Menghafal Surat Al Mulk Bareng Anak

Menghafal Surat Al Mulk Bareng Anak ~ Alhamdulillah angin lagi sepoy-sepoy apa gimana nih cig? Emak ikutan menghafal surat ye. Alhamdulillah iyes. Kenapa surat Al Mulk? Karena Kaina mulai juz 29 setelah kelar ujian juz 30. Nah juz 29 awalan menghafal dari surat Al Mulk. Saya juga pengin menghafalnya supaya pas bobo syantik nggak buka tafsir atau qur'an online lagi.




Keutamaan membaca surat Al Mulk sebelum tidur juga ada hadisnya ya. Nah manfaat kan kesempatan itu yuk, kita rutinkan baca Al Mulk sebelum tidur atau setelah maghrib juga boleh karena khawatir terlewat.

Dalam riwayat Abdullah bin Mas'ud, Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang membaca Tabarokalladzi bi yadihil mulk (Surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah SWT akan menyelamatkannya dari siksa kubur."

Selepas membaca surat trikul dan ayat kursi, biasanya Ugo juga minta dibacain Al Mulk, padahal dia nggak ngerti amat 😆 karena rutin bacain aja jadi lama-lama dia nyuruh dengan berkata "baca Al Mulk duluuu mii sambil nyuruh buka contekan online.." do'akan semoga bisa hafal ya. 

Singkat cerita di sekolahnya ada program hafalan juz 28-30. Memang awal sekolah tuh berat apalagi pas pandemik, rasanya hadeeeeh nggak bisa diungkapkan tapi lama kelamaan, menghafal jadi lumayan terbiasa. SDIT ternyata hafalan qur'an juga, belajar mata pelajaran lain pun ada nilai standarnya. Gimana ya, sebenarnya saya nggak mau menekan anak dengan memilihkan SDIT yang cukup banyak hafalan qur'an. Kenapa bukan masuk sekolah negeri ya karena ada beberapa alasan dan memang cukup sulit memutuskannya huehe, curhaaat.



Yaaaa walau one day one ayat tapi weekend libur 😅 saya coba tetap support dia. Saya nggak memaksakan namun mencoba menumbuhkan kesadaran. Pernah suatu hari saya ajak ngobrol, saya tanya, bila dibandingkan menghafal ayat qur'an, pelajaran lain gimana? Terasa lebih mudah kan? Kaina sendiri merasa dengan  menghafal Al Qur'an sedikit demi sedikit, pembelajaran mata pelajaran lain jadi lebih mudah. 

Mungkin awal-awal sekolah, ketika kelas 1 dan 2 belum ada kesadaran untuk menghafal, tapi sampai kelas 3 baru bisa menerima, beradaptasi dengan serangkaian standar, bisa berbeda tiap anak. Kalau dulu pakai jilbab saat sekolah aja, sekarang Kaina mulai terbiasa. Main keluar rumah juga cari kaos lengan panjang dan jilbab yang dia suka. Semoga diberikan keistiqomahan untuk kakak dalam proses berhijab ya.

Entah nanti adik Ashika bagaimana? Semoga lancar juga ya dek, insya Allah mami akan selalu mendampingi kamoh.

Btw, menghafal bareng anak ada keseruan tersendiri loh. Selain ada temannya dan saling memotivasi. Bisa juga ajang kejar-kejaran LOL. Apalagi yang anaknya tuh suka kompetisi. Kalau Kaina sendiri nggak terlalu suka kompetisi, cuma bete aja kalau saya melampaui hafalan dia :p.

Siapa sih yang nggak mau terbebas dari azab kubur? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Bacalah al-Qur’an, karena sesungguhnya bacaan al-Qur’an itu akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafa’at bagi orang-orang yang membacanya (sewaktu di dunia).




