Atasi Foto Yang Ditolak Shutterstock

Atasi Foto Yang Ditolak Shutterstock ~ Nulis tentang Shutterstock lagi ya, moga nggak pada bosan nih. Siapa tau ada yang mau nyobain juga. Memang sih jualan foto di microstock tuh ya gitu deh. Sebenarnya sama ya kayak jual barang di market place yang mungkin bisa untung tapi kalau ngomongin rugi? Nggak rugi sih. Saya setuju kalau ini adalah investasi, jadi sekalian aja buat ngesave foto-foto yang udah menuhin galeri ehhh cuma makin lama malah ada yang sengaja bikin konten niat buat dijual, ya itu juga sah aja. Gaskeeeun! Ada yang DM ke saya juga kalau bete ditolak, katanya malas deh susah banget. KZL intinya tuh kalau mau ngejual foto di Shutterstock gitu amat?! SAMA saya juga bete pas awal nyobain. Entahlah udah berapa banyak penolakan dari sekian banyak foto. Ih beneran buanyak banget yang ditolak. Tapi sekarang udah jauh lebih baik feelingnya, penolakan masih ada tapi nggak parah. Dari 10 foto niat ngonten, biasanya oke semua atau cuma 1 -2 yang rejected.


Atasi Foto Yang Ditolak Shutterstock


Saat nulis ini portofolio baru 600an, ya cita-cita maunya 1k tahun ini tapi kayaknya beluman bisa. Syukur-syukur kalau bisa 800 deh ya haha. Amiin dulu deh. Hahahah, semangat sih membara tapi kadang ngantuk nih :p. Pengalaman jual foto Shutterstock selama di 2022, lumayan aktif. Memperbanyak portofolio dari foto lama yang lumayan jamuran.

Baca Juga: Cara Upload Foto, Isi Deskripsi, Keyword Shutterstock

Foto ditolak karena alasan focus itu memang paling bikin syebel ya. Padahal udah focus di subjectnya gitu ehhh napa ditolak sih reyhaan. Udah bokehnya ciamik gitu. Teteup ditolak. Haduuh, masa udah sering ditolak cinta, eh sekarang ditolak robot. Nah jadi kuratornya Shutterstock tuh ya bentuknya teknologi AI. Bukan orang. Foto dengan alasan nggak focus, ini saya cek di beberapa sharing para mastah.

Atasi Foto Yang Ditolak Shutterstock

Ini beberapa cara atasi foto yang ditolak Shutterstock karena nggak focus ya: 

Coba Ubah Deskripsinya, Foto Bokeh Bisa Approved

Waktu itu saya upload foto ini nih tapi ditolak katanya focus : The main subject is out of focus or is not in focus due to camera shake, motion blur, overuse of noise reduction, or technical limitations of the equipment used (e.g. autofocus searching, camera sensor quality, etc).

Deskripsi foto bisa ditambahkan : selective focus bla bla bla (deskripsi tentang foto kamu)

Contoh foto: 


Atasi Foto Yang Ditolak Shutterstock

selective focus ice cream on black plate


Seingat saya nih waktu itu foto ini ditolak, lalu saya coba upload ulang dengan menambahkan kata "selective focus". Alhamdulillah berhasil approved babang Shutterstock.


Cara kedua,

Bikin Fotonya Jadi Blur Dengan Snapseed

Saya punya foto asli blur gini. Nggak semua blur tapi di titik yang kudu fokus malah blur.


Atasi Foto Yang Ditolak Shutterstock


Terus udah yakin sih ditolak karena memang focusnya ngaco. Tapi mau nyobain apa bisa kita blurin aja semua gitu. Namanya nyoba nggak ada salahnya yakan. Yaudah diedit via snapseed deh pilih lens blur, dipipihkan lingkarnya pakai jari, terus tarik ke bawah. Jadi deh dia blurnya rata.

Atasi Foto Yang Ditolak Shutterstock


Atasi Foto Yang Ditolak Shutterstock

Atasi Foto Yang Ditolak Shutterstock


Foto jadi blur gini bisa dicoba tapi memang harus disesuaikan ya. Biasa foto gini buat background katanya mah. Cobain deh.

Deskripsinya jangan lupa pakai kata "defocused abstract background of bla bla bla (deskripsikan foto kamu)". Contoh deskripsi saya untuk foto di atas adalah: Defocused abstract background of an infused water with strawberry.


Pakai Foto Asli Blur Semua Buat Shutterstock

Foto aslinya memang udah ngeblur rata gitu, bisa aja submit dan approved. Jangan lupa deskripsinya seperti ini ya, pakai kata defocused abstract background of...

Atasi Foto Yang Ditolak Shutterstock

Defocused abstract background of vegetables, tomatoes, lettuce, red cabagge



Bisa juga pakai blur photo of .... (deskripsi foto kamu)


Atasi Foto Yang Ditolak Shutterstock

Blur photo of people handling a medicine bottle. Bottle syrup for kids.




Tips untuk pemula kayak akoh gitu, ambil angle dari atas atau istilahnya flatlay ya. Sedangkan foto-foto di atas pakai angle BEV, bird eye view. Pokoknya ini yang saya tulis berdasarkan baca dari beberapa sharing teman dan mastah microstocker 😁 lalu praktik deh. Cussss. Buat yang masih bingung cara editnya boleh nanyea-nanyea yaa, bingung di mananya? insya Allah ahsiaaap menjawab. Semoga tulisan ini bermanfaat, yuk Atasi Foto Yang Ditolak Shutterstock.

Komentar

  1. Ya ampuuun tx sharing Yaa mba. Aku tuh udah niat mau submit ke shuttershock , tapi ga jadi2 🤣. Dan jadi makin banyak tahu ttg tips and trick nya nih. Jadi intinya memang harus detail juga kasih caption nya ya mba, jadi mereka bisa tahu utk approve atau ga. Okelaaah ❤️👍

    BalasHapus
  2. Wah terima kasih banyak ya tipsnya, sangat bermanfaat buatku yang masih maju mundur jual foto di Shutterstock 😅

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)