mak!

    Kalau aku kurang asupan serat dan air putih, langsung deh tuh, konstipasi/sembelit, buang air tidak sampai tuntas.

    Sama dengan Mak Erin Herlina, aku juga mi lover.
    So, mau tak mau kudu diimbangi lebih banyak lagi erat dan air putih.

    BalasHapus
  8. wah patut dicoba nih supaya pencernaan lancar setiap hari, bahan-bahannya pun mudah untuk ditemukan

    BalasHapus
  9. Kalau aku biasanya minum air putih yang banyak terus makan pepaya ampuh pisan deh hehe jarang sembelit sih karena suka makan buah-buahan... ternyata terigu bikin susah pup ya

    BalasHapus
  10. Kalo saran molly kita mesti hitung asupan serat yang dikonsumsi. minimal 18 - 30 gram per hari. Plus minum air putih minimal 2 liter tiap hari. plus olahraga minimal satu jam.

    BalasHapus
  11. Au sekarang batasin mie semenjak diet IF. Dahulu suka stok mie instan sekarang gak. Jd kalau mau ngemil mie kudu beli dulu ke minimarket kan mager kan ujung2nya gak jd wkwkwk. Kalau olahraga aku berusaha jalan kaki atau yoga aja yg ringan2.
    Kalau air putih aku takar. Makan buah dan sayur jg pastinya :D

    BalasHapus
  12. Tepung-tepungan nih aku yang sulit, soalnya suka masak mendoan, tahu telur pake tepung, pisang goreng, duh..
    Tapi Alhamdulillah aku tiap pagi BAB, sih. Sehat sehat yaa buat kita semuaa :)

    BalasHapus
  13. Setiap melahirkan aku ambeian, nah aku tu termasuk yg susah BAB alias ga tiap hari. Nah solusinya paling makan pedesss sama buah pepaya

    BalasHapus
  14. Tipsnya kalau aku memang belum tentu dalam sebulan makan mie instan. Mungkin dah kekenyangan saat jadi anak kos dulu, jadi makin ke sini makin bosan kwkwkw. Terus selalu ada buah di rumah , makan buah mayan nih bisa bikin lancar pencernaan

    BalasHapus
  15. Olahragaku yg belakangan ini rada kurang mba.
    Dan yesss berdampak bgt dgn kelancaran salurn cerna.
    Mau perbaiki habit ahh

    BalasHapus
  16. Yg peer banget dr semuanya itu adl olah raga.hihi. Kalo mie n yg lain2 msh sangat terkontrol. Skrg walau Brt 50 tp perut buncitt. Ya Krn kurang olah raga ituu.

    BalasHapus
  17. Kebayang sakitnya, nyeri ya Ci kalo sampai bleeding saat BAB. Temen SMA ku dulu akhirnya operasi karena ambeiennya udah parah gitu. Memang bangun tidur paling bagus minum air putih, aku tapi paling segelas aja. Tapi abis shalat subuh tambah lagi air hangat jeniper, jadi selama ini nggak pernah bermasalah dengan BAB

    BalasHapus
  18. Olahraga ini emang yang terbaik ya
    Nggak hanya menjaga berat badan agar tetap ideal tapi juga bisa melancarkan pencernaan

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah pencernaanku hingga sekarang tdk bermasalah. Makan sedapat mungkin teratur dan banyak minum air putih hangat. Smangat sehat selalu ya

    BalasHapus
  20. Eh, makan mie ternyata mempengaruhi frekuensi BAB ya? baru tau nih saya. Alhamdulillah kalau air putih memang sudah rutin, cuma memang untuk volume konsumsi perhari kayanya tetap masih kurang nih saya.

    BalasHapus
  21. Kalau dari pengalamaku, olah raga dan minum air putih sangat efektif membantu melancarkan pencernaanku. Apalagi ditambah mengkonsumsi buah dan sayur.

    BalasHapus
  22. Buat penggila pedas tentu susah bangett kalau diminta buat setop makanan ya, Maak. Tapi kesehatan lebih penting.

    BalasHapus
  23. Mau doong nyobain tomat sama madu. Selama ini palingan tomat digecek2 aja dengan gula. Bakalan lebih sehat kalau pakai madu yaaa...

    BalasHapus
  24. Aku sedari kecil sampai punya anak tiga kalau gak salah sering sembelit huhuhu sampai nangis dan takut makan kalau pasca lahiran. Alhamdullilah sekarang tidak lagi, catat tomat dan madu ya mba

    BalasHapus
  25. Aku kalau mie sih udah jarang tapi makanan tepung-tepungan ini nih yang susahhh...

    BalasHapus
  26. Sembelit itu teman saya sejak kecil, ga tau kenapa, sampai akhirnya tiap hari saya makan sayur, kadang malah jadi camilan. Tapi memang sih, kelemahan saya ada di air putih untuk minum

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)