Selain bermanfaat untuk diri sendiri, menghafal qur'an bareng anak itu memberikan contoh secara langsung. Sebagai orang tua nggak cuma nyuruh-nyuruh doang. (Akoh banget iniih, cuma nyuruh doang). Saat ini Kaina di ayat 20, saya sendiri baru 19 ayat. Dia minta jangan dibalap 😂😂.  Ahsiaaap, lagian saya juga nih otaknya nggak secepat anak-anak haha.

Menghafal bareng anak tuh bikin semangat. Dan yang pasti buat saya pribadi, ini jadi salah satu cara memperbaiki perilaku dari waktu ke waktu. Banyak dosa soalnyaaaah. Heheuu. Pengin memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Yaa karena seringkali sih waktu terbuang buat scroll socmed. Aduduh curhaaat lagiiih dah nih. Wah, udah masuk waktu ashar, sambung minggu depan ya. Temans kalau ada pengalaman serupa atau mau sharing apa aja tentang anak, boleh banget di kolom komentar ye. yukk ah. Semoga bermanfaat.

Komentar

  1. Masya Allah, ini jadi motivasi atau semangat buat orang tua untuk ikut menghafal Al-Qur'an bersama anak-anak.

    Biasanya sih orang tua memang cuma menyuruh, apalagi anaknya yang sudah di pesantren, padahal anak-anak kan sejatinya mencontoh orang tua toh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga cuma nyuruh nih mas >.< ini cuma secuil

      Hapus
  2. MasyaAllah, luar biasa ini bisa mengajak anak menghafal Al-qur'an mengingat butuh motivasi yang besar untuk ini. Anak juga sulit kalau diajak belajar agama, membaca al-qur'an apalagi sampai membacanya. Di zaman sekarang anak lebih sering main ponsel, ada keinginan untuk memasukkannya ke pesantren malah. Ini bisa jadi motivasi untuk mengajak anak menghafal al-qur'an, terima kasih sharingnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. tabarakallah mba Nis makasih yaa. Anak aku juga masih main ponsel mbaa :D gitu deh mbaa, tantangannya empot2an emaknya nih hihi

      Hapus
  3. Senang banget lihat kemajuannya

    BalasHapus
  4. Semoga dipermudahkan urusan penghafalan surah almulk mbak dan anak itu.. aminn

    BalasHapus
  5. Masya Allah, semoga dimudahkan dan segera hafal, ya, Mbak. Aamiin... Anakku kebetulan udah masuk surah Al-Haqqah. Waktu menghafal surah Al-Mulk, aku dan anakku menghafal sama-sama (waktu itu karena masih PJJ juga, jadi waktunya lebih banyak di rumah). Aku mengamati diri sendiri yang bisa hafal surah Al-Mulk karena sering membaca (seperti surah Yasin juga). Jadi, aku minta anakku untuk sering-sering membaca supaya lebih hafal. Tapi, dia memilih menghafal per ayat aja. Ya sudah, yang penting tetap didampingi dan disemangati. Caranya gimana, senyamannya dia aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mak Arinta, makasih ya do'anya. Do'akan smoga lancar, wah apalagi pas masih PJJ, huhu perjuangannya lumayan berat buat akuuu.. iya anak aku per ayat juga makasih udah mampir dan menjejak di sini yaa mak

      Hapus
  6. Dulu zaman msh di Al-Azhar aku rutin padahal hapalan Alquran begini, Krn memang ada modulnya juga. Setidaknya juz Amma dulu hapal. Tapi skr udah lupa Krn ga rutin di ulang kayak dulu 😔.

    Al Mulk aku selalu baca sebelum tidur, tapi blm ditahap menghapal. Cuma baca aja. Jujur ya setelah baca cerita mba, jadi termotivasi utk mulai menghapal. Toh ayatnya juga pendek2 sbnrnya, mudah dihapal. Mengingat aku pun udh ga kerja, jadi seharusnya punya banyak waku utk menghapal Al-Qur'an lagi 😊. Thank you sharing ya mba Uci. Setidaknya bikin semangat aku utk mulai lagi hapalin Alquran❤️

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